makanan ikan arwana

[Pakan Terbaik] Seputar Makanan Ikan Arwana Lengkap

Makanan ikan arwana adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan arwana, maka tidak heran kalau para pencinta ikan arwana banyak memberikan makanan-akanan khusus demi arwana yang dimilikinya.

Karena banyak sekali manfaat makanan bagi ikan, seperti pengaruh terhadap warna ikan. Keindahan warna pada ikan akan pudar ketika anda salah memebrikan makan pada arwana kesayangan anda.

Untuk menghindari kesalahan memberikan makan kepada ikan anda, penting untuk mengetahui tentang makanan yang cocok bagi ikan anda. Agar kepuas akan menghampiri anda.

Macam-macam Makanan Ikan Arwana

makanan ikan arwana yang bagus
macam makanan ikan arwana

Di bawah ini akan menjelaskan tentang jenis-jenis makanan ikan arwana yang direkomendasikan sesuai dengan kegunaannya, bisa juga untuk makanan seperti ikan arwana silver, golden red diantaranya sebagai berikut:

Makanan Ikan Arwana Biar Cepat Besar

1. Katak

Pakan ikan arwana yang pertama kali adalah katak, yang mana katak memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi pada katak, dapat memberikan dampak positif bagi postur ikan arwana tersebut. Nah itulah keunggulan pakan ikan arwana dari katak, yang menjadikannya makanan ikan arwana biar cepat besar.

Tapi sayang, makanan ikan arwana biar cepat besar dari katak ini tidak boleh terlalu banyak, karena pemberian daging katak yang terlalu banyak bisa membuat warna ikan arwana keliihatan pucat. Maka dari itu, Anda juga harus memperhatiakan pakan ikan arwana kesangan Anda, demi hasil yang maksimal.

Baca Juga:  melamar kerja diterima jadi santri
makanan ikan arwana
katak sebagai pakan ikan arwana

2. Kecoa

Pakan ikan arwana yang kedua adalah kecoa, nggak nyangka kan? Ternyata kecoa yang dikenal hewan yang menjijikan, memiliki kandungan yang cukup tinggi khususnya protein yang baik untuk ikan arwana. Bahkan, konon kecoa dapat meningkatkan nafsu makan ikan arwana kesayangan Anda.

Namun, tidak semua ikan arwana mau memakannya. Tapi bisa Anda coba juga karena selain terdapat kandungan protein yang tinggi. Kecoa juga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pakan ikan arwana yang mahal. Selain itu, kecoa juga berfungsi  sebagai makanan ikan arwana supaya cepat besar.

makanan ikan arwana
menggunakan kecoa sebagai pakan ikan arwana

3. Pelet

Makanan yang satu ini tentunya Anda sudah mengenalnya yaitu makanan ikan buatan yang telah diramu secara khusus sebagai makanan ikan. Sehingga, kandungan nitrisinya pun lengkap dan seimbang. Pakan ikan yang disebut dengan pelet ini tidak hanya digunakan untuk pakan lele, namun pelet ikan juga bisa digunakan sebagai makanan ikan arwana.

Walaupun ikan arwana lebih menyukai makanan yang hidup di bandingkan dengan pelet ikan, tetapi tidak ada salahnya juga kalau anda memberikan makanan ini sesekali karena makana pelet ikan juga memiliki nutrisi yang lengkap. Pelet ikan juga menjadi salah satu alternatif makanan ikan arwana, karena mudah sekali untuk menemukan pelet ikan di toko terdekat.

makanan ikan
pelet pakan ikan

Makanan Ikan Arwana Untuk Mencerahkan Kulit

makanan ikan arwana
makanan yang bisa mencerahkan kulit

1. Jangkrik

Apakah makanan ikan arwana untuk mencerahkan kulit? Ya, Jangkrik sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan gizi ikan arwana, sebab banyak nutrisi yang lengkap yang terkandung pada jangkrik. Kandungan beta caroten pada jangkrik, akan membuat ikan yang diberi makan jangkrik akan mempunya warna yang cerah.

Melihat dari manfaat jangkrik untuk mencerahkan warna ikan arwana, Anda juga menjadikan jangkrik sebagai makanan pokok bagi ikan arwana. Tetapi sebelum memberikannya, jangan lupa untuk menghilangkan bagian kaki jangkrik agar tidak melukai sistem percernaan arwana kesayangan anda.

Baca Juga:  budidaya rumput gajah dan manfaatnya yang sangat banyak
makanan ikan arwana
manfaat jangkrik sebagaia pakan ikan arwana

2. Udang

Hampir sama dengan jangkrik udang juga bisa mencerahkan warna ikan arwana. Untuk cara pemberiannya, bisa memberikan udang hidup atau udang beku tidak terlalu dipermasalahkan. Itulah kelebihan udang sebagai makanan ikan arwana untuk mencerahkan kulit.

Namun, sebaiknya buang bagian sungut karena tajam. Anda juga jangan terlalu sering memberikan udang pada arwana kesayangan Anda, karena kebiasaan udang yang sering berada di dasar air akan membuat mata ikan arwana menjadi juling.

mkanan ikan arwana
pakan arwana menggunakan udang

3. Kelabang

Untuk mendukung pertumbuhan ikan arwana, Anda juga bisa dengan memberikan kelabang. Ya, tetap sekali binatang yang memiliki kaki yang banyak ini, ternyata juga bisa meningkatkan kecerahan warna pada tubuh ikan arwana.

Namun, Anda  jangan terlalu sering memberikan kelabang pada ikan awana. Mungkin daging kelabang sangat lezat bagi arwana sehingga apabila terlalu banyak ikan akan mengabaikan makanan yang alainnya, Maka gunakan kelabang sebagai makanan selingan saja.

makanan ikan arwana
manfaat kelabang sebagai pakan ikan arwana

Makanan Arwana Agar Menjadi Agresif

Ikan Mas Anakan

Agar terbentuk ikan arwana yang agresif atu tidak malas-malasan, Anda bisa mencoba untuk memasukkan anakan ikan mas ke dalam akuarium. Otomatis ikan arwana akan terlatih untuk bergerak untuk memangsanya.

Namun, pastikan kalau anakan ikan mas yang akan Anda berikan bebas dari penyakit. Karena menurut pendapat beberapa penghobi penyakit yang ada pada anakan ikan mas akan menular ke ikan arwana.

Jadi, Anda harus benar-benar memastikan kalu anakan ikan mas dalam keadaan sehat dan cukup berikan seminggu sekali.

makanan ikan arwana
manfaat anakan ikan mas untuk pakan arwana

Makanan Untuk Anakan Ikan Arwana

Cacing Darah

Untuk mendukung pertumbhan ikan peliharaan seperti ikan arwana cacing darah adalah salah satu makanan yang cocok dan juga sudah dikenal sebagai makanan yang baik. Pakan ini bisa Anda manfaatkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi nutrisi pada anakan ikan arwana yang sedang berukuran sekitar 5-8 cm.

Baca Juga:  Gambar Robot Transformer & Ceritanya Yang Wajib [diketahui]
makanan ikan
cacing darah

Cara mendapatkan cacing darah cukup mudah biasana di got-got saluran air. Namun apabila tidak mau repot, Anda bisa membelinya di toko ikan hias biasanya ada. Supaya usia pakainya bisa lama masukkan cacing tersebut ke dalam Freezer di rumah Anda.

Nah, itulah makanan ikan arwana yang direkomendasikan untuk ikan kesayangan Anda misalnya ikan arwana silver yang sangat Anda banggakan. Mungkin inilah pakan arwana yang bisa di coba, semoga bisa bermanfaat bagi semua yang membacanya.

Terima kasih.

 

 

 

Leave a Comment