nyantri pertama kali

pertama kali nyantri | pengalaman pribadi

Pengalaman Pertama Kali Nyantri

nyantri pertama kali
pertama kali nyantri

Nyantri pertama kali nyantri adalah pengalaman yang sangat luar biasa yang pernah saya alami.

Bagaimana sih kehidupan santri? mungkin masih banyak yang belum tahu tentang kehidupan seorang santri. Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku pertama kali menjadi seorang santri. Awalnya aku juga bingung gimana sih?  Kehidupan seorang santri yang dulu aku itu tidak ada kepikiran untuk mondok di suatu pesantren.

Pengalamanku menjadi santri di Sintesa yang baru akan sangat membuatku semangat untuk belajar tentang dunia dan akhirat, apalagi di Sintesa memfokuskan santrinya untuk berbisnis internet marketing  dan hafalan Alquran. Aku rasa aku yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan menjadi santri di Sintesa karena tidak semua anak yang bisa mendapat kesempatan untuk belajar di Sintesa.

Kalian ingin tahu!! apa saja sih kegiatan yang ada di Sintesa?? berikut akan aku ceritakan tentang kegiatan di Sintesa yang mungkin berbeda dari pesantren lainnya, berikut kegiatan santri Sintesa:

Menghafal Alquran

Pertama saya akan berbagi pengalaman tentang nyantri pertama kali nyantri di Sintesa. bagaimana sih cara belajar di sintesa ? karena di Sintesa yang diutamakan adalah Alquran dan bisnis internet marketing, jadi kegiatan untuk hafalan Alquran dilakukan dengan cara talaqqi agar semua santri bisa mengikuti dengan baik. itulah yang ku kenal saat nyatri pertama kali.

pertama kali nyantri
talaqqi

Oh iya talaqqi adalah metode untuk menghafal Alqurqn dengan cara di dikte yaitu salh santri dari santri yang bacaan Alqurannya sangat baik ditunjuk untuk mendikte santri yang lain yang bacaanya masih kurang, jadi bacaan santri yang masih kurang cenderung lebih bagus jika cara menghafalnya didikte. Itulah salah satu keunggulan metode talaqqi.

Baca Juga:  Kumpulan Contoh Cerpen Persahabatan Singkat [Terbaru]

Kemudian untuk melancarkan hafalannya biar melekat pada ingatan kami di jadwalkan untuk muraja’ah setiap ba’da magrib sampai waktu isyak di masjid. Mungkin kalian bisa menerapkannya dirumah.

pertama kali nyantri
murajaah

Kultum

Di Sintesa ini menjadwalkan setiap ba’da subuh sampai jam enam pagi, dan dilanjutkan dengan acara kultum sama teman-teman sendiri ini bisa melatihku untuk berbicara di depan umum. Kultum juga bisa melatih untuk belajar, karena kalau kita mau maju otomatis kita harus mempersiakakan materi untuk persiapan sebelum kultum dimulai.

pertama kali nyantri
kultum

Dengan adanya kultum kami dilatih untuk menjadi pribadi yang mau berusaha, beranai tampil di depan umum, rajin belajar, dan masih bayak lagi manfaat yang lain. Pada hari senin dan rabu ada kajian dari ustad di pondok sintesa ba’da asyar sampai selesai. Dan juga setiap hari kamis mendegar kajian dari youtube.

Kegiatan itu semua membuatku menjadi lebih tahu tentang agama yang sebelumnya aku belum mengetahuinya. banyak ilmu yang harus ku peroleh dari kegitan-kegiatan itu.

Belajar internet marketing

pertama kali nyatri
belajar internet marketing

Dengan belajar berbisnis diharapkan santri setelah lulus dari pesantren bisa mempunyai penghasilan pribadi, minimal tidak merepotkan orangtua syukur-syukur bisa membantu orangtua. Untuk belajar internet marketing kami diberi jam aktif mulai jam 09.00-15.00 WIB.

Diselain itu santri bisa belajar mandiri dan juga ada materi dari mas fatih, into, dan zuki yang membimbing kami untuk belajar intenet marketing. Cara belajarnya kami diberi materi kemudian kami diberi tugas untuk prakteknya. Disetiap tugas ada targetnya, jadi kami harus segera menyelesaikan agar tugas kami tidak menumpuk.

pertama kali
akselerasi

Dengan cara itu mau tidak mau aku harus segera mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para guru, agar aku tidak ketinggalan sama teman-teman yang rata-rata sudah bisa mengikuti perkembangan. Aku yakin dengan cara ini bisa membuatku belajar.

Baca Juga:  7+ Cara Membuat Akun Email Baru di HP Android Mudah & Gambarnya [Lengkap]

Membangun Karakter

perma kali nyatri
membangun karakter

Memang di Sintesa tidak terlalu ketat peraturannya, tapi mungkin ini suatu cara ustad untuk membangun suatu karakter pada santri. Karakter yang bisa terbentuk tanpa adanya suatu paksaan, tidak seperti kebanyakan pesantren yang lain.

Alhamdulillah pertama kali nyantri aku mengenal santri yang ada di Sintesa insyallah santri yang baik-baik, karena itu aku sangat betah tinggal bersama mereka agar aku menjadi orang yang lebih baik lagi seperti mereka. Kebiasaan yang ada di Sintesa mulai dari puasa senin kamis, qailullah, salat berrjamaah, salat dhuha, salat tahajjud, baca alkaf setiap jumat, dan masih banyak lagi.

Alhamdulillah semoga cerita pengalaman saya bisa bermanfaat bagi kalian semua apabila kalian ingin tahu sintesa lebih jauh silahkan kunjungi

Terima Kasih atas perhatian anda semoga anda sukses dunia maupun akhirat, Aamiin.

 

 

Leave a Comment