tips membeli barang bekas

Tips Membeli Barang Bekas yang Selektif Tanpa Kecewa

Tips membeli barang bekas dengan mendapatkan kepuasan setelah melakukan transaksi dan tidak merasakan kecewa. Untuk itu kita harus pintar-pintar sebelum melakukan transaksi agar kita tidak tertipu atau mendapatkan barang kurang sesuai dengan apa yang kita inginkan.

tips membeli barang bekas
keputusan yang tepat

Karena banyak sekali kasus-kasus penipuan terhadap proses jual beli barang. Untuk memenuhi keinginan kita dengan mendapatkan barang yang sesuai keinginan dan harga setara dengan barang yang kita dapat. Ada tips-tips agar kalian tidak tertipu.

Tips Membeli Barang Bekas Dengan Bijak dan Selektif

Mencari informasi

Tujuan dari mencari informasi itu adalah agar anda memperoleh harga yang tepat dan barang yang memuaskan walaupun barang bekas  sekalian, tetapi juga masih banyak barang bekas yang masih bagus kualitasnya.

Tindakan pertama, kita harus mencari info sebanyak-banyaknya tentang apa yang ingin kita beli, agar kita mempunyai pengetahuan yang luas. Sehingga kecil kemungkinan kita untuk terkena tipu. Informasi juga sangat penting untuk mengetahui bagaimana kegunaan barang, kualitas barang, merek barang, harga barang, dan lain-lain.

tips membeli barang bekas
contoh melihat harga barang bekas di olx

Survei Toko

Agar mendapatkan barang dengan harga yang tepat kalian harus memilih toko yang sudah terpercaya, agar tidak sampai tertipu. Anda tidak harus mengunjungi satu toko untuk membeli barang yang sedang anda cari, karena setiap toko biasanya akan menjual dengan harga yang berbeda-beda.

Ingat, Anda juga tidak boleh oleh tergiur harga yang murah, karena rawan penipuan dengan harga yang murah. Tetapi anda juga tidak harus membeli harga yang mahal , karena yang mahal juga belum tentu kualitasnya lebih baik daripada yang murah.

Baca Juga:  Contoh Pengalaman Pribadi Yang Bagus Dan Mengesankan
cara membeli barang
melakukan survei toko

Melakukan Penawaran

Salah satu keuntungan membeli barang bekas adalah anda bisa menawar barang tersebut. Dengan modal mempunyai informasi tentang harga baru dan harga bekas barang. Bisa melakukan penawaran dengan harga yang Anda inginkan.

Tetapi, Anda juga harus mengerti harga yang pantas , ataupun tidak jauh dari pasaran. Jangan terlalu rendah jika menawar meskipun itu barang bekas, tetapi apabila barang masih memiliki kualitas yang baik maka hargailah dengan harga yang baik, karena penjual juga bekerja agar sama-sama mendapatkan keuntungan.

tips membeli barang
proses penawaran barang

Sikap Ketika Menawar Barang

Sikap anda ketika menawar barang harus tenang dan harus sabar.  Dan apabila si penjula tidak mau memberikan sesuai harga yang kita tawar pergilah dari tokonya, biasanya penjual akan memanggil anda dan tentunya penjual akan menurunkan harganya.

Apabila cara ini masih belum berhasil anda bisa ke toko lain yang menjual barang yang sama, biasanya berbeda toko harganya juga beda. Kunjungi setiap toko yang menjual barang sama. Ini apabila kalian tidak bisa menawar secara langsung.

Menggunakan Bahasa Penjual

Jika penjual adalah orang jawa sebisa mungkin pakaialah bahasa jawa untuk melakukan komunikasi, biasanya akan menumbuhkan kenyamanan dan akan menciptakan persaudaraan yang kuat. Sehingga penjual tidak akan sampai menipu karena penjual akan menganggap anda adalah saudara sendiri atu orang dekat situ.

tips membeli suatu barang
menggunakan bahasa yang sepadan

Kelihatanya ini memang sepele, tetapi bahasa yang kita gunakan akan berpengaruh dalam harga yang akan ditawarkan kepada kita ataupun barang yang ditawarkan. Bisa jadi anda akan mendapatkan diskon dari penjual.

Berpenampilan Sederhana

Untuk menghindari penawaran yang lebih tinggi di awal, sebaiknya pakailah pakaian yang sederhana atau biasa saja, jangan terlihat mencolok,  agar mendapat harga yang tidak mahal berkat  penampilan yang sederhana.

Baca Juga:  Teknik Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Penelitian

Tidak hanya itu penampilan  sederhana akan menjauhkan kalian dari para oknum-oknum kejahatan seperti pencopetan, perampokan, preman, dan yang paling penting menjauhkan diri dari sikap sombong yang hanya pantas dimiliki Allah swt.

tips membeli barang
berpenampilan sederhana

Mengecek Kondisi Barang dengan Teliti

Tips membeli barang bekas yang harus diperhatikan, hal yang sangat penting adalah mengecek barang tentunya dengan bekal informasi yang sudah anda pelajari sebelum mengecek barang.

tips membeli barang bekas
melihat barang dengan teliti

Jangan sampai barang yang akan dibeli dalam kondisi tidak layak pakai atau tidak pas ukurannya dengan barang yang sedang dibutuhkan. Kejadian ini biasanya sering terjadi , karena suka terhadap barang itu tetapi kurang memperdulikan kegunaan barang atau kurang teili dalam mengecek kondisi barang.

Apabila ada cacat atau kekurangan pastikan masih bisa digunakan sesuai dengan yang anda butuhkan atau pastikan anda bisa membetulkannya. Kadang sering terjadi setelah membeli barang, kemudian menyesal dengan barang yang sudah dibeli karena kesalahannya dalam memilih. Sekali-kali jangan sampai itu terjadi pada anda karena anda sudah membaca artikel ini

Mengajak Teman yang Berpengalaman

Tips membeli barang bekas yang terakhir adalah cara yang bisa di gunakan untuk membeli barang agar tidak sampai tertipu saat membeli barang, Dengan mengajak teman yang sudah pernah beli barang seperti apa yang sedang anda butuhkan akan lebih mudah karena teman akan menyarankan tentang barabg tersebut.

tips membeli barang
mengajak teman

Sehingga lebih terpercaya lagi,  soalanya yang memberi tahu adalah teman sendiri. Jadi jika ada yang menemani ketika membeli barang, Anda bisa salaing menjaga dan melindungi sehingga akan lebih aman.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment