Bahas Tuntas Pengertian Gambar Ilustrasi, Jenis hingga Contohnya

Gambar Ilustrasi
Gambar Ilustrasi

Anda tentu tidak lagi asing dengan istilah ilustrasi, bukan? Nah kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu gambar ilustrasi hingga cara membuatnya. Anda bisa mulai memahami dari teori paling dasar yakni pengertian hingga contoh gambar ilustrasi untuk referensi nantinya.

Bukan sekedar gambar cerita yang difungsikan untuk memperjelas isi tulisan secara keseluruhan. Setidaknya gambar ilustrasi ini juga bisa difungsikan sebagai pelengkap visual yang menggambarkan isi tulisan.

Pengertian Gambar Ilustrasi

Sebelum mengetahui pengertian gambar ilustrasi secara lengkap, mari ketahui terlebih dahulu asal usul istilah ini. Ilustrasi adalah istilah yang aslinya berasal dari kata ‘illustrare’. Istilah tersebut merupakan bahasa Latin yang artinya gambar atau foto.

Pengertiannya sendiri yakni, ilustrasi diartikan sebagai sebuah gambar yang dijadikan sebagai objek visual sebuah tulisan. Dimana gambar ilustrasi ini bersifat sekaligus berfungsi sebagai gambaran ilustrasi dari isi tulisan tersebut. Yang mana suatu peristiwa diceritakan secara detail melalui tulisan nantinya.

Semakin kesini, gambar ilustrasi juga mempunyai peran yang sangat penting. Terutama untuk tulisan yang bersifat komersil. Dimana sebuah buku biasanya akan diberi gambar ilustrasi yang mampu memperindah, memperjelas inti isi buku dan tentu saja menarik.

Tidak hanya buku, banyak juga media cetak lain seperti poster, majalah hingga surat kabar juga menggunakan gambar ilustrasi di dalamnya. Dan saat ini penggunaan gambar ilustrasi merambah juga ke media online bahkan sosial media. Dimana pesan atau peristiwa tertentu digambarkan secara visual menggunakan ilustrasi tertentu.

Tujuan Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi ini umumnya dibuat menggunakan teknik goresan dan teknik sapuan warna. Untuk membuat ilustrasi Anda bisa menggunakan gambar tangan yang dibuat secara manual. Atau bisa juga menggunakan topografi dengan bantuan kamera.

Beberapa gambar bahkan juga mengombinasikan dengan teknik keduanya, yakni gambar tangan dan teknik topografi kamera. Tujuannya sendiri yakni untuk menghasilkan ilustrasi yang paling bisa mewakilkan isi tulisan.

Hal tersebut tentunya selaras dengan tujuan gambar ilustrasi. Baik dibuat secara dua dimensi maupun tiga dimensi, ilustrasi ini dijadikan sebagai sampul atau gambaran umum dari isi tulisan atau narasi tertentu. Khusus untuk ilustrasi berbentuk tiga dimensi biasanya dibuat oleh ilustrator untuk buku cerita anak. Anda bisa menjumpai contohnya pada buku cerita yang dilengkapi dengan ilustrasi pop up.

Fungsi Gambar Ilustrasi

Dilihat dari pengertiannya saja tentu sudah tergambar fungsi gambar ilustrasi secara umum. Sedangkan pembahasan lebih lengkapnya bisa kita simak dari materi belajar Kemdikbud. Berikut ini beberapa fungsi adanya gambar ilustrasi pada narasi atau tulisan tertentu:

  • Sebagai sampul buku yang mampu menarik perhatian dan rasa ingin tahu para pembaca
  • Memudahkan calon pembaca menangkap gambaran umum mengenai isi tulisan maupun gambaran utama alur ceritanya
  • Memberikan gambaran mengenai penokohan yang ada pada cerita
  • Menjadi sarana yang menggambarkan ekspresi visual jalan cerita yang ada pada tulisan
  • Sebagai gambaran singkat atas isi tulisan
  • Dijadikan sebagai salah satu nilai estetis dalam sebuah karya yang bisa memberikan gambaran mengenai rupa dari masing – masing penokohan

Kurang lebih seperti itulah beberapa fungsi utama gambar ilustrasi. Tidak semua pembaca bisa menangkap ide pokok tulisan hanya dari judulnya saja, bukan? Umumnya pembaca akan judul pertama kali lalu mengamati gambar ilustrasinya. Disinilah peran gambar menjadi sangat penting karena bisa memicu imaginasi pembaca.

Bahkan tidak mustahil juga pembaca nantinya seolah – olah bisa melihat dan merasakan hal yang sama seperti yang digambarkan oleh ilustrator. Pengembangan imaginasi dan pemahaman akan konteks tulisan bisa lebih maksmal dengan adanya gambar ilustrasi.

Unsur Gambar ilustrasi

Unsur merupakan bagian penyusun dalam sebuah karya. Mudahnya apa saja unsur pembentuk yang digunakan untuk menciptakan karya baru. Hampir sama seperti teknik menggambar lainnya, untuk membuat ilustrasi juga melibatkan banyak unsur.

Hal ini tergantung juga dari jenis gambar ilustrasi yang akan dibuat nantinya. Misalnya saja unsur gambar ilustrasi untuk komik hitam putih, tentu saja tidak melibatkan unsur warna. Sedangkan jika dilihat secara umum, sebuah gambar ilustrasi akan mencangkup titik, garis, bidang maupun bentuk. Tambahan lain bisa berupa unsur warna dan nada gelap terang.

Media Gambar Ilustrasi

Ilustrasi yang baik indikatornya yakni bisa mewakilkan inti dari isi narasi. Dalam sekali lihat pembaca nantinya bisa menangkap maksud atau alur yang digambarkan. Ilustrasi ini juga bukan sekedar gambar namun dijadikan sebagai pelengkap yang memicu daya imajinasi pembaca.

Nah untuk Anda yang sedang belajar bagaimana membuat sebuah ilustrasi, maka siapkan terlebih dahulu media yang akan digunakan. Membahas mengenai media, umumnya gambar atau lukisan akan menggunakan kanvas atau kertas khusus.

Jenis media ini ditentukan juga oleh teknik menggambar atau lukisan yang akan dibuat nantinya. Misalnya saja melukis dengan teknik kering, maka medianya cukup menggunakan kertas gambar yang lengkap dengan alat pewarna lain. Pewarna yang digunakan pada teknik kering biasanya berupa pensil warna, krayon, kapur, arang maupun bahan pewarna alami lainnya.

Lain lagi dengan media yang diperlukan jika menggunakan teknik basah. Ilustrator nantinya membutuhkan kanvas atau kertas khusus yang tahan air. Seperti namanya, media yang digunakan jika menggunakan teknik basah akan bersinggungan dengan air atau cairan. Daftar alat yang diperlukan umumnya berupa cat minyak, cat akrilik dan tentu saja cairan pengencer cat.

Nah untuk saat ini ada juga media gambar ilustrasi yang lebih sederhana. Yakni jika ilustrator membuat gambar secara digital melalui aplikasi khusus desain. Tentu saja media yang digunakan yakni hanya gadget saja. Namun satu sisi untuk mempunyai media berupa gadget memang membutuhkan lebih banyak biaya karena alat ini terbilang mahal.

Gaya Gambar Ilustrasi

Ada beberapa jenis gambar ilustrasi berdasarkan gaya yang diusung. Pembagian ini tentu saja berdasarkan tujuan dari masing – masing gaya ilustrasi itu sendiri. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai beragam gaya gambar ilustrasi yang paling umum dijumpai.

  1. Gaya Kartun

Gambar berupa kartun ini terbilang cukup sering ditemui. Mulai dari kartun untuk tujuan hiburan hingga ranah opini politik yang sedang panas. Meskipun demikian, penggunaan kartun ini tentu mengadopsi gaya gambar yang sengaja dibuat lucu.

  1. Gaya Realis

Nah untuk gaya gambar ilustrasi realis ini bisa dijumpai di beragam narasi yang menceritakan sejarah maupun sekedar peristiwa tertentu. Gambar realis juga bisa digunakan pada tulisan yang bersifat petualangan, fantasi dan drama.

  1. Gaya Ekspresif

Sama seperti namanya, ilustrasi yang bersifat ekspresif ini memang dibuat berdasarkan imaginasi ilustrator. Dimana bentuk objeknya sendiri tidak jarang terasa abstrak. Komposisi yang digunakan cenderung bebas dan terkesan didramatisir.

  1. Gaya Surealistik

Karya yang mengusung aliran surealistik umumnya bersifat imaginatif. Gambaran ilustrasinya biasanya tidak jauh – jauh dari alam mimpi bahkan alam bawah sadar. Beberapa gambar ilustrasi yang mengusung gaya surealistik bahkan bisa dibilang mustahil atau tidak masuk akal. Misalnya saja lukisan hewan di alam lain yang mempunyai wajah manusia.

Cara Menggambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi bisa mengangkat objek yang sangat beragam. Bisa berupa gambar ilustrasi manusia, hewan, alam sekitar bahkan tumbuhan. Atau bisa juga mengombinasikan lebih dari satu objek dalam satu bidang. Nah yang menjadi pertanyaan, sebenarnya seperti apa proses cara menggambar ilustrasi?

Untuk Anda yang tertarik mencoba membuat ilustrasi sendiri, mari pelajari beberapa tahapannya berikut ini.

  1. Matangkan Konsep Awal Sebelum Menggambar

Jika Anda termasuk pemula maka mematangkan konsep sebelum benar – benar menggambar ilustrasi jauh lebih dianjurkan. Persiapan pertama yakni mengenali kebutuhan ilustrasi seperti apa yang bisa mewakilkan isi tulisan.

Bukan sekedar bagus saja, tentunya Anda juga perlu membuat tema gambar secara matang. Pertama baca dan pahami isi narasi atau tulisan lalu caritahu siapa target pembacanya. Misalnya saja gambar ilustrasi untuk buku cerita anak, maka Anda bisa membuat gambar yang sederhana dan mudah dipahami.

  1. Tentukan Jenis Gambar Ilustrasi yang Akan Dibuat

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa jenis gambar ilustrasi yang dibagi sesuai dengan fungsinya. Mulai dari ilustrasi untuk komik, karikatur di media berita dan lainnya. Nah tentukan saja jenis mana yang paling sesuai dengan narasi atau tulisan yang akan digambaran menjadi sebuah ilustrasi.

  1. Mulailah Membuat Sketsa Gambar

Sudah jelas gambar apa yang akan dibuat? Langkah selanjutnya yakni mulai mengeksekusi gambar. Pertama buatlah sketsa gambar objek secara samar atau tipis – tipis. Tujuannya yakni agar sketsa ini bisa dijadikan acuan untuk dikembangkan secara lebih sempurna.

Dalam proses ini, pastikan juga Anda memperhatikan mengenai proposi dan komposisi gambar. Dimana kedua aspek tersebut akan membantu Anda menentukan ukuran objek dan keseimbangan antar komponen di dalamnya.

  1. Proses Penyelesaian (Finishing)

Agar gambar ilustrasi semakin menarik tentu perlu dipoles lagi menggunakan arsiran ataupun pewarna lainnya. Disini Anda bisa memainkan unsur gelap terang dengan efek shading pada objek tertentu. Tujuannya yakni untuk mempertegas atau menyempurnakan detail gambar yang sudah dibuat sebelumnya.

Jenis-jenis Gambar Ilustrasi

Ada beragam jenis gambar berbentuk ilustrasi yang sering kita jumpai sehari – hari. Misalnya saja karikatur di surat kabar, komik dan sejenisnya. Untuk pembahasan jenis – jenis gambar ilustrasi juga dikupas tuntas pada buku berjudul Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Buku terbitan tahun 2020 ini ditulis oleh Sofyan Salam dkk. Berikut ini isi pembahasan mengenai jenis gambar ilustrasi yang bisa Anda pelajari.

1. Ilustrasi Iptek

Bukan sekedar ilustrasi yang bersifat menghibur, ternyata gambar ilustrasi juga digunakan pada buku – buku yang bersifat ilmu pengetahuan. Tujuannya yakni untuk mempermudah pembahasan teori tertentu agar lebih sederhana. Dimana diharapkan pembaca bisa lebih mudah menangkap dan membayangkan gambaran dari teks atau tulisan tertentu.

2. Ilustrasi Cerita

Persis seperti namanya, tentu saja gambar lustrasi ini diperuntukan untuk tulisan yang sifatnya naratif. Jenisnya bisa berupa satu bidang ilustrasi yang menggambaran tema atau konflik yang terdapat pada sebuah narasi. Atau bisa juga berupa gambar ilustrasi lengkap yang menggambarkan setiap alur cerita.

Rangkaian gambar ilustrasi tersebut umumnya bisa kita temui pada komik. Dimana karakter dan setiap jalannya cerita digambarkan melalui gambar. Umumnya juga dilengkapi juga dengan tulisan sederhana berupa narasi maupun percakapan antar tokoh.

3. Ilustrasi Editorial

Jika membaca surat kabar atau koran, pastinya Anda tidak asing lagi dengan jenis gambar ilustrasi yang satu ini. Dimana biasanya ilustrasi editorial dibuat menyerupai karikatur pada kolom opini. Isu yang dibahas bisa berupa berita politik atau isu lain yang sedang hangat.

Ciri khas nya yakni karikatur dibuat sedemikian rupa agar mewakili apa yang akan dibahas dalam opini lengkap di bawahnya. Bisa berupa karikatur wajah tokoh tertentu yang tentu saja dibumbui dengan ilustrasi tertentu. Meskipun biasanya karikatur di media bersifat provokatif, namun tetap ada sisi nyentrik dan lucu dari gambar yang diterbitkan.

 4. Ilustrasi Kartun

Lain dari jenis gambar ilustrasi yang sudah dibahas di atas. Nah untuk ilustrasi kartun ini memang sengaja dibuat dengan tujuan hiburan. Biasanya berupa gambar kartun yang mengilustrasikan reka adegan maupun peristiwa tertentu.

Ilustrasi kartun juga umum digunakan untuk menggambarkan perilaku atau kejadian tertentu yang bersifat humor. Tujuannya yakni untuk mengundang tawa pembacanya baik melalui gambar yang lucu maupun narasi pelengkapnya.

Itulah empat jenis gambar ilustrasi yang dikutip dari buku Sofyan Salam. Sebenarnya jika dikulik lagi lebih luas ternyata ada jenis gambar yang belum terbahas di atas. Salah satunya yakni gambar ilustrasi vignette.

Pengertian gambar vignette sendiri adalah sebuah gambar ilustrasi yang bersifat dekoratif. Jenis ilustrasi ini umumnya difungsikan sebagai pengisi bidang kosong pada narasi tertentu. Intinya vignette ini adalah gambar ilustrasi pelengkap sebuah tulisan.

Contoh Gambar Ilustrasi

Setelah memahami beragam jenis gambar ilustrasi, tentu kini Anda bisa membedakan setiap gambar yang dilihat. Baik di media cetak maupun online biasanya menggunakan gambar ilustrasi sebagai pelengkap sebuah tulisan. Selain menjadi magnet yang menarik minat pembaca, gambar ilustrasi dipercaya mampu mewakilkan gambaran umum dari pembahasan lengkap yang terdapat di narasi.

Untuk contoh gambar ilustrasi sendiri akan kami berikan sesuai dengan jenisnya. Anda bisa mengenali lebih baik lagi beragam jenis ilustrasi berikut ini.

1. Contoh Gambar Ilustrasi Sampul Buku

contoh gambar ilustrasi buku
gambar ilustrasi buku

2. Contoh Gambar Ilustrasi Buku Cerita Bergambar

Contoh Gambar Ilustrasi Buku Cerita Bergambar
Gambar Ilustrasi Buku Cerita Bergambar

3. Contoh Gambar Ilustrasi Bergaya Surealistik

Contoh Gambar Ilustrasi Bergaya Surealistik
Contoh Gambar Ilustrasi Bergaya Surealistik

Kesimpulan

Bagaimana, sampai disini tentu Anda semakin memahami apa itu gambar ilustrasi, bukan? Bukan sembarangan gambar, ternyata ilustrasi ini punya fungsi penting dalam dunia penerbitan. Baik tulisan online di situs tertentu ataupun tulisan yang terdapat di media cetak juga menggunakan gambar ilustrasi sebagai pelengkapnya.

Selain itu, gambar ilustrasi juga hadir dalam dunia hiburan dalam bentuk komik maupun buku cerita anak. Dengan adanya gambar, rasanya membuat pembaca semakin terterik untuk menghabiskan bacaan karena terpancing penasaran. Itu juga salah satu tujuan dibuatkan gambar ilustrasi pada tulisan atau opini tertentu.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri