hijrah menuju kebaikan

Hijrah Munuju Kebaikan

Hijrah Munuju  Kebaikan

Hijrah Munuju  Kebaikan

hijrah menuju kebaikan

Hijrah menuju kebaikan aku mulai semenjak sekolah di SMK . Mungkin itu bukan sekolah yang favorit tapi aku mendapatkan ketenangan hanya di sekolah itu. Banyak hal yang kudapatkan disana terutama tentang agama yang membuat hatiku menjadi tenang. Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang ada di sekolahku antara lain:

Kedisiplinan

Hijrah Munuju Kebaikan

Setiap pagi apabila ada yang telat siswa siswi akan mendapat hukuman entah itu fisik maupaun baca quran atau disuruh hafalin surah-surah pendek. Dengan peraturan itu semua siswa-siswi dapat membiasakan diri untuk membentuk karakter siswa menjadi disiplin.

Terkadang aku juga telat karena aku disuruh nganterin ibuku ke pasar. Aku jalanin aja hukuman yang di berikan oleh guru yang sedang piket. Karena pada kenyataannya   aku memang telat. Dan aku terus berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Dengan hukuman-hukuman yang pernah aku alami di sekolah. Ternyata itu membuatku lebih baik lagi dan membutku menjadi semakin disiplin. Itu baru terasa setelah lulus dari sekolah. Aku tahu maksud dan tujuan guruku pasti baik untuk muridnya. Inilah yang dapat kuambil hikmahnya dari kedisiplinan yang ada disekolah.

Baca al ma’tsurat

hijrah menuju kebaikan

Setiap pagi membaca al ma’tsurat bersama-sama untuk mendapatkan keridhaan dari allah swt sehingga proses belajar mengajar dimudahkan oleh allah swt. Dan juga terlindung dari segala bahaya yang mengancam dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan dari al ma’tsurat.

Awalnya aku tidak bisa sama sekali untuk membacanya tetapi karena setiap hari dibaca lama-lama aku bisa mengikuti. Dari kebiasaan yang baik itulah yang membuatku menjadi tenang yang sebelumnya aku selalu gelisa. sehingga aku bisa hijrah menuju kebaikan.

Baca Juga:  Manfaat Kacang Tanah & Khasiatnya Untuk Kesehatan [Lengkap]

Belajar Baca Quran

hijrah menuju kebaikan

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang belajar alquran dan mengajarkannya. Mendengar hadist tersebut aku menjadi lebih bersemangat untuk belajar alquran. Karena aku masih belum bisa baca alquran aku mulai dengan jilid 1 sampai aku kelas 11 aku sudah jilid 3.

Tapi pada waktu kelas 12 berganti guru yang mengajar dengan metode UMMI. Lalu dites lagi Alhamdulillah setelah dites aku tidak lolos sehingga membuatku mengulangi jilid 1 lagi di kelas 12. Sampai aku lulus alhamdulillah selesai sampai jilid 2.

Itu dilakukan setiap pagi sebelum jam pelajaran di mulai. Aku sangat beruntung bisa sekolah disitu karena sekolah sangat memperhatikan muridnya bisa ngaji apa tidak. Mungkin buat yang sudah yang berilmu itu sudah biasa tapi bagiku itu sangat penting. Dan bisa membuatku untuk hijrah msenuju kebaikan.

Sholat Dhuha

hijrah menuju kebaikan

Diselah-selah istirahat siswa-siswi disuruh untuk sholat dhuha. Begitu terus guruku mengingatkan aku dan teman-teman. Aku bangga mempunyai guru seperti itu karena dengan itu aku bisa menjadi lebih baik. Mungkin awalnya disuruh tapi lama-lama aku dan teman-teman berangkat sendiri tanpa disuruh.

Karena sedikit demi sedikit tahu manfaat sholat dhuha dan itupun untuk diriku sendiri bukan untuk para guru. Setiap habis sholat dhuha hatiku menjadi tenang dan inilah yang ku cari selama ini yang belum saya rasakan. Mungkin ini hikmah yang awalnya disuruh-suruh. Yang bisa membuat aku hijrah menuju kebaikan.

Sholat Berjamaah

hijrah menuju kebaikan

Setiap mendegar azdan segalala aktivitas akan ditinggalkan untuk melaksanakan sholat walaupun jam pelajaran masih belum selesai. Mungkin jika aku sekolah di tempat lain belum tentu seperti itu dan belum tentu aku melaksanakan sholat berjama’ah.

Sebelumnya juga di ajari kebiasaan-kebiasaan yang baik yaitu aku dan temen-temenku di suruh untuk membiasakan sholat rawatib walaupun itu untuk diriku sendiri. Untuk  hijrah menuju kebaikan. Alhamdulilah kebiasaan-kebiasaan seperti itu sangat bermanfaat bagiku sekarang.

Baca Juga:  Tahukah Anda Nokia P1? Keluaran Terbaru Produk Nokia [Terbaik]

Mentoring

hijrah menuju kebaikan

Mentoring adalah program dakwah untuk memperbaiki akhlak murid-murid yang ada di sekolah. Setiap kelas mempunyai guru mentor sendiri-sendiri. Ini membangun aku untuk menjadi lebih baik lagi karena dengan adanya mentoring aku bisa menambah ilmu. Dan mentoring adalah faktor utama untuk hijrah menuju kebaikan.

Yang sebelumnya aku tidak tahu apa-apa sedikit demi sedikit aku menjadi tahu untuk apa sih allah swt menciptakan jin dan manusia. Ternyata allah swt menciptkan jin dan manusia hanya untuk beribadah. Itu membuatku sadar  begitu bodohnya aku tidak mengenal dari masih kecil.

Seperti itu manfaat dari mentoring yang ada di sekolah dan harapan ku bisa lanjut lagi setelah aku selesai di sintesa. Karena aku masih butuh guru mentor yang selalu membimbingku dan mengajakku untuk menjadi hamba yang lebih baik lagi.

Kultum

hijrah menuju kebaikan

Setiap ba’da ashar ada kultum oleh siswanya sendiri yang digilir untuk melatih berbicara didepan umum dan metode belajar untuk menyampaikan setiap kebaikan. Walaupun itu program baru sejak aku sudah kelas 12. Tapi itu sangat berharga bagiku walaupun aku hanya mendapatkan kesempatan 2 kali maju kedepan.

Karena aku jadi tahu gimana rasanya kalau tidak pernah berbicara didepan umum. Rasanya gemeteran bingung lupa mau bicara apa. Tapi minimal sudah pernah ngrasain seperti itu. Manfaatnya bisa melatihku untuk belajar berani bicara didepan umum.

Seperti itulah masa SMK yang aku paling inget. Karena masa itu adalah masa yang paling berharga bagiku mempunyai guru yang luar biasa dan teman-teman yang baik-baik untuk mengajakku menjadi lebih baik. Aku sangat bersyukur kepada allah swt yang mempertemukan aku dengan mereka.

Leave a Comment