Ikan Paus Terbesar Atau Raksasa di Segala Penjuru Dunia

Ikan paus terbesar di dunia merupakan hewan yang paling pantas di sebut paling besar pada zaman sekarang karena sampai saat ini masih bisa ditemukan. Hewan laut ini memang sangat banyak macam jenisnya, untuk itu mari kita sama-sama belajar tentang ikan paus yang banyak belum kami mengetahui.

Ikan Paus Khusus yang bergigi dan bukan yang berukuran kecil addalah sekelompok mmamalia yang hidup di lautan. Paus di beri Sebutan dari anggota bangsa Cetacea yang berasal dari bahasa yunani Kuna (ketos), yang berarti paus atau ikan atau monster besar. Ternyata paus bukan berasal dari keluarga ikan.

Berbagai Macam Jenis Ikan Paus Terbesar Di Dunia

ikan paus terbesar
berbagai macam jenis ikan paus

Ciri-ciri Ikan Paus

  1. Bernafas dengan menggunakan paru-paru
  2. Memiliki  Rambut (sedikit, kebanyakan dimiliki oleh paus ketika sudah dewasa)
  3. Termasuk hewan berdarah panas atau di sebut Homoiterm. Pada hewan homoiterm suhunya lebih stabil, hal ini dikarenakan adanya reseptor dalam otaknya sehingga dapat mengatur suhu tubuh.
  4. Memiliki Kelenjar susu
  5. Mempunyai empat jantung dengan empat ruang

Paus purba mengalami perubahan atau berevolusi pada pertengahan tempo  Eocene, Kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Salah satu jenis paus yang paling awal punah adalah Basilosaurus yang mempunyai kepala kecil bermoncong menonjol dan bergigi.

Basilsaurus mampu berukuran hingga 25 meter,Dari fosil yang ditemukan mmenunjukkan bahwa paus berasal dari hewan daratan yang berkuku, kemungkinan hean seperti Mensonychid (hewan seperti serigala yang tinggal di pesisir pantai) berangsur-angsur kembali memnnghuni lautan sekitar 50 juta tahun yan lalu.

Dan juga ada kemungkinan lagi hewanlain yang berubah menjadi paus, adalah Ambullocetus yaitu paus pejalan, mamalia seukuran anjing laut namun memiliki panjang 3 meter seberat 325 kilogram.

Pada masa kini dikenal dua kelompok paus, yaitu paus bergigi dan paus tidak bergigi. Paus yang bergigi adalah pemangsa yang memakan ikan, strong, dan mamalia laut, mempunyai lubang satu pernafasan.

Jenis paus bergigi termasuk kerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut. Sedangkan paus tidak bergigi memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan pasus bergigi dan memiliki struktur yang dikenal dengan balin yang berbentuk sikat.

Struktur ini biasa digunakan untuk menyaring pankton, makanannya, di air. paus berbalin mempunyai dua lubang pernafasan.

Ikan paus terbesar di dunia memiliki sejarah evolusi

Penelitian Ikan Paus

Menyebutnya sebuah cerita yang belum selesai, tapi dengan plot yang Ia adalah seorang grabber. Ini adalah kisah tentang mamalia tanah kuno yang membuat jalan kembali ke laut, menjadi pendahulu Paus hari ini. Dalam melakukannya, ia kehilangan kakinya, dan semua sistem yang penting menjadi diadaptasi untuk sebuah keberadaan laut–kebalikan dari apa yang terjadi jutaan tahun sebelumnya, ketika dijelajahi binatang pertama dari laut ke darat.

Beberapa rincian tetap kabur dan diselidiki. Tetapi kita tahu dengan pasti bahwa evolusi kembali-ke-the-air ini memang terjadi, berkat íerjadinya menengah fosil yang telah ditemukan lebih dari dua dekade. Pada tahun 1978, paleontolog Phil Gingerich ditemukan tengkorak 52 – juta tahun di Pakistan yang menyerupai fosil creodonts–karnivora seukuran serigala yang hidup antara 60 dan 37 juta tahun yang lalu, di zaman Eosen awal.

Baca Juga:  50+ Fakta Unik Tentang Bunga Bangkai Beserta fotonya

Tapi tengkorak juga memiliki karakteristik yang sama dengan Archaeocetes, Paus dikenal tertua. Tulang baru, dijuluki Pakicetus, terbukti memiliki fitur kunci yang transisi antara mamalia darat dan Paus sejati awal. Salah satu yang paling menarik adalah bagian telinga tengkorak. Dalam Paus, itu adalah secara ekstensif dimodifikasi untuk mendengar arah bawah air.

Dalam Pakicetus, wilayah telinga antara yang hewan darat dan sepenuhnya hidup di air. Bentuk lain, sedikit lebih baru, yang disebut Ambulocetus, adalah binatang amfibi. Forelimbs yang dilengkapi dengan jari-jari dan jari kecil. Kaki belakangnya Ambulocetus, namun, itu jelas diadaptasi untuk berenang.

Fungsional analisis kerangka yang menunjukkan bahwa itu bisa mendapatkan sekitar efektif pada tanah dan bisa berenang dengan mendorong kembali dengan kaki belakangnya dan berombak-ombak ekornya, seperti berang-berang lakukan hari ini.

Penemuan Tentang Paus

Rhodocetus menunjukkan bukti gaya semakin laut. Dengan tulang belakang leher lebih pendek, memberikan kurang fleksibel, lebih stabil leher–sebuah adaptasi untuk berenang juga dilihat dalam hewan lain air seperti sapi laut, dan dalam bentuk yang ekstrem di paus modern.

Wilayah telinga tengkorak yang lebih khusus untuk mendengar bawah air. Dan kakinya terlepas dari yang panggul, melambangkan pesangon koneksi ke tanah penggerak. Oleh 40 juta tahun yang lalu, Basilosaurus–jelas hewan yang sepenuhnya disesuaikan dengan lingkungan perairan–berenang laut kuno, didorong oleh sirip yang kokoh dan panjang, fleksibel tubuh.

Namun Basilosaurus masih tetap kecil, lemah kaki belakangnya–Bagasi dari masa lalu evolusi–meskipun itu tidak bisa berjalan di tanah. Tidak ada binatang ini selalu merupakan leluhur langsung paus yang kita ketahui hari ini; mereka mungkin samping cabang-cabang pohon keluarga.

Tapi yang penting adalah bahwa setiap fosil Paus saham fitur baru, seperti ikan paus dengan Paus yang kita kenal sekarang, dan dalam catatan fosil, kita dapat mengamati akumulasi bertahap adaptasi ini akuatik di garis keturunan yang mengarah ke paus modern. Sebagai ahli biologi evolusioner Neil Shubin poin keluar, “Dalam satu pengertianya, evolusi tidak menciptakan sesuatu yang baru dengan Paus. Tetapi itu hanya adalah bermain-main dengan mamalia tanah. Itu menggunakan yang lama untuk membuat yang baru.”

Jenis-jenis Ikan Paus Balin atau Baleen

Ikan Paus Terbesar Di Dunia yaitu Paus Biru (blue Whale)

ikan paus terbesar di dunia
paus biru terbesar di dunia

Ikan paus terbesar di dunia yaitu Paus Biru (balaenotera musculus) yang merupakan mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin. Jenis ini adalah paling besar higga panjangnya mampu lebih dari 33 meter dan massanya tercatat sebesar 181 ton atau lebih.

Binatang ini diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui. Paus yang beerbentuk panjang dan ramping ini memil

Makanan pokok paus biru adalah crustacea kecil yang disebut krill. Keberadaan paus biru hampir di seluruh samudra hingga awal abad ke-20. Selama lebih dari satu abad paus ini banyak diburu sampai hampir punah sebelum akhirnya dilindungi komunitas internasional pada yahun 1996.

Penelitian terkini subspesies paus biru kerdil menunjukkan bahwa perkiraan ini mungkin terlalu rendah. Sebelum berlangsungnya perburuan paus, populasi terbesar berada di Antartika, yang jumlahnya kurang lebih 239.000 (antara 202.000 hingga 311.000).

saat ini konsentrasi kelompok di Samudra Pasifik Utara bagian timur, Antartika, dan Samudra Hindia jauh lebih rendah daripada angka sebelumnya (kurang lebih 2.000)

iki bagian belakang (doersal) berwarna abu-abu dan bagian depan (ventra) yang lebih terang.

Ikan paus sirip (Fin Whale)

ikan paus sirip
paus sirip

Paus Fin Whale (Balaenoptera physalus), biasa disebut paus finback, yang gemar banyak bekerja, adalah ikan paus terbesar di dunia yaitu mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin. ini adalah paus terbaik kedua dan binatang yang hidup terbesar stelah paus biru, mampu tumbuh hingga berukuran 27 meter.

Bentuk ikan paus jenis ini panjang dan langsing, tubuh Paus Fin Whale berwarna kecoklatan abu-abu dengan bagian bawah lebih pucat. setidaknya ada dua subspesies berbeda: paus sirip utara di Atlantik Utara biasanya lebih besar dibandingkan dengan Samudra Selatan.

Baca Juga:  Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil Motor Terbaru dan Lengkap

Hampir disemua samudra bisa ditemukan kecuali hanya dari perairan yang dekat dengan kantong es pada kutub utara dengan kutub selatan dan daerah yang relatis kecil dari air laut yang terbuka. Makanan ikan ini biasanya terdiri dari ikan kecil, cumi, dan krustasea termasuk mysids dan krill.

Ikan Paus North Atlantic Right Whale, Eubalaena glacialis

Ikan paus
paus north atlantic right whale eubalaena glacialis

Ikan paus terbesar di dunia jenis Eubalaena glacialis yang artinya “baik , tau benar, paus dari es”) termasu juga paus balin, satu dari tiga spesies yang termasuk dalm keluarga Eubalaena, namun sebelumnya sempat  diklasifikasikan dalam spesies tunggal (sempat terjadi kesalahan dalam pengklasifikasikan)

Paus Sikat (Souththern Right Whale, Eubalaena australis)

ikan paus terbesar
paus sikat (souththern right whale eubalaena australis)

Ikan paus jenis ini merupakan salah satu golongan dari paus balin dari tiga spesies yang diklasifikasikan dalam genus paus Eubalanea. Seperti paus souther Rhight lain, Paus ini mudah dibedakan dari yang lain oleh callosities di atas kepala, tanpa sirip punggung, dan mulut melengkung panjang yang dimulai di atas kepala.

Memiliki kulit yang berwarna abu-abu sangat gelap atau hitam, kadang-kadang dengan beberapa bercak putih pada perut. Callosities paus kanan yang tampak putih karena koloni besar cyamids atau disebut kutu ikan paus.

Hampir tidak bisa dibedakan antara paus Atlantik Utara terkait erat dan Paus Southern Right pasifik  Utara, karena hanya menampilakan perbedaan tenggorokan kecil. Mungkin callosities lebih sedikit di kepala dan di bibir yang lebih rendah dari dua spesies utara. Sekitar 12.000 Paus Southern Right terbesar di seluruh bagian selatan belahan bumi selatan.

Ikan paus betina dewasa memiliki ukuran maksimum hingga 18,5 meter dan memiliki berat sekitar 130 ton. Testisnya (biji) munngkin terbesar dari setia binatang, masing –masing memiliki berat sekitar 500 kg.

Hal ini menunnjukkan bahwa persaingan sperma adalah penting dalam proses perkimpoian. Lapisan tebal dari isolasi lemak tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengusir panas tubuh internal mereka diperairan tropis.

Paus Kepala Busur atau Paus Bugkuk (bowhead whalea)

iksn paus bungkuk
paus kepala busur atau bungkuk

Ikan paus terbesar di dunia jenis ini secara ilmiah dikenal sebagai balenamysticetus. Penamaan kepala busur untuk dirinya muncul karena rahang tinggi dan melengkung. Sehingga terlihat seperti cacat. Ikan paus hitam ini tinggal di daerah yang dingin, yaitu di Artic.

Maka dari itu, mereka memeliki kulit khusus untuk beradaptasi dengan mempunyai tebal lemak hingga 45 cm. Tapi dengan lemak inilah yang bisa membuat paus bungkuk untuk tetap hangat dan terlindungi dari sensasi dingin yang sangat rendah.

Namun sayang, populasi salah satu mamalia laut yang besar ini terus mengalami penurunan. Hal ini tentu disebabkan oleh eks ploitasi laut yang tidak bijaksana.

Paus abu-abu ( Gray Whalea)

ikan paus abu-abu
paus abu-abu

Paus ini mempunyai berat hingga 36 ton dan panjang sekitar 50 kaki atau 25 meter. Paus abau-abu memiliki Jambang dekat muut untuk menndeteksi lingkungan sekitarnya. Kita hanya bisa melihat pausi jenis ini dalam kelompok kecil, namun kita juga bisa menemukan kelompok mereka yang lebih besar.

Hala ini berarti paus abu-abu menghabiskan waktu tidak hanya untuk bergabung pada satu kelompok. Paus abu-abu juga sring dianggap sebagai paus yang menyelam dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Diklaim oleh ilmuan bahwa tindakan paus abu-abu ketika menyelam dengan kecepatan yang cukup tinggi, karena Paus ini harus mengingkirkan parwasit yang membuat ikan paus ini kesal.

Ikan Paus Minke Whale, Balaenoptera acutorostrata

Ikan Paus Minke Whale, Balaenoptera acutorostrata
Paus Minke Whale, Balaenoptera acutorostrata

Paus minke whale adalah ikan paus balin terkecil kedua. setelah mencapai kematangan seksual (6-8 tahun), laki-laki rata-rata 6,9 meter dan perempuan 7,4 meter panjang, masing-masing.

Perkiraan panjang maksimum bervariasi 9,1-10,7 meter untuk wanita dan 8,8-9,8 meter untuk laki-laki. kedua jenis kelamin biasanya memiliki berat 4-5 ton pada saat dewasa, dan berat maksimum mungkin sebesar 14 ton.

Baca Juga:  Kumpulan Cerita Lucu Singkat Yang Bikin Ngakak Banget [Terbaru]

Jenis-jenis Paus Bergigi

Paus-paus berukuran raksasa biasanya adalah jenis paus tak bergigi alias Mysticeti, sedangkan paus bergigi tau disebut Odontoceti memeiliki ukuran yang relatif lebih kecil bila dibangdingkan dengan Paus yang tidak bergigi.

Paus Beluga (beluga whale)

Ikan Paus Beluga (beluga whale)
Paus Beluga (beluga whale)

Paus beluga memiliki penampilan yang memanng unik, sehingga akan mudah dikenali. Warna kulitnya benar-benar putih dan memiliki sirip belakang yang minim. Namun tubuh berfungsi untuk memfasilitasi navigasi mereka di daerah perairan es.

Ukuran ikan beluga tergolong sangat kecil bagi ukuran ikan paus. Dahinya lebar bulat dan berkepala bulat. Paus beluga memiliki lapisan lemak setebal 5 inci, itu karena mereka tinggal di di Arktik atau sub Arktik. Lemak tersebut sebagai adaptasi terhadap habitat yang dingin.

Untuk makan, meereka harus mendapatkannya didasar laut, jadi harus menyelam hingga sedalam 1000 kaki atau sekitar 305 meter ke dalam laut. Populasi ikan ikan paus beluga yang lucu ini terdapatsekitar ratusan ribu ekor.

Paus pilot (Pilot Whale)

Ikan Paus pilot (Pilot Whale)
Paus pilot (Pilot Whale)

Jenis Paus ini terbagi menjadi dua yaitu paus sirip panjang yang di sebut dengan “G melas” dan sirip pendek yang disebut “g. macrorhynchus” untuk memebedakan kedua sangat sulit.

Namun, untuk membedakanya paling mudah adalah ditemukannya di tempurung kepala.Bisa dikatakan hiu pilot menempati perairan yang luas di seluruh dunia. “G melas” dapat ditemukan di perairan dingin.

Sebaliknya, “g macrorhynchus” memilih untuk tinggal di perairan tropis dan sub tropis. Tapi mereka berdua juga memiliki intelegensia yang sangat mengagumkan. Dan mereka juga cenderung untuk hidup di perairan yang cukup dalam, Jadi jarang orang yang bisa menjumpai ikan tersebut.

Ikan paus pembunuh
paus pembunuh yang sudah terkenal

 

Paus jenis ini (Orcinus orca), juga dikenal sebagai Paus Freely Willy adalah bagian dari jenis paus bergigi. Bahkan sebenarya, Paus ini merpakan anggota terbesar dari keluarga lumba-lumba.

Paus pembunuh meliki panjang sirip dengan tubuh bulat besar dipunggung mereka. Warna tubuhnya ditandai dengan bercak putih dibagian bawah dan didekat mata. Orca adalah hewan yang sangat bersosial tinggi biasanya berpergian secara berkelompok.

Setiap kelompok biasanya terdiri dar 5-30 ekor, walaupun beberapa kelompok bisa bergabung hingga membentuk keolmpok sampai 100 ekor, bahkan bisa lebih. Orca membangun hirarki sosial dan kelompok-kelompok ini dipimpin oleh betina.

Ikan Paus (Narwhal whale)
Paus (Narwhal whale)

Kata “Narwhal” yang memiliki arti “Mayat Paus”. Nama dapat tertanam karena paus ini memiliki warna yang berwarna kebiru-biruan dengan bintik-bintik berwarna putih. Sementara Paus muda, memiliki warna kecokelat-cokelatan.

Jenis paus narwhal adalah salah satu jenis ikan paus terbesar di dunia yang cukup unik, dimana yang jantan memiliki sejenis gading panjang dan lurus disekitar rahangnya yang berfungsi untuk menarik perhatian Ikan Paus Narwhal betina.

Ikan ini bisa ditemukan di daerah perairan yang dingin seperti Greenland dan Canadian Arctic. Secara umum paus Narwhal tergolong memiliki ukuran yang sedang yaitu panjangnya sekitar 18 kaki dan bberat 3500 pound.

Paus Sperma (Sperm Whale)

Ikan Paus Sperma (Sperm Whale)
Paus Sperma (Sperm Whale)

Paus ini jugatermasuk dalam golongan jenis paus yang paling besar. memiliki lubang napasnya satu. Lebar kepala, lengkap dengan deretan gig tajam. Paus sperma dewasa dapat tumbuh sepanjang 67 kaki 20,5 meter dengan beban atau tubuh mencapai 56 ton.

Ikan paus terbesar di dunia mempunyai ukuran otak  begitu yang besar diantara kerajaan binatang, yaitu seberat 20 pound atau sekitar 90 kg. Untuk habibit paus ini banyak ditemukan di sebagian besar lautan.

Leave a Comment