Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Perpisahan Kelas 6, 9, dan 12

Contoh teks pidato perpisahan – Pidato perpisahan merupakan peristiwa yang paling berkesan bagi semua golongan seperti, pidato perpisahan kelas 6, 9, dan 12. Persiapan naskah atau teks pidato singkat/panjang menggunakan bahasa jawa, sunda, indonesia, inggris yang penting bagus dan berkesan.

Pidato perpisahan adalah suatu momen istimewah yang harus diabadikan sebagai kenang-kenangan sebelum nanti akhirnya berpisah entah kemana. Untuk itu dalam kesempatan ini panitia/petugas harus mempersiapkan acara dengan matang dan membuat kejutan yang spesial kepada seluruh peserta yang hadir.

Pidato adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencurahkan luapan emosi yang sangat tepat dalam menyampaikan kesan dan pesan sebelum semua berpisah. Untuk itu kami menyediakan naskah pidato dan contoh teks pidato yang sangat lengkap mulai pidato perpisahan kelas 6, 9, dan 12.

Contoh Teks Pidato Beserta Penjelasannya
Sebelum membahas tentang teks pidato perpisahan, bagi kalian yang masih pemula sebaiknya harus mengetahui apa itu tesk pidato? agar kita lebih menghayati dan percaya diri ketika tampil untuk menyampaikan pidato perpisahan di momen yang istimewah itu.

Daftar Isi

Pengertian Pidato

pengertian pidato
pengertian pidato menurut kamus besar bahasa indonesia

Pidato adalah salah satu bentuk dari komunikasi yang dilakukan dengan cara satu arah atau berupa pengungkapan gagasan kepada orang banyak serta tidak mendapatkan jawaban yang langsung dari pendengarnya. Kemudian orang yang berpidato dikenal dengan sebutan orator.

Isi pidato yang baik akan memberikan kesan yang baik pula kepada para hadirin yang mendengarkannya, untuk itu teks pidato atau naskah pidato harus diteliti terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalah sebelum disampaikan ke publik.

Macam-macam Tujuan Pidato

tujuan pidato
macam-macam tujuan pidato

Pidato sendiri memiliki beberapa macam tujuan, berikut adalah macam-macam tujuan dari pidato.

1. Informatif/instruktif

Tujuan dari pidato informatif yakni untuk menyampaikan informasi atau keterangan kepada para pendengar. Contoh tema atau topik untuk pidato informtif yakni “Tips Tampil Percaya Diri Ketika Menyampaikan Pidato”.

2. Persuasif

Tujuan pidato persuasif yaitu mengajak atau membujuk para pendengar. Contoh topik “toleransi beragama untuk mewujudkan persatuan”, “Menabung demi masa depan”.

3. Argumentatif

Tujuan dari pidato argumentatif adalah meyakinkan pendengar terhadap pendapat yang disampaikan. Contoh topik “Pentingkan Akhlak”, “Akhlak yang baik menumbuhkan ukhwah yang kokoh”.

4. Deskriptif

Tujuan dari pidato deskriptif adalah menggambarkan atau melukiskan suatu keadaan kepada pendengar. Contoh topik “Suasana perselisihan agama”

5. Rekreatif

Tujuan pidato rekreatif adalah tujuan pidato yang menggembirakan atau menghibur pendengar. Contoh pidato rekreatif ini biasanya dilakukan di dalam suatu acara seperti, perayaan atau pesta dan lain-lain.

Jenis-jenis Pidato Berdasarkan Isinya

jenis pidato
jenis-jenis pidato berdasarkan isinya

Didalam sebuah isi dari pidato ternyata terdapat macam-macam sifat pidato hingga dapat dibedakan menjadi 6 jenis-jenis pidato yaitu:

1. Pembukaan

Pidato pembukaan merupakan sebuah pidato yang biasanya dibawkan oleh seorang MC atau pembawa acara dan cara penyampainya tidak terlalu panjang atau disebut dengan pidato singkat.

2. Pengarahan

Pidato pengarahan adalah sebuah pidato yang memiliki tujuan untuk mengarahkan kepada suatu pertemuan.

3. Sambutan

Pidato sambutan yaitu suatu pidato yang biasanya disampaikan oleh beberapa orang secara bergantian dengan durasi waktu yang terbatas.

4. Peresmian

Pidato peresmian adalah pidato yang disampaikan di dalam suatu acara peresmian dan biasanya akan disampaikan oleh yang berpengaruh dalam meresmikan sesuatu.

5. Laporan

Pidato laporan merupakan pidato yang memiliki isi untuk melaporkan sebuah tugas atau kegiatan.

6. Pertanggungjawaban

Pidato pertanggungjawaban adalah suatu pidato yang berisi tengtang pertanggungjawaban di dalam sebuah laporan.

Macam-macam Metode Dalam Berpidato

metode pidato
4 macam metode pidato

Dalam kegiatan pidato, terdapat (empat) 4 metode yang biasa dikenal yakni metode impromptu, memoriter, naskah dan ekstemporan. berikut adalah penjelasannya.

1. Metode Impromptu (spontanistas)

Metode impromptu adalah metode dalam berpidato secara spontanitas, yakni metode pidato ini adalah metode pidato yang serta merta atau tanpa adanya waktu persiapan terlebih dahulu.

2. Metode Memoriter (menghafal)

Metode memoriter adalah metode berpidatao dengan cara menghafal atau tanpa menggunakan naskah/teks pidato, namun metode menghafal dalam berpidato ini membutuhkan persiapan terlebih dahulu untuk menghafalnya.

3. Metode Naskah (teks)

Metode naskah merupakan metode yang menggunakan teks/naskah di dalam menyampaikan pidatonya biasanya naskah/teks pidatonya sudah dipersiapkan sebelumnya.

4. Metode Ekstemporan (catatan kecil)

Metode ekstemporan adalah metode berpidato dengan menggunkan catatan kecil untuk menyampaikannya, biasanya catatan kecilnya berisi tentang garis besar dari konsep pidato yang akan disampaikan.

Metode ini adalah metode berpidato yang paling populer dari keempat metode berpidato karena, dengan menggunakan catatan kecil pidato yang akan disampaikan akan tersusun dengan sistematis dan juga tidak monoton untuk membaca terus.

Susunan Kerangka Pidato Yang Baik

kerangka pidato
susunan kerangka pidato yang baik

Untuk membuat susunan pidato menjadi terstruktur maka perlu dibuat kerangka pidato terlebih dahulu. Berikut adalah kerangka pidato yang baik dan benar.

1. Pembukaan

Pembukaan yang biasanya dibuka dengan salam.

2. Pendahuluan

Pendahuluan yakni sedikit gambaran tentang pidato yang akan disampaikan.

3. Isi

Isi pidato yaitu berisi tentang tujuan, maksud, sasaran, rencana, dan langkah-langkah untuk disampaikan kepada pendengar.

4. Penutup

Terakhir adalah penutup yang biasanya berisi tentang kesimpulan, harapan, peasan, dan salam penutup.

Tips Dalam Menyampaikan Pidato

tips berpidato
tips menyampaikan pidato

Untuk bisa menarik minat serta perhatian dari pendengar ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika menyampaikan pidato. berikut adalah tips dalam menyampaikan pidato yang manarik dan meyakinkan.

  1. Mengemukakan fakta dengan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang baik akan dapat menarik minat dari pendengar untuk
  3. Menyimak tentang masalah yang kita sampaikan.
  4. Berbicaralah secara wajar dan terbuka.
  5. Sampaikan materi dengan lafal dan menggunakan intonasi yang tepat.
  6. Gunakan bahasa tubuh atau ekspresi wajah sewajarnya saja.

Kumpulan Contoh-contoh Teks Pidato Singkat Tentang Perpisahan

contoh teks pidato
kumpulan contoh teks pidato singkat

Kumpulan Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 di Sekolah yang Singkat, Baik dan Benar dengan Berbagai Bahasa

contoh teks pidato
contoh teks pidato perpisahan kelas 6

Nah, bagi Anda yang ingin mencari teks pidato perpisahan kelas 6 untuk persiapan di dalam acara kelulusan kelas 6 sekolah dasar. Saya telah mengumpulkan naskah atau teks pidato singkat dengan berbagai tiga bahasa yang paling banyak penggunanya di indonesia, yaitu bahasa indonesia, bahasa jawa dan bahasa sunda.

Semuanya telah saya kumpulkan teks pidato singkat tentang perpisahan kelas 6 pertama yaitu contoh teks pidato bahasa indonesia adalah teks pidato yang paling sering digunakan disluruh indonesia, kemudian yang kedua adalah contoh teks bahasa jawa dan contoh teks pidato bahasa sunda.

1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil ‘alamin,

Waasholatuashalamu’ala ashrofil ‘ambiyaiwalmursalin

Waa’ala alihi wasohbihi ajma’in. Ammaba’du

Yang kami hormati :

– Bapak kepala sekolah SD Al-Qiro’ah beserta majelis guru

– Bapak kepala desa Sesap atau yang mewakili beserta staf aparatur pemerintahannya

– Bapak ibu wali murid yang hadir

– Dan teman-teman yang di rahmati Allah

Puji syukur kehadirat Allah swt zat yang memberikan kenikmatan-kenikmatan yang tidak bisa dihitung dan dibandingkan dengan hal lain. Dialah Allah yang telah memberikan kita nikmatnya iman dan indahnya Islam, dan Allah juga yang memberikan nikmatnya sebuah pertemuan dan perpisahan.

Shalawat dan salam marilah senantiasa kita hadiahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw. Suri tauladan umat yang telah mengajarkan umatnya kebaikan dengan keteladanan nya, beliaulah yang telah mengajarkan arti tanggung jawab dan mengajarkan kewajiban kepada kita semua, sehingga kita sebagai umatnya selalu ingin menjadi umat terbaik sepanjang zaman.

Bapak ibu guru yang di rahmati Allah

Mungkin…

Ini adalah hari terakhir kami di sini setelah enam tahun bersama. Tapi itu bukan berarti kami akan melupakan segala jasa-jasa mu dalam menunjuk ajari kami hingga detik ini. Begitu banyak hal yang sudah guru berikan untuk kami, tidak hanya ilmu, bahkan waktu sengaja engkau berikan untuk kami agar hidup kami lebih berarti.

Bapak dan ibu guru

Kami di sini ingin mengucapkan terima kasih atas apa yang telah Bapak dan Ibu guru berikan kepada kami. Semoga semua yang bapak Ibu guru berikan akan dicatat sebagai amal kebaikan dan amal ibadah di sisi Allah swt. Amin,

Bapak dan Ibu guru,

Pada kesempatan kali ini kami semua memohon maaf apabila selama ini tingkah laku kami secara sengaja maupun tidak sengaja telah melukai hati dan membuat bapak dan ibu guru marah. Kami berharap bapak dan Ibu guru sudi untuk memaafkan kami.

Untuk adik-adikku,

Disini kami sebagai kakak-kakak yang akan meninggalkanmu di sekolah tercinta ini ingin berpesan, belajarlah dengan baik, tuntut lah ilmu jangan sampai kalian merasa bosan dengan ilmu yang kalian cari, dan janganlah lupa untuk selalu menghrmati dan patuh kepada Bapak dan Ibu guru.

Untuk orang tua kami,

Terima kasih, karena telah mengantarkan kami di sini, SD Al-Qiro’ah. Sekolah yang megajarkan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan bekal di akhirat. Yang isnyaAllah bisa menjadi penuntun jalan hidup ini.

Bapak, Ibu guru, teman-teman dan orang tua kami.

hati gembira bersama teman

bersuka ria di bawah jambatan

jikalau kita diizinkan

Tuhan pasti bertemu dihari kemudian

Kiranya cukup sampai disini saja, dan saya akhiri dengan Wabillahitaufik wal hidayah. Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Jawa

Pembukaan Pidato Perpisahan Bahasa Jawa :

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh

Nuwun Bapak/Ibu Kepala Sekolah ingkang kinurmatan, tamu undhangan, Bapak/Ibu Guru saha karyawan ingkang kula hormati, adhik-adhik kelas tuwin rencang-rencang ingkang kula tresnani.

Puji syukur konjuk wonten ing ngarsanipun Gusti Allah ingkang Maha Asih, awit ing wekdal menika kita sedaya taksih pinaringan rahmat saengga ing wekdal menika kita saged makempal kanthi pinaringan karaharjan.

Isi Pidato Perpisahan Bahasa Jawa :

Kula minangka wakil saking siswa kelas IX, ngaturaken agunging panuwun ingkang tanpa upami dhumateng Bapak Ibu Guru, awit saking sih katresnan anggenipun nggulawentah dhumateng kula sekanca, saengga saged ngrampungaken kewajiban anggen kula sakanca ngangsu kawruh wonten ing pawitan menika.

Kula sakanca naming saged memuji, mugi-mugi sedaya amal lan kesaenan Bapak Ibu Guru pikantuk pinwales saking Gusti Allah ingkang Maha Agung, saha tansah pinaringan kasarasan, kawilujengan lan ketentreman saengga saged nggulawentah dhateng adhik-adhik sedaya ngantos dumugi paripurna kanthi biji ingkang maremaken.

Mboten kesupen kula sakanca ugi nyuwun pangapunten, awit kula sakanca asring ndamel Bapak Ibu duka lan kuciwa, awit saking atur saha solah bawa kula sakanca ingkang mboten mranani penggalih panjenengan sedaya.

Penutup Pidato Perpisahan Bahasa Jawa :

Dhumateng Bapak/Ibu Guru lan adhik-adhik sedaya, sepisan malih kula ndedonga mugi tansah pinaringan rahmat saha barokahing Gusti Allah, Amin..

Wasana cekap semanten atur kula, menawi kathah kalepatan atur saha solah bawa ingkang boten mranani penggalih, kula nyuwun pengampunten.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

3. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Bahasa Sunda

Assalamu’alaikum Warrohmatullah Wabarokatuh

Alhamdulillahirobbil ngalamin washolatu wassalamu ngala asrofil ambiyai walmursalin waala alihi wasohbihi ajmangin. Robbi Shrohli Sodri Wa Yassirli Amri Wahlul U’datan Milithani Yafqohu Qauli ammabadu.

Tipayun mangga urang sami-sami panjatkeun puji sareng syukur ka hadirat Allah SWT. Nu mana dina kasempatan ieu urang sadaya tiasa ngumpul dina kaayaan sehat wal’afiat.

Shalawat miwah salam mugi tetep dilimpahkeun ka jungjungan urang sadaya Nabi MuhammadSAW, teu hilaf ka kulawargana, sahabatna, oge ka urang sadaya salaku umatna anu Insya Allah taat kana ajarannana, Amin ya robbal alamin.

Hadirin sadaya anu kusimkuring dipihormat, nuhunkeun waktosna kanggo abdi anu ngawakilan rerencangan kanggo nyampeikeun amanat dina raraga acara perpisahan kelas genep.

Henteu karaos parantos genep taun urang aya didieu. Nu mana ayeuna puncak saleresna  urang sadaya bakal papisah ti sakola ieu. Henteu hilaf abdi ngawakilan rerencangan ngahaturkeun rewu nuhun laksaketi kabingahan ka bapa sareng ibu guru anu mana tos ngajarkeun ka abdi sadaya loba hal. Mugia naon anu diajarkeun ku bapa guru sareng ibu guru

ka urang sadaya tiasa dimanfaatkeun ka nu hal positif sareng aya manfaatna kanggo nusa, bangsa sareng agama. Mugi-mugi amal kasaean manah bapa miwah ibu guru kenging walesan ti Allah SWT. Amin.

Sakitu ti abdi anu ngawakilan rerencangan sadaya. Kirang lebihna neda dihapunten. Nu mana kasalahan mah milik abdi sareng kaleuwihan mah datang ti Allah SWT.

Usikum Wanafsi Bitaqwallah Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Kumpulan Contoh Naskah/Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 di Sekolah dengan Bahasa Indonesia, Jawa dan Sunda

contoh teks pidato perpisahan
contoh teks pidato perpisahan kelas 9

Tidak hanya teks pidato perpisahan kelas 6, tetapi saya juga sudah mengkoleksi kumpulan contoh teks pidato singkat tentang perpisahan untuk kelas 9 singkat juga lengkap dengan tiga bahasa yang saya sebutin tadi. Hal ini saya lakukan untuk memudahkan Anda dalam mencari naskah pidato perpisahan agar acaranya bisa dimudahkan dan dilancarkan.

Kumpulan contoh naskah pidato yang saya sajikan ini saya ambil dari internet untuk saya jadikan satu. Entah itu naskah pidato perpisahan kelas 9 bahasa indonesia, jawa dan bahasa sunda. Semoga kumpulan teks pidato singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

1. Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMPN 1 Magetan,

Yang kami hormati Bapak & Ibu Guru beserta para karyawan – karyawati SMPN 1 Magetan,

Teman – teman kelas IX yang berbahagia.

Pertama – tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah SWT. yang karena Rahmat-Nya, kita dapat menghadiri acara pada hari ini. Tak lupa shalawat serta salam semoga Allah selalu curahkan pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.

Saya berdiri di sini mewakili teman – teman kelas 9 untuk menyatakan ucapan terima kasih atas semua ilmu yang telah Bapak dan Ibu Guru berikan kepada kami selama ini. Telah genap tiga tahun kami menuntut ilmu di sini, dan tiga tahun pula Bapak dan Ibu membimbing kami yang awalnya kami tidak mengerti, menjadi mengerti. Kami dapat lulus dari sekolah ini, juga berkat ilmu yang Bapak dan Ibu berikan. Bapak dan Ibu guru telah memberikan ilmu kepada kami dengan penuh keikhlasan, meskipun kami sering membuat hati Bapak dan Ibu guru menjadi kesal. Atas segala tingkah yang tidak berkenan di hati Bapak dan Ibu, saya mewakili teman – teman, memohon maaf atas segala kesalahan yang telah kami perbuat.

Kami berharap semua ilmu yang Bapak Ibu Guru berikan dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan bermanfaat bagi Nusa, Bangsa, dan Agama pada umumnya, sehingga kami dapat menjadi generasi penerus bangsa yang dapat memajukan tanah air kita tercinta. Serta semoga Allah SWT. membalas semua ilmu yang Bapak dan Ibu berikan yang dihitung sebagai amal jariyah yang tidak akan putus walupun Bapak dan Ibu sudah tiada. Apabila ada kesalahan kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Billahi taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

2. Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 Bahasa Jawa

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Ingkang kawula urmati Bapak Kepala SMP 1 Banyumas, ingkang kinurmatan dewan guru, komite sekolah, ingkang berbahagia wali murid lan tamu undangan saha rencang-rencang kelas 7,8,9 ingkang kawula tresnani.

Mangga langkung rumiyin kita sesarengan ngaturaken puja lan puji syukur dhumateng Allah SWT ingkang sampun maringi kesehatan lan keselamatan dhumateng kita sedaya, sahengga kita saged makempal pinanggih ing acara perpisahan kelas 9 tahun ajaran 2010/2011, dinten senin, 5 maret 2012 ingkang enjang menika

Nuwun sewu, kula kadhawuhan mewakili kelas 9 ingkang acara perpisahan niki. Mbok bilih kula anggenipun pidato kathah tuna dungkanipun kula nyuwun agunging samodra pangaksami, awit kula menika taksih adhapur latihan.

Para rawuh ingkang kawula urmati, kula badhe ngaturaken maturnuwun dhumaten Kepala Sekolah ingkang sampun maringi sarana lan prasarana ingkang cekap sehingga kita saged belajar kanti lancar. Mboten kesupen kula ngaturaken matur nuwun kangge bapak,ibu guru lan warga sekolah ingkang tumut membimbing, mengajar, lan memotivasi sehingga kita saged ngrampungaken belajar lan angsal ilmu-ilmu ingkang bermanfaat. Kangge bapak ibu, matur nuwun kangge pengorbananipun ingkang sampun nyekolahaken kita ngantos lulus teng SMP niki lan kawula sedaya nyuwun doa restunipun kangge nglanjutaken teng sekolah ingkang lewih inggil. Ingkang kaping kalih, kula sedaya ngaturaken pangapunten kangge bapak,ibu guru ingkang sering dados kecewa, nelangsa lan nesu amargi kekhilafan kita sedaya. Kangge adik-adik kula kelas 7 lan 8, tetap semangat kangge belajar lan meraih cita-citanipun.

Namun cekap semanten ingkang saged kula aturaken, mbok menawi kathah atur tetembung ingkang mboten mranani penggalihipun. Kula nyuwun pangapunten.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

3. Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 Bahasa Sunda

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Langkung ti payun urang nyanggakeun puji syukur ka Allah swt anu parantos maparin ni’mat sareng hidayah ku urang sadayana dugi ka tiasa patepang silaturahmi dina ku antara perpisahan kelas IX (salapan).

Salawat sareng salam urang dugikeun ka kanjeng Nabi Muhammad saw. Ka kula wargina, para sahabatna, sareng ka jalmi anu saroleh. Mugi-mugi urang kalebet umat anu kenging syafaat dina poe kiamah, amin yarabbal alamin.

Hatur sewu nuhun ka Ibu miwah Bapak Guru, kalih hadirin sadayana anu parantos kersa sumping ngahadirin ieu acara.

Simkuring ngadeg di dieu salaku wawakil ti kelas IX (salapan), anu sakedap deui ngatun keun ieu sakolah.

Jalaran kitu dina ieu kasempatan pamungkas, simkuring hoyong ngadugikeun hatur sewa nuhun kana kasaean sareng ka ikhlasan Ibu miwah Bapak Guru, anu parantos maparin elmu sareng ngadidik simkuring saparakanca salami 3 (tilu) taun.

Mugi-mugi bae eta kasaean Ibu miwah Bapak Guru kenging nganjara anu ageng ti Allah swt, amin yarabbal alamin.

Teu hilap simkuring nyuhunkeun di hapunteun ku Ibu miwah Bapak Guru, bilih aya kalepatan sareng tingkah laku anu teu sae salami 3 (tilu) taun diajar di ieu sakolah.

Rupina sakitu anu kapihatur. Hapunten bilih aya basa atawa tatakrama anu kirang marenah.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 Dengan Bahasa Jawa, Sunda dan Indonesia Yang Baik, Singkat dan Lengkap

contoh teks pidato perpisahan yang baik
contoh teks pidato perpisahan kelas 12

Perpisahan kelas 12 adalah perpisahan yang paling penting menurut saya, karena biasanya setelah kelas 12 biasanya semuanya akan merantau kemana-mana. Maka dari itu, Untuk memperindah acara perpisahan kelas XII salah satunya yaitu dengan mempersiapkan teks pidato dengan baik dan benar.

Contoh teks pidato perpisahan singkat untuk wisuda di kelas 12 ini sudah seharusnya dipersipakan sebaik mungkin mulai dari naskah pidatonya. Hal ini karena, sangat jarang sekalai kesampatan untuk bertemu lagi setelah berpisah di di wisuda kelas 12 ini.

1. Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 Bahasa Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang Terhormat Bapak Kepala Sekolah, dan Bapak/Ibu Guru serta Staff TU yang saya hormati, serta teman-teman kelas XII maupun adik kelas X dan XI yang saya sayangi.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberi berkah dan karunia, salah satunya kita dapat berkumpul bersama dalam rangka perpisahan kelas XII. Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dimana saya di izinkan menyampaikan pidato.

Teman-teman yang saya sayangi, begitu singkat kebersamaan kita berkenalan satu sama lain sehingga saling mengenal. Air mata kebahagiaan maupun duka kita lalui bersama. Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, saya mewakili siswi kelas XII mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang tulus tanpa kenal lelah selama kami bersekolah disini, begitu mulia pengorbanan Bapak dan Ibu Guru, oleh karena itu kami yang sedang banyak belajar mohon maaf karena kami sering mengecewakan hati Bapak dan Ibu Guru.

Adik-adik kelas X dan XI selamat atas keberhasilan kalian mencapai tingkat yang lebih tinggi, kelas X menjadi kelas XI dan kelas XI menjadi kelas XII. Tingkatkanlah semangat belajar kalian dan jadilah teladan yang baik bagi adik-adik kelas nantinya, ukirlah prestasi kalian, harumkanlah nama baik sekolah kita SMA Negeri 1 Ciwaru.

Demikian Pidato yang saya sampaikan mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 Bahasa Jawa

Sugeng siyang, sugeng pepanggihan malih kalian kawula.

Bapak Kepala SMK Pangudi Luhur ingkang kinurmaran, Bapak ibu guru saha karyawan karyawati ingkang kula hormati, Rencang rencang ingkang kula tresnani, Sepindah sumangga kita ngturaken puja puji syukur ing ngarsanipun Gusti ingkang maha kuasa lan tansah paring nikmat sarta hidayah saingga kita saged rawuh ing papan menika tanpa alangan menapa-menapa.

Kula wakil sangking siswa kelas 12 ngaturaken sak agengipun maturnuwun dumateng bapak ibu guru, amargi sampun mbulawantah lan maringi kita ngelmu ingkang manfaat sehingga kita saged lulus kanti hasil ingkang sae.

Kula lan rencang rencang nyuwun pangapunten amargi kita mboten saget dumugi marang sekolah maleh, kula lan rencang-rencang musti nglanjutaken sekolah ingkang luwih inggil.

Kula lan rencang-rencang nyuwun donga pangestunipun bapak ibu guru saha karyawan karyawati supados kula lan rencang-rencang lancar anggenipun makarya utawi nglanjutaken sekolah ingkah luwih inggil saengga cita-cita kula lan rencang-rencang kula saged kawujud nyata.

Kita ngertos ingkang gadah kathah lepat dateng bapak lan ibu guru sedaya, amargi niku kula lan rencang-rencang nyuwun agungipun ngapunten sangking bapak ibu guru amargi wonten ing tigang warsa ngangsu kawruh wonten pawiyatan mriki kula menawi gadhah kwalepatan ingkang dipun sengaja lan mboten di sengaja. Mugi-mugi bapak-ibu guru kersa ngapuntenaken sedaya kelepatan kula.

Cekap semanten ingkang saget kula aturaken menawi gadah lepat lan kurang kula nyuwun ngapunten ingkang sanget.

Pitutur kula tutup kanthi waosan nuwun, nuwun, matursuwun…

3. Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 12 Bahasa Sunda

Assalamualaikum wr. wb.

Puji sinareng sukur kasanggakeun ka Allah Illahi Robbi. Alhamdulillah wasyukurilah, Laillahhailallah, Subhanallah dina danget ieu urang sadaya tiasa riung mungpulung dina raraga nyakseni upacara Paturay Tineung, wireh sim kuring saparakanca bade ngantunkeun ieu sakola sabada tamat diajar salami tilu taun.

Bapa kalih Ibu, hadirin hormateun sim kuring

Mungguh ari waktu asa nyeak pisan sajorelat. Asa kamari keneh sim kuring saparakanca munggaran lebet ka ieu sakola, ayeuna tos kedah paturay deui. Sim kuring saparakanca kedah miang deui neraskeun sakola, ngahontal harepan sareng cita-cita.

Kantenan wae salami tilu taun diajar di ieu sakola, seueur pisan anu bakal janten panineungan. Di dieu, di sakola urang nu genah pikabetaheun, sim kuring saparakanca diajar neangan elmu. Ruang riung boh di kelas boh dina rupa-rupa kagiatan bari sakapeung sempal guyon gogonjakan sareng rerencangan. Tangtos bae eta sadayana bakal janten panineungan nu moal kahihilapkeun. Atuh kasaean Bapa kalih Ibu Guru sadaya, elmu pangaweruhna anu didugikeun ka sim kuring saparakanca tangtos bakal nyerep dina angen, janten obor nu nyaangan jalan sorangeun. Pamugi elmu nu katampi sing janten mangpaat kanggo abdi saparakanca.

Saterasna pirang-pirang kasaean Bapa kalih Ibu, sim kuring saparakanca teu tiasa males eta kasaean, mung tiasa ngedalkeun dua, pamugi rupining elmu sareng katiasa anu parantos dipaparinkeun, kenging ganjaran anu mangtikel-tikel ti Allah Ala Wa Zalla. Amin

Bapa kalih Ibu guru kalebet rengrengan ti tata usaha, salami sim kuring saparakanca diajar di ieu sakola tangtosna seueur pisan kalepatan, seueur pisan sikep sareng paripolah anu tangtosna tiasa janten ngajaheutkeun manah ka sadayana. Jalaran kitu, ngawakilan rerencangan sadayana, dina danget ieu sim kuring neda sih hapuntenna, mugi jembar hapuntenna kana samudaya kalelepatan sareng kaluluputan.

Pamungkas, neda pidua ti sadayana, pamugi sim kuring saparakanca nu lulus taun ieu sing tiasa neraskeun tolabul elmu. Lungsur-langsar teu aya halangan-harungan, nyukcruk elmu di tingkat nu langkung luhur

Rupina sakitu nu kapihatur. Bilih aya basa nu kirang merenah, kecap nu kirang larap, bilih aya kalimah nu teu raos kana manah, neda hapuntenna

Wabillahi taufik wal hidayah. Wassalualaikum wr. wb.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Singkat Dalam Bahasa Inggris Kelas 6 Lengkap dengan Terjemahnya

Nah, contoh teks pidato perpisahan bahasa inggris adalah salah satu bahasa internasional yang bisa digunakan diseluruh dunia. Maka dari itu, pidato menggunakan bahasa inggris sangat cocok disampaikan disekolah-sekolah maju. Berikut adalah contoh teks pidato perpisahan singkat bahasa inggris lengkap dengan terjemahnya.

1. Teks Pidato Perpisahan dalam Bahasa Inggris

Valedictory Speech about Graduation of Students in Grade 6

Assalamu’alaikum wr.wb.

Good afternoon for everyone.

With all due the respect to the honorable Mr. Principal, to the honorable Mr. and Mrs. Teachers, to the honorable parents of student grade VI, and to all my dearest friends.

First of all, let’s say our praise and gratitude to Allah SWT because of His grace and blessing upon us, we are given the best condition of our health to gather here altogether today. Today, we gather up in order to have a farewell ceremony and also graduation celebration day for students grade VI.

To all the teachers and students, time really passed so fast. It has been 6 years since our first time to study and take many lessons at this school. There are lots of knowledge and lessons we had. All of them are really helpful for us.

Now, the graduation has finally come. After this 6 years we had learnt so many things from you all my teachers, on the behalf of my friends grade VI, I say our great thanks for all of you our dearest teachers. Every lesson and advice you gave will always we remember.

We also say our deepest apology for all of our mistakes and mischief we have ever made during our study at this school. Remember us as the students you have ever taught someday.

Not to forget, we also say our great thanks to our beloved parents who are attending on this occasion. Our parents always give their love and motivation to us so that we all can graduate and celebrate it today.

To all my friends, all the happenings we had and experienced at this school; sadness, happiness, and bliss will always remind us to this beloved school. After graduation, I wish we all can always be encouraged to stay determined in studying to reach for the goals.

Last words, on the behalf of friends grade VI, I would like to say goodbye to our beloved school. We will everlastingly remember this school. That’s all I can say. I say my deepest apology for all the mistakes on my words. Thank you for the attention.

Wassalamu’alaikum wr.wb

2. Terjemahan Pidato Perpisahan dalam Bahasa Inggris

Pidato perpisahan siswa-siswi kelas 6

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang untuk semuanya.

Bapak Kepala Sekolah yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, Para orang tua murid Kelas VI yang saya hormati, Teman-Teman yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena dengan rahmat dan hidayah-Nya kita diberi kesehatan untuk berkumpul bersama pada hari ini. Hari ini, kita berkumpul dalam rangka hari perpisahan sekaligus hari perayaan kelulusan siswa Kelas VI.

Guru-Guru dan Teman-Teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Begitu banyak pelajaran dan pengetahuan yang kami dapatkan. Semuanya itu sangat berguna bagi kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami banyak belajar dari Bapak dan Ibu Guru, saya selaku perwakilan teman-teman Kelas VI mengucapkan terima kasih untuk guru-guru kami tercinta. Semua pelajaran dan nasihat yang kami dapatkan akan selalu kami ingat.

Kami juga menyampaikan permintaan maaf atas semua kesalahan dan kenakalan yang pernah kami perbuat selama kami bersekolah di sini. Kenanglah kami semua sebagai siswa-siswi yang pernah Bapak dan Ibu ajar.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orangtua kami tercinta yang juga hadir pada kesempatan ini. Para orang tua yang selalu memberikan kasih sayang dan dorongannya kepada kami hingga kami dapat lulus dan merayakannya pada hari ini.

Untuk Teman-Teman, semua peristiwa yang kita alami di sekolah ini, senang, sedih, dan bahagia akan selalu mengingatkan kita pada sekolah tercinta ini. Setelah lulus, hendaknya kita selalu terdorong untuk tetap rajin belajar untuk mencapai cita- cita.

akhir kata, saya sebagai perwakilan teman-teman Kelas VI ingin mengucapkan selamat tinggal pada sekolah kami tercinta. Kami akan selalu mengingat sekolah ini. Sekian dari kami Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Nah, mungkin itulah yang bisa saya bagikan yakni tentang contoh teks pidato perpisahan singkat kelas 6, 9, dan 12. Semoga dengan adanya kumpulan teks pidato diatas bisa memudahkan Anda untuk mempersiapkan acara wisuda dengan semaksimal mungkin.

Leave a Comment