perbedaan ikan arwana irian dan hijau

Cara Budidaya Ikan Arwana Termahal Di Dunia Bagi Pemula

Ikan Arwana – Membicarakan tentang ikan arowana ini sangat banyak bahasannya, mulai dari ikan hias termahal, terbesar, terkecil dan jenis ikan arwana super red, silver, golden red, , pino, arwana irian serta arwana di seluruh dunia semua akan di bahas di sisni.

Ikan arwana adalah jenis hewan yang sangat indah dan memiliki daya jual yang sangat mahal sehingga sangat populer dalam dunia ikan. Mari kita bahas total segala sesuatu yang berkaitan dengan ikan arwana atau juga di sebut arowana.


IKAN ARWANA


Sejarah Ikan Arwana Di Seluruh Dunia

ikan hias termahal di dunia
sejarah arwana di dunia

Ikan arowana pertama kali ditemukan oleh Muller dan Schiegle pada tahun 1845 di daerah pedalaman kalimantan barat yang termasuk salah satu daerah penyebaran ikan arwana di dunia.

Penyebaran ikan arwana di Indonesia seperti di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya. Ikan arwana di Sumatera, banyak dijumpai di sungai-sungai Palembang, Lampung, Jambi. Terutama ikan arwana hijau dan Ciolden.

Sedangkan di daerah Kalimantan barat Lebih beragam jenis dan hampir di setiap kabupaten adalah tempat penyebaran ikan arowana. Di kabupaten Sintang terdapat habitat dari jenis ikan arwana super red, Tepatnya di kecamatan Ketungau.

Jenis ikan arwana super red adalah salah satu jenis ikan arwana termahal dan yang paling banyak di cari orang sehingga harganya sangat melambung tinggi apabila dibandingkan dengan jenis jenis ikan arwana yang lainnya.

Ikan arwana super red ternyata juga banyak dijumpai di Kabupaten Kapuas Hulu, bahkan di Danau Sentarum merupakan habitat ikan terlengkap di dunia. Kabupaten yang juga memiliki banyak jenis ikan arwana adalah kabupaten Pontianak Sambas, Ketapang, dan  Sanggau.

Namun jenis ikan arwana hijau dan ikan arwana putih sangat terbatas, sedangkan untuk jenis ikan arwana golden terdapat di Kalimantan Selatan, terutama di banjarmasin dan Kalimantan Tengah di kota Sampit, tepatnya di anak-anak sungai mahakam.

Ikan arwana juga terdapat di Irian Jaya, baik Arwana hijau, Arwana mutiara (scleropages jarclinit), maupun ikan arwana dari genus osteo-glossum. Nah, itulah sekilas tentang sejarah ikan arwana. Nah setelh kita mengetahui sejarahnya, kemudian mari kita bahs tentang jenis-jenis ikan arwana yang ada di seluruh dunia.

Jenis-jenis Ikan Arwana Termahal dan Terindah

jenis ikan arwana
macam ikan arwana

1. Ikan Arwana Super Red

ikan arwana supur red
arwana super red

Jenis arwana super red atau ikan arwana merah merupakan ikan yang berasal dari Indonesia. ikan ini lebih mudah dijumpai di daerah Kalimantan Barat seperti di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum.

Namun saat ini, jenis ikan arwana super red sudah mulai mudah dijumpai di seluruh dunia. Karena semakin banyaknya orang yang mengembangbiakkan atau yang budidaya ikan hias terindah dan tercantik yang satu ini terutama oleh para pecinta ikan hias khususnya jenis ikan arwana.

Jenis ikan arwana merah tingkat pertama dibagi menjadi empat jenis yaitu merah cabe (Chilli  RedI), merah orange (Orange Red), merah darah (Blood Red), merah emas (Golden Red).

Walaupun dalam perkembangannya yang dimaksud dengan super red arwana, tetapi lebih cenderung menuju pada warna merah cabe dan merah darah. sedangkan, warna merah orange dan merah emas disebut tingkatan super red paling rendah.

Arwana ini memiliki warna pada sirp, ekor, dayung dan sungut sesuai dengan namanya. Pada saat berukuran sekitar 25 cm ring akan mulai nampak, namun masih  belum mengeluarkan warna merah.

Ketika ikan berumur 3-4 tahun warna merah di bagian badan akan mulai keluar. ring pada arwana adalah warna mengkolap di pinggir sisiknya. Namun, para penggemar ikan arowana sering memakai trik untuk mempercepat dan pertumbuhan warna merah.

Baca Juga:  28 Daftar Orang Ganteng Sintesa Menjadi Incaran Banyak Wanita

Dengan melakukan cara-cara yang kreatif, seperti tanning, pemberian pakan yang bagus atau juga bisa dengan meletakkan ikan di kolam yang langsung terkena sinar matahari.

Arwana Cross Back Golden/ X Back Golden

arwana cross back
cross back

jenis ikan ini berasal dari negara tetangga yaitu negara malaysia. Sebenarnya ini juga termasuk salah satu dari jenis ikan arwana golden.

Pada saat ikan berumur dewasa akan muncul ring yang melingkar melewati punggung sehingag di beri nama X  back. Jenis ikan arwana mempunyai banyak macam warna, mulai dari blue base, purple base, silver base dan gold base.

Arwana Red tail Golden/ Golden Red

ikan hias jenis arwana red tail golden
arwana red tail golden

Jenis ikan arwana red tail golden adalah salah satu jenis ikan arwana golden yang berasal dari negara Indonesia, tepatnnya di daerah Pekan Baru Sumatera. Sifat dari ikan jenis ini lebih agresif daripada cross back golden.

Tidak kalah dengan X cross back golden, ikan ini juga memiliki keragaman warna dasar yaitu blue base, green base dan golden base. Bahkan arwan jenis ini mampu tumbuh lebih besar daripada Cross black golden.

Arwana Silver/ Arwana Brazil

ikan hias jenis arwana silver atau arwana brazil
arwana silver atau brazil

Arwana silver merupakan jenis ikan arwana yang sering kita temui, karena biasanya ikan jenis ini dijual dengan harga yang terjangkau. Walaupun begitu, apabila arwana silver telah berukuran besar sangat indah untuk di pandang.

Arwana ini memiliki bentuk tubuh yang panjang dan juga sirip yang panjang. arwana silver mempunyai kesan yang anggun saat berenang, mulai dari bagian tengah badan sampai ujung ekor. Bahkan mampu tumbuh sampai 50-60 cm.

Arwana Hitam

jenis ikan arwana hitam
arwana hitam

Ikan Arwana hitam seperti halnya arwana silver juga merupakan spesies Asli Amerika Selatan. ikan ini termasuk dalam genus Osteoglossum dan berbeda dengan jenis arwana lain yang biasanya mempuyai warna dominan yang mencolok.

Ciri khas Warna yang yang dimiliki oleh ikan arwana hitam cenderung abu-abu baja kehitaman, jadi nampak kelihatan strong.

Arwana Banjar

jenis ikan arwana banjar
arwana banjar

Jenis ikan arwana banjar merupakan ikan yang mempunyai bentuk yang membulat dengan mulut. Arwana ini bisa disebut sebagai arwana merah tingkat dua dan diketahui bukan dari strain murni ikan arwana merah.

Arwana ini memiliki warna sirip orange pucat dan ekornya berwarna kuning atau orange. Apabila dilihat sekilas ikan arwana banjar hampir mirip seperti ikan arwana merah muda.

Jadi, kalau bukan orang yang sudah mengenal ikan arowana atau pencinta arwana yang masih baru, pasti banyak yang terkecoh atau sulit membedakan karena kemiripan dari kedua jenis ikan tersebut.

Arwana Jardini/ Arwana Irian

ikan arwana jardini
arwana jardini

Sebenarnya Ikan ini berasal dari Australia. Namun, arwana jardini sering ditemukan di sekitar sungai kabupaten Merauke sampai Provinsi Papua.

Maka dari itu, ikan jenis ini disebut dengan ikan arwana irian. Sebenarnya ikan arwana jardini memiliki dua jenis warna, yaitu warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang.

scleropages jardini adalah ikan yang memiliki warna dasar lebih gelap dan scleropages eichharti adalah yang mempunyai warna dasar terang.

Ikan arwana jardini merupakan ikan yang cukup unik. Ikan ini juga mempunyai warna dasar kecoklat-coklatan dengan bintit-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, kepal, sirip, dan bagian ekornya.

Arwana Golden Pino/Green Arwana

ikan hias arwana green

Ikan arwana golden pino merupakan jenis ikan arwana yang bisa di jumpai di negara-negara asia seperti Indonesia (tepatnya di daerah Kalimantan), Malaysia, Thailand dan Kamboja.

Ikan yang satu ini di sebut juga dengan arwana hijau yang mempunyai warna di badan lebih dominan warna hijau semi perak, sirip dan ekornya mempunyai warna kombinasi antara abu-abu kehijau-hijauan.

Mulut jenis ikan ini lebih besar dan membulat, apabila dibandingkan dengan jenis ikan arwana lainnya, memang arwana hijau ini tidak mempunyai ring, namun ikan ini memiliki daya tarik tersendiri dengan warna hijaunya yang cerah.

Arwana Black Golden

ikan arwana golden black
arwana golden black

Arwana black golden merupakan jenis ikan yang dapat kiat jumpai di negara Malaysia seperti daerah Bukit Merah, Johor, Trengganu dan Perak. ikan ini termasu jenis ikan arwana golden.

Tampilan ikan arwana black golden sesuai dengan namanya yaitu memiliki warna emas yang di balut dengan sisik tebal yang berwarna hitam. Namun, karena sulitnya mendapatkan ikan ini harganya jadi melambung tinggi bila di bandingkan dengan yang lain.

Arwana Afrika (African Arwana)

ikan has arwana afrika
arwana afrika

Arwan afrika merupakan jenis ikan arwana yang berasal dari benua afrika bagian timur seperti Kamerun, Senegal dan Gambia. Tubuh ikan ini hampir sama dengan arwana silver.

Namun, ada sedikit perbedaan antara arwana afrika dengan ikan arwana silver yaitu bentuk kepala ikan arwana afrika yang lebih kecil dari pada ikan arwana silver.

Baca Juga:  menjaga wudhu dan keutamaannya

Arwana Arapaima Gigas

ikan arwana arapaima gigas
arwana arapaima gigas

Jenis arwana arapaima gigas adalah termasuk ikan air tawar terbesar di dunia dari kerabat ikan arowana ini. Bahkan arwana jenis ini bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter dengan berat sampai 200 kg, ketika sudah dewasa.

Untuk bernafas ikan ini mengambil udara langsung dari atmosfer. Maka dari itu, ikan ini akan muncul ke permukaan ketika setiap 5-10 menit sekali. Biasanya tergantung dari ukurannya.

Bagi ikan muda, biasanya akan muncul ke permukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan yang sudah dewasa akan muncul setiap 18-20 menit sekali.

Ikan arwana arapaima hanya ditemukan di Amazon dan sistem sungai Essequito. Hampir sama dengan arwana di daerah kita, mereka juga termasuk satwa langka yang dilindungi oleh CITES, IUCN dan undang-undang di Guyana.

Arwana Scleropages Leichardti

ikan arwana scleropages leichardti
arwana scleropages leichardti

Perairan tawar milik Australia juga tidak mau kalah, ternyata juga banyak dihuni oleh jenis ikan arwana. Salah satunya adalah Ikan Arwana Jenis scleropages Leichardti yang banyak ditemukan di  sungai saratoga.

Namun, apabila dibandingkan dengan ikan arwana dari asia masih kalah populer, tetapi tetap masih bisa menambah koleksi di aquarium anda.

Ikan arwana termahal di dunia

ikan arwana termahal di dunia
arwana termahal di dunia

Karena banyaknya orang yang meyakini, apabila memelihara ikan arwana sebagai hewan peliharaan bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya, namun sebenarnya tergantung dari keyakinan masing-masing orang.

Memang tidak aneh, bila setiap ekor arwana bisa di bandrol hingga puluhan, ratusan, bahkan sampai miliaran, wah luar biasa bukan?

Masih belum percayakah anda? Mungkin belum karena anda belum benar-benar terjun ke dunia ikan hias yang sangat luar biasa ini. Apabila anda sudah mengenal arwana pasti anda akan tertarik untuk memeliharanya.

Pada tahun 2009 yaitu pameran Indonesia Pets Plants Aquatic Expo (IPPAE) tepatnya di WTC Mangga Dua, Jakarta Utara. Pameran tersebut mampu menghasilkan transaksi sebesar 3 M. Dan ikan yang paling diperebutkan adalah jenis super red albino.

Berdasarkan kabar dari berita online finance.detik.com pembeli yang berasal dari Jepang yang tidak disebutkan namanya mengaku sangat terpesona dengan ikan tersebut.

Berikut adalah daftar harga yang sangat menggiurkan di tahun 2016:

  • Golden (X back, X back golden, CBG) = 18.000.000
  • Araipama Gigas = 850.000-15.000.000
  • Super Red = 6.750.000
  • Golden red(red tail golden) = 4.500.000
  • Golden Pino (Arwana Hijau) = 4.300.000
  • Arwana Jardini (irian) = 3.700.000
  • Banjar Merah = 2.000.000
  • Arwana Silver = 1.900.000

Kemudian Bagaimana Cara Budidaya Ikan Arwana?

Dengan tingginya harga arwana sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha dengan cara membudidayakan ikan arwana, dan apabila anda berhasil atau sukses membudiayakan ikan ini anda pasti akan jadi orang yang kaya.

Meskipun sudah diketahui semua orang bahwa budidaya ini anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit, karena bibit dan juga akuarium juga tidak sedikit. Namun ikan arowana ini sangat menjanjikan.

Nah, apa salah untuk mencoba positive thinking siapa tahu bisa berhasil. Dan tentunya juga harus berusaha dengan maksimal salah satunya juga dengan banyak membaca artikel seperti ini untuk menambah pengetahuan.

Cara Budidaya Ikan Arwana Bagi Pemula

Perhatikan aquarium dan kolam

media budidaya arwana
kolam arwana

Untuk berbudidaya yang harus pertama kali diperhatikan adalah tempat ikan yaitu bisa lewat aquarium maupun kolam. Bila ingin berbudidaya dalam jumah yang banyak anda juga harus menyiapkan kolam untuk menampung ikan arowana.

Karakter kolam yang sangat disukai arwana adalah berbatu. Namun, apabila anda hanya memiliki tanah yang terbatas, anda bisa mengakali dengan membuat aquarium dengan sedemikian rupa hingga menyerupai kolam yang berbatu.

Kemudian Air harus benar-benar jernih di kolam maupun aquarium, usahakan air terus mengalir, maka anda juga harus membuatkan filter untuk kolam maupun aquarium anda.

Tidak hanya itu, usahakan anda menjaga Ph dalam air yaitu 6 atau 7, jangn lebih atau kurang. Sedangkan teperatur, usahakan di sekitar 26 derajat sampai 30 derajat, jangan lupa beri penerangan selau pada kolam atau aquarium anda, dan jangan tarus di bawah sinar matahari langsung.

Jumlah Kolam Dan Aquarium untuk budidaya

Berbudidaya melalui aquarium, minimal anda harus memiliki 4 sampai 5 kolam untuk budidaya, sebab jangan sampai anda menempatkan ikan arwan yang sudah berukuran dewasa dalam sebuah aquarium.

kolam ikan arwan
kolam arwana

Kemudian untuk metode aquarium, anda juga harus memiliki peralatan yang lengkap, seperti alat pengatur suhu, oksigen pemancar gelembung dan selalu menjaga sirkulasi air.

Melalui media kolam, anda harus benar-benar memiliki kolam yang besar. Sebab dengan kolam yang besar anda dapat menampung beberapa induk arwana.

Baca Juga:  50+ Fakta Unik Tentang Bunga Bangkai Beserta fotonya

Biasanya, untuk pemgembangbiakan arwana membutuhkan kolam yang cukup luas, sekitar 20m x 5m atau lebih. Meskipun melalui media kolam, anda juga bisa memilih induk dari aquarium. Jika induk sudah siap, anda bisa memindahkan ke dalam kolam.

Pilih Jenis Ikan Arwana

budidaya ikan arwana super red

ikan arwana memiliki jenis yang sangat banyak, sebagai saran anda bisa memilih ikan arwana jenis super red untuk memperoleh keuntungan yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan Jenis arwana super red memiliki harga hingga 5 juta untuk yang dewasa, juga benihnya per ekor bisa sampai 1 juta.

Karena saangat mahal harganya, justru semakin banyak peminat ikan arwana super red. Namun bila anda belum memiliki modal yang cukup besar, Anda juga bisa mencoba berbudidaya arwana silver yang dimana harga bibitnya tidak terlalu mahal seperti super red.

Siapkan Induk Terbaik

Usia untuk induk arwana yang sudah siap dikembangbiakkan adalah adalah ikan arwana yang berumur minimal 4 tahun atau lebih. Anda juga harus memisahkan Ikan Arowana indukan dengan arwana lain.

Mengapa harus demikian? sebab anda nanti harus memberikan makanan yang khusus, yaitu udang. Meskipun ikan arwana remaja juga memerlukan udang, tetapi juga untuk mengatasi ikan dewasa yang cenderung lebih lambat daripada ikan yang masih remaja.

Anda bisa membedakan antara ikan arowana yang jantan dengan betina, bisa dilihat melalui tubu dan kepala ikan arwana, apabila lebih kecil berarti menunjukkan ikan tersebut adalah betina dan juga sebaliknya.

Pengembangbiakkan Arwana

Pertama anda harus benar-benar tahu mana ikan arwana yang sudah menemukan pasangan, sebelum anda memisahkan ikan induk arwana. Biasanya tidak begitu sulit, untuk menjodohkan ikan betina dan jantan.

Ikan arowana akan cepat menemukan pasangannya bila terdapat ikan yang berlawan jenis di dalam satu aquarium atau kolam. Biasanya arwana sudah menemukan pasangannya pada saat sering berenang berdampingan.

Kedua pasangan ikan arwana ini akan berenang memutar, dengan kepala dan buntut saling menempel. Bila anda sudah melihat perilaku ikan yang seperti itu, maka segerakan untuk memindahkan ke aquarium atau kolam tersendiri.

pasangan ikan arwana
pasangan ikan arwana

Pengembangbiakkan biasanya di tempatkan di kolam yang terdapat batu-batu, sedangkan aquarium anda bisa memodifikasinya sendiri hingga seperti batu-batu. Agar menciptakan kenyamanan bagi ikan dalam proses berkembangbiak.

Ketika arwana betina mengeluarkan telur, maka arwana jantan seolah-olah memakan telur tersebut. Padahal, telur iakan tersebutt akan dibuahi  oleh ikan jantan sampai keluar menjadi larva.

Untuk larva yang sudah dikeluarkan oleh arwana jantan adalah larva yang sudah berumur sekitar 8 minggu.

Pembesaran Benih Ikan Arwana

Dalam proses pembesaran benih, anda bisa memberikan cacing kecil-kecil pada ikan yang masih berukuran 1 cm untuk mempercepat pertumbuhannya. Kemudian anda juga harus menunggu sampai berukuran 12 cm.

Nah, ketika sudah berukuran 12 cm, Usahakan langsung pindahkan anak-anak ikan tersebut. Sebab ikan arwana termasuk hewan pemakan segala, dan juga tidak peduli meskipun itu anaknya sendiri.

Bentuk Ikan Arwana Anda

langkah selanjutnya setelah memisahkan arwana yang masih kecil adalah mengembangbiakkan sampai berukuran 25 hingga 40 cm. Sebab ikan arowana yang memiliki ukauran seperti itu adalah waktu yang paling banyak dicari di dunia.

Mengapa? karena pada saat memasuki masa remaja ikan akan berkarakter agresif, dan ini yang membuat para pencinta arwana tertarik pada ikan ar0wana yang masih  berusia remaja.

Bila anda ingin menghasilkan warna ikan yang lebih alami, Usaha yang bisa anda lakukan adalah menjemur arwana di saat pagi hari. Sinar matahari pagi dapat menbentuk warna arwana yang alami.

Panen

panen ikan arwana
memanen

Apabila ikan sudah berhasil dibudidaya dan warna ikan juga sudah terlihat bagus, maka ini adalah waktu yang sangat menyenangkan yaitu ikan sudah siap untuk dijual. dan bersiaplah anda untuk menyiapkan hasil usaha anda.

Anda bisa menjual lewat penyalur ikan arwana terdekat, pedagang yang berada di kota-kota besar atau anda juga bisa menjual lewat online yang lebih mudah agar anda tidak bingung unutk memasarkan hasil dari budidayamu.

Itulah artikel yang saya buat dengan mengumpulkan dari berbagai sumber, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini dan jangan lupa untuk di share.

 

 

 

Terima kasih

3 thoughts on “Cara Budidaya Ikan Arwana Termahal Di Dunia Bagi Pemula

Leave a Comment