makanan sehat untuk ibu hamil

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Beserta Pantangannya

Makanan sehat untuk ibu hamil merupakan makanaan yang bernutrisi yang wajib diketahui bagi ibu hamil atau sang suami. Kenapa? Karena apa yang dikonsumsi ibu hamil sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu hamil itu sendiri, juga janin yang dikandunganya.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan sehat untuk ibu hamil ini memang sudah seharusnya diketahui oleh para ibu hamil, selain memiliki pengaruh pada janin, makanan sehat ini juga memiliki peran penting di dlam kesehatan ibu hamil. Nah, Apa saja makanan sehat bagi ibu hamil tersebut? Yuk, kepoin penjelasannya di bawah ini.

1. Sayur Warna Hijau Tua

Sayuran Warna Hijau tua sengaja saya taruh di posisi pertama. Sebab sayuran warna hijau tua merupakan makanan saat hamil yang sangat bagus. Kenapa? Inilah alasannya:

– Banyak mengandung vitamin dan nutrisi termasuk vitamin A, C, dan K.

– Mengandung folat yang baik untuk ibu hamil.

– Dapat meningkatkan kesehatan mata.

– Mudah di dapatkan, dan harganya lebih ekonomis

2. Daging Tanpa Lemak

Ibu hamil mestinya juga mengkonsumsi daging. Kenapa? Sebab daging merupakan sumber protein tinggi. Tetapi ibu hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi daging. Pilihlah daging yang tanpa lemak.

Selain itu, jika memasak daging, mesti benar-benar matang, agar kuman dan bakteri mampus. Daging yang setengah matang tidak baik bagi ibu hamil, karena dikhawatirkan menjadi perantara bakteri dan parasit seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, yang berbahaya.

Baca Juga:  Macam-macam Kue Basah & Aneka Jenis Jajan [Terenak]

3. Ikan, Terutama Ikan salmon

Ya, ikan juga merupakan sumber protein tinggi. Terutama ikan salmon. Selain mengandung protein, ikan salmon juga merupakan sumber omega-3 lemak, dan memiliki jumlah merkuri yang rendah. Untuk jenis ikan yang lain, dikhawatirkan mengandung merkuri yang tinggi yang bisa berbahaya bagi pengembangan sistem saraf pada bayi. Meski dianjurkan makan ikan salmon, tetap saja tidak boleh berlebihan.

4. Telur

Telur juga bagus bagi ibu hamil. Apalagi kalau bukan karena telur mengaung 12 vitamin dan mineral, dan protein berkualitas. Lebih dari itu, telur juga kaya dengan kolin, yang bisa membantu pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, juga mencegah cacat tabung saraf. Kandungan tersebut tentu sangat bagus bagi ibu hamil. Karena itu, jangan lupakan telur saat anda sedang hamil.

Tenang saja, jangan khawatirkan kolesterol pada telur. Kita boleh mengonsumsi 1 sampai 2 butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh.

5. Ubi jalar

Ubi jalar, atau lebih dikenal dengan ketela rambat. Manfaat ubi jalar bagi ibu hamil karena ketela terdiri dari karotenoid, yang nantinya dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Selain itu, ibu jalar juga mengandung vitamin C, folat, dan juga serat. Seperti sayur hijau, ibu jalar ini murah meriah dan mudah di dapat. Pilihlah ubi jalar yang warna satu merah saat membeli.

6. Kacang, Khususnya Buncis

Kacang juga merupakan makanan yang baik bagi ibu hamil. Kacang buncis paling baik dan cocok bagi ibu hamil sebab ia mengandung serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran. Kacang buncis kaya gizi, dan merupakan sumber yang baik dari besi, folat, dan kalsium.

Baca Juga:  Makanan Terenak di Indonesia Hingga ke Penjuru Dunia

7. Walnut

Ini jika anda sulit mencari ikan atau daging. Walnut juga mengandung omega-3 yang kaya. Beberapa walnut dapat anda jadikan pilihan yang cocok disaat hamil, sebagai salad atau snack.

8. Gandum dan biji-bijian

Gandum atau popcorn, mengandung banyak nutrisi, termasuk juga vitamin E, selenium, dan fitonutrien yang fungsinya yang melindungi sel-sel. Termasuk juga makanan dari jenis biji-bijian, baik bagi ibu hamil. Tidak ada salahnya anda mencoba roti gandum misalnya.

9. Yogurt, Pilihlah Yogurt Yunani

Yogurt adalah susu fermentasi. Yogurt banyak megandung protein dan vitamin. Tetapi yang paling bagus dari jenis-jens yoghurt adalah yogurt yunani karena biasanya punya kandungan protein lebih tinggi. Ibu hamil patut mencobanya untuk memenuhi kalsium yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Kalsium sangat penting saat hamil karena dapat menjaga tulang Anda sendiri agar tetap utuh dan kerangka yang sehat bagi janin.

10. Madu

Madu adalah minuman untuk semua kalangan, baik anak-anak, dewasa maupun ibu hamil. Khusus untuk ibu hamil sebenarnya ada madu khusus yang diramu dari berbagai herbal. Begitu juga bagi yang ingin cepat hamil, ada madu penyubur kandungan asli yang sangat berkhasiat untuk mempercepat proses kehamilan.

Pantangan Makanan bagi Ibu Hamil

Mengetahui makanan yang baik dan bergizi bagi ibu hamil saja tidak cukup. Karena itu anda juga harus tahu pantangan-pantangan makanan bagi ibu hamil. Selanjutnya simak makanan yang tidak baik alias berbahaya bagi ibu hamil.

1. Makanan mentah atau setengah matang
2. Alkohol
3. Seafood
4. Kafein
5. Daging olahan
6. Teh herbal
7. Susu dan keju tanpa pasteurisasi
8. Pemanis buatan
9. Terlalu banyak makan sambal

Baca Juga:  Aneka Jajanan Pasar & Macam-macam Kue Khas Indonesia

Demikian, ulasan singat seputar makanan sehat untuk ibu hamil serta makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Hal ini sangatlah penting dan harus diketahui oleh wanita yang sedang hamil dan para suami juga harus mengetahui tentang hal ini, agar bisa memberikan perhatian yang terbaik kepada sang istri yag lagi hamil.

Leave a Comment