ikan arwana irian

Ikan Arwana Irian Dengan Perawatan Yang Baik

Ikan arwana irian adalah ikan hias yang tidak kalah cantik dengan ikan yang lainnya. Arwana irian memiliki bentuk tubuh dengan sisik yang berwarna-warni yang akan menambah pesonanya sehingga kelihatan cantik dan anggun.

Nah, dengan kecantikan yang dimiliki arwana irian apakah Anda ingin menjaga keindahanya? Seperti anda ingin menjaga keindahan ikan yang lebih populer, misal super red dengan harga yang mahal sudah terkenal yang berasal dari kalimantan.

Namun tidak sembarang orang yang bisa memelihara arwana super red karena ikan yang sudah mulai langka. tapi kali ini kita hanya akan membahas tentang arwana irian.

Jenis ikan arwana irian memiliki kemiripan dengan jenis arwana hijau. kedua jenis ikan tersebut termasuk dalam keluarga Sceloropages. Agar anda tidak salah dala memilih ikan yang anda cari berikut perbedaanya.

Cara Membedakan Arwana Irian Dengan Arwana Hijau

CIri Ikan Arwana Irian

ikan arwana irian
ikan arwana irian

Bentuk tubuh arwana irian (Sceloropages leichartidti) comperessed, lebar, dan tebal. Bagian tubuhnya tterdapat bercak merah atau  kuning dan warna sirip dan tubuhnya didominasi dengan warna hiaju tua.

Selain itu, juga dapat dilihat dari bagian mukanya yang terdapat guratan kemerahan. Makanya dikenal dengan nama Northem Spotted Barramundi.

Arwana irian yang berkualitas baik memiliki sirip dan sisiknya yang utuh, sungutnya tidak patah maupun tertekuk, bola mta bening dan tidak menderita juling.

Baca Juga:  Seputar Makanan Ikan Arwana Lengkap

Yang terakhir perhatikan warna bercak dan jumlah bercak sama disetiap siripnya. Maksudnya jumlah bercak merah pada kedua siripnya hampir sama maka ikan tersebut layak untuk anda pelihara.

Ciri Ikan Arwana Hijau(Green Arwana Bonytongue)

perbedaan ikan arwana irian dan hijau
ikan arwana hijau

Memiliki Bentuk tubuh semicompressed dan agak memanjang, untuk arwana hijau yang memiliki panjang sekitar 12 cm berwarna kuning kemerahan dibagian siripnya hampir mirip dengan arwana banjar merah.

Jenia ikan ini juga bbiasa disebut banjar kuning, smapit kuning, atau sampit merah. Baru akan disebut pino ketika sudah mencapai ukuran 20 cm. Untuk menghidari kekeliruan, sebaiknya jika membeli arwana hijau ketika sudah berukuran 20 cm sampai 25 cm.

Selain itu yang harus diperhatikan adalah kesehatan matanya, karena jenis ikan ini cenderung mudah mengalami juling. Apabila dilihat teliti pada bagian atas mata akan terlihat menonjol.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah merawat ikan tersebut. Pasti Anda betanya “bagaimana cara merawat ikan arwana dengan baik dan benar?”. Nah, dari pada bingun mari kita simak penjelasan berikut.

Daftar Harga Ikan Arwana Tahun 2016

daftar harga ikan arwana irian
harga ikan arwana tahun 2016

Cara merawat ikan Arwana Irian

Memeriksa Kebersihan

Dengan selalu memeriksa kebersihan dari media filter dalam akuarium. Kesehatan ikan akan selalu terjaga karena kebersihan adalah kunci dari kesehatan. Hal tersebut meliputi kebersihan biofoam, tapas, karbon aktif dan juga zeolit.

cara merawat ikan arwana
memeriksa akuarium ikan arwana

Pergantian Air

Gantilah seperempat air dari aquarium dengan air biru  hasil endapan yang sudah diaerasi. Juga dengan memberikan gelembung air untuk memberikan kealamian air di aquarium Anda.

perawatan akuarium ikan arwana
pergantian air yang teratur

Hal, yang membuat kenyaman dan kesehatan ikan khususnya ikan arwana irian adalah memberikan aerasi yang cukup pada penampungan air untuk memberikan perputaran oksigen yang stabil.

Baca Juga:  Pembahasan Mengenai Ikan Arwana Super Red

Membuang Kotoran

merawat aquarium ikan arwana
membersihkan kotoran ikan pada akuarium

Kemudian membuang kotoran adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kejernihan air, dan juga yang peling penting adalah tidak menibulkan hal-hal dapat menyebabkan pengaruh pada kesehatan ikan.

Kotoran yang dimaksud tidak hanya kotoran ikan tetapi juga pakan ikan yang tersisah karena tidak di makan ikan arwana. Untuk menghindari itu berikan makan secukupnya saja atau beri jatah makan ikan yang tepat.

Apabila setiapa hari anda memberi makan sesuai takaran pasti akan habis, dan kalau Anda memeberikannya teratur pasti aquarium akan menjadi bersih. Namun bila tiba-tiba pakan tidak habis, maka segeralah mengecek keadaan ikan anda.

Membersihkan Kaca Aquarium

cara merawat ikan arwana irian
cara membersihkan kaca dengan mudah

Juga jangan lupa membersihkan kaca aquarium karena kaca yang sampai berlumut dan bahkan berkerak. Hal itu tidak baik bagi kesehatan ikan arwana kesayangan Anda.

Memeriksa Peralatan Aquarium

cara merawat ikan arwana irian
alat untuk memeriksa suhu aquarium

Lakukan pemeriksaan peralatan yang Anda gunakan dalam aquarium. Dan juga perhatikan suhu air dalam aquarium dengan air penampungan. Bila tidak diperhatikan ikan akan stress. Usahakan tidak sampai melebihi 1 derajat celsius.

Berhati-hati Ketika Mengganti Air

cara merawat ikan arwana irian
mengganti air dengan hati-hati

Jangan sampai mengganti air dengan frontal atau deras karena akan menimbulkan stress pada ikan. Jadi, Apabila anda menggati air gantilan dengan cara yang cukup lembut. Dan juga yang lebih penting lagi adalah Anda juga harus memperhatikan makanan ikan arwana.

Nah, begitulah cara merawat ikan arwana khususnya ikan arwana irian, namun ini juga bisa diterapkan kepada jenis ikan arwana yang lain. Semoga bisa bermanfaat Bagi anda.

Terima kasih.

 

 

 

 

Leave a Comment