khasiat kacang tanah

Manfaat Kacang Tanah & Khasiatnya Untuk Kesehatan [Lengkap]

Manfaat kacang tanah-Banyak orang yang menghindari makanan yang satu ini, mulai dari dituduh sebagai penyebab timbulnya jerawat, atau penyakit sejenis lainya yang belum tentu kebenarannya, padahal jika diteliti lebih dalam lagi dan dengan bukti beberapa studi terbaru membuktikan banyak sekali khasiat dan manfaat kacang tanah ini yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi.

Kacang tanah merupakan tumbuhan tropis yang banyak sekali ditemui di negara seperti indonesia, kacang tanah juga dapat dikonsumsi secara langsung atau lebih baik jika melalui proses perebusan terlebih dahulu, selain langsung dimakan kacang ini juga dapat dijadikan olahan cemilan yang kaya akan gizi.

Salah satu olahan dari kacang tanah ini adalah dapat dijadikan sebagai tepung kacang, tepung yang terbuat dari kacang ini sangat baik untuk kesehatan karena banyak mengandung protein, bebas gulaten, dengan begitu kacang tanah ini aman bagi mereka yang sensitif terhadap gulaten.

manfaat kacang tanah
khasiat dan manfaat kacang tanah

Perlu diketahui bahwasanya kacang tanah atau dikenal dengan istilah Groundnut ini sebenarnya masuk kedalam kategori legume sehingga tidak sama dengan kacang kacangan yang berasal dari pohon (tree nut) contohnya seperti kacang almond, kacang mete, dan juga kenari, tapi mereka memiliki jenis nutrisi yang sama sehingga tak masalah anda mengkonsumsi yang mana saja.

Macam-macam Khasiat dan Manfaat Kacang Tanah 

Berikut adalah khasiat dan manfaat kacang tanah dalam berbagi sisi yang tentunya sangat baik bagi kesehatan. Dari sekian banyaknya khasiat dan manfaat kacng tanah, mungkin akan membuat Anda jatuh cinta kepada kacang tanah hehe.

1. Manfaat Kacang Tanah Untuk Mengurangi Penyakit Jantung

Kacang tanah banyak mengandung vitamin E, asam folat, serat, magnesium dan lemak jenuh tak jenuh serta kaya dengan antioksidan, kandungan nutrisi kacang tanah ini dapat berperan mengurangi resiko penyakit jantung, dikatakan pada sebuah penelitian bahwasanya orang yang mengkonsumsi kacang kacangan sebanyak 140 gram permigi dapat mengurangi sebanyak 35 resiko sakit jantung.

2. Manfaat Kacang Tanah Untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang tanah bagi ibu hamil sangatlah banyak, yakni sebagai sumber mineral, dapat mencegah diabetes ketika ibu lagi hamil, sebagai salah satu cemilan ibu hamil yang mengenyangkan, hal ini sangat cocok karena kacang tanah akan memberikan energi cadangan bagi ibu hamil yang sering lapar.

3. Manfaat Kacang Tanah Untuk Meningkatkan Kolesterol Yang Baik

Manfaat Kacang tanah dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan juga secara otomatis akan mengurangi koresterol jahat.

4. Manfaat Kacang Tanah Rebus

Kacang tanahrebus memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu meningkatkan kesuburan, mengurangi resiko dalam melahirkan bayi yang cacat, menurunkan resiko penyakit jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan kadar kolesterol, dan menghalang radikal bebas.

5. Manfaat Kacang Tanah Melancarkan Pembulu Darah

Manfaat kacang tanah dapat mencegah terjadinya pengerasan arteridan membantu melebarkan pembulu darah tubuh.

6. Manfaat Kacang Tanah Goreng

Kemudian kacang tanah goreng juga memiliki manfaat, karena mengenai kesehatan sudah disebutkan semua. Maka kacang tanah goreng juga dapat digunakan sebagai bahan bumbu dasar seperti sambel pecel, bumbu rujak, tahu tek, tahu lontong, tahu telor dan masih banyak yang lainnya.

7. Manfaat Kacang Tanah Untuk Diet

Manfaat kacang tanah secara khusus untuk mereka yang menjalani diet dapat menjadi teman sehat, hal ini berdasarkan penelitian bahwasanya orang yang sering memakan kacang-kacangan justru akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kacang.

Secara logikanya orag yang sedang melakukan diet jika memakan kacang makan akan mudah terasa kenyang karena rasanya yang lezat dan kaya akan nutrisi, karena dalam kacang terdapat kandungan lemak dan serat yang baik untuk tubuh, dengn begitu otomatis orang jika sudah mengkonsumsi kacang akan mengurangi porsi makananlainya.

Tips Mengolah Kacang Tanah

Anda bisa memanfaatkan kacang-kacangan salah satunya dalah kacang tanah, kacang tanah dapat anda jadikan sebagai cemilan yang lebih sehat dibanding makanan seperti cokelat, kue kering, keripik, kue tart dll, selain lebih sehat kacang tanah juga memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan makanan lainya.

Nah berikut ini ada tips untuk menjadikan kacang tanah supaya lebih menyehatkan dibanding makanan lainya.

  • Kacang tanah merupakan makanan yang sangat mudah detemui dan mudah pula cara konsumsinya, banyangkan saja anda tanpa sadar memakan kacang dan tahu tahu sudah habis 1 toples, anda dapat menyediakan kacang pada toples dan letakkan di temat yang mudah dijangkau agar supaya anda merasa lapar anda dapat memakan kacang tersebut.
  • Untuk menghindari terjadinya konsumi kacang berlebih anda dapat melakukan tisp dengan mengambil kacang seperkunya saja lalu letakkan dalam wadah kecil, habiskan secara perlahan dan kunyah sampai halus, dengan begitu anda dapat mengontrol konsumsi kacang supaya tetap menyehatkan.
  • Sediakan wadah kevil untuk tempat kacang yang kira kira mudah untuk anda bawa bepergian dan isi dengan kacang sesuai wadah, batasi supaya anda tidak memakan kacang melebihi batas yang disediakan dengan begitu anda dapat mengontrol nafsu makan anda.
  • Membuat kacang menjadi selai, anda dapat mengkonsumsi kacang dengan menjadikannya sebagai selai dengan begitu anda dapat padukan selai tersebut ke makanan sehat lainnya seperti gandum, roti dll.
  • Campurkan kacang dalam sereal sarapan pafimu supaya menambah kandungan gizi sarapanmu namun tidak membuatmu merasa kenyang yang berlebih, kacang juga baik dikonsumsi diwaktu pagi hari.
  • Rebus kacang dan hidangkan selagi hangat, ini adalah cara paling simpel untuk mengkonsumsi kacang karena kacang rebus memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Nah, mungkin ini yang bisa saya bagikan semoga banyaknya khasiat dan manfaat kacang tanah bisa kita pakai untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

 

2 thoughts on “Manfaat Kacang Tanah & Khasiatnya Untuk Kesehatan [Lengkap]

Leave a Comment