teks pidato

Kumpulan Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Perpisahan Kelas 6, 9, dan 12

Contoh teks pidato perpisahan – Pidato perpisahan merupakan peristiwa yang paling berkesan bagi semua golongan seperti, pidato perpisahan kelas 6, 9, dan 12. Persiapan naskah atau teks pidato singkat/panjang menggunakan bahasa jawa, sunda, indonesia, inggris yang penting bagus dan berkesan.

Pidato perpisahan adalah suatu momen istimewah yang harus diabadikan sebagai kenang-kenangan sebelum nanti akhirnya berpisah entah kemana. Untuk itu dalam kesempatan ini panitia/petugas harus mempersiapkan acara dengan matang dan membuat kejutan yang spesial kepada seluruh peserta yang hadir.

Pidato adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencurahkan luapan emosi yang sangat tepat dalam menyampaikan kesan dan pesan sebelum semua berpisah. Untuk itu kami menyediakan naskah pidato dan contoh teks pidato yang sangat lengkap mulai pidato perpisahan kelas 6, 9, dan 12.

Contoh Teks Pidato Beserta Penjelasannya

Sebelum membahas tentang teks pidato perpisahan, bagi kalian yang masih pemula sebaiknya harus mengetahui apa itu tesk pidato? agar kita lebih menghayati dan percaya diri ketika tampil untuk menyampaikan pidato perpisahan di momen yang istimewah itu.

Pengertian Pidato

pengertian pidato
pengertian pidato menurut kamus besar bahasa indonesia

Pidato adalah salah satu bentuk dari komunikasi yang dilakukan dengan cara satu arah atau berupa pengungkapan gagasan kepada orang banyak serta tidak mendapatkan jawaban yang langsung dari pendengarnya. Kemudian orang yang berpidato dikenal dengan sebutan orator.

Baca Juga:  melamar kerja diterima jadi santri

Isi pidato yang baik akan memberikan kesan yang baik pula kepada para hadirin yang mendengarkannya, untuk itu teks pidato atau naskah pidato harus diteliti terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalah sebelum disampaikan ke publik.

Macam-macam Tujuan Pidato

Pidato sendiri memiliki beberapa macam tujuan, berikut adalah macam-macam tujuan dari pidato.

1. Informatif/instruktif

Tujuan dari pidato informatif yakni untuk menyampaikan informasi atau keterangan kepada para pendengar. Contoh tema atau topik untuk pidato informtif yakni “Tips Tampil Percaya Diri Ketika Menyampaikan Pidato”.

2. Persuasif

Tujuan pidato persuasif yaitu mengajak atau membujuk para pendengar. Contoh topik “toleransi beragama untuk mewujudkan persatuan”, “Menabung demi masa depan”.

3. Argumentatif

Tujuan dari pidato argumentatif adalah meyakinkan pendengar terhadap pendapat yang disampaikan. Contoh topik “Pentingkan Akhlak”, “Akhlak yang baik menumbuhkan ukhwah yang kokok”.

4. Deskriptif

Tujuan dari pidato deskriptif adalah menggambarkan atau melukiskan suatu keadaan kepada pendengar. Contoh topik “Suasana perselisihan agama”

5. Rekreatif

Tujuan pidato rekreatif adalah tujuan pidato yang menggembirakan atau menghibur pendengar. Contoh pidato rekreatif ini biasanya dilakukan di dalam suatu acara seperti, perayaan atau pesta dan lain-lain.

Jenis-jenis Pidato Berdasarkan Isinya

Didalam sebuah isi dari pidato ternyata terdapat macam-macam sifat pidato hingga dapat dibedakan menjadi 6 jenis-jenis pidato yaitu:

1. Pembukaan

Pidato pembukaan merupakan sebuah pidato yang biasanya dibawkan oleh seorang MC atau pembawa acara dan cara penyampainya tidak terlalu panjang atau disebut dengan pidato singkat.

2. Pengarahan

Pidato pengarahan adalah sebuah pidato yang memiliki tujuan untuk mengarahkan kepada suatu pertemuan.

3. Sambutan

Pidato sambutan yaitu suatu pidato yang biasanya disampaikan oleh beberapa orang secara bergantian dengan durasi waktu yang terbatas.

4. Peresmian

Pidato peresmian adalah pidato yang disampaikan di dalam suatu acara peresmian dan biasanya akan disampaikan oleh yang berpengaruh dalam meresmikan sesuatu.

5. Laporan

Pidato laporan merupakan pidato yang memiliki isi untuk melaporkan sebuah tugas atau kegiatan.

6. Pertanggungjawaban

Pidato pertanggungjawaban adalah suatu pidato yang berisi tengtang pertanggungjawaban di dalam sebuah laporan.

Macam-macam Metode Dalam Berpidato

metode pidato
macam-macam metode pidato

Dalam kegiatan pidato, terdapat (empat) 4 metode yang biasa dikenal yakni metode impromptu, memoriter, naskah dan ekstemporan. berikut adalah penjelasannya.

1. Metode Impromptu (spontanistas)

Metode impromptu adalah metode dalam berpidato secara spontanitas, yakni metode pidato ini adalah metode pidato yang serta merta atau tanpa adanya waktu persiapan terlebih dahulu.

Baca Juga:  Teknik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif, Menurut Para ahli [Lengkap]

2. Metode Memoriter (menghafal)

Metode memoriter adalah metode berpidatao dengan cara menghafal atau tanpa menggunakan naskah/teks pidato, namun metode menghafal dalam berpidato ini membutuhkan persiapan terlebih dahulu untuk menghafalnya.

3. Metode Naskah (teks)

Metode naskah merupakan metode yang menggunakan teks/naskah di dalam menyampaikan pidatonya biasanya naskah/teks pidatonya sudah dipersiapkan sebelumnya.

4. Metode Ekstemporan (catatan kecil)

Metode ekstemporan adalah metode berpidato dengan menggunkan catatan kecil untuk menyampaikannya, biasanya catatan kecilnya berisi tentang garis besar dari konsep pidato yang akan disampaikan.

Metode ini adalah metode berpidato yang paling populer dari keempat metode berpidato karena, dengan menggunakan catatan kecil pidato yang akan disampaikan akan tersusun dengan sistematis dan juga tidak monoton untuk membaca terus.

Susunan Kerangka Pidato Yang Baik

Untuk membuuat susunan pidato menjadi terstruktur maka perlu dibuart kerangka pidato terlebih dahulu. Berikut adalah kerangka pidato yang baik dan benar.

  1. Pembukaan yang biasanaya dibuka dengan salam.
  2. Pendahuluan yakni sedikit agambaran tentang pidato yang akan disampaikan.
  3. Isi pidato yaitu berisi tentang tujuan, maksud, sasaran, rencana, dan langkah-langkah untuk disampaikan kepada pendengar.
  4. Terakhir adalah penutup yang biasanya berisi tentang kesimpulan, harapan, peasan, dan salam penutup.

Tips Dalam Menyampaikan Pidato

Untuk bisa menarik minat serta perhatin dari pendengar ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika menyampaikan pidato. berikut adalah tips dalam menyampaikan pidato yang manarik dan meyakinkan.

  1. Mengemukakan fakta dengan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang baik akan dapat menarik minat dari pendengar untuk menyimak tentang masalah yang kita sampaikan.
  3. Berbicaralah secara wajar dan terbuka.
  4. Sampaikan materi dengan lafal dan menggunakan intonasi yang tepat.
  5. Gunakan bahasa tubuh atau ekspresi wajah sewajarnya saja.

Kumpulan Contoh-contoh Teks Pidato Singkat Tentang Perpisahan

contoh teks pidato
kumpulan contoh teks pidato singkat

Kumpulan Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 di Sekolah yang Singkat, Baik dan Benar dengan Berbagai Bahasa

Nah, bagi Anda yang ingin mencari teks pidato perpisahan kelas 6 untuk persiapan di dalam acara kelulusan kelas 6 sekolah dasar. Saya telah mengumpulkan naskah atau teks pidato singkat dengan berbagai tiga bahasa yang paling banyak penggunanya di indonesia, yaitu bahasa indonesia, bahasa jawa dan bahasa sunda.

Semuanya telah saya kumpulkan teks pidato singkat tentang perpisahan kelas 6 pertama yaitu contoh teks pidato bahasa indonesia adalah teks pidato yang paling sering digunakan disluruh indonesia, kemudian yang kedua adalah contoh teks bahasa jawa dan contoh teks pidato bahasa sunda.

Baca Juga:  Teknik Dasar Permaian Bola Basket Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Kumpulan Contoh Naskah/Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 di Sekolah dengan Bahasa Indonesia, Jawa dan Sunda

Tidak hanya teks pidato perpisahan kelas 6, tetapi saya juga sudah mengkoleksi kumpulan contoh teks pidato singkat tentang perpisahan untuk kelas 9 singkat juga lengkap dengan tiga bahasa yang saya sebutin tadi. Hal ini saya lakukan untuk memudahkan Anda dalam mencari naskah pidato perpisahan agar acaranya bisa dimudahkan dan dilancarkan.

Kumpulan contoh naskah pidato yang saya sajikan ini saya ambil dari internet untuk saya jadikan satu. Entah itu naskah pidato perpisahan kelas 9 bahasa indonesia, jawa dan bahasa sunda. Semoga kumpulan teks pidato singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 Dengan Bahasa Jawa, Sunda dan Indonesia Yang Baik, Singkat dan Lengkap

Perpisahan kelas 12 adalah perpisahan yang paling penting menurut saya, karena biasanya setelah kelas 12 biasanya semuanya akan merantau kemana-mana. Maka dari itu, Untuk memperindah acara perpisahan kelas XII salah satunya yaitu dengan mempersiapkan teks pidato dengan baik dan benar.

Contoh teks pidato perpisahan singkat untuk wisuda di kelas 12 ini sudah seharusnya dipersipakan sebaik mungkin mulai dari naskah pidatonya. Hal ini karena, sangat jarang sekalai kesampatan untuk bertemu lagi setelah berpisah di di wisuda kelas 12 ini.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Singkat Dalam Bahasa Inggris Kelas 6 Lengkap dengan Terjemahnya

Nah, contoh teks pidato perpisahan bahasa inggris adalah salah satu bahasa internasional yang bisa digunakan diseluruh dunia. Maka dari itu, pidato menggunakan bahasa inggris sangat cocok disampaikan disekolah-sekolah maju. Berikut adalah contoh teks pidato perpisahan singkat bahasa inggris lengkap dengan terjemahnya.

Nah, mungkin itulah yang bisa saya bagikan yakni tentang contoh teks pidato perpisahan singkat kelas 6, 9, dan 12. Semoga dengan adanya kumpulan teks pidato diatas bisa memudahkan Anda untuk mempersiapkan acara wisuda dengan semaksimal mungkin.

Leave a Comment