sepak tekong

mengingat permainan anak jaman dulu sepak tekong

Permainan anak jaman dulu adalah permaianan yang sangat unik, sederhana, tidak membutuhkan biaya, dan sangat menyenangkan, bahkan tidak kalah dengan permainan anak jaman sekarang.

Mengingat Permainan Anak Jaman Dulu Sepak Tekong

permainan anak jaman dulu
sepak tekong/petak umpet

memang sangat berbeda dengan permainan anak jaman sekarang, tetapi bila dibandingkan dengan permainan anak jaman sekarang, permainan jaman dulu lebih baik, dan lebih kreatif. Karena jaman dulu tidak ada teknologi yang memanjakan seperti sekarang.

Dengan belum adanya teknologi seperti jaman sekarang, anak dulu menjadi lebih kreatif karena mereka dipaksa untuk berpikir bagaimana menciptakan suatu permainan yang bisa menghibur mereka.

Membahas permainan anak jaman dulu, apa seperti apa sih, permaian anak jaman dulu yang bisa membuat anak dulu menjadi kreatif, dan meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Berikut adalah permainan yang dilakukan oleh anak jaman dulu yang pernah saya lakukan.

Sepak tekong

Sepak tekong adalah sejenis permainan yang hampir sama dengan petak umpet, tetapi perbedaanya terletak dicara mainnya. Mungkin ditempat kalian juga ada,tetapi hanya namanya saja yang berbeda.

permainan jaman dulu
permainan sepak tekong

Arti dari sepak tekong adalah berasal dari kata sepak dan tekong, yaitu sepak berarti menendang dan tekong berarti nugumpat lagi. Jadi sepak tekong berarti menendang kereweng (pecahan atap), jika berhasil menendang sebelum ketangkap bertia semua anak yang kena tangkap bisa ngumpet lagi. Dari pada kalian penasaran berikut adalah cara bermain sepak tekong.

Syarat bermain

  • Pertama kita siapkan kereweng, kumpulkan beberapa pecahan sampai dikira cukup.
  • Permainan ini minimal 2 orang, biasanya dimainkan oleh banyak anak untuk menambah keseruan
  • Dimainkan di tempat lapang, atau biasanya kami bermain sekitar rumah
Baca Juga:  Perjalanan Berkemah yang melatih fisik sewaktu SMK

Cara main

  • Pertama membuat garis kotak, kemudian semua pemain melemparkan kereweng untuk dimasukkan kedalam kotak tersebut.
  • Bagi yang melempar kereweng paling jauh dari kotak, dia akan jadi kucing yang tugasnya nanti mencari para tikus. Yang disebut tikus disini adalah anak-anak yang mengumpat.
  • Setelah sudah ada yang jadi kucing, kami menata kereweng di dalam garis kotak yang sudah disiapkan, sebagai tanda apabila tikus berhasil menekong atau menendang kereweng tersebut, semua tikus akan ngumpat lagi.
  • Kemudian sikucing menutup mata dengan hitungan sepuluh mundur, dan selama hitungan berjalan semua tikus bersegera mengumpat di berbagai tempat.
  • Setelah hitungan sepuluh selesai, sikucing mencari para tikus untuk ditangkap. Cara menangkapnya tinggal menyebut nama si tikus, kemudian sikucing menginjakan kakinya didalam garis kotak yang sudah di siapkan tadi. Sebagai tanda si tikus sudah tertangkap.
  • Permainan ini akan berakhir apabila semua tikus sudah tertangkap.

Manfaat dari permainan ini adalah sebagai berikut:

1.Anak menjadi lebih aktif

Permainan sepak tekong bisa memnbantu anak untuk menjadi anak lebih aktif. Anak yang aktif bergerak akan mengalami perkembanagn yang signifikan daripada anak yang banyak diam.

permainan anak jaman dulu
anak akan jadi lebih aktif

Dalam permainan ini, anak akan berlari dan bersembunyi sehingga secara tidak langsung anak sudah melakukan olahraga. Daripada bermain game atau menonton televisi. Lebih baik anak diarahkan untuk melakukan kegiatan yang lebih manfaat.

2.Anak bisa belajar bersosialisasi

Bersosialisasi tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa. Anak kecil pun sudah harus melakukan hal tersebut untuk membiasakannya sampai ia dewasa.  Permainan ini dilakukan dengan bersama-sama tanpa memandang  dar keluarga kaya atau miskin. Semua nank-anak akan terlibat dalam permainan tersebut.

permainan anak jaman dulu
www.kompasiana.com

3.Belajar menghafal

Permainan ini tidak hanya baik bagi pertumbuhan fisik anak-anak, tetapi juga bagi perkembangan kecerdasan anak. Anak-anak akan berlatih menghafal dalam permainan ini. Khususnya bagi yang pencari akan memnghafalkan nama-nama temannya yang bersembunyi.

Baca Juga:  Dibalik Gambar Robocop Yang Keren Ada [Misteri]
permainan anak jaman dulu
punyatya.wordpress.com

4.Membuat anak menjadi kreatif

Permainan sepak tekong akan memberikan pelajaran bagi anak untuk bisa mengasah otaknya dimana anak  harus lebih kreatif mendapatkan tempat persembunyian yang berbeda dengan teman lainnya.

permainan anak jaman dulu
ide-bisnis.net

Pada kondisi ini anak dituntut untuk berpikir cepat agar bisa menemukan tempat yang kira-kira akan sulit ditemukan oleh sang pencari. Dengan cara seperti itu anak bisa menjadi lebih kreatif.

5. Melatih anak patuh pada aturan

Untuk melatih anak agar bisa  taat pada berbagai aturan bisa dengan permainan, seperti permainan jaman dulu yaitu sepak tekong. baik aturan dari lingkungan terkecil seperti keluarga, aturan sekolah, lingkungan masyarakat, bahkan sampai lingkungan besar seperti aturan negara.

 manfaat aturan sepak tekong
www.thehappyholykids.com

Anak harus dididik sejak dini. Belajar mendisiplinkan anak tidak harus lewat pendidikan formal atau kata-kata dari orang dewasa, tetapi bisa juga dilakukan lewat sebuah permainan.

Dalam permainan sepak tekong ana-anak akan bermain bersama dengan mematuhi peraturan yang telah dibuat bersama. Setiap anank harus bisa mematuhi dan melaksanakan semua ketentuan yang telah dirumuskan dan disepakati. Jika aturan yang telah dibuat dipatuhi bersama, permainan akan berjalan dengan lancar dan juga menyenangkan.

6. Belajar berdiskusi akan suatu masalah

Permainan yang dilakukan secara bersama-sama tentu diperlukan kesepakatan bersama, biasanya kami memiliki kesepakatan agar tidak boleh ngumpel di dalam rumah karena akan menyusahkan bagi sang pencari. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perselisihan yang akan berujung pada pertengkaran.

7. Melatih sportivitas anak

Dalam permainan  sepak tekong, pemain yang kalah dan menag harus bisa menerima dan melakukan tugasnya masing-masing. Anak-anak akan belajar bagaimana menerima kekalahan dengan tetap menikmati permainan tersebut.

 

Sangat banyak manfaat yang didapat dari beberapa permainan anak seperti permainan anak jaman dulu yang disebut sepak tekong di daerah saya, mungkin didaerah ada  tetapi cuma berbeda nama.

Permainan sepak tekong, pernah saya memainkan dilingkungan daerah saya. Waktu itu aku sebagai pengumpet, kebetulan aku sangat jago dalam mengumpat dn akau sedikit mempunyai kelebihan dalam lari, aku sedikit lebih unggul dibandingkan teman-temanku.

Baca Juga:  Hijrah Munuju Kebaikan

Berkat kelebihan yang aku miliki aku sangat sulit ditemukan pada waktu aku sedang ngumpet, itu juga karena didukung kondisi tubuhku yang lebih kecil daripada teman-teman saya. Sehingga aku bisa bersembunyi ditempat yang sempit, dan temenku pasti tidak mengira kalau akau berada di situ.

sepak tekong
yogyakarta.panduanwisata.id

Bagiku jadi anak yang bersembunyi itu lebih mudah , karena kami bermain dengan anak yang sangat banyak, bahkan sampai lebih dari 10 anak yang ikut bermain.

Pernah aku menjadi sang pencari sangat mengalami kesulitan karena banyaknya teman yang bersembunyi, bahkan aku hampir menangkap semua teman yang bersembuny., Tetapi aku kalh lari dengan teman yang terakhir mau aku tangkap, sehingga semua teman yang sudah aku tangkap tadi bisa kembali untuk bersembunyi.

Memang itu sangat melelahkan tetapi itu juga mengasikkan, walupun aku belum beres menjadi sang pencari tetapi aku tetap senang, karena semua teman bisa tertawa dengan lepas saat kami bermain.

Tujuan kami main memang  untuk bergembira, tanpa ada teman yang tersakiti dan yang sedih karena permainan. Bahkan aku pernah jadi sang pencari sampai aku kelelahan, tetapi itu sangat menyenagkan.

Inilah tentang permainan jaman dulu yang pernah saya mainkan yaitu, sepak tekong. Permainan yang dilakukan bersam-sama untuk menciptakan hubungan kebersamaan yang terdapat dilingkungan kami, agar suasana menjadi lebih meriah.

berikut adalah video cara main permainan anak jaman dulu, yaitu sepak tekong

 

 

 

 

Leave a Comment