perjalanan berkemah

Perjalanan Berkemah yang melatih fisik sewaktu SMK

Perjalanan Berkemah yang Melatih Fisik Sewaktu SMK

Perjalanan berkemah, Sebelum saya bercerita tentang pengalaman berkemah saya, apasih berkemah itu menurut kalian? Iya benar sekali berkemah atau perkemahan adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan yang dilaksannakan secara out bond. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk pramuka.

perjalanan berkemah
berkemah di hutan

Jenis perkemahan yang pernah saya lakukan adalah perkemahan Ambalan atau juga di sebut perkemahan satu pasukan. Sebelum kita berkemah pasti kita menyiapakan perlengkapan yang harus dibawa berikut  perlengkapan yang harus kami bawa:

  1. Tenda
  2. Kompor
  3. Alat-alat dapur seperlunya
  4. Kelengkapan pramuka mulai dari tongkat, tali pramuka, buku saku, dll.
  5. Fisik yang sehat
  6. Baju ganti buat out bond
  7. Dan peralatan pribadi yang lain
perjalanan berkemah
apel

Setalah kami menyiapkan perlengkapan kami ngumpul di sekolah jam 02.00 WIB kemudian di cek perlengkapan kami oleh kakak Pembina. perjalanan berkemah dimulai setelah salat ashar dengan upacara apel di lapangan sekolah, kemudian kami di kasih tugas pertama membuat tandu, lalu di kasih route perjalanan dan ada tugas-tugas yang harus kami kerjakan.

perjalanan berkemah
prama-asmat.blogspot.com

Perjalanan Menuju Pos Kedua

perjalanan berkemah
persiapan berangkat

Kebetulan kami pasukan pertama jadi kami langsung berangkat lebih dulu dengan anggota enam orang. kami mulai mulai berangkat pukul 04.00 WIB dengsn tugas mencatat nomor plat mobil dari setiap mobil yang kami jumpai, menghafalkan visi misi sekolah, karakter pemuda, tri satya, dasa darma.

berangkat
berangkat

Kami berenam membagi tugas tersebut untuk memudahkan semua regu. Selama perjalan ada pos-pos kakak Pembina yang meminta tugas-tugas yang sudah di sampaikan. Kami sedikit kesulitan untuk menghafal karena keadaan kami yang membawa peralatan yang berat, kami juga tidak bisa berkonsentrasi karena banyaknya kendaraan yang lewat.

Baca Juga:  budidaya rumput gajah dan manfaatnya yang sangat banyak

perjalanan berkemah bisa jug melatih kami agar mental kami kuat, tidak sedikit orang yang mentertawakan kami saat lewat di pinggir jalan. Alhamdulillah dijalan menuju pos pertama seluruh anggota kelompokku dalam keadaan fisik yang sehat.

Untuk sampai di pos pertama kami menempuh jarak sekitar setengah jam. Akhirnya tidak lama lagi kami sudah sampai di pos pertama, kami diminta untuk menyetorkan hafalan tri satya. Alhamdulillah temanku yang mewakili regu kami saat itu hafal, tapi masih kurang satu kalimat yang dia lupa. Akhirnya untuk perdana kami mendaptkan hukuman skore jam sebanyak sepuluh kali, sebelum lanjut ke pos kedua.

Perjalanan menuju pos kedua

Dilanjutkan ke pos ke dua kami menjalankan kegiatan ini dengan bahagia sambil bernyanyi-nyanyi di pinggir jalan, agar kami tidak bosan dalam perjalanan. Ini suatu strategi kami untuk menghilangkan rasa capek kami, karena kami melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Tidak tersa kami tiba-tiba sudah sampai di pos dua. Kami setelah sampai seperti biasanya kami lapor,kemudian kami di mintai tugas untuk meyetorkan hafalan dasa darma, dan Alhamdulillah temanku sudah hafal tapi masih setengahnya, akibatnya kami satu kelompok harus bertanggung jawab.

hukuman
hukuman

Kami terkena hukuman push up sebanyak dua puluh lima kali akibat yang belum hafal tadi. Sebagai peserta yang sportif  kami mmelakukan hukuman dengan baik. pada saat selesai hukuman tidak terasa suara adzan berkumandang. Alhamdulillah kami bisa istirahat untuk salat di masjid terdekat.

dunia dan akhirat
attaqwamasjid.wordpress.com

Perjalanan Menuju Pos Terakhir

Setelah salat selesai kami harus melanjutkan perjalanan kami untuk menuju ke pos terakhir. Kami saling menyemangati sesama teman, karena tinggal dikit lagi kami sudah sampai menuju pos terakhir. Mataharipun mulai tak terlihat lagi dan kami mulai kelelahan. Jalanpun mulai sepi, karena mulai jauh dari perkampunga.

Baca Juga:  Ikan Arwana Irian Dengan Perawatan Yang Baik

Perjalanan menuju pos terakhir kami mendapatkan hiburan suara-suara jengkerik dan katak mereka mulai bernyanyi-nyanyi di kegelapan malam. Kami harus kuat kuat tinggal sedikit lagi., dan Alhamdulillah akhrinya kami tiba di pos terakhir pada waktu adzan salat ashar tiba.

kami langsung di arahkan ke mushola terdekat oleh kakak pembina untuk menunaikan kewajiban.  Setelah salat Alhamdulillah kami langsung di ajak menuju tenda untuk istirahat tanpa di mintai setoran tugas yang tadi dan alhamdulillahnya lagi kami sampai dalam kondisi baik semua, karena di kelompok lain ada yang pingsan saat baru di pos terakhir.

Mungkin ini pengalaman perjalan perkemahan yang pernah saya alami ada suka dan ada duka mari kita lakukan dengan senang hati, iya itulah sedikit gambaran tentang perjalanan perkemahan semoga bermanfaat terutama bagi yang masih belum pernah tahu. Dan saya mohon maaf apabila salh kata terimakasih.

 

Leave a Comment