Teknik Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Penelitian

Teknik pengumpulan data – Secara sederhana pengumpulan data bisa berarti sebagai suatu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh peneliti untuk mengungkap berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan ruang lingkup penelitian.

Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian

teknik-pengumpulan-data
pengumpulan data

Pengertian Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Teknik Pengumpulan data merupakan suatu metode atau cara yang bisa dipakai oleh peneliti dalam pengumpulan data. Teknik yang dapat menunjukaan kata yang abstrak dan juga tidak diwujudkan dalam betuk benda, namun hanya bisa di lihat pemakaiannya melalui angket, wawancara, pengamatan, ujian (tes), dokumentasi, dan lain sebagainya.

Peneliti bisa menggunakan salah satu atau gabungan teknik tergantung latar belakang dari masalah yang yang di teliti atau yang sedang dihadapi. Teknik pengumpulan data adalah langkah awal dan paling utama dalam proses suatu penelitian.

Tujuan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Tujuan Teknik Pengumpulan Data yaitu untuk mendapatkan data mana yang paling tepat, agar data yang diperoleh merupakan data yang benar-benar valid dan reliable. Sehingga tidak terjadi masalah nantinya dalam suatu penelitian.

Jenis Teknik Pengumpulan Data

Dalam melakukan pengumpulan data terdapat dua metode atau teknik untuk mengumpulakan data yaitu Teknik Pengumpulan Data Kualitatif dan Data Kuantitatif.

Baca Juga:  Contoh Latar Belakang Makalah, Laporan, Proposal, Skripsi [Lengkap]

Mungkin kalian masih ada yang belum paham apa itu kualitatif dan kuantitatif? tapi anda tidak perlu kawatir, karena penulis akan menjelaskan secara lengkap tentang du hal tersebut. Nah, dari pada anda bertanya-tanya langsung saja kita bahas di bawah ini.

Teknik Pengumpulan Data Kualitatif

Di dalam metode penelitian selayaknya dengan menggunkan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu dengan melihat: wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga diskusi terfokus atau Focus Group Discussion.

Pengertian Data Kualitatif

Data kualitatif merupakan data yang berbentuk kata-kata, atau bukan dalam bbentuk angka.

Di dalam pendekatan ini, peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden, dan juga melakukan studi pada situasi yang alami.

Namun, hal yang harus diperhatikan oleh setiap peneliti yaitu alasan mengapa teknik tersebut digunakan, untuk mendapatkan informasi seperti apa, dan bagian fokus mana yang perlu teknik wawancara, observasi, atau mana yang harus kedua-duanya untuk dilakukan. Penggunaan teknik tergantung pada jenis informasi apa yang diperoleh.

Macam-macam Metode atau Teknik  Pengumpulan Data Kualitatif

Berikut merupakan macam-macam metode pengumpulan data kualitatif

Teknik Pengumpulan Data Wawancara
teknik pengumpulan data wawancara
wawancara

Pengertian Wawancara adalah suatu teknik pengumpulan data kualitatif dengan menggunakan komunikasi atau interaksi untuk mengumpulkan sebuah informasi melalui tanya jawab antara peneliti dengan informan atau subyek penelitian (Emzir, 2010: 50).misal dengan melalui tatap muka langsung, dan juga dapat media telekomunikasi.

Metode Pengumpulan Data Observasi

Kemudian Pengumpulan data dengan teknik penelitian kualitatif observasi pada hakikatnya adalah kegiatan yang memakai pancaindra yaitu bisa dari penglihatan, penciuman, pendengaran untk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menemukan jawaban dari masalah sebuah penelitian. dilakukan secara sistematis sesuai dengan prosedur yang sudah terstandart.

Baca Juga:  10 Manfaat Olahraga Panahan Yang Tidak Diragukan Lagi?
Metode Pengumpulan Data Dokumen
teknik pengumpulan data dokumentasi
dokumen

Selanjutnya pengumpulan data juga bisa didapatkan melalui fakta yang tersimpan di dalam bentuk surat, catatan, arsip, foto, hasil rapat, cenderamata, jadwal kegiatan dan juga sebagainya.

Teknik Pengumpulan DataFocus Group Discussion (diskusi terfocus)
focus-group-discussion
diskusi

Tekni terakhir dalam pengumpulan data yaitu juga bisa dilakukan melalui diskusi terpusat dengan melakukan upaya menemukan makna dari sebuah isu oleh sekelompok orang, dengan melalui diskusi agar peneliti tidak melakukan salah dalam pemaknaan.

Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif

Dalam melakukan pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai setting, berbagai cara dan berbagai sumber. Jika dilihat dari settingnya data bisa dikumpulkan kepada setting alamiah atau natural setting, pada laboratorium dengan menggunakan metode eksperimen, di rumah dengan berbagai responden dll.

Namun, bila dilihat dari segi sumber datanya, maka pengumpulan data bisa memakai sumber primer dan sekunder. Sumber primer merupakan sumber data yang langsung memberikan data kepada pengumpul data, dan sumber sekunder merupakan sumber yang tidak langsung memberikan data pada pengumpul data, Contoh melalui orang lain atau melalui perantara dokumen.

Kemudian, bila dilihat dari cara atau metode pengumpulan data, maka cara pengumpulan data dapat dilakukan dengan interview, kuesioner (angket), observasi (Sugiyono, 2012: 193-194)

Sebelum mengetahui teknik pengumpulan data kuantitatif alangkah lebih baik anda harus mengetahui tentang pengertianya lebih dulu, karena hal itu jauh akan membuat Anda lebih paham dan mengerti.

Pegertian Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data yang memiliki bentuk angka atau bilangan. berdasarkan bentuknya, data kuantitatif juga bisa di olah atau dianalisis dengan cara perhitungan matematika atau statistika.

Macam-macam Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif

teknik pengumpulan data kuantitatif
data kuantitatif
Metode  Wawancara (interview)

Wanwancara juga digunakan sebagai teknik pengumpulan data, bila peneliti ingin melakukan studi pendahuluan untuk mengetahui masalah yang harus diteliti, juga ingin mmengetahui hal-hal dari respoden lebih dalam dan jumlah respondennya kecil atau sedikit.

Baca Juga:  7 Contoh Laporan Prakerin SMK Jurusan TKJ Terlengkap
Teknik Pengumpulan Data Kuesioner

Kuesioner adalah sebuah alat teknik pengumpulan data yantertulis kepada respong digunakan dengan memberikan pertanyaan tertulis kepada responden untuk mendapatkan jawabannya.

Kuesioner juga merupakan salah satu cara pengumpulan data yang sangat efisien apabila peneliti mengetahui pasti variabel yang di ukur dan dan juga mengetahui apa yang dapat diharapkan dari respondennya (Iskandar, 2008: 77).

Teknik Pengumpulan Data Observasi

Ketika menggunakan teknik observasi cara yang paling efektif yaitu bila dilengkapai dengan format atau blangko pengamatan sebagai instrumen pertimbangan, selanjutnya format yang sudah disusun berisi item-item tentang kejadian atau tingkah laku yang digambarakan.

teknik pengumpulan data observasi
observasi

Dari peneliti yang berpengalaman didapatkan petunjuk, bahwa mencatat data observasi tidak hanya sekedar mencatat, namun juga mengadakan pertimbangan kemudian setelah itu juga mengadakan penilaian pada skala bertingkat.

Misalakan dengan memperhatikan reaksi penonton televisi, tapi tidak hanya mencatat rekasi tersebut, namun juga menilai dari reaksi tersebut apakah sangat kurang, atau malah tidak sesuai berdasrkan dengan apa yang dikehendaki (Arikunto, 2006: 229).

Nah, alhamdulilah itulah pembahsan mengenai teknik pengumpulan data semoga dengan pembahasan tadi anda bisa mengambil manfaatnya dan juga bisa memecahkan dari rumusan masalah yang anda teliti, namun apabila ada kesalahan dalam tulisan penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih.

 

 

 

 

1 thought on “Teknik Pengumpulan Data Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Penelitian

Leave a Comment