kue basah

Macam-macam Kue Basah & Aneka Jenis Jajan [Terenak]

Macam macam kue basah – Membicarakan tentang aneka kue basah yang enak dan lezat pasti akan membuat kalian ngiler hehe. Apalagi aneka kua basah ini sangat berbedan dengan kue-kue modern.

Aneka kue basah yang akan saya tampilkan disini adalah kue basah yang tidak mengandung bahan pengawet atau bahan berbahaya lainnya, maka dari itu kue basah sangat dijamin kesehatannya untuk tubuh anda.

Mungkin, kalin juga bisa mengenal berbagai macam-macam kue basah khas indonesia dri berbagai daerah yang belum tentu kalian jumpai di daerah kalian. Memang Indonesia memiliki banyak kuliner yang bisa dibanggakan sepertihalnya macam-macam kue basah yang memiliki banyak jenis.

Bahkah setiapa daeerah pasti memiliki kue khas daerah masing-masing, yang mana dengan kekayaan yang dimiliki Indonesia ini banyak wisatawan yang jauh-jauh hanya ingin menikmati kue khas indonesia ini.

Macam-macam Kue Basah Yang Saya Rekomendasikan

  1. Kue serabi

  2. Kue Wajik

  3. Kue puteri selat

  4. Putu mayang

  5. Kue cucur

  6. Kue bika ambon

  7. Getuk lindri

  8. Kue Mangkok

  9. Kue pancong


Jenis-jenis dan Macam-macam Kue Basah Yang Beraneka Ragam Di Indonesia

Kue Serabi Tepung Beras

kue basah serabi
kue serabi



Serabi bahan utamanya dari tepung beras dicampur dengan santan kelapa. Kue basah ini biasanya mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Bentuk dari kue ini bulat pipih dengan rasanya yang manis dan gurih. Anda bisa sedikit berinovasi dengan membuat serabi warna-warni yang menjadikan tambah menarik.

Baca Juga:  5 Jajanan Unik dan Aneka Camilan Untuk Buka Usaha [Sendiri]

Kue Wajik Ketan

kue basah wajik
kue wajik


Di negara barat bangga dengan lezatnya coklat mereka, di Indonesia punya wajik, makanan dengan cita rasa yang manis ini tidak kalah enak dengan coklat buatan luar negeri. Wajik merupakan kue basah tradisional khas Indonesia yang bahannya dari beras ketan dipadukan dengan gula jawa. Warna dari kue ini kecoklatan yang menjadikan kue ini terlihat lezat.

Sekali saja anda mencoba kue ini, pastinya anda ingin untuk mencoba lagi. Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur beras ketan yang kenyal sangat nikmat ketika masuk di mulut. Kue ini cocok disajikan untuk makanan pembuka atau makanan ringan ketika sore hari.

Puteri Selat

kue selat
puteri selat



Warna kue ini sangatlah memikat, bentuknya seperti makanan penutup ala makanan di hotel bintang lima. Kue Putri Selat merupakan kue tradisional Indonesia asal Sumatera. Kue ini memilik warna hijau yang cerah, dimanan sumber warnanya ini dari daun pandan dan

rasanya yang manis dan gurihnya berasal dari gula pasir dan santan.
Layaknya kue tradisional Indonesia yang lain, kue ini terbuat dari tepung besar, Kue ini mempunyai tekstur yang kenyal dan lengket, tapi enak untuk dijadikan tema ngopi.

Kue Putu Mayang

kue basah putu malang
putu mayang



Kue mayang merupakan salah satu kue basah khas Indonesia yang mempunyai bentuk yang indah. Dengan warnanya yang warna warni dari bahan pewarna alami, Kue ini merupakan jajanan pasar yang bahan untuk membautnya sangatlah terjangkau, yakni bahannya dari ubi merah. Di lengkapi dengan parutan kelapa, kue putu mayang cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat sembari menikmati suasana halaman di rumah anda.

Kue Cucur

kue cucur
kue cucur


Bentuk dari kue ini sangatlah sederhana, berbentuk bulat dan warnanya yang cokelat berasal dari gula jawa. Jangan salah, meskpiun terlihat sederhana, sekali anda mencoba kue ini pasti anda tidak akan melupakan manisnya kue ini.

Kue ini sangat manis, tapi tidak akan menjadikan anda terasa mual. Tasa manis dari kue cucur lumayan ringan, jadi anda bisa menyantapnya 3 kue bersamaan. Rasa manis keu cucur tak menjadikan anda menjadi kenyang, seperti apabila anda makan coklat yang batangan. Kue ini bisa dibilang sebagai kue populer di Jawa.

Bika Ambon

kue bika ambon
kue bika ambon


Anda jangan salah sangka ya. Meskipun nama kue ini ada Ambonnya, ternyata asal kue ini dari Medan. Kue ini mempunyai lezat yang khas. Tekstur dari kue ini lembut, kenyal, dan halus ketika sampai di mulut.

Bika Ambon mempunyai perpaduan rasa yang sangat khas, dari gurih, manis, dan agak asam sedikit. Rasanya pas tidak saling bertabrakan, tapi dengan adanya perpaduan itu menjadikan kue ini berbeda dari yang lain. Kue ini cocok untuk di santap dengan segelas kopi atau teh, sebagai sahabat untuk menikmati sore yang indah anda.

Getuk

kue getuk
getuk lindri


Meskipun citra dari singkong ini terkesan murahan dan identik dengan makanan rakyat bawah, ternyata singkong bisa diolah menjadi makanan yang lezat seperti getuk. Di Jawa kurang lebih ada 10 jenis getuk yang setiap jenisnya memiliki ciri khas tersendiri. Diantara jenis getuk itu adalah getuk gulung, getuk trio, getung lindri, dan lain-lain. Umumnya getuk disajikan dengan parutan kelapa yang gurih atau dengan gula jawa cair.

Kue Mangkok

kue mangkok
Kue mangkok


Kue ini bentuknya imut, lucum dan rasanya yang enak. Kue ini rasanya manis dan sedikit agak asam, sebab di dalam kue ini ada tapai ketannya. Umumnya, di dasar kue ini pake daun pisang untuk membungkusnya. Kue mangkok bisa diberi dengan warna-warna yang anda sukai supaya lebih cantik.

Kue Pancong

kue pancong
Kue pancong


Makanan ringan ini merupakan makanan khas dari Betawi. Rasa dari kue ini sangatlah enak. Bahan dari kue pancong sangatlah sederhana, yaitu tepung beras dan santan. Campuran adonannya lalu di panggang dengan cetakan khusus. Kemudian apabila sudah matang, kue pancong ditaburi dengan gula yang sangat cocok dengan kue ini.

Nah, gimana pendapat kalian tentang macam-macam kue basah yang enak dan yang pastinya membuat kalian ngiler nih hehe. Dengan aneka kue basah khas dari berbagai daerah di indonesia memang sangat menggugah selera para pencinta kuliner. Mantap

Leave a Comment