Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat Beserta Pengertian, Struktur dan Cirinya

Teks Pidato Persuasif – Ada banyak sekali macam-macam teks pidato bahasa Indonesia yang sangat bermanfaat bagi para pendengar maupun si pembaca. Karena setiap teks tersebut memiliki tujuan tertentu, salah satunya seperti teks pidato persuasif yang berfungsi sebagai ajakan atau himbauan kepada audiens. Jika Anda ingin mengajak banyak orang untuk melakukan hal positif maka bisa mencoba teks pidato ini.

Pelajari teks pidato persuasif dengan baik agar pesan penting dapat tersampaikan kepada masyarakat sasaran. Jangan lupa untuk mengajak audiens sedikit bercanda agar senang saat mendengarkan pidato Anda, ehehe.

Pengertian Teks Pidato Persuasif

pengertian teks pidato persuasif
pengertian teks pidato persuasif

Apa itu pidato persuasif? Jadi, pengertian pidato persuasif adalah salah satu jenis pidato yang dengan tujuan menarik perhatian dari pendengar dan mempengaruhinya, serta memiliki sifat mengajak atau membujuk pendengar agar yakin dan mau mengambil sebuah tindakan, bahkan sampai melakukan sesuai dengan apa tujuan pidato yang disampaikan. Namun, sebelum pidato disampaikan pastikan terlebih dahulu isi pidato persuasif tersebut harus berlandaskan dengan argumentasi yang kuat, logis, masuk akal, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Jadi, pada intinya pidato persuasif bersifat mengajak atau menghimbau masyarakat untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat. Pidato persuasif merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menggerakan masyarakat menjadi lebih baik dan kreatif lagi. Mungkin kamu sering mendengarkan pidato persuasif pada acara-acara tertentu yang dilakukan untuk khalayak umum.

Salah satu trik yang dilakukan oleh seorang yang menyampaikan pidato, biasanya di selingi dengan guyonan atau kata-kata lucu kepada para audiens agar tidak merasa bosan. Dengan suasana yang cair, informasi akan lebih mudah diterima oleh para pendengar.

Struktur Teks Pidato Persuasif

struktur teks pidato persuasif
struktur teks pidato persuasif

Sama seperti jenis teks lainnya, struktur teks pidato persuasif hanya memiliki perbedaan pada inti dan tujuannya saja. Buatlah sesuai dengan bahasa lokal masyarakat sasaran yang dituju sebagai audiens. Namun saat berpidato di atas panggung lebih baik untuk tidak membawa teks dan gunakan improvisasi tanpa harus persis sama dengan tulisan.

1. Salam Pembuka

Setiap pidato pasti harus memiliki salam pembuka yang berguna untuk menghormati seluruh audiens. Salam pembuka bisa menggunakan beragam bahasa daerah atau Bahasa Indonesia jika audiens dari beragam suku. Struktur ini terletak di awal teks sebagai pembukaan pertama sebelum ke berbagai tahap pidato selanjutnya.

2. Pendahuluan Pidato

Pada sesi ini mulai memasuki isi pidato namun dalam durasi yang singkat karena fungsinya hanya sebagai pendahuluan, atau pengenalan topik yang hendak dibahas di intinya. Jika Anda mengambil tema pidato pendidikan, bahaslah mengenai pendidikan, jangan sampai out of topic. Gambaran umum biasanya ditujukan agar para audiens bisa menangkap tentang maksud dari si pembuat teks. Serta menarik antusiasme para audiens dengan kalimat yang menarik.

3. Inti atau Isi Teks Pidato

Inti teks pidato persuasif merupakan hal pokok yang sifatnya penting untuk dibahas dan disampaikan kepada masyarakat luas. Isi tersebut bisa memuat banyak hal mulai dari kisah, pengalaman, masalah sosial yang nyata, dan lainnya. Audiens diharapkan mampu menangkap maksud di dalam inti teks namun si pembaca harus jelas agar pesan sampai.

4. Penutup Teks

Semua teks pidato, termasuk teks pidato perpisahan, pasti harus memiliki akhiran dengan kalimat yang baik berupa ajakan agar audiens mengikuti apa yang diharapkan oleh si pembuat teks. Penutup terletak di akhir pidato dan selalu disertai salam penutup. Kalimat pada paragraf teks ditulis singkat namun berisi pesan yang mudah dimengerti audiens, berikan pantun singkat agar mereka tertarik.

Ciri-Ciri Teks Pidato Persuasif

ciri-ciri teks pidato persuasif
ciri-ciri teks pidato persuasif

Agar Anda mampu membedakan teks pidato persuasif dengan jenis teks lainnya, maka mengetahui ciri-ciri teks pidato persuasif tersebut sangatlah penting. Ciri-ciri pidato persuasif juga bisa dikenali dari topik pembeda utama yakni pada teks persuasif isinya berupa ajakan atau bujukan kepada audiens. Anda juga harus cermat karena bisa saja pesan ajakan untuk mempengaruhi cukup tersembunyi.

Ciri-ciri kebahasaan teks pidato persuasif?
  1. Ciri yang pertama yakni di dalam teksnya terdapat masalah pokok yang cukup menonjol saat dibahas oleh si pembawa teks. Biasanya pesan akan dibaca berulang kali agar audiens dapat menangkapnya secara tidak sadar ke dalam otak mereka.
  2. Kalimat untuk membujuk biasanya juga disampaikan secara jelas, namun agak tersembunyi jika si pembaca pandai merangkai kata. Mampu membangun pidato yang interaktif agar audiens betah berlama-lama mendengarnya.
  3. Bujukan akan disampaikan ketika si pembaca mampu mengambil perhatian para audiens. Serta disampaikan secara perlahan untuk memastikan bahwa mereka terpengaruh, terutama jika pesan di dalam teks sifatnya sangat penting.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat

contoh teks pidato persuasif singkat
contoh teks pidato persuasif singkat

Dalam belajar teks pidato persuasif atau belajar apapun itu, rasanya kurang lengkap jika belum melihat contoh-contohnya. Nah untuk melengkapi pembahasan kita tentang pidato persuasif, yuk simak berbagai contoh pidato persuasif berikut ini.

1. Contoh Pidato Persuasif Tentang Cinta Tanah Air

contoh pidato persuasif tentang cinta tanah air
contoh pidato persuasif tentang cinta tanah air
Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Cinta Tanah Air

Assalamualaikum Wr. Wb

Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Palembang yang saya hormati,

Segenap Bapak/Ibu guru SMP Negeri 2 Palembang yang saya sayangi,

Serta seluruh teman-teman seperjuangan yang saya cintai.

Sebelum saya berpidato pada topik inti, mari kita panjatkan syukur terlebih dahulu atas kehadirat Allah yang Maha Kuasa. Atas berkat dan rahmatnya kita semua dalam kondisi sehat wal afiat setelah wabah menakutkan berakhir. Dan kita diberikan kesempatan untuk dapat berkumpul kembali serta hadir di acara lomba pidato kali ini di SMPN 2 Palembang.

Tidak lupa sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Serta doa yang terlimpahkan untuk para pahlawan kita yang berjuang demi mempertahankan bangsa hingga berkorban nyawa. Kita sebagai penikmat jerih payah mereka tidak boleh menyerah dengan mudah, perjuangan kita belum berakhir, merdeka!

Bertepatan dengan adanya hari pahlawan pada 10 November ini, maka saya akan bercerita sedikit tentang sejarah kemerdekaan pada saat Indonesia belum dan sudah merdeka. Apakah kalian tahu, bahwa tentara dan para pejuang kita sebenarnya sangat hebat melawan penjajah? Meski hanya menggunakan senjata yang kita anggap sederhana.

Apa senjata itu? Ya, bambu runcing yang memang menjadi senjata khas bangsa kita, mengingat pada waktu itu belum ada yang mengenal mesiu, mesin, dan senjata api lainnya. Namun para penjajah bisa dipukul mundur hanya dengan bambu runcing, lho! Kalian tahu mengapa? Karena strategi perang kita sangat hebat, saat itu para tentara gunakan gerilya.

Perjuangan pahlawan kita dulu hingga rela pertaruhkan nyawa demi bangsa termasuk generasi penerus seperti kita. Maka saya sampaikan kepada saudara-saudara semua agar tidak malas, rajin belajar, perangi kebodohan agar bisa menang! Mari kita berusaha sekuat tenaga untuk memimpin, tidak hanya menjadi buruh yang diinjak hingga dirampas haknya.

Demikianlah pidato singkat yang saya sampaikan, mohon maaf sebesar-besarnya jika ada salah dan kurang kata. Terima kasih atas perhatian saudaraku semua yang telah hadir di acara kali ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Contoh Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

contoh pidato persuasif tentang lingkungan
contoh pidato persuasif tentang lingkungan
Contoh Teks Pidato Persuasif Tentang Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat siang para hadirin, yakni ibu guru wali kelas yang saya hormati,

Serta teman-teman yang saya sayangi.

Siang hari ini saya akan membahas mengenai pentingnya kebersihan lingkungan, mengingat dampaknya yang juga berbahaya bagi kesehatan. Kalian semua tentu masih mengingat dengan jelas wabah mematikan dan menakutkan di seluruh dunia, bukan? Wabah yang disebabkan virus tersebut memang sangat berbahaya namun dapat diatasi.

Meski belum ditemukan obatnya, tetapi teman-teman dapat mencegahnya sedini mungkin yakni dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Hindari atau bersihkan area yang mudah dijangkiti kuman, bakteri dan virus berbahaya, serta harus rajin untuk mencuci tangan, kaki, dan mandi minimal 2 kali sehari.

Jika kalian nantinya tertular oleh virus tersebut, maka gejalanya tidak akan parah dan dapat sembuh lebih cepat. Karena segala penyakit yang datang pada diri manusia sebenarnya dapat dicegah, dihindari, bahkan diatasi mandiri dengan berbagai cara. Obatnya belum ditemukan, sehingga cara satu-satunya yang dapat kita lakukan yakni menjaga daya imun.

Serta memulai untuk menjaga kebersihan dan melatihnya sejak kecil seperti usia kita saat ini.  Marilah kita rajin cuci tangan dengan sabun, jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Tidak lupa juga untuk menjalankan jadwal piket secara rutin, dengan begitu segala penyakit yang menghampiri kita pasti takut.

Tetaplah percaya diri kawan, jagalah kesehatan dan kebersihan dengan penuh percaya diri. Saya akhiri dulu pidato sampai di sini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada salah dan kurang, dan terima kasih banyak atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Seluruh bagian teks pidato persuasif di atas perlu Anda pahami dengan baik agar mampu menyusun sesuai pesan atau tema yang hendak disampaikan. Jangan seperti mempromosikan produk layaknya sales, tapi bacakan dengan penuh kharisma agar pesan benar-benar diterima.

5/5 (2)

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar