Review Samsung Gear 360, Kamera 360 untuk Kebanyakan Orang

pastiguna.com –┬áJika Anda memiliki smartphone Samsung atau Apple, Samsung Gear 360 adalah kamera 360 terbaik untuk pengambilan gambar biasa.

Spesifikasi Samsung Gear 360

Spesifikasi
Resolusi Video: 4096 x 2048 (24 fps)
Dukungan telepon: Android/iOS
Tahan air: hidup tahan air
Masa pakai baterai: 1 jam
Penyimpanan: MicroSD/256GB
Dimensi: 1,8 x 1,8 x 3,9 inci
Berat: 4,6 ons

Kelebihan

  • + Bekerja pada hp Samsung dan iOS
  • + Tersedia tanpa telepon
  • + Mudah digunakan
  • + Mudah dipegang
  • + Kualitas gambar bagus sesuai harga

Kekurangan

  • – Tidak berfungsi di semua hp Android kecuali Samsung.
  • – Fungsionalitas terbatas saat digunakan dengan iPhone
  • – Perangkat lunak desktop yang buruk

Sekarang, seiring berkembangnya kamera 360 derajat, mereka bercabang menjadi dua kubu. Salah satunya ditujukan untuk para petualang luar ruangan yang ingin mengabadikan petualangan skydiving atau bawah air yang hebat.

Kamera 360 kedua Samsung, Gear 360 (dengan nama yang sama seperti yang pertama), ditujukan untuk konsumen rata-rata yang ingin mengambil foto atau video hebat tentang diri mereka sendiri dan teman-teman mereka kapan pun mood muncul.

Sekuel Samsung telah sukses besar, dengan desain yang ringkas dan portabel, kontrol yang mudah digunakan, dan kualitas gambar yang cukup bagus untuk harganya. Itu di sisi yang lebih tua, tetapi harganya yang rendah menjadikannya kamera 360 anggaran favorit kami. Lihat halaman Kamera 360 Terbaik kami untuk foto lainnya.

Desain Samsung Gear 360

Desain Samsung Gear 360

Tampak seperti anak cinta antara Marvin dari The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy dan robot dari Big Hero 6, Gear 360 baru dapat digambarkan sebagai “imut”. Ia memiliki tubuh bulat yang sebagian besar berwarna putih dengan kepala bulat di atasnya yang menampung dua lensa kamera.

Berbeda dengan Gear 360 asli, yang hanya berupa bola besar seukuran bola biliar, pegangan Gear 360 generasi kedua (semacam silinder plastik bundar di bawah lensa) membuatnya lebih mudah untuk memegang dan menggerakkan kamera tanpa meraihnya. Gunakan tongkat selfie.

Masih terlalu bengkak untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Untuk itu, Anda pasti menginginkan sesuatu yang lebih tipis seperti LG 360 atau Insta360 Nano. Desain Gear 360 jauh lebih berguna daripada kamera plug-in 360 lainnya seperti Giroptic iO dan Insta360 Air.

Pertama, kamera harus disambungkan ke smartphone dan kemudian hp harus dipegang terbalik. Kedua, saya suka Anda dapat menggunakan Gear 360 secara terpisah dari hp Anda. Harus menghubungkan keduanya dan kemudian meluncurkan aplikasi menghilangkan banyak spontanitas saat itu.

Kepala Gear 360 memiliki dua tombol kecil. Salah satunya adalah tombol daya dan yang lainnya adalah tombol yang menggilir opsi menu. Pegangannya memiliki tombol rekam besar dan layar LCD kecil yang menunjukkan mode mana yang digunakan kamera.

Pegangannya juga memiliki port USB Type-C dan slot untuk kartu microSD. Ada dudukan sekrup tripod di bagian bawah.

Kesesuaian

Peningkatan lain pada versi kedua Gear 360 adalah beberapa kompatibilitas dengan perangkat Android dan iOS. Dimulai dengan Note 5, S6 dan S6 Edge, ini hanya berfungsi dengan hp Samsung Galaxy generasi ke-3 yang lebih lama. Dan itu hanya berfungsi untuk iPhone 6s ke atas.

Jika Anda memiliki hp Android yang tidak dibuat oleh Samsung, Anda kurang beruntung. Namun, menurut comScore, Samsung dan Apple menguasai hampir 73% dari semua smartphone di AS. Ada beberapa batasan saat menggunakan Gear 360 dengan iPhone.

Pertama-tama, Anda tidak dapat melihat pratinjau langsung dari apa yang sedang direkam dalam mode video. Selain itu, Anda tidak dapat melakukan streaming langsung ke Facebook atau YouTube. Tetap saja, (kurang lebih) mudah untuk mengunduh video ke hp Anda dan kemudian mempostingnya secara online.

Performa Samsung Gear 360

Sangat mudah menggunakan Gear 360 tanpa smartphone. Cukup tekan tombol daya dan kamera menjadi hidup dengan suara gelembung yang meletus. Tombol menu memungkinkan Anda beralih di antara mode perekaman, dan tombol di pegangan memungkinkan Anda mengambil foto dengan cepat atau mulai merekam di kamera.

Gear 360 asli memiliki lensa fisheye ganda 15MP, tetapi generasi kedua memiliki dua lensa fisheye 8,4MP, memungkinkan Anda untuk mengambil foto pada resolusi 5792 x 2896. Artinya, Anda tidak bisa mengambil gambar. Videonya sebagus sebelumnya, tetapi seharusnya tidak apa-apa untuk audiens target.

Foto yang diambil dengan Gear 360 tidak setajam yang diambil dengan Garmin Virb 360 seharga Rp. 12 jutaan (dengan sensor ganda 12MP, 1/2,3 inci), tetapi jauh lebih baik daripada kamera 360 lainnya, Giroptic iO. Harganya Rp. 3,7 jutaan.

Dalam foto yang diambil di bawah serambi, Gear 360 memberikan keseimbangan yang baik antara interior yang gelap dan ruangan yang terang dan cerah. Warna-warna seperti hijau kemejaku dan pepohonan di sekitarnya, serta ungu dan jingga van FedEx tampak jenuh.

Foto-foto yang diambil dari feri juga memiliki keseimbangan yang baik antara interior yang gelap dan sinar matahari di luar.

Dapat dimengerti bahwa foto dari pasar dalam ruangan jauh lebih gelap dan ada lebih banyak noise di foto, tetapi payung merah muda, biru, dan kuning yang dipasang di langit-langit masih cukup cerah dan jauh lebih baik daripada kamera 360 dengan harga yang sama. Dengan Giroptic iO.

Terlepas dari pengaturannya, saya tidak senang dengan ketajaman fotonya. Ada sedikit kekaburan di setiap detail, terutama jika dibandingkan dengan foto dari Gear 360 asli. Namun, ini adalah kompromi dengan kamera yang lebih kecil.

Jika Anda memegang Gear 360 Generasi ke-2 di tangan, Anda akan melihat jahitan di bagian bawah gambar. Bagian jari dan ibu jari dipotong. Anda tetap ingin menggunakan tongkat selfie jika menginginkan foto yang tampak lebih halus tanpa jari.

Aplikasi Mudah

Aplikasi Gear 360 relatif intuitif. Saat terhubung ke kamera dari hp Anda, Anda dapat menyesuaikan keseimbangan putih, kompensasi pencahayaan, dan mode HDR. Anda juga dapat memilih lensa mana yang ingin Anda gunakan dan bagaimana lensa tersebut ditampilkan di layar smartphone Anda.

Opsi lain termasuk mengubah ISO dan pengatur waktu, dan mengurangi kebisingan angin di video Anda. Saat Anda mengambil foto atau video, itu disimpan di kartu microSD kamera. Untuk membagikan mahakarya Anda, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu ke hp Anda dan kemudian membagikannya ke outlet media sosial pilihan Anda.

Sayangnya, Anda tidak dapat membagikan foto beresolusi penuh dengan cara ini. Aplikasi secara otomatis memperkecil dari ukuran aslinya 5472 x 2736 menjadi 4096 x 2048.

Semua batasan ini dihapus saat Anda menghubungkan Gear 360 ke hp Samsung Anda. Misalnya, saat saya menggunakan kamera dengan Galaxy S7, saya dapat mengunduh gambar ukuran penuh dan mempostingnya ke Facebook dalam 360 derajat penuh.

Samsung juga menawarkan program Gear 360 ActionDirector untuk melihat foto dan video di laptop, tetapi ini cukup mendasar. Tersedia untuk Windows dan Mac, program ini memungkinkan Anda menampilkan gambar dan video yang digabungkan dan membagikannya ke YouTube, Facebook, dan Samsung VR. Anda juga dapat melakukan streaming langsung ke situs tersebut.

Namun, kedua versi aplikasi membutuhkan beberapa perbaikan. Misalnya, versi Mac mengharuskan Anda masuk ke Facebook dua kali. Satu kali jika ingin live streaming dan kedua kali jika ingin mengunggah foto. Selain itu, versi Mac sering membuat aplikasi mogok saat mencoba menautkan foto.

Versi PC dari program besutan Cyberlink ini hanya memungkinkan Anda membuat video atau live streaming dari kamera yang terhubung ke laptop Anda.

Anehnya, hanya foto yang diunggah dari aplikasi Gear 360 di hp saya yang dikenali sebagai foto 360 oleh Facebook. Foto yang saya coba unggah dari Mac dan PC hanya ditampilkan sebagai foto datar tradisional.

Kesimpulan

Dari semua kamera 360 derajat “kasual” yang telah saya uji (hampir semuanya saat ini), Samsung Gear 360 Generasi ke-2 adalah salah satu favorit saya, tetapi bukan berarti saya tidak memilikinya. sedikit perhatian.

Pertama-tama, fakta bahwa semua fungsi dapat digunakan dengan smartphone Samsung adalah batasan yang realistis. Hal yang sama berlaku untuk fakta bahwa jika Anda memiliki hp Android yang bukan buatan Samsung, Anda tidak dapat menggunakannya dengan kamera sama sekali.

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih universal, LG 360 berharga sekitar Rp. 750 ribuan lebih murah dan bekerja dengan lebih banyak hp daripada Gear 360, tetapi memiliki resolusi kamera yang lebih rendah.

Mereka yang menginginkan kamera 360 derajat dengan segala fasilitasnya harus memeriksa Garmin Virb 360 seharga Rp. 12 jutaan, yang merekam video 4K yang fantastis, tahan air, merespons perintah suara, dan merekam data lain seperti koordinat GPS, ketinggian, dan banyak lagi.

Namun perlu diingat, jika Anda mencari kamera 360 derajat yang relatif murah, Samsung Gear 360 cocok untuk Anda. Mudah digunakan dan mengambil foto dan video yang sangat bagus untuk harganya.

Leave a Comment