makanan u8ntuk penambah darah

Makanan Penambah Darah Efektif Untuk Anemia atau Kurang Darah

Makanan penambah darah – Penting sekali mengetahui tentang makanan penambah darah baik bagi kalian yang mengalami darah tinggi maupun yang mengalami darah rendah. Hal ini agar kita bisa memilih makanan yang baik untuk kita.

Tidak hanya itu, dengan mengetahui macam macam makanan penambah darah. Kita juga bisa merekomendasikan kepada anggota keluarga atau orang terdekat kita tentang makanan yang sebaiknya dihindari dan makan yang seharusnya dikonsumsi.

Makanan penambah darah ini sangatlah cocok bila dikonsumsi oleh orang yang menderita darah rendah. Yang mana orang mengalami darah rendah biasanya dikarenakan kurangnya zat besi dari kebutuhan tubuh. Karena kekurangan zat besi ini akan mengakibatkan tubuh menjadi tidak mampu untuk memproduksi hemoglobin.

Penyebab Kekurangan Darah

Hemoglobin yaitu subtansi di dalam sel darah merah yang memiliki peran untuk membawa oksigen keseluruh tubuh. Maka dari itu, kekurangan zat besi dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan lemah.

Ternyata tidak hanya zat besi saja yang menyebabkan anemia atau krang darah, namun kurangnya darah ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin-vitamin B12, asam folat, dan protein, yang cukup.

Salah satu cara untuk mengatasi anemia bisa dengan mengatur pola makan yang baik. Namun kalaukalian sudah terlanjur terkena darah tinggi, maka berilah asupan makanan penambah darah yang mana dalam kesempatan kali ini akan admin sebutkan berbagai macam makanan penambah darah.

Baca Juga:  Makanan Enak Di Malang Yang Cocok Untuk Wisata Kuliner

Macam-macam Makanan Penambah Darah

makanan penambah darah
aneka makanan penambah darah
  1. Buah
  2. Sayur
  3. Daging

Apa saja jenis makanan penambah darah? Yang mampu mengatasi anemia atau darah rendah yang kalian alami. Tepatnya makanan yang mengandung zat besi. Membicarakan makanan penambah darah sebenarnya sangatlah banyak seklai mulai dari sayuran, buah-buahan, daging dan kacang kacangan.

Apalagi Anda atau saudara Anda yang mengalami anemia, sangatlah penting untuk mengetahui jenis-jenis makanan penambah darah ini. Agar ketika kita bisa menghindari tau menemukan solusi yang dialami oleh orang yang mengalami anemia.

Jenis-jenis Buah Dalam Makanan Penambah Darah

buah penambah darah
macam macam buah penambah darah

Buah juga merupakan salah satu kebutuhan yang harus didapatkan oleh tubuh kita agar tubuh kita menjadi sehat dan selalu seimbang akan kebutuhan gizi. Memang untuk memilikitubuh yang sehat kita harus memperhatikan pol makan yang teratur dan cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

Namun bagi penderita anemia atau kekuranga darah, berikut ada jenis-jenis buah yaang bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Karena berbagai jenis buah dibawah ini merupakan makanan penambah darah yang bisa menjadi solusi bagi penderita anemia atau kurang darah.

  1. Jambu biji
  2. Jeruk
  3. Tomat
  4. Mangga
  5. Apel
  6. Pepaya
  7. Stroberi
  8. Buah naga
  9. Pisang
  10. Kesemek
  11. Sowa
  12. Sukun
  13. Delima
  14. Kiwi
  15. Aggur
  16. Alpukat
  17. Sirsak
  18. Blewah
  19. Cherry
  20. Jeruk mandarin
  21. Labu
  22. Kismis

Jenis Sayuran Yang Termasuk Makanan Penambah Darah

sayur penambah darah
macam-macam penambah darah

Jenis sayuran penambah darah sudah seharusnya diketahui, mengapa? Karena setiap hari kita membutuhkan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi dari tubuh kita. Maka dari itu, kita juga harus mengetahui mana makanan yang yang harus kita hindari dan mana makanan yang kita butuhkan.
Khusus bagi yang mengalami anemia atau kurang darah makanan penambah darah seperti dibawah ini sangatlah wajib Anda ketahui, sebagai makan untuk membantu menyupali kebutuhan darah Anda agar tidak sampai penyakit anemia yang Anda alami kumat atau menguasai tubuh Anda.

  1. Bayam
  2. Sawi
  3. Kangkung
  4. Daun Datuk
  5. Bunga kol
  6. Kacang almon
  7. Kacang polong kering
Baca Juga:  Menu Masakan Sederhana & Makanan Sehat Sehari-hari Paling Top

Jenis Makanan Penambah Darah Yang Berasal Dari Laut (seafood)

sea food untuk penambah darah
makanan seafood untuk penambah darah
  1. Ikan salmon
  2. Tiram dan kerang
  3. Udang

Makanan Penambah Darah dari Daging

daging untuk penambah darah
makanan penambah darah
  1. Daging kambing
  2. Daging sapi
  3. Daging Kerbau
  4. Dll.

Biasanya ketika orang yang mengalami darah rendah pasti sering mendapatkan saran dari orang-orang sekitar untuk makan sate, entah itu sate daging kambing, sapi, kerbau dn lain-lain. Kenapa? Karena didalam daging sate terdapat kandungan seperti zat besi, protein serta berbagai mineral alami yang dapat menambah darah.

Namun juga jangan terlalu berlebihan karena suatu hal yang berlebihan itu juga nggak baik. World Cancer Research Fun juga menyarankan batasan kita dalam mengonsumsi daging merah yaitu tidak lebih dari 70 gram dalam waktu sehari. Walaupun daging memiliki berbagai kandungan nutrisi, Namun kandungan lemak yang terdapat di dalam daging mampu memicu tumbuhnya penyakit, bila kita berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Nah, agar lebih aman, sebaiknya Anda bisa mengonsumsi daging sapi saja yang berasal dari grass-fed cattle. karena kandungan lemak jenuh daging sapi lebih rendah dibandingkan daging yang lain, sedangkan daging sapi juga memiliki kandungan CLA (conjugated linoleic acid) yang tinggi. Yang dimaksud CLA yaitu senyawa yang berfungsi untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler dan dapat membantu untuk mengoptimalkan pembentukan otot.

Leave a Comment