manfaat gula aren

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan Bagi Tubuh Manusia

Manfaat gula aren – Meskipun tidak semua orang tahu tentang gula aren ini, tapi tidak dapat di pungkiri bahwa kegunaan gula aren sangtlah banyat dan gula ini biasa disebut dengan gula merah dan juga hampir mirip dengan gula kelapa.

Apa itu Gula Aren? Mungkin itu salah satu pertanyaan dari beberapa orang disuatu daerah yang memang asing dengan gula aren. Apalagi orang-orang yang ada di luar negeri sana yang memang benar-benar tidak tahu apa itu gula aren. Sebab gula aren adalah salah satu jenis gula alami yang dibuat secara tradisional di Indonesia.

Gula Aren

manfaat gula aren
manfaat gula aren untu kesehatan

Gula aren adalah gula alami yang terbuat dari buah aren yang keberadaannya dari dulu sampai sekarang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Banyak sekali kegunaan dari buah aren di Indonesia, baik sebagai bumbu, wedang, maupun camilan dan laninnya.

Baca Juga:  5 Jajanan Unik dan Aneka Camilan Untuk Buka Usaha [Sendiri]

Selama ini keberadaan gula aren juga telah dikenal sebagai salah satu pemanis alami yang menyehatkan. Sehingga sangat baik bagi tubuh apabila dikonsumsi oleh manusia. Hal itu dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang ada di dalam buah aren tersebut yang sangat tinggi.

Untuk rasa buah aren itu sangat manis dan legit bisa-bisa membuat ketagihan. Gula aren ini termasuk kedalam gula yang rendah kalori yang tidak bisa mengakibatkan obesitas. Berikut ini saya akan membagikan beberapa manfaat dari gula aren bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

  1. Untuk mengatasi maag

  2. Untuk menambah tenaga

  3. Untuk mencegah penyakit anemia

  4. Dapat memperlancar peredaran darah

  5. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  6. Mengontrol kolestrol tubuh

  7. Sebagai sumber antioksidan

  8. Untuk menjaga sistem pencernaan

  9. Buat orang yang lagi diet

  10. Dapat mengobati sariawan

  11. Untuk campuran ramuan dari obat tradisional

  12. Untuk pemnis yang memiliki kandungan kalori yang tinggi

  13. Gula aren untuk penderita diabetes

  14. Sebagai bahan dasar dari pembuatan masakan

  15. Gula aren untuk kecantikan juga bisa

3 Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Sebenarnya manfaat gula aren sangatlah banyak, namun dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tiga manfaat gula aren untuk kesehatan, karena kesehatan sangatlah penting untuk kita jaga dan kita rawat.

1. Gula Aren Bermanfaat Untuk Mengatasi Maag

Maag sendiri msalah satu gejala sakit yang terletak pada bagian lambung di tubuh manusia. Biasanya hal itu terjadi akibat luka yang dialami poenderita pada dinding lambung.

Penyebabnya terjadi maag adalah karena disebabkan gaya hidup yang dilakukan memang kurang sehat. Hal tersebut biasanya dipicu karena kebanyakan makan lada atau terlalu banyak makan makanan yang terasa terlalu asam.

Baca Juga:  7 Manfaat Susu Kambing Etawa TERBAIK Bagi Kesehatan

Selain itu, oenyebabnya adalah adanya bakteri bernama H pylori yang telah menggrogoti bagian dinding lambung. Sehingga apabila hal tersebut dibiarkan saja akan mengakibatkan bahaya pada bagian organ lambung.

Untuk mengtatasai sakit maag tersebut kita bisa mengkonsumsi gula aren yang memang sampai saat ini telah dipercaya untuk mengatasi penyakit Maag. Sebab pada gula aren jug aterdapat kandungan MAkro dan Mikronutrien yang mampu menetralisir Maag.

Cara Membuat Obat Maag dari Gula Aren: Siapakan terlebuh dahulu gula aren ¼ kg > seduh dengan air hangat > diaduk sampai gulanya mencair. Selain itu kita juga bisa memakan gula aren secara langsung.

2. Gula Aren Menambah Tenaga

Dengan menkonsumsi gula aren tubuh kita bisa lebih terasa bertenaga. Hal itu disebabkan karena gula aren memiliki kandungan kalori. Walaupun kandungan kalori pada gula aren tidak terlalu tinggi.

Sebab kalori yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan munculnya lemak pada bagian dalam tubuh. Dan itu sangat bahaya bagi kesehatan.

Maka dari itu, keleihan gula aren yang memiliki kalori yang tidak terlalu tinggi sangat digemari oleh berbagai banyakorang di Indonesia. Salah satunya saja poendaki, banyak dari antara mereka membawa bekal gula aren untuk menemani pendakian mereka.

3. Mencegah Terjadinya Anemia

Manfaat gula aren ternyata juga mampu untuk mencegah terjadinya anemia pada tubuh. Hal itu ada di karenakan gula aren terdapat kandungan zat besi yang terbilang cukup tinggi. Karena kandungan gula aren itulah yang menjadikan gula aren sangat bermanfaat.

Anemia sendiri adalah suatu penyakit pada seseorang yang mengalami kekurangan darah pada tubuhnya. Dengan kandungan zat besi ini mampu meningkatkan sel-sel darah merah yamng mampu mencegah dann mengobati anemia.
Gejala yang sering dirasaka oleh pendrita pada umumnya adalah tubuh akan terasa lemah dan lemas, pusing, mual, tidak semangat. Dengan adanya senyawa pada gula aren ini mampu untuk menangkal terjadinya radikal bebas pada tubuh.

Leave a Comment