perawatan rumput gajah mini

Cara Menanam dan Merawat Rumput Gajah Mini yang Mudah

Rumput Gajah Mini adalah salah satu jenis rumput yang sangat terkenal sebagai rumput hias di taman, karena rumput gajah mini sangat bagus untuk dikombinasikan dengan bunga yang berwarna-warni. Dan rumput gajah terlihat seperti hamparan kaweqrpet atau permadani berwarna hijau, akan menimbulkan menjadi penyejuk mata pada setiap orang yang melihat. Namun, kalau rumput gajah tidak ada kata mininya itu adalah rumput digunakan sebagai pakan ternak.

Pembahasan Mengenai Rumput Gajah Mini

rumput gajah mini
rumput gajah mini

Sebelum membahas rumput coba anda bayangkan, apabila anda memiliki taman yang bagus dengan adanya rumput gajah mini yang membuat taman menjadi lebih rapi. Walaupun taman itu kecil pasti anda akan merasakan kenikmatan tersendiri pada saat memandang taman yang indah, bahkan orang lain juga merasakan keindahannya.

Jadi untuk mewujudkan taman yang bagus bisa memulai dengan menanam rumput gajah mini yang akan membuat taman menjadi bagus, karena belakangan ini di dalam dunia interior design begitu ngetrend, yang serba minimalis. Mungkin mungkin hal ini terinspirasi dengan semakin sedikitnya lahan untuk tempat tinggal di sekitar anda.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

cara menanam rumput gajah mini
penanaman rumput

Empat hal yang perlu di perhatikan dalam menanam rumput gajah mini di antaranya yaitu, kualitas bibit, kesuburan tanah, lokasi, dan cara penanaman, berikut penjelasannya:

1.Kualitas Bibit

Kualitas bibit adalah hal yang paling utama yang harus diperhatikan, untuk menciptakan rumput yang indah. Tentunya dengan didukung pengolahan yang baik dan tekun untuk selalu merawatnya. Jika memilih kualitas bibit yang baik, taman yang indah akan segera terwujud.

Baca Juga:  1019 Contoh Dengan Macam-macam Pantun Nasehat Populer [terbaru]
bibit rumput gajah mini
bibit rumput

2. Kesuburan Tanah

Dan tak lupa anda juga harus memperhatikan kesuburan tanah, apabila tanah atau lahan yang akan ditanami rumput adalah bekas tanah galian kemungkinan tanah tersebut tidak subur, untuk mengatasi itu perlu adanya penambahan tanh minimal 15 cm dengan tanh humus/top soil dan juga pupuk kandang.dengan tanh yang subur akan memudahkan dalm perawatan rumput gajah mini beriutnya.

3. Lokasi Penanaman Rumput Gajah Mini

Untuk pemilihan lokasi carilah lokasi yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu teduh. Rumput gajah mini lebih menyukai di tempat yang setengah teduh. Maka dari itu padukan dengatanaman yang lain untuk menguragi panas matahari.

Namun, apabila lahan yang akan ditanami teduh, sebaiknjangan ditanami  rumput gajah pasti hasilnya akan sia-sia walaupun talah dirawat dengan ekstra. Anda bisa mennggantinya denga tanaman yang lain.

4. Cara Penanaman Rumput Gajah mini

Penanaman rumput gajah harus memperhatikan perataan tanah karena akan berpengaruh pada hasil akhir hamparan rumput yang bergelombang dan tidak rata. Perataan tanah dapat diatur dan diratakan sebelum penanaman dengan cangkul.

Setelah itu lakukan penanaman dengan bibit yang bagus dan sehat, jika ingin mendapatkan hasil seperti hamparan rumput gajah mini yang halus bagaikan permadani. Itu bisa diratakan dengan menggunakan balok kayu yang dipukul-pukul setelah melakukan penanaman.

cara menanam rumput gajah mini
perataan tanah

Bagaiamana Cara Merawat  Rumput Gajah Mini Agar Mirip Hamparan Karpet?

Untuk menciptakan rumput yang indah, bahkan seperti bentangan karpet hijau yang sangat halus. Nah, agar seperti  itu bisa dilakukan dengan cara seperti berikut :

1. Pemupukan

Pemupukan dilakukan setelah rumput gajah berumur selama 20 hari, kemudian diberi pupuk dasar peperti pupuk urea atau pupuk NPK. Setalah berumur satu bulan, dilakukan pemupukan lagi. Halaini dilakukan untuk menunjang pertumbuhan rumput, karena pupuk merupakan sumber nutrisi bagi tanaman.

Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk tungal tunggal yang hanya tercampur satu unsur hara seperti pupuk TSP, Uea Tau KCL. Juga bisa menggunakan pupuk majemuk seperti NPK yang tercampur beberapa unsur hara seperti NPK.

Baca Juga:  Teknik Dasar Bola Voli yang Paling Pokok dan Penjelasannya

2. Pengairan

Hal yang yang paling penting dalam perawatan Rumput gajah Mini adalah penyiraman. Karena air adalah sumber makanan utama bagi semua tanaman dan merupakan perantara untuk menyerap unsur hara  yang ada di dalam tanah. sebaiknya penyiraman menggunakan gembor agar air tidak menggenang.

perawatan rumput gajah mini
penyiraman rumput

Tanpa adanya air rumput gajah rumput gajah akan mati, bahkan itu bisa juga terjadi pada tumbuhan lain, walaupun tidak semua tumbuhan. Nah, maka dari itu agar rumput gajah mini tumbuh dengan baik harus dilakukan penyiraman minimal 1kali dalam sehari.

3. Membersihkan Gulma

Sebenarnya, gulma/ rumput liar biasanya akan kalah bersaing dengan rumput gajah mini, jika rumput tumbuh dengan baik dan subur. Rumput gulma pastinya akan mengurangi keindahan dari rumput gajah mini yang anda tanam.

Sebaiknya, cabutlah gulma-gulma yang tumbuh di sekitarnya. Agar tidak mengganggu pemandangan, sehingga rumput akan terlihat dengan indah. Lakukan perawatan dengan terus mencabut gulma yang tumbuh untuk menjaga keindahan taman.

4. Pemotongan Rumput Gajah Mini

Untuk melakukan perawatan rumput gajah agr selalu terlihat indah, harus dilakukan pemotongan atau pemangkasan ketika rumput tumbuh lebat. Agar daunnya tetap tertata rapi seperti karpet sugguhan.

Biasanya pemangkasan dilakukan 1 atau 2 kali sebulan saja, karena rumput rumput gajah mini tidak tumbuh lebat dengan cepat. Maka tidak perlu sering-sering untuk melakukan pemangkasan. Biasanya proses ini juga dikenal dengan pembatasan pertumbuhan rumput.

cara merawat rumput gajah mini
pemangkasan rumput

5. Penggemburan Tanah

Penggemburan tanah kembali dilakukan pada saat rumput gajah mini sudah tumbuh subur, karena biasanya tanah akan menjadi kering dan keras . ini dilakukan untuk memudahkan penyerapan air dan aerasi udara dalam tanah yang padat dan kering.

Untuk menggemburkan tanahnya bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti garpu tanah denga cara mengungkit-ngungkit  tanah, sehingga tanah akan menjadi longgar atau tanah akan memiliki space unutk menyerap air.

Baca Juga:  Manfaat hujan dan pengertiannya bagi kehidupan

6. Pengendalian Hama pada Rumput Gajah Mini

Hama yang terdapat pada rumput biasanya adalah ulat, tetapi ulat juga sangat jarang ditemukan pada rumput gajah mini. Namun, walaupun sangat jarang  dijumpai, Sebaiknya anda juga harus mengetahui cara mnegatasi seandainya ada banyak ulat pada rumput kesayangan anda.

Cara mengatasi ulat yang ada  pada rumput bisa dilakukan dengan melakukan penyemprotan dengan pestisisda yang tersedia di toko pertanian terdekat. Biasanya juga terdapat jamur yang tumbuh yang disebabkan oleh pupuk kandang yang tidak steril. Untuk mengatasinya bisa disemprot dengan fungisida , seperti dithane atau yang lain.

7. Peremajaan rumput

Kenapa dilakukan peremajaan rumput? Ya, karena rumput gajah mini yang sudah lama akan mengalami kekuningan. Agar terlihat hijau kembali dilakukanlah peremajaan rumput. Caranya dengan memotong seluruh rumput dan hanya menyisakan sedikit batangnya.

cara merawat rumput gajah mini
rumput gajah yang mulai menguning

Kemudian tunggulah sampai daunnya tumbuh lagi. Setelah daun yang baru tumbuh, rumput gajah mini akan berwarna hijau dan kelihatan segar kembali.

Nah, itulah cara menanam rumput gajah dan perawatan rumput gajah, gimana apakah anda tertarik? Untuk menanam rumput gajah mini dalam rangka memperindah rumah anda. Selamat mencoba dan semoga bisa beranfaat untuk menemani proses anda dalam menanam. dan baca juga mengenai manfaat rumput teki bagi kesehatan.

Selain itu untuk membuat taman dan hunian yang nyaman, Anda bisa menggunakan rumput sintetis untuk taman, dekorasi indoor dan outdoor. Karena sudah ada toko online yang jual rumput sintetis dengan macam-macam jenis rumput sintetis.

Terima kasih.

 

Leave a Comment