tips bangun pagi

Tips Bangun Pagi Paling Ampuh Untuk Mengatasi Telat

Tips Bangun Pagi Paling Ampuh Untuk Mengatasi Telat

Tips bangun pagi merupakan suatu hal yang kelihatannya sepele, tetapi masih banyak orang yang masih telat bangun pagi. Wajar pasti kadang bangun pagi kadang juga bangun siang, tetapi itu pasti karena ada beberapa faktor yang menyebabkan, misalkan karena kondisi tubuh dalam keadaan lelah, kurang tidur, ataupun kebiasaan bangun siang, dan masih banyak penyebab yang lain.

tips bangun pagi
www.ramaloka.com

Tetapi jangan anggap itu bukan masalah, karena banyak pepatah yang mengatakan “ bahwa ketika kamu bangun pagi secara tidak langsung akan mempengaruhi kegiatanmu dalam satu hari”.

Islam juga menjelaskan rasulullah bersabda “ berpagi itu barokah”. Karena waktu  itu jiwa , dan fisik kita belum mengalami letih tetapi masih fresh jadi sayang sekali jika tidak digunakan dengan sebaik mungkin. Sebaik-baiknya waktu bekerja adalah di pagi hari.

“ Tidur selepas subuh itu akan mewrisi kepapaan”. (kepapaan adalah kemuncak kepada segala macam, kesulitan, dan kesusahan).

Jadi bangun pagi itu sangat penting, karena jika kita telat bangun akan ada banyak keburukan yang akan terjadi kepada kita, bahkan apabila kita melihat biografi orang sukses. Kebanyakan mereka semua bangunnya pagi untuk menghadap sang pencipta, yaitu allah swt.

Dari sisi sosisologi apabila kita terbiasa bangun pagi akan menjalain keakraban dengan tetangga kita yang juga sering bangun pagi, ketika kita sedang sholat subuh berjamaah di masjid  dan berolahraga pagi.

Jadi apabila kita sudah tahu bagaimana luar biasanya keutamaan bangun pagi, apakah kita masih ingin telat bagun? Sehingga kita telat untuk berangkat kerja, sekolah, atau kita telat saat ada perjanjian penting, yang akan membuat kita berangkat dengan buru-buru sehingga akan membahayakan diri kita, maka agar itu terjadi kita harus segera mengatasinya sebagai berikut.

Baca Juga:  Rumah Idaman yang Ideal Bagi Seorang Muslim

Tips-tips untuk Bangun Pagi

1. Tips Bangun Pagi dengan Niat yang Kuat

Kenapa saya tuliskan niat terlebih dahulu, kok bukan pakai alarm yang di setting dengan suara yang keras. Jadi apabila kita memiliki niat yang kuat untuk bangun pagi, pasti kita tidak akan kesulitan untuk bangun pagi.

Pertanyaannya kenapa kita tidak melakukan niat sebelum kita tidur?

Sebenarnya ini bisa kalian jawab sendiri, tetapi hampir kebanyakan orang yang tidak berniat untuk bangun pagi itu adalah orang yang tidak memiliki rencana untuk menghadipi hari esok, ataupun disebut juga orang yang tidak mempunyai tujuan dan juga orang ini termasuk orang yang kurang bersyukur terhadap apa yang telah diberikan allah swt, yaitu akal untuk berfikir.

Apa yang harus kita lakukan?

Pertama, kita buat rencana untuk kegiatan yang akan kita lakukan besok, dan ini sangatlah penting karena jika kita tidak mempunyai tujuan, rencana, ataupun keinginan untuk kegiatan besok hampir di pastikan kita akan tidur kembali walaupun sudah bangun dari tidur.

tips bangun pagi
niat karena allah

Kemudian, kita harus memikirkan untuk kebaiakan agar kita di sukai oleh allah swt, dan apabila allah dekat sama kita, pasti kita akan di bantu sama allah swt untuk bisa pagi. intinya sebelum tidur kita harus berniat untuk melakukan kebaikan pada hari esok dan harus karena allah swt. karena jika allah menginginkan kita bangun pagi pasti tidak akan ada yang bisa menghalangi kita untuk bangun pagi.

2. Pasang Alarm

Setelah berniat dengan sungguh-sungguh kita juga harus berusaha, salah satunya dengan kita mensetting alarm sesuai yang kita inginkan. Di zaman sekarang pasti kalian semua mempunyai alarm minimal dari handphone. Kita harus bisa memanfaatkan fasilitas yang kita miliki dengan hal-hal yang positif, kalau tidak kita nanti akan di sibukkan dengan hal-hal yang negatif.

tips bangun pagi
memasang alarm

Hal yang paling penting yang sering kita lupakan adalah ketika kita memasang alarm kita lupa untuk berdoa kepada allah swt, kita terlalu mengandalkan alarm. Padahal yang membuat kita bangun bukanlah alarm, tetapi yang membangunkan kita adalah allah, dan hanya karena allah lah sehingga kita bisa bangun.

Baca Juga:  Berita Gembira....Tentang Sholat Tahajud di Dunia Online???

Bahkan kita tidak tahu apakah besok kita bisa bangun lagi seperti biasa atau tidak. Semua terserah allah, maka dari itu kita harus bersyukur dengan bangun pagi, bukan malah bermalas-malasan. Ingat alarm hanya salah satu usaha kita dan kita memeng wajib berusaha sebelum bertawakal kepada allah swt.

3. Berpindah tempat tidur dari yang zona nyaman ke kurang nyaman

Salah satu usaha kita untuk bangun pagi ialah dengan cara berpindah tempat tidur yang nyaman menuju yang kurang nyaman misalkan, pindah tidur dikursi, ataupun di lantai. Dengan cara seperti itu ketika kita bangun di malam hari pasti kita tidak akan bisa tidur lagi karena kurangnya nyaman tempat tidur kita.

tips bangun pagi
health.kompas.com

Ya, dari situ kita bisa mengambil hikmahnya untuk bisa bangun pagi. Apabila anda sudah mendapatkan kesempatan bangun, jangan sekali-kali kita tidur lagi ataupun malah pindah lagi ke tempat tidur yang nyaman.

4. Memperbanyak Minum Sebelum Tidur

Mungkin cara ini masih belum banyak yang menerapkan, saya mengetahui cara ini saat menonton ceramah ustad yusuf mansur dalam kajiannya tentang keutamaan sholat tahajjud. Beliau mengatakan apabila kita banyak minum sebelum tidur akan memancing kita untuk bangun di tengah malam karena untuk buang air kecil.

tips bangun pagi
meetdoctor.com

Nah, dengan cara seperti itu kita bisa terbangun dari tidur, dan jangan sampai tidur lagi ketika sudah terbangun. Bersegeralah berwudhu ataupun cuci muka agar tidak ngantuk.

5. Bersegera Tidur Setelah  Sholat isya’

Kalau kita sudah memiliki niat untuk bangun pagi usahakan bersegera tidur setelah sholat isya’, karena ini akan membuat anda bangun lebih pagi dan untuk menjaga kesehatan tubuh anda agar tidak sampai anda kekurangan jam tidur.

tips bangun pagi
bersegera tidur

hargailah tubuh kalain yang telah diberikan allah swt, salah satunya dengan cara memberikan haknya untuk tidur, jangan paksakan tubuh kita untuk selalu bergadang.

Baca Juga:  7 Rahasia Agar Allah Segera Mempertemukan Jodoh Terbaik Mu

6. Siapkan Air di Samping Tempat Tidur

tips bangun pagi yang terakhir yaitu, sebelum tidur siapkan air di sebelah tempat tidur anda, agar sewaktu anda sudah bangun pagi anda bisa mengusapkan air tersebuk ke muka kalian sehingga rasa kantuk akan sedikit terkurangi dengan air tersebut. bersegeralah beranjak dari tempat tidur anda.

tips bangun pagi
mulaibuka.blogspot.com

sebenernya memang sepele , tetapi jarang orang yang mau mempraktekkannya sehingga telat itu sudah menjadi kebiasaan yang buruk dan terus dilakukan.

 

kesimpulanya dari tips bangun pagi diatas adalah: jika anda sudah bangun dari tidur jangan sampai anda mencoba untuk tidur lagi, mungkin bagi anda yang belum terbiasa bangun pagi itu kan sulit, Tetapi jangan kawatir anda harus memaksa kondisi seperti itu untuk bangun pagi.

Biasanya kondisi seperti itu hanya sampai beberapa hari saja. Seterusnya anda akan merasakan kemudahan untuk bangun pagi, bahkan tanpa alarm, atau apapun itu anda akan terbiasa bangun tinggal kalian kuatkan niat kalian untuk bangun pagi setiap hari.

Intinya kita harus berharap sama allah swt, dan jangan mengandalkan usaha yang kita lakukan. Seberapa kuat usaha kita, pasti tidak akan terjadi apabila allah swt tidak mengijinkan itu untuk terjadi. Jangan lupa berdoa sebelum tidur dan setelah bangun tidur agar kita selalu selalu mendapatkan ridho dari allah swt.

tips bangun pagi
selamat mencoba

 

Semoga bisa bermanfaat , apabila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya

SEMOGA ANDA SUKSES MULAI DARI BANGUN PAGI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Tips Bangun Pagi Paling Ampuh Untuk Mengatasi Telat

Leave a Comment