rumput mutiara

Rumput Mutiara Yang Memiliki Segudang Manfaat Untuk Obat

Rumput Mutiara itu apa sih? pasti anda bingung. Nah, rumput yang dimakasud bukanlah rumput yang berkilau seperti mutiara. Tanaman ini di sebut sebagai rumput mutiara mungkin karena begitu besarnya manfaat dari tanaman yang satu ini, yang bisa untuk obat berbagai penyakit atau karena rumput ini memiliki bunga yang berwarna putih seperti mutiara.

Rumput Mutiara

rumput mutiara
gambar rumput

Rumput mutiara adalah tanaman perdu yang tumbuh liar di berbagai tempat. Rumput yang satu ini termasuk tanaman obat seperti rumput teki yang tumbuh liar atau dalam latinnya juga disebut Hedyostis Corymvosa Famili Rubiaceae.

Ciri-ciri Rumput Mutiara

rumput mutiara
ciri-ciri rumput

Akar

Pertama, ciri-ciri mulai dari bawah tanaman yaitu akar rumput mutiara atau tanaman herbal ini merupakan tunggang dengan garis tengah rata-rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang.

Batang

Rumput in i memiliki batang yang berbentuk segi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal sekitar 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hijau keabu-abuan.

Daun

Untuk bagian daunnya relatif kecil dan dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujungnya berbentuk runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik kecilsepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun memiliki jarak yang sangat pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.

Tempat Rumput Mutiara Tumbuh

Biasanya berpenampakan tegak atau condang , sering bercabang mulai dari pangkal batangnya dengan tinggi 0,05 –  0,6 m, rumput ini termasukke dalam  rumput famili Rubiaceae dan di kenal dengan rumput daerah siki-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan.

Baca Juga:  6 Perbedaan Paling Pokok Antara Menggambar dan Melukis 

Tanaman ini biasanya akan tumbuh di tempat yang lembap, di kebun kosong yang basah, halaman rumah, selokan, pinggir jalan dan lain-lain. Rumput mutiara terkenal sebagai tanaman obat di Cina, India damn Wilayah Asia Tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

rumput mutiara
tempat tumbuh rumput

Kandungan Zat Yang Terdapat Pada Rumput Mutiara

Dalam rumput mutiara memiliki kandungan senyawa yaitu asam uleanolat, iridoit, asam ursolat, dan flafonoid. Kandunagan asam uleanolat dan asam ursolat dapat mencegah perkembangan pembelaan sel kanker ke tahap yang lebih ganas.

Tes ujicoba dari rumput mutiara adalah seekor tikus putih. Hasil penelitian pada tikus  putih tersebut yang sebelumnya diinduksi dengan senyawa karsinogen (senyawa yang memacu pertumbuhan sel kanker) menunjukkan bahwa pertumbuhan sel kanker pada tikus yang diberi ekstrak rumput mutiara bisa menghambat sebesar 30% daripada dengan tikus yang tidak di kasih ekstrak.

kandungan rumput mutiara
ujicoba senyawa karsinogen pada tikus

Untuk kandungan Iridoid berguna sebagai anti tumor, antimikroba, dan antihepatotoksik. Salah satu mekanisme hepatoprotektif dari iridoid yakni dengan menstimulasi regenerasi hati dan pembentukan sel hati baru.

Menurut hasil penelitian iridoid , ternyata rumput mutiara dapat dapat bertindak sebagai antihepatotoksik. Hal ini dilakukan pada sebuah peneltian pada seekor kelinci yang sebelumnya di beri acetaminophen selama 1 bulan.

Kerusakan hati kelinci yang disebabkan oleh acetaminophen yang ditandai dengan peningkatan SGPT dan SGOt. Tiga minggu setelah diberi iridoid, kadar SGPT dan SGOT menurun. Dengan demikian kanduangan iridoid dapat mempercepat pemulihan kerusakan jaringan hati.

penelitian kandungan rumput mutiara
penelitian pada kelinci

Sifat dan Kandungan Rumput Mutiara

Sifat Kimiawi

Rasa manis, sedikit pahit, lembut, netral, agak dingin. Menghilangkan panas, anti radang, diuretik, menyembuhkan bisul (anti carbuncular), menghilangkan panas dan toxin, mengaktifkan circulasi udara.

Kandungan Kimia

Baihua she-she cao mengandung hentriacontane, stikmasterol, ursolic acid, beta-sitosterol, sitis terol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid glycosides, dan baihuashesshecaosu (kemungkinan analog coumarin).

Baca Juga:  Cara Mengatasi Masalah Ekonomi Yang Tepat Dalam Keluarga

Manfaat dan Khasiat Rumput Mutiara

manfaat rumput mutiara
berbagai manafaat tanaman mutiara
  • Dapat mengobati kanker lambung, kanker serviks, kanker payudara, kanker rektrum, kanker nasofaring.
  • Amandel (Peradangan tonsil).
  • Faringitis.
  • Bronkitis (infeksi saluran pernafasan).
  • Hepatitis.
  • Kolesistis
  • Radang panggul.
  • Peradangan akut usus buntu.
  • Malaria.
  • Bisul.
  • Borok.
  • Pneumonia.
  • Fibrosarkoma.
  • Obat herbat untuk atasi karena tergigit ular, tulang patah, terkilir dan tersimpan air panas.
  • Radang kulit bernanah.
  • Gondongan.
  • Melancarkan peredaran darah.

Cara Menanam Rumput Mutiara

Nah, itulah manfaat dari rumput mutiara sangat banyak bukan. Maka dari itu apabila anda menjumpai tanaman ini, sebaiknya anda  pindahkan ke tempat  atau lahan sebagai tanaman obat keluarga sebagai koleksi tanamn obat. Untuk antisipiasi sewaktu-waktu apabila ada orang  yang membutuhkan.

cara memanfaatkan rumput mutiara
menanam rumput ketika menemukannya dan memindahkannya ke poli bag

Berikut adalah salah satu memanfaatkan rumput mutiara  di bagian daun dan batang sebanyak 50 gram direbus dengan 10 gelas air hingga mendidih dan menyisahkan kira-kira 2 gelas saja. Minum dlam satu hari 2 kali diwaktu pagi dan sore masing-masing 1 gelas, ramuan ini mengatasi beberapa kanker seperti yang tertulis  di atas.

10 hari selama pemakaian ada beberapa efek samping, penderita akan merasakan mulut terasa kering, suntikan dosis  tinggi juga menyebabkan penurunan ringan jumlah sel darah putih, akan kembali normal apabila pemakaian obat dihentikan selama 3 – 5 hari. Tentunya imbangi dengan  mengkonsumsi makanan bergizi.

Nah, alhamdulilah itulah manfaat dari rumput mutiara semoga bisa bermanfaat dalam kehidupan anda dan baca juga tentang fakta unik bunga bangkai yang belum anda ketahui.

Terima kasih

 

Leave a Comment