makanan terenak di indonesia

Makanan Terenak di Indonesia Hingga ke Penjuru Dunia

Makanan Terenak di IndonesiaIndonesia adalah gudangnya makanan enak. Dilatar belakangi dengan label negara penghasil rempah rempah terbaik di dunia, membuat kuliner di Indonesia semakin mak nyus tiada duanya. Di samping itu, Indonesia sebagai negara dengan jumlah suku sebanyak 1.340 suku, tentu menghasilkan perpaduan budaya yang sangat beragam. Tak terkecuali dalam bidang kulinernya.

Dengan berbagai macam ras dan suku serta kekayaan kulinernya, banyak makanan enak yang dihasilkan. Beberapa di antaranya bahkan telah terkenal hingga ke luar negeri. Lalu apa sajakah makanan terenak di Indonesia? Berikut ini daftarnya.

Daftar Menu Makanan Terenak Di Indonesia

1. Rendang

rendang
rendang khas padang

Siapa yang bisa menahan godaan rendang yang terkutuk ini? Makanan Indonesia super lezat ini memang terlalu prestisius untuk disebut sebagai sekadar makanan. Rendang adalah puncak kelezatan paripurna dalam kenikmatan makan. Rendang adalah pelepas rindu bagi perut-perut kosong kelaparan. Rendang lebih dari sekadar makanan.

Rendang telah membawa nama harum bangsa indonesia ke kancah dunia, bukan hanya membawa saja, Makanan rendang juga membuatnya menjadi lebih harum lagi. Ya, harum daging sapi hehe. Makanan terenak di Indonesia ini konon berasal dari Padang, sebuah daerah yang jauh di Sumatera Barat sana, surga makanan dan kiblat kuliner yang menjadi panutan dan junjungan para mahasiswa dan anak kost. 

Nah, masakan terenak di indonesia dari daging sapi, namun ada juga masakan dari kulit sapi yang dijadikan kerupuk yang namanya dikenal denga kerupuk rambak. Namun kali ini saya tidak membahas itu kalau ingin menikmatinya teman saya ada yang jual kerupuk kulit yang enak lho.

Baca Juga:  4 Tempat Makan Enak di Malang & Rekomendasi Wisata kuliner [Terbaik]

2. Sate

sate
sate madura

Daging memang selalu memiliki tempat di hati para pecinta kuliner, meski ia emiliki kandungan kolesterol yang tinggi sekalipun. Sebodo amat, yang penting enak. Begitu kata mereka. Sate madura, sate padang, dan sate-sate lainnya, sungguh mereka adalah primadona.

Daging yang dipotong kecil-kecil dengan indah dan presisi, ditusukkan dengan khidmat ke dalam tangkai-tangkai bambu yang tajam nan berduri, gagah berani mengorbankan dirinya dengan dibakar di atas bara api, untuk kemudian kita nikmati.

Begitu syahdu perjalanan setusuk sate untuk bisa sampai ke dalam perut kita. Maka tak ayal, mengapa setusuk sate begitu berharga. Steak daging sapi atau wagyu sekalipun, tak bisa menandingi kelezatannya. Bumbu kacang, bumbu kecap, sama saja. Sate adalah makanan Indonesia terenak di dunia.

3. Bakso

bakso
bakso malang

Makanan Indonesia apa yang paling dirindukan oleh mantan Presiden Amerika ketika ia berkunjung kembali ke Indonesia? Ya, bakso. Makanan apa yang bisa mempersatukan celah antara orang kaya, orang menengah, dan orang miskin dengan duduk di warung pinggir jalan dan makan bersama? Ya, bakso.

Makanan apa yang mampu membuat vegetarian lupa akan jati dirinya? Ya, bakso. Ia adalah representasi dari kehangatan dan kedamaian nusantara yang dirangkum dalam semangkok bola daging dengan sejumput mie dan sawi, dipadu dengan kuah mecin yang nikmat luar biasa.

4. Soto

soto
soto lamongan

Soto bisa dibilang adalah salah satu makanan nasional Indonesia, karena hampir di setiap daerah ada varian sotonya. Intinya sama, sama-sama soto. Ada soto bening, ada soto kuning, ada soto kuah santan, ada soto kuah susu, ada soto Surabaya, ada soto Lamongan, ada soto Betawi, ada soto Sokaraja, ada soto Banjar, ada soto Padang, ada soto mie bogor, ada soto daging, ada soto ayam, ada soto Makassar, dan soto-soto yang lain.

Lalu seperti apakah soto itu dipresentasikan? Soto adalah makanan berkuah. Biasanya, seluruh bahan akan dimasukkan di dalam mangkok dan kemudian disiram dengan kuah soto sampai tenggelam. Untuk memakannya, ada dua madzhab besar dalam memakan soto.

Yang pertama, memakan soto dengan memasukkan nasinya ke dalam mangkok soto. Sehingga isi soto dan nasi berbaur menjadi satu. Lalu ada pula mereka yang berpendapat bahwa makan soto itu sotonya yang dicampur ke nasi. Biasanya orang yang mengikuti cara ini adalah ia yang makannya sedikit dan lebih rapi.

Mulai sekarang, tanyakan kepada temanmu, “nasinya dituang di soto, atau sotonya dituang ke nasi?”

Leave a Comment