25 Contoh Majas Simile dan Pengertiannya

Apa itu majas simile? Berikut adalah pembahasan mengenai pengertian majas simile dan contoh majas simile beserta artinya. Untuk memahami majas yang satu ini, cukup Anda baca artikel ini sampai habis inshaallah sedikit banyak akan paham. Oh iya, jangan lupa baca doa ya… sebelum membaca. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

majas simile
apa itu majas simile

Dalam membuat karya sastra, majas simile sering disinggung dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Meskipun telah dipelajari dalam pendidikan formal lantas masih banyak yang kurang memahami penggunaan majas jenis ini.

Majas jenis simile memiliki ciri khas tersendiri, sebelum mencontohnya wajib mengetahui pengertian simile beserta contoh-contohnya. Berikut ini ulasan bermanfaat terkait majas simile yang wajib disimak.

Pengertian Majas Simile

pengertian majas simile
pengertian majas simile

Majas merupakan salah satu gaya bahasa yang mendukung keindahan sebuah karya sastra. Disebut sebagai suatu peristiwa penggunaan kata menyimpang dari arti sebenarnya. Sebagai akibat dari pengibaratan ataupun penggantian makna yang umumnya pahami sehingga menjadi arti lainnya.

Tujuannya untuk mengungkapkan suatu kata dengan simbolik serta menimbulkan kesan yang imajinatif bagi pembaca. Simile adalah salah satu jenis majas yang penggunaannya kerap kali digunakan dalam penulisan.

Dalam bahasa latin simile artinya seperti. Sementara bahasa melayu mengartikan simile sebagai perumpamaan, yaitu perbandingan dua hal yang berbeda.

Apa itu majas simile? Berikut adalah pengertian majas simile :

Majas simile diartikan sebagai majas yang didalam sebuah kalimat membandingkan dua hal pada dasarnya berbeda. Namun perbedaan ini dianggap bermakna serupa dan dinyatakan eksplisit.

Keserupaan ditonjolkan dari segi eksplisit langsung menunjukkan kedua hal bebeda dianggap serupa. Adapun kata yang melengkapi majas ini yakni seperti, bak, bagai, laksana, dan seterusnya. Sebab bersifat membandingkan sesuatu sehingga sering disebut sebagai majas perbandingan.

Contoh Majas Simile

contoh majas simile
contoh majas simile

Nah setelah kita bahas tentang pengertian majas simile. Untuk memahaminya, tidak cukup hanya dengan mengetahui artinya saja. Anda juga harus sering-sering melihat contoh majas simile dalam kalimat.

Mengenai contoh majas simile? Anda jangan kawatir, karena admin telah menyajikan kumpulan contoh majas simile beserta penjelasanya yang lengkap. Semua contoh majas simile ini, sengaja kami sajikan untuk Anda agar lebih mudah dalam memahaminya.

Kumpulan contoh majas simile beserta penjelasannya

1. Rambut wanita itu bak mayang terurai.
Artinya : Kalimat ini mengumpamakan rambut seorang wanita yang terurai dengan sangat indah.

2. Persahabatan mereka bak rantai sangat kuat.
Artinya : Kalimat yang mengumpamakan hubungan persahabatan yang sangat dekat dan tidak terpisahkan oleh apapun.

3. Murid yang duduk di kantin sekolah sendirian siang itu laksana bunga yang baru ingin mekar.
Artinya : Kalimat ini mengumpamakan antara murid yang tengah duduk di kantin cantiknya menyerupai bunga mawar.

4. Wajah gadis itu laksana rembulan dengan sinar terangnya.
Artinya : Kalimat ini mengumpamakan orang yang melihat wajah gadis cantik disamakan dengan keindahan sinar rembulan yang menyinari malam.

5. Kedua anak kembar sangat mirip perawakan dan wajahnya. Tak ubahnya tampak laksana pinang dibelah dua.
Artinya : Kalimat ini membandingkan dengan eksplisit pada kalimat “tak ubahnya tampak bak pinang dibelah dua”. Menyuguhkan kemiripan yang sangat serupa sampai orang sulit membedakannya melalui perbandingan.

6. Ketika Siska berbicara suaranya terdengar sangat halus dan lembut seperti embun dipagi hari.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan mengenai suara yang lembut dengan perbandingan makna ekplisit menggunakan embun pagi. Secara umum dibayangkan nada suara Yosef saat berbicara seperti embun yang menyegarkan.

7. Ali memiliki rumah sangat besar dan megah laksana istana kerajaan zaman dahulu.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan perbandingan eksplisit rumah ali dengan bentuk istana kerajaan dibangn zaman dulu. Menyatakan tentang rumah yang digambarkan dengan obyek lain berupa istana kerajaan.

8. Terdengar sangat jelas dengkuran seperti bunyi knalpot motor butut berasal dari arah kamar tidur nenek.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan perbandingan dengkuran nenek yang kurang sedap terdengar dengan knalpot motor zaman dulu.

9. Dino adalah anak yang berperawakan besar dan tinggi, ia nakal karena selalu menindas teman-temansekelas yang dianggap lemah. Kelakuannya itu seperti seekor singa yang menguasai hutan rimba.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan perbandingan eksplisit badan Dino dan didukung kelakuannya yang ganas seperti perilaku singa di hutan rimba.

10. Rambut Vani terlihat sangat lembut seperti kain sutra.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan perbandingan secara eksplisit rambut halus Vani selembut kain sutra ketika dilihat orang lain.

11. Ketika Ibu Sunarti tengah berbicara, suaranya dari mulutnya terdengar sangat halus bagaikan alunan lagu syahdu.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan dengan eksplisit bahwa suara Ibu Sunarti sangat halus sama halnya ketika kita mendengarkan alunan lagu syahdu.

12. Lantunan alunan musik yang dibawakan sang maestro handal itu dapat menetramkan jiwa laksana mendengarkan gemercik air terjun di pegunungan.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan secara eksplisit bahwa alunan musik yang dibawakan seolah menentramkan jiwa seperti suara gemercik air terjun sangat menyegarkan.

13. Otot-ototnya lelaki itu terbentuk dengan sangat kekar dan kokoh bagaikan beton digedung pencakar langit.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan secara eksplisit bentuk otot lelaki ini sangat besar dan kuat dibandingkan dengan dinding beton digunung.

14. Memilih pemimpin wajib cermat dan selektif, tentu masyarakat tidak ingin seperti membeli kucing dalam karung.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan secara eksplisit bahwa pemimpin tidak dapat asal pilih diumpamakan dengan membeli kucing dalam karung yang tidak tahu asli dan bentuknya.

15. Gerakan penari sangat gemulai, laksana ombak menari dan menerpa tepian pantai.
Artinya : Kalimat ini menjelaskan secara eksplisit bahwa gerakan penari sangat baik diumpamakan dengan gerakan ombak tepian pantai.

16. Paman Bimo merupakan seorang berperangai temeramental seperti singa yang tengah kelaparan.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit tingkah Paman Bimo yang tempramen dibandingkan dengan singa kelaparan yang ingin mengamuk.

17. Ayugi dikenal sebagai seorang pemuda lamban ketika melakukan hal apasaja, pergerakan dan sifatnya laksana siput yang berjalan.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit Ayugi sangat lamban dalam bergerak dan sifat dasarnya diumpamakan siput yang tengah berjalan sangat lama.

18. Tidak ada sedikitpun nasehat dapat diterima oleh Andin bahkan dari orang tuanya dan mertuanya sekalipun. Pendirian hatinya sudah mengeras bagai batu.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit Andin memiliki pendirian hati yang sangat keras dan tidak dapat dinasihati oleh orang tua dan mertuanya. Selanjutnya dibandingkan dengan batu yang keras.

19. Pada dasarnya seorang muslim sama seperti seekor lebah yang cukup memasukkan sesuatu baik dalam mulutnya dan mengeluarkan kata serta sikap baik pula.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit setiap muslim harus mengeluarkan kata yang baik seperti perbandingan seekor lebah yang hanya menyerap dan mengeluarkan kebaikan.

20. Paman Giyono sudah siap berangkat ke ladang membawa parangnya,lakasana seorang prajurit yang ingin pergi menuju medan perang.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit Pak Giyono berangkat dengan perlengkapan parang diibaratkan dengan suasana ketika perang.

21. Pak Bambang memiliki anak-anak gadis yang sangat cantik dan berperilaku anggun laksana putri raja.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit anak-anak Pak Bambang memiliki rupa cantik dan perilakuna dibandingkan dengan kelakuan putri raja yang anggun.

22. Mobil baruku dapat melesat kencang bagaikan tenaga jaguar.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit performa mobil baru ini sangat kencang dibandingkan dengan tenaga jaguar yang kencang.

23. Lelaki itu berparas tampan, memiliki hidung mancung, dan perawkan tubuh jangkung. Sementara sorot mata sayu denga kulit sawo matang bagaikan lelaki berdarah India.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit gambaran rupa dan perawakan lelaki itu dibandingkan dengan lelaki berasal dari India.

24. Suasana hati Dina sedang tidak baik seperti gurun pasir yang selalu kekeringan.
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit gambaran suasana hati Dina sedang tidak baik dibandingkan dengan gurun pasir yang kering.

25. Mengapa kau meramu teh yang sangat pahit bagaikan obat dari dokter?
Artinya : Kalimat ini mengungkapkan secara eksplisit teh yang diramu dibandingkan obat yang diberikan dokter sangat pahit.

Nah deikianlah pembahasan kita kali ini mengenai pengertian majas simile dan kumpulan contoh majas simile dalam kalimat yang lengkap dengan penjelasannya atau artinya. Semoga bermanfaat

Leave a Comment