manfaat air hujan

Manfaat hujan dan pengertiannya bagi kehidupan

Manfaat Hujan

Air hujan? Apa sih, manfaat hujan untuk kehidupan manusia dan alam. Sebelum membahas lebih lanjut, pasti semua akan setuju bahwa air hujan sangat bermanfaat dan membawa berkah bagi kehidupan.

manfaat hujan
www.gambarzoom.com

Penjelasan Air Hujan Yang Berdasar

Firman Allah SWT

Sebagaimana yang sudah di jelaskan dalam firman Allah SWT : “ Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); dan Kami turunkan air dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan degan air  itu negeri(tanah) yang mati, dan agar Kami memberikan minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (darinya ); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat). QS. Al Furqaan : 48-50)

Ayat ini menggambarkan kemampuan Allah Yang Mahasempurna dan kekuasaan-Nya Yang Mahabesar, yaitu bahwa dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa kabar gembira kan datangnya awan sesudahnya. Angin itu bermacam-macam sifat dan karakteristiknya ; di antaranya ada angin yang membuyarka awan, ada yang membawanya, ada yang menggiringnya, ada angin yang bertiup sebelum kedatangan awan yang membawa kabar gembira , ada angin yang kencang yang menyapu bumi, ada pula angin yang membuahi awan agar menurunkan hujannya.

Secara Ilmu Pengetahuan

Air hujan adalah air yang terbentuk secara alami dari proses alam. Proses awal pembentukan air hujan di mulai saat uap air yang berasal dari sumber air di daratan mengalami penguapan. Uap air yang naik ke atas langit akan membentuk awan. Awan yang saling menumpuk akan membawa butir-butir air karena terbawa oleh angin.

Baca Juga:  8 Peluang Usaha Unik dan Kreatif Dengan Mobil Pickup Bisa (Sukses)

Akibatnya butir-butir air ini akan mengalami gravitasi yag membuat air bisa turun ke bawah. Saat proses butir-butir air jatuh ke bumi maka ada sebagian air yang kembali menguap ke awan. Air yag jatuh ke permukaan bumi disebut air hujan.

 

Setelah mengerti tentang pengertian tentang air hujan, kemudian apa sih, manfaat air hujan bagi kehidupan  berikut penjelasannya.

Manfaat hujan bagi kehidupan

manfaat air hujan bagi kehidupan
pixabay.com

Air hujan menjadi salah satu sumber kehidupan yang sangat penting bagi manusia. Air menjadi salah satu potensi alam yang paling besar untuk kehidupan dan alam semesta. Air menjadi komponen paling besar dalam tubuh manusia.

Namun dalam kehidupan manusia sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari air. Tanpa air dari alam yang tersedia untuk manusia. Salah satunya adalah air hujan.

Air Hujan untuk Kehidupan Manusia

Manusia memerlukan air hujan sebagai salah satu sumber kehidupan yang sangat besar. Air hujan yang jatuh ke tanah akan masuk dan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya manusia akan memakai air tanah sebagai sumber untuk memasak, mencuci, dan berbagai kebutuhan hidup lain.

manfaat air hujan
cari-manfaat.com

Air hujan menjadi salah satu komponen sumber air yang paling besar, karen manusia termasuk untuk mendapatkan makanan dari tanaman dan sayuran. Manusia membutuhkan air hujan untuk proses penanaman tanaman buah-buahan maupun sayuran.

Sebagai sumber  air minum

maanfaat air hujan sebagai sumber air minum
kokohnaxnetig.blogspot.com

Maksudnya air hujan sumber air minum di sini adalah bukan berarti langsung minum ketika hujan turun dari atas, karena takutnya ketika di atmosfer kondisi air sudah terkontaminasi dengan zat-zat kimia yang berbahaya.

Air hujansebelum dikonsumsi lebih baik dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Pengolahan air dapat dilakukan melalui pemurnia dengan tujuan untuk menghilangkan zat-zat berbahaya bagi tubuh. Jika sudah melalui proses pemurnian maka air hujan dapat langsung diminum tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Baca Juga:  Keistimewahan Ikan Arwana Silver

Membersihkan Udara yang Tercemar

Dalam kondisi saat ini banyak udara yang tercemar dengan banyak polusi dengan berbagai macam polusi seperti, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan bahkan yang paling memprihatinkan sedang terjadi di Indonesia tepatnya di Kalimantan dan sekitarnya. Pembakaran lahan gambut oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab menghasilkan kebakaran dan asap pekat hinngga berbulan-bulan.

Mungkin kita bisa bayangkan apabila keadaan seperti itu terus terjadi, dan tidak ada hujan yang turun. Pasti semua akan menagalami gangguan pernafasan, karena tercemarnya udara dari berbagai pencemaran yang terjadi saat ini.

manfaat hujan
www.whoa.in

Untuk mengatasi polusi tersebut hujan adalah salah satu solusi yang sangat membantu bagi permasalahan tersebut, karena bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara. Dengan turunya air hujan udara akan menjadi lebih bersih dan segar.

Membantu Pertanian

Air hujan memiliki manfaat yang sangat baik bagi pertanian, karena tanpa adanya air hujan ppetani akan kebingungan untuk melakukan proses penanaman seperti, padi, jagung, tomat, dan berbagai tanaman yang ditanam di ladang sangatlah membutuhkan air hujan agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga memberikan hasil panen yang melimpah.

manfaat hujan bagi pertanian
www.kaskus.co.id

Begitu besarnya kegunaan air hujan bagi para petani, yang telah di berikan allah swt kepada mahkluknya. Kita bisa membayangkan bagaimana bila tidak ada hujan? Pasti duia ini akan megalami kekeringan yang sangat luar biasa.

Membantu Perikanan

Dengan adanya air hujan, hampir semua pihak akan merasakan kenikmatannya. Untuk perikanan pasti sangat membutuhkan air hujan, tanpa adanya air hujan maka tambak-tambak akan mengalami kekeringan dan otomatis tidak bisa menaruh benih ikan.

peran air hujan bagi perikanan
gakbosan.blogspot.com

Akibatnya para pemilik tambak akan mengalami kerugian, karena tambak-tambak ikan air  tawar ini menerima pasokan air terbesar dari air hujan sebanyak 80 persen. Dan masyarakatpun akan ikut merasakan dampaknya, karena ikan air tawar merupakan salah satu makanan yang penting bagi manusia sebagai pendamping makanan pokok seperti nasi.

Air Hujan sebagai Sumber Energi Pembangkit Listrik Tenaga Air

PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) sangatlah membutuhkan air, karena PLTA menagandalkan air sebagai sumber energi. Meskipun biasanya PLTA memiliki danau buatan sendiri atau langsung dari laut, tetap saja air hujan sangat menunjang ketersediaan air pada danau tersebut.

Baca Juga:  Teknik Dasar Sepak Bola yang Paling Pokok dan Pembahasannya
manfaat air hujan bagi PLTA
iesr.or.id

Air hujan yang jatuh ke danau atau laut akan menjadi sumber energi yang sangat penting untuk  PLTA. Air hujan yang masuk dalam penampungan akan dirubah menjadi sumber listrik dengan beberapa perlengkapan teknologi yang canggih.

Manfaat Hujan Sebagai Pencegah Erosi Tanah

Penyebab tanah menjadi erosi salah satunya adalah karena kurangnya kandungan air yang berada di dalam tanah. Karena tanah sangat memerlukan air untuk menjaga kekuatannya. Erosi merupakan suatu proses pengikisan pada tanah. Jika pada tanah tidak tidak ditanami pohn serta kuragnya kuarangnya kandungan air , maka erosi akan menimbulkan bencana yang besar.

hujan mencegah erosi
www.petanihebat.com

Air hujan sangatlah membantu untuk memperkecil resiko terjadinya erosi, khususnya  pada kondisi tanah yang gundul atau tidak ada tanaman yang beradadi suatu tanah tersebut.

Mungkin masih banyak kekayaan yang belum kita sadari, jangan menganggap sesuatu apapun itu tidak berguna, kerena kalian haru yakinnkalau Allah menciptakan sesuatau pasti ada manfaatnya, seperti contoh air hujan yang jarang orang menyadari bahwa sebenarnya manfaat dari air hujan sangatlah banyak dan mungkin masih banyak yang belum kita ketahui.

Marilah kita sama-sama mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita agar kita senantiasa menjdi hamba yang pandai untuk bersyukur, mulai dari mensyukuri begitu besarnya manfaat hujan bagi kehidupan.

 

 

 

Leave a Comment