daun sirsak

1000 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Terbukti Berkhasiat

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan sangatlah banyak. Untuk itu dalam kesempatan kali ini marilah kita bedah semuanya tentang manfaat, kegunaan, dan khasiat daun sirsak untuk kesehatan agar kita bisa mengambil manfaatnya seperti untuk menanganikolesterol, diabetes dan lain-lain.

Mungkin sebagain besar orang belum menyadari betapa banyaknya manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan tidak diduga bahwa daun sirsak juga mampu mengobati beberapa penyakit yang sangat berbahaya.

Manfaat Daun Sirsak

manfaat daun sirsak

Maka dari itu, penting sekali kita untuk mengetahui berbagai manfaat yang terdapat pada daun sirsak khususnya mengenai kesehatan. Namun sebelum kita mengetahui manfaatnya dengan detail, Sebaiknya kita mengetahui apa saja kandungan yang terdapat pada daun sirsak yang menjadikan daun sirsak ini memiliki khasiat yang sangat ampuh.

Kandungan Yang Terdapat Didalam Daun Sirsak

1. lactones

  • Annohexocina
  • Annomuricina A, B, C dan E
  • Annomutacina
  • Annopentocinas A, B dan C
  • Muricoreacina
  • Gigantetronemina
  • Murihexocina A dan C
  • Javoricina

2. Isoquinoline

  • Anonaine
  • Anoniine
  • Atherospermine
  • Coreximine

3. Lipid

  • Asam Gentisic
  • Asam Lignoceric
  • CLA
  • asam stearat

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

1. Daun Sirsak Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Daun sirsak juga diyakini mampu menstabilkan kadar gula di dalam tubuh manusia, jadi tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Kemudian batas normal kadar gula yang terkandung di dalam tubuh manusia sekitar 70 mg hingga 120 mg.

2. Manfaat Daun sirsk Untuk Mengobati Kanker

Memang patut kita syukuri bahwa daun sirsak kaya akan manfaat dan juga dikenal dengan tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Termasuk salah satu manfaatnya yakni daun sirsak mampu membasami dan figth sel kanker.

Bila dibandingkan dengan kemoterapi daunsirsak lebih mampu menghambat sel kanker serta dapat menyembuhkan penyakit kanker dengan cepat dan efektif. Tidak hanya itu, kelebihan dari daun sirsak  juga memiliki biaya yang lebih murah bila dibandingkan dengan kemoterapi serta sudah terbukti dalam penelitian daun sirsak mempunya bahan aktif 10.000 kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi yang bekerja untuk melawan sel-sel kanker.

3. Daun Sirsak Sebagai Pengobatan Untuk Asam Urat

Bila Anda mengalami Asam Urat maka daun sirsak juga bisa menjadi solusi bagi Anda untuk segera mengatasinya. Bahkan, sudah banyak obat-obatan yang berbahan utama daun sirsak untuk mengatasi asam urat.

4. Mengobati Ketika Sakit Punggung

Kemudian manfaat daun sirsak untuk kesehatan selanjutnya adalah daun sirsak juga bisa mengobati ketika sakit punggung. Nah, biasanya sakit punggung sering dialami ketika beroloahrga dan seiring bertambahnya usia.

Dengan mengobati menggunakan daun sirsak Anda tidak akan merasakan efek samping seperti halnya Anda merasakan efek samping ketika memakai obat-obatyan yang mengandung bahan kimia.

5. Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Mencegah Infeksi

Nutrisi yang terkandung dalam daun sirsak diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan dan mampu mencegah Infeksi di dalam tubuh kita. Khususnya senyawa antioksidan yang ada dalam kandungan daun sirsak yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

6. Penyakit Rematik

Khasiat daun sirsak bagi kesehatan juga dapat menyembuhkan penyakit remati yang kebanyakan dialami oleh para orang tua, yang mana penyakit rematik ini yang menumbuhkan rasa sakit yang sangat luarbiasa. Solusi yang palin tepat untuk menangani nyeri artritis yaitu dengan menggunakan pengobatan herbal alami lebih tepatnya daun sirsak.

7. Mencagah Perkembangan Tumor

Kegunan daun sirsak juga memiliki manfaat yang sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan virus, bakteri, parasit  serta perkembangan tumor. Daun sirsak juga digunakan untuk obt anti-kejang.

Tidak hanya itu, daun sirsak juga mampu megatasi demam yang tinggi serta mampu mengurangi tekanan darah yang tinggi. Khasiat daun ini memiliki peran dalam mengobati peradangan dan kaki yang bengkak.

Serta juga mampu membantu pencernaan dan menambah nafsu makan. Mengonsumsi daun sirsak dengan teratur dapat meningkatkan stamina seta memfasilitasi pemulihan dengan cepat dalam menangani penyakit apapun.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Kulit

1. mengobati bisul

Karena banyaknya manfaat daun sirsak ini, sampai-sampai daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Kemudian Anda bisa menggunakannya dengan cara haluskan beberapa lembar daun sirsak kemudian tempelkan tepat pada bagian yang terkena bisul dan tunggung hingga kering.

2. Untuk Mengobati Eksim (kelainan kulit)

Eksim atau eczema ini adalah sejenis istilah dari kelainan kulit (salah satu penyakit kulit). Contoh eksim ini seperti kelainan kulit yang basah atau terlalu kering. Untuk mengatasi penyakit kulit ini Anda juga bisa menggunakan daun sirsak dengan cara menghaluskan daun sirsak kemudian baru di oleskan serta dilakukan secra teratur dengan cara pakai dua kali sehari.

3.Mencegah komedo Pada Kulit

Masalah komedo ini sering kali menjadi masalah sehingga menjadi tidak tempil percaya diri. Namun dengan mengetahui daun sirsak ini, komedo ternyata bisa di atasi dengan daun sirsak dengan cara seperti masker.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Rambut

Manfaat daun sirsak tidak hanya untuk kesehatan dan kulit saja, namun daun sirsak juga bisa digunakan untuk kesehatan pada rambut. Seperti menghilangkan kutu, menghambat pertumbuhan parasit yang berada di kulit kepala.

Mengenai vcara untuk menggunakannya sangatlah mudah yakni dengan merebus air dengan daun sirsak, kemudian di buat keramas. Dengan begitu parasit yang mengganggu pada rambut anda seperti kutu dan ketombe akan hilnag dengan sendirinya.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Obat

Manfaat daun sirsak yang sangat luar bias banyaknya ini membuat daun sirsak digunakan sebagai bahan obat, hal ini karena dalam intisari daun sirsak memiliki kandungan zat yang sangat efektif dalam memerangi berbagai penyakit.

Dibawah ini merupakan khasiat daun sirsak yang mempunyai kandungan dan fungsi dan efek sebagai obat herbal alami.

  1. Antibakteri : Berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri
  2. Antivirus: Sebagai penghambat perkembangan virus
  3. Antikanker: Sebagai penghambat perkembangan kanker
  4. Antitumor: Sebagai penghambat pertumbuhan tumor
  5. Antiparasit: Sebagai penghambat perkembangan parasit
  6. Antimalaria: Untuk mencegah malaria
  7. Antileishmania: Antileishmania
  8. Antispasmodic: Zat yang mampu untuk merelaksasikan otot polos
  9. Antikonfulsan: antikonvulsan
  10. Astrigen: Zat yang kerut atau berfungsi untuk menciutkan selaput lendir
  11. Antimutagenik: Zat yang berfungsu untuk menghambat mutasi gen
  12. Analgesik: Zat yang dapat mengurangi rasa nyeri atau sakit
  13. Anti-inflamasi: Zat untuk menekan peradangan
  14. Obat penurun panas: Zat yang mampu menurunkan panas atau demam yang tinggi
  15. Hipotensi: Zat berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah agar normal
  16. Hipoglikemik: Zat untuk menurunkan kadar gula darah
  17. Nervin: Untuk memperkuat saraf atau saraf tonik
  18. Kardiodepresan: Menekan aktivitas pada jantung
  19. Galactogogue: sebagai zat yang bisa meningkatkan produksi ASI
  20. Obat penenang: Zat untuk menenangkan
  21. Stomakik: Sebagai zat yang berfungsi untuk memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
  22. Vasodilator: sebagai zat yang memiliki fungsi utuk melebarkan pembuluh darah
  23. Vermifuge: sebagai zat yang mampu membunuh cacing usus
  24. Diuretik: The emetik dari aurine
  25. Penenang: Sebagai zat untuk penenang           

Leave a Comment