nama-nama provinsi di indonesia

34 Nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukota dan Jumlah Penduduknya Lengkap

Nama-nama provinsi di Indonesia – Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita mengetahui daftar nama provinsi yang ada di negara kita sendiri yaitu Idonesia terlebih dengan jumlah provinsi dan ibukotanya. Apakah kalian semua sudah tahu? Ya, tentu saya yakin kalian semua mengetahuinya.

Namun, tidak semua dari kalian yang mengetahui lebih mendalam tentang provinsi-provinsi yang ada di Indonesia. Dan lebih parahnya lagi klau ada orang yang tidak mengetahui bahwa jumlah provinsi di indonesia ada 34. Untuk itu, sebaiknya kita mengetahuinya agar kita lebih bersyukur terhadap negara kita sendiri yang memiliki jumlah provinsi di indonesia dengan berbagai macam budaya dan kekayaan.

provinsi di indonesia
bagian-bagian provinsi yang ada di indonesia

Daftar Nama Provinsi di Indonesia Beserta Ibukota, Jumlah Penduduk dan Luas Daerahnya

jumlah provinsi di indonesia
nama nama provinsi di indonesia beserta ibukota, jumlah penduduk dan luasnya.

Nah, itulah data dari daftar provinsi yang ada di indonesia yang terdiri dari nama-nama privinsi, luas provinsi, jumlah penduduk provinsi dan ibukota antar provinsi, yang mana jumlah provinsi di indonesi total ada 34 empat. Untuk mengenal lebih dalam dari 34 provinsi di indonesia mari kita simak penjelasannya satu per satu yang ada di bawah ini. Sebelum itu, alangkah lebih baik jika kita mengetahui sejarah indonesia terlebih dahulu.

Sejarah Indonesia Sebelum Memiliki Nama-nama Provinsi di Berbagai Pulau

Indonesia mempunyai sejarah yang sangat panjang, sebelum menjadi negara seperti saat ini yang mempunyai banyak provinsi di antara pulau-pulau yang dimiliki Indonesia. Dengan jumlah provinsi di indonesia yang sangat banyak kita harus banyak bersyukur bisa menempati negara yag memiliki kekayaan yang sangat luar biasa.

Ini berkat perjuangan para pahlawan terdahulu sehingga kita bisa menikmati Indonesia yang merdeka seperti saat ini. Untuk itu, kita bisa menghargai para pahlawan dengan mempelajari bagian-bagian pulau dan provinsi di Indonesia.

Nama-nama Provinsi di Indonesia yang ada di Pulau Sumatera

34 provinsi di indonesia
nama-nama provinsi di pulau sumatera dan bagian bagiannya

Provinsi Aceh

Dari nama-nama provinsi yang ada di Indonesia yang  pertama provinsi Aceh merupakan sebuah provinsi yang terdapat di Indonesia yang terletak di ujung utara pulau sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibukota dari provinsi Aceh adalah Banda Aceh.

Jumlah penduduk penduduk provinsi ini sekitar 4500.000 jiwa. Terletak dekat dengan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India dan terpisahkan oleh laut Andaman. Provinsi Aceh berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, Samudra Hindia di sisi barat, Selat Malaka, di sebelah timur, dan Sumatera utara di sebelah tenggara dan Selatan.

Dari sekian banyak jumlah provinsi di indonesia, Aceh merupakan salah satu daerah yang pernah ditimpa musibah bencana alam yang sangat besar. tsunami yang terjadi di daerah aceh mengingatkan kita akan kebesaran Allah swt  yang Maha Agung sebagai peringatan bagi kita semua.

Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu adalah sebuah provinsi di indonesia Yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Ibukotanya berada di Kota Bengkulu. Provinsi bengkulu berbatasan dengan Sumatera Barat di bagian utara, Lampung di bagian selatan, Samudra Hindia di sebelah barat, kemudian Jambi dan Sumatera Selatan di sisi Timur.

Provinsi Jambi

Provinsi jambi merupakaa salah satu dari nama-nama provinsi di indoonesia yang terletak di pesisir timur bagian tengah pulau Sumatera. Jambi adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya benama jambi juga, tidak seperti Bengkulu dan Gorontalo.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) merupakan salah satu daftar nama provinsi yang terdapat di Indonesia tepatnya di pulau Sumatera yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Belitung serta pulau-pulau kecil seperti P.Lepar, P.Pongkok, P.Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang sudah bernama berjumlah 470  dan yang berpenghuni hanya 50 pulau.

Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatera, berada disebelah Provinsi Sumatera Selatan. Kepulauan Bangka Belitung terkenal sebagai daerah penghasil timah, mempunyai pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibukota provinsi Bangka Belitung adalah Pangkal Pinang.

Baca Juga:  7 Contoh Teks Anekdot Lucu Beserta Strukturnya Singkat [Terbaik]

Provinsi Kepulauan Riau

Kepulauan Riau merupakan provinsi di Indonesia yang berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah Utara , provinsi Kalimantan barat dan Malaysia di sisi timur, Provinsi kepulauan Bangka Belitung dan jambi di selatan, Malaysia , Singapura dan provinsi Riau di sisi berat.

Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia. Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau ini terdiri dari 4 kabupaten, 2 kota, 47  kecamatan serta 274 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil 30% belum bernama, dan berpenduduk.Luas wilayahnya sebesar 252.601 km², sekitar 95% merupakan lautan, dan 5% adalah daratan

Provinsi Lampung

lampung merupakan nama provinsi yang paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, yang Ibukotanya Terletak di Bandar lampung. Provinsi ini mempunyai 2 Kota dan 13 kabupaten.

Kota yang dimaksud adalah Kota Bandar lampung dan Kota Metro. Provinsi Lampung berbatasan dengan bengkulu dan Sumatera Selatan disebelah utara.

Pelabuhan utama Provinsi lampung yang bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuahan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (teluk betung), Tarahan, dan Kalinda di Teluk lampung.

Provinsi Riau

Riau merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera bagian tengah. Wilayah ini terletak di bagian tengah pantai pantai timur Pulau Sumatera, yaitu di sepanjang pesisir Selat Malaka. Ibu kota dari provinsi riau adalah pekan baru.

Provinsi ini juga meliputi Kepulauan Riau, sebagian besar pulau-pulau kecil (juga pulau-pulau utamanya yang terdiri dari Pulau Batam dan Pulau Bintan) yang terletak di sebelah selatan Singapura dan sebelah timur Sumatera. Kepulauan ini membengkak sebagai provinsi sendiri pada juli 2004.

Riau saat ini merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, yang memiliki sumber daya yang terutama dari alam seperti, minyak bumi, karet, gas alam, perkebunan serat dan kelapa sawit.

Provinsi Sumatera Barat

Sumatera barat adalah wilayah provinsi yang berada sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantaianya seperti Kepualauan Mentawai.

Ibukota Sumatera Barat berada di Padang, memiliki luas wilayah 42.297,30 km² yang berbatasan dengan empat provinsi, diantaranya Riau, Sumatera Utara, Jambi, serta Bengkulu.

Penduduk yang ada di Sumatera Barat terdapat 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beragama islam karena beretnis Minangkabau. Yanga terbagi dari12 kabupaten dan 7 kota dari pembagian wilayah administratif setelah kecamatan di semua kabupaten (selain kabupaten Kepulauan mentawai ) dinamakan sebagai nagari.

Provinsi Sumatera Selatan

Ibukota Sumatera Selatan terletak di Palembang dan merupakan provinsi bagian selatan dari Pulau Sumatera. Batasan provinsi Sumatera Selatan secara geografis dengan provinsi Jambi di utara, Kep. Bangka Belitung di timur, Lampung di selatan dan Bengkulu di barat.

Kekayaan yang dimiliki Sumatera Selatan terutama dari SDA (Sumber Daya Alam), seperti minyak bumi, gas lam dan batu bara. selain itu, ibukota palembang memang terkenal dengan songket palembang-nya sebab dulu pernah sebagai pusat Kerajaan Sriwijaya.

Selain itu, kota palembang merupakan kota yang kaya akan wisata dan kulinernya, seperti kerupuk, kemplang, tekwan, dan pempek palembang yang kesemuanya itu berbahan dasar ikan. Biasanya menggunakan ikan tenggiri atau belida yang secara kualitas dan rasa memang lebih nikmat dari jenis ikan lainnya.

Tak cukup sampai di situ. Bahkan, di tahun 2018 nanti, kota Palembang diutus oleh Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN Games bersama dengan Ibukota Jakarta.

Provinsi Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan nama provinsi yang diresmikan pada 29 November 1956 di Pulau Sumatera, Indonesia dan beribukota di medan. Batas wilayah di sebelah utara dengan provinsi Aceh dan Selat Malaka, di sebelah selatan Riau, Sumatera Barat, dan Samudera Indonesia, di barat Aceh dan Samudera Indonesia, dan di timur berbatasan dengan Selat Malaka

Terdapat 419 pulau di privinsi Sumatera Utara. pulau Simuk (kepulauan nias) adalah Pulau-pulau terluar dan pulau berhala di selat Sumatera (Malaka)

Nama-nama Provinsi di Indonesia yang Ada di Kepulauan Nusa Tenggara

daftar provinsi di indonesia
Daftar nama provinsi di Kepulauan Nusa Tenggara

Provinsi Bali

Ibukota Provinsi Bali adalah Denpasar, bali juga merupakan pulau yang paling utama dari wilayah ini, bali diresmikan sebagai provinsi sejak tahun 14 Agustus 1958.

Pada awal kemerdekaan Indonesia, daerah ini termasuk dalam provinsi Sunda kecil yang beribukota di singaraja, dan saat ini terbagi menjadi 3 provinsi yaitu balai, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Secara geografis Bali terdapat diantara Pulau Jawa dan Lombok. Penduduk pulau bali mayoritas adalah pemeluk agama hindu. Bali sudah di kenal sebagai tujuan pariwisata internasional dengan keunikan beebagai hasil seni dan budayanya.

Provinsi Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi yang berada dalam gugusan Sunda kecil dan termasuk dalam kepulauan Nusa tenggara. Provinsi yang biasa di singkat dengan NTB memiliki 10 Kabupaten/Kota.

Saat ini nama prrovinsinya yaitu “Nusa Tenggara” digunakan oleh dua daerah administratif yaitu Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, provinsi ini merupakan bagian barat Kepulauan Nusa Tenggara.

Ibukota provinsi NTB berada di Pulau Lombok adalah Kota Mataram. Terdapat dua pulau terbesar di provinsi ini yaitu Pulau Lombok dan Sumbawa. Pulau Sumbawa memiliki Suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di daerah ini. Sementara sebagian besar dari penduduk lombok berasal dari suku  Sasak.

Provinsi Nusa tenggara Timur

Nama Provinsi Nusa Tenggara Timur diresmikan pada tahun 14 Agustus 1958. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau dantaranya Pulau Flores, Timor, Sumba, Alor, Lembata, Adonara, Sabu, Rote, Solor, Komodo, dan pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, dibagian barar pulau Timor.

Baca Juga:  Kumpulan Contoh Cerpen Persahabatan Singkat [Terbaru]

Nusa Tenggara Timur adalah provinsi yang terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama yang ada di provinsi ini yaitu Pulau Flores, Sumba, dan Pulau Timor Barat. Provinsi ini berada di bagian barat Pulau Timor.

Di bagian timur merupakan bekas provinsis Timor-timur yang sekarang menjadi negara sendiri tepatnya pada tahun 2002.

Nama-nama Provinsi di indonesia yang ada di Pulau Sulawesi

nama provinsi di indonesia
Daftar nama provinsi di Pulau Sulawesi

Provinsi Gorontalo

Gorontalo merupakan salah satu dari nama-nama provinsi yang ada di Sulawesi Utara, Indonesia yang sebelumnya semenanjung Gorontalo adalah sebuah wilayah kabupaten Gorontalo dan  Kota Madya Gorontalo.

Kemudian dengan adanya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonom daerah di Era Reformasi, Menjadikan provinsi ini kemudian di bentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 38 Tahun 2000.

Pada tanggal 22 Desember 2000 resmi menjadi provinsi ke 32 di Indonesia. Provinsi Gorontalo beribukota di Kota Gorontalo yang di juluki “Kota Serambi Madinah” atau sering juga disebut dengan kota hulontalo.

Wilayah Gorontalao berada di Pulau Sulawesi bagian utara atau bagian barat Provisi Sulawesi Utara. Provinsi ini mempunyai luas wilayah 12.435,00 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.097.990 jiwa, dan memiliki tingkat kepadatan 88 jiwa/km².

Provinsi Sulawesi Barat

Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya dibentuk pada 5 oktober 2004 ini berdasarkan Undang-undang No 26 tahon 2004. Dimana majumu adalah sebagai ibukotanya.

Memiliki luas wilayah sekitar 16.796,19 km² dan suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,385%), Makasar (1,59%) dan suku lainnya (19,15%).

Sumber kekayaan yang di miliki Sumatera Barat adalah dikenal sebagai objek wisata. Daerah ini juga penghasil kopi robusta atau kopi arabika, kelapa dan cengkeh. kemudian dari sisi pertambangan juga terdapat kandungan emas, batubara dan minyak bumi.

Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sulawesi sesuai dengan namanya. Dan Makassar adalah sebagai ibukota dari provinsi ini atau yang dulu di sebut dengan Ujungpandang.

Wilayah ini memiliki luas 45.764,53 km² dna berbatasan dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di sisi utara, Teluk Bone dengan Sulawesi Tenggara di Timur, Selat Makassar di barat dan laut flores di sisi selatan.

Provinsi Sulawesi Tengah

Sesuai dengan namanya provinsi ini terletak di bagian tengah Pulau Sulawesi yang ada di Indonesia. Dan Kota Palu merupakan ibukota dari Sulawesi Tengah. Memiliki luas wilayah sekitar 61.841,29 km².

Wilayah ini merupakan wilayah terluas diantara provinsi yang ada di Sulawesi dan mempunyai batasan wilayah bagian utara dengan Laut Sulawesi juga Provinsi Gorontalo, dan di sisi timur berbatasan dengan Provinsi Maluku, di sisi selatan berbatasan dengan Sulawesi barat dengan Sulawesi Selatan, di sisi tenggara dengan Sulawesi Tenggara, terkhir di sebelah barat dengan Selat Makassar.

Provinsi Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara merupakan provinsi yang terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi dan Kota Kendari sebagai ibukotanya. Mempunyai daratan yang luasnya 38.140 km² dengan perairan seluas 110.000 km² atau total luas 38140 km².

Provinsi ini di tetapkan sebagai Daerah otonom berdasarkan Perpu No 2 tahun 1964 Juncto UU N0 13 tahun 1964. Menjadi provinsi tersendiri.

Provinsi Sulawesi Utara

Sulawesi utara berada di ujung utara dari Pulau Sulawesi dengan Kota manado sebagai Ibukotanya. Batasan wilayah Sulawesi Utara atau di singkat Sulut yaitu berbatasan dengan Laut Maluku dengan Samudera Pasifik di sisi timur, Laut Maluku dengan Teluk Tomini di bagian selatan, Laut Sulawesi dengan Gorontalo di sebelah barat, di sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Davao del Sur (Filipina).

Nama-nama Provinsi di Indonesia yang ada di pulau Jawa

nama nama provinsi di indonesia
Daftar nama provinsi di Pulau Jawa

Provinsi Banten

banten adalah sebuah provinsi di tatar Pasundan, dan berada di wilayah palin barrat Pulau Jawa, Indonesia. Sempat provinsi ini menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, tetapi setelah terjadi pemekaran pada tahun 2000 menjadikan wilayah tersendiri.

Berdasarkan keputusan UU No. 23 tahun 2000. Kota serang menjadi pusat pemerintahannya. Wilayah Banten adalah 9.160,70 km² Provinsi Banten terdiri dari 4 kota, 4kabupaten, 154 kecamatan, 262 kelurahan, dan 1.273 desa.

Provinsi Jakarta

DKI jakarta merupakan ibukota dari negara Indonesia, Jakarta juga merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang mempunyai status setingkat provinsi. Letak Jakarta berada di pesisir bgian barat Pulau Jawa.

Wilayah Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan 6.977,5 km²), dan yang berpenduduk berjumlah sekitar 28 juta jiwa, juga merupakan metroplitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.

Tidak hanya itu, Jakarta sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan. Juga sebagai tempat berdirinya pusat kantor BUMN, perusahaan swasta, serta perusahaan asing. Jakarta sebgai kota yang menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintah serta kantor Sekretariat ASEAN.

Dan di dukung dengan layana transportasi dua bandara yaitu Bandara Soekarno-Hatta dengan Bandara Halim Perdanakusuma, dan satu pelabuhan di Tanjung Priok.

Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat merupakan provinsi yang ada di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa bagian Barat. Ibukota dari Provinsi Jawa Barat adalah Bandung. peningkatan ekonomi yang terjadi di Jawa Barat ditandai dengan meningkatnyacpada sektor manufaktur dan jasa.

Baca Juga:  Gambar Robot Transformer & Ceritanya Yang Wajib [diketahui]

Jawa Barat berbatasab denga Laut Jawa di sisi utara, di sebelah timur dengan jawa tengah, si selatan dengan Samudera Hindia, kemudian di ssebelah barat dengan Banten dan DKI Jakarta.

Provinsi Jawa Tengah

Jawa tengah merupakan bagan dari provinsi yang ada di Indonesia tepatnya berada di Bagian tengah Pulau Jawa. Menjadikan Semarang sebagai ibukotanya. Wilayah Jawa tengah memiliki luas 32.548 km² atau sekitar 28,94 % dari luas Pulau Jawa.

Jawa Tengah berbatasan dengan Jawa barat di bagian barat, di sebelah selatan berbatasan dengan samudera HIndian dan DIY, di sisi timur dengan Jawa Timur, di utara dengan Laut Jawa.

Provinsi Jawa Timur

Jawa Timur merupakan provinsi yang ada di Indonesia tepatnya bi bagian timur Pulau Jawa. Surabaya merupakan Ibu Kota dari provinsi Jawa Timur. Wilayah provinsi ini memiliki luas sekitar 47.9222 km².

Jawa Timur merupakan provinsi terluas di antara 6 provinsi yang ada di Pulau Jawa, kemudian juaga menjadi Penduduk terbanyak setelah Jawa Barat atau nomor dua di Indonesia.

Provinsi Yokyakarta

Yogyakarta merupakan daerah istimewah yang memiliki tingkat seperti Provinsi di Indonesia, Yang terbentuk karena peleburan Kesultanan Yogyakarta dengan Negara Kadipaten Paku Alaman yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa.

Wilayah Yogyakarta memiliki batas bersama Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia, Luas DIY sekitar 3.185,80 km² ini terdiri atas satu kota madya, 4 kabupaten, 78 kecamatan, seta 438 desa/keluurahan.

Nama-nama Provinsi di Indonesia yang ada di Pulau Kalimantan

Nama-nama provinsi
Daftar nama provinsi di pulau Kaliamantan

Provinsi Kalimantan Barat

Kalimantan Barat mmerupakan provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota pontianak. Memiliki wilayah seluas 146.807 km² atau 7,53% luas Indonesia.

Provinsi ini merupakan provinsi terluas ke 4 setelah Papua, Kalimantan Timur serta Kalimantan Tengah. Julukan Kalimantan barat adalah “seribu sungai”, ini juga karena sesuai dengan kondisi geografisnya yang terdapat banyak sekali sungai besar maupaun sungai kecil.

Provinsi Kalimantan Selatan

Kaliamantan Selatan merupakan salah satu provinsi yag ada di Indonesia tepatnya di Pulau Kalimantan bagian selatan. Banjarmasin merupakan ibu kotanya. Luas wilayah Kalimantan Selatan sekitar 37.530 km².

Wilayah Kalimantan Selatan terbentuk karena wilayah karesidenan kalimantan Itu sendiri. Wilayah ini memiliki 11 kabupaten dan 2 kota. Provinsi kalimantan dibentuk pada tanggal 15 agustus 1950  melalui Peraturan Pemerintah RIS(Republik Indonesia Serikat) No.21 Tahun 1950.

Provinsi Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah Merupakan provinsi yang berada di Indonesia lebih tepat di Pulau Kalimantan bagian tengah , yang memiliki luas wilayah 157.983 km². Kota Palangka Raya adalah sebagai ibukotanya.

Provinsi ini mempunyai 13 kabupaten dan 1 kota madya. Sumberdaya alam seperti perkebunan karet dan rotan hampir masih tersebar di seluruh daerah, kemudian yang berupa tambang seperti batubara, emas, zirkon, besi dan terdapat pula tembaga, kaolin, batu permata dan lain sebagainya.

Provinsi Kalimantan Timur

Kaliantan Timur atau sering di singkat Kaltim merupakan salah satu provinsi di Indonesia tepatnya berada di Pulau Kalimantan bagian ujung timur.  Dan berbatasan dengan Negara Malaysia, Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan serta Sulawesi.

Wilayah ini memiliki luas keseluruhan sekitar 129.066,64 km². Ibukota Kaltim bertempat di Samarinda. Kalimantan Timur memiliki 2 kota madya dan 4 kabupaten.

Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara merupakan provinsi hasil dari pemekaran Kalimantan Timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan negara sebelah, seperti Negara Bagian Sabah dan Serawak.

Provinsi ini resmi disahkan menjadi provinsi tersendiri dalam rapat paripurna DPR ketika tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan UU No.20 Tahun 2012.

Nama-nama Provinsi di Indonesia yang ada di Pulau Papua

provinsi
Daftar nama provinsi di Pulau Papua

Provinsi Papua

Papua merupakan provinsi paling luas di Indonesia yang berada di tengah Pulau Papua atau bagian paling timur Papua Bagian Barat atau dulunya Irian Jaya. Dan Negara Papua Nugini merupakan belahan bagian timur.

Dulu provinsi papua mencakup seluruh papua bagian barat sebelum terjadi pemekaran, pada tahun 2003 di bagi menjadi dua provinsi yaitu bagian timur tetap memakai nama Papua dan yang bagian barat memakai nama Papua Barat.

Wilayah Papua memiliki luas 808.105 km² dan merupakan Pualau terbesar di Indonesia dan Terbesar kedua di dunia.

Provinsi Papua Barat

Papua barat merupakan provinsi yang beribukota di Manokwari. Sebelum provinsi ini adalah Irian Jaya Barat yang di tetapkan dalam UU No.45 tahun 1999.

Kemudian dengan Peraturan Pemerintah No.24 tahun 2007 pada tanggal 18 April 2007, Provinsi ini di ubah nama menjadi Papua Barat dan papua merupakan  provinsi yang mendapatkan status otonomi khusus.

Nah, itulah penjelasan dari nama-nama provinsi di indonesia dengan sejarah dan latar belakang yang berbeda-beda tentunya dengan ciri khas daerah masing-masing dari jumlah provinsi di indonesia yang sangat beragam. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi web pastiguna.com.

Bagi anda yang ingin berkeliling ke berbagai provinsi di Indonesia, agar tampil lebih percaya diri silahkan pakai sepatu kulit asli magetan untuk mengenal provinsi-provinsi di indonesia.

 

Leave a Comment