wisata candi jogja

Destinasi Wisata Candi Di Jogja Terkenal Bersejarah & Berbudaya

Wisata Candi di Jogja? Kesini aja! Jogja dikenal sebagai daerah wisata budaya yang tak pernah habis lokasinya untuk kita kunjungi. Jogja yang selalu membuat para wisatawan yang pernah datang untuk salalu kembali. Jogja kota istimewa yang akan selalu indah dengan budaya yang kental. Para wisatawan akan selalu tertarik untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di kota ini.

Salahsatunya adalah wisata candi, ya mungkin sebagian orang berfikir bahwa wisata candi amatlah membosankan. Namun jangan salah candi-candi ini tak pernah menutupi keindahannya hingga kita tak akan pernah bosan untuk mengunjunginya. Ada beberapa candi yang indah untuk dikunjungi seperti:

Candi Ratu Boko

Siapa yang tak tau Candi Ratu Boko ini, ya salah satu lokasi yang digunakan dalam syuting film AADC2. Candi Ratu Boko merupakan salah satu situs purbakala yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan. Lokasi tepatnya berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Atau berada sekitar 18km dari pusat kota Jogja. Akses untuk menuju lokasi ini tidaklah sulit karena dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau motor, juga kendaraan umum atau jasa sewa mobil Jogja.

Di Candi Ratu Boko ini wisatawan akan disuguhi pemandangan yang indah, apalagi jika hari mulai sore, wisatawan dapat menikmati senja dengan latar candi nan apik ini.

Di candi Ratu Boko ini juga terdapat gapura yang dinamakan Candi Pembakaran, yaitu tempat kremasi untuk masyarakat yang beragama Hindu. Candi ini terletak di sebelah kiri candi utama.

Candi Prambanan

Baca Juga:  Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Motor Terbaru dan Lengkap

Candi Prambanan adalah salah satu candi yang terkenal di Jogja. Candi yang sering disebut candi Roro Jonggrang ini telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi yang berlokasi di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman ini memiliki pintu masuk dari segala penjuru, namun yang menjadi pintu utama adalah pintu sebelah timur.

Candi yang memiliki ratusan candi kecil dan candi utama yang memiliki tinggi sekitar 43m ini tak usah lagi diragukan keindahannya, nampak jauhpun keindahannya sudah terlihat. Apalagi jika wisatawan sudah mulai masuk area, akan disuguhi relief indah dan penuh cerita. Selain itu di pelataran candi Prambanan juga sering diadakan pementasan, seperti tari-tarian atau acara music, seperti yang baru terselenggara adalah Prambanan Jazz. Hal ini menambah
daya tarik wisatawan untuk mengunjungi candi ini.

Candi Barong

Nama Candi Barong mungkin masih asing di telinga. Candi Barong ini masih terletak di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Candi ini masih dekat loksinya dengan Candi Ratu Boko.

Akan tetapi  akses untuk menuju ke lokasi ini masih relative kecil dan jalannya yang masih berbatu. Mungkin ini salah satu yang menyebabkan candi ini masih sepi pengunjung. Namun jangan salah, pemandangan yang bisa dilihat disini sangatlah bagus. Candi yang memiliki pelataran sangat luas ini berada diatas bukit hijau nan indah. Selain itu tak jauh dari lokasi juga terdapat area persawahan yang menambah indahnya dua candi kembar ini.

Candi Ijo

Candi Ijo adalah candi bercorak Hindu yang masih berlokasi di kecamatan Prambanan, tepatnya di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo ini. Candi ini terletak di ketinggian 375 mdpl dan merupakan candi yang letaknya paling tinggi di Jogjakarta. Dari ketinggian kita bisa menikmati pemandangan yang sangat indah, dan candi ini berada diatas bukit hijau. Di Candi Ijo ini wisatawan juga dapat menikmati sunset.

Leave a Comment