manfaat rumput teki

Manfaat dan Khasiat Rumput Teki Untuk Obat

Rumput teki? Pasti kalian sudah sering menjumpai, tetapi masih banyak yang belum tahu akan manfaatnya yang begitu besar. Untuk itu mari kita bahas tentang rumput teki, agar kita tidak terlalu menyepelekan tentang tanaman yang sering dianggap sebagai rumput pengganggu di kalangan masyarakat.

Penjelasan Tentang Rumput Teki Lengkap

Rumput teki adalah jenis  tanaman yang sering dijumpai di sekitar rumah kita, bahkan dianggap sebagai rerumputan yang mengganggu, karena dapat menyerap unsur hara yang seharusnya diamabil oleh tanaman dan juga rerumputan yang kita rawat di pekarangan rumah kita.

rumput teki
rumput pengganggu yang kaya akan manfaat

Bahkan, di dalam area kebunpun rumput teki merupakan salah satu jenis gulma yang sangat mengganggu petani, rumput teki ini sering dibasmi oleh petani. Walaupun sering dibersihkan, rumput teki masih terus menerus tumbuh.

Rumput teki berkembang biak dengan cara geragih

Geragih atau juga di sebut stolon adalah batang  yang tumbuh dan menjalar di permukaan tanah. Tanaman baru akan tumbuh pada buku-bukunya  dimulai dengan kuncup unjung yang menyentuh tanah, kemudian membelok ke atas.

Tunas-tunas tersebut akan tumbuh menjalar dan tidak tergantung pada induknya. Rumput teki adalah salah satu Jenis  tanaman yang berkembangbiak dengan geragih.contoh tumbuhan lain yang berkembangbiak biak dengan geragih dantaranya, arbei, antanan, strowberi.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Tanah & Panduan Budidaya [Lengkap]
cara rumput teki berkembang biak
rumput teki berkembang biak dengan cara geragih

Jangan terlalu benci dengan rumput teki karena rumput teki juga memiliki banyak manfaat terutama dari akarr teki yang mengandung beberapa zat gizi walaupun dalam jumlah seperti lemak, gula, karbohidrat, sret, amilum, alkaloid dan mineral kalsium, magnesium dan mangan.

Selain itu mengandung fitokimia flavonoid, tanin, saponin Patchoulenone, pektin, polifenol, Rotundenne, Rotundenol, Rotundone, Selinatriene, Sitosterol, Strearat asam, Sgeonol, Dn Sugetrio. Terdapat zat kimia  yang utama yaitu seesquiterpene yang memiliki nilai medis sangat baik.

Manfaat dan khasiat dari Rumput Teki

manfaat rumput teki
manfaat rumput teki

Berikut adalah manfaat dari akar rumput teki bagi kesehatan:

1. Anti-hipertensi

Ternyata ekstrak dari akar rumput teki menunjukksn efek menurunkan tekanan darah pada tikus yang bertindak pada sistem saraf pusat dan perifer sehingga mengubah tahanan perifer dan dan mekanik jantung.

2. Anti-diabetes

aktivitas anti diabetes ekstrak akar teki secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah dan menunjukkan aktivitas antioksidan pada tikus diabetes.

3. Penyembuhan luka

ekstrak menujukkan efek penyembuhan luka meliputi kemampuan konktraktor, penutupan luka dan kekuatan tarik.

4. Kegiatan anti mikroba

studi menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap k pneumonia, A niger dan S aureus.

5. Efek mengurangi stres

efek fisiologis dari campuran herbal dengan akar teki pada tekanan darah, norepinefrin, kortisol dan variabel psikologis yang membantu mengurangi gejala fisiologi dan psikologis yang terkait dengan stres.

rumput teki sebagai obat stres
untuk mengobati stres

6. Dapat mengobati gigitan nyamuk

ekstrak akar teki juga bisa untuk pengusir nyamuk Anopheles terhadap vektor culicifadies, A stepheni dan culex quinquefasciatus. Ekstrak dapat diterapkan sebagai langkah perlindungan pribadi yang efektif terhadap gigitan nyamuk.

manfaat rumput teki untuk mengobati gigitan nyamuk
dapat mengobati gigitan nyamuk

7. Antioksidan

Studi ekstrak rimpang akar teki menunjukkan efek mpenangkapan radikal anion superoksida, radikal OH, NO radikal,H2O2, dan kelat logam

Baca Juga:  Cara Menanam dan Merawat Rumput Gajah Mini yang Mudah

8. Anti-Obesitas

ekstrak umbi mampu merangsang lipolisis.efek kenaiakan berat badan mungkin sebagian dimediasi melalui aktivasi SS3-AR. Hasil menunjukkan ekstrak umbi akar rumput tekimemiliki potensi sebagai suplemen herbal untuk mengontrol berat badan.

cara menangani obesitas
manfaat untuk obat obesitas

9. Anti-inflamasi

Studi menunjukkan ekstrak rimpang akar teki menunjukkan sifat anti-inflamasi untuk penyakit yang dimediasi oleh kelebihan produksi NO dan O2.

10. Anti-mikroba

Berbagai ekstrak rimpang dievaluasi terhadap enam mikroba patogen penting (S. Epidermis, B. Cereus, P. Aeruginosa, E. Coli, A. Niger, dan C. Albicans). Ekstrak etanol menunjukkan aktivitas anti bakteri tertinggi . semua ekastrak tidak efektif terhadap strain jamur yang diuji.

11. Analgesik

studi ekstrak akar teki menunjukkan efek analgesik dengan metode tail-flick, aktivitas antimikroba, dan non-toksisitas pada konsentrasi yang berbeda dalam bioassay pada udang laut.

Manfaat lain: mengobati anti diare, anti mutagen, gastroprotektif terhadap lesi mukosa akut, mual dan masalah menstruasi.

Efek Samping dari Umbi atau akar Rumput Teki

Pada umumnya akar teki aman untuk di konsumsi oleh manusia dengan jumlah yang wajar.

Sampai ini efek samping dari akar teki masih belum diketahui, namun apabila mengalami gejala efek samping setelah mengkonsumsinya, maka disarankan untuk segera menghentikan penggunaan, kemudian segera konsultasikan dengan dokter.

Dosis atau Cara Menggunakan Akar Teki

Untuk dosis  tentang mengkonsumsi akar teki masih belum disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun akar teki merupakan tanaman herbal dan alami. Akar teki tidak boleh di konsumsi secara berlebihan. Untuk mengkonsumsi akar teki dapat dilakukan dengan cara direbus, dijus,diparut, tau diseduh.

cara mengkonsumsi rumput teki
cara menggunakan akar teki

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan mohon untuk debagikan agar semua tahu akan manfaat tanaman yang satu ini, karena sering sekali tanman ini dibasmi karena dianggap sebagai tanaman yang mengganggu.

Baca Juga:  budidaya rumput gajah dan manfaatnya yang sangat banyak

 

Leave a Comment