7 Contoh Format Surat Pengunduran Diri Resign Yang Baik dan Benar [+Doc]

Contoh surat penguduran diri atau surat resign merupakan surat yang diperlukan ketika seseorang ingin keluar dari suatu perusahaan atau lembaga/instansi baik dari pemerintah maupun swasta. Sebab dengan adanya surat resign status seseorang akan menjadi jelas serta lebih sopan dan jauh lebih baik apabila menggunakan surat pengunduran diri secara resmi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang pasti mengalami kejenuhan atau ketidak cocokan dalam menjalankan pekerjaannya atau di dalam suatu organisasi. Mungkin sudah bertahun-tahun orang bekerja hanya melakukan gitu-gitu saja, ada waktu dimana seseoran akan berpikir saya akan resign atau ingin mencari tantangan baru atau mencari kenyamanan dalam bekerja di perusahaan atau dalam organisasi.

Namun, seseorang masih bertahan mungkin karena masih belum tahu bagaimana cara membuat surat resign atau surat pengunduran diri. Kelihatannya ini adalah hal yang sepele namun jika tidak segera mencari tahu bagaimana cara membuat surat resign? Seseorang akan stak berada diistu-situ aja dan tidak akan ada kemajuan. Jika anda ingin pindah kerja anda bisa lihat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benark.

Daftar Isi Artikel

Baca Juga:  Ikan Paus Terbesar Atau Raksasa di Segala Penjuru Dunia

Cara Membuat Surat Resign Melalui Contoh Format Surat Resign Yang Baik Dan Benar

surat pengunduran diri
contoh surat resign

Pengertian Surat Pengunduran Diri Resign

Surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang digunakan oleh seseorang untuk menyatakan kepada perusahaan, organisasi atau lembaga/instansi bahwa dirinya akan berhenti dari aktivitas di tempat yang biasa ia beraktivitas atau bekerja, baik aktivitas di perusahaan swasta maupun aktivitas bekerja di kantor pemerintahan.

Bagi Anda yang ingin keluar dari zona yang begitu-gitu saja, maka segeralah memikirkan rencana ke depan untuk mewujudkan keinginan anda. Setelah mempunyai ide yang sangat matang, maka jangan menunda-nunda untuk memberikan keputusan. Sebab semakin lama Anda mengambil keputusan maka akan semakin banyak pertimbangan yang dapat menahan Anda untuk maju.

Nah, bila Anda mengalami ketidak nyamanan dalam pekerjaan atau dalam suatu organisasi, maka sekali lagi jangan lama-lama karena itu akan menghambat potensi yang Anda miliki. Setelah mempunyai ide yang bisa Anda jadikan alasan untuk resign dengan lebih baik dari pada yang Anda jalankan selama ini, maka langkah pertama yaitu langsung buat surat pengunduran diri dan anda juga harus bersiap untuk lebih maju lagi.

Untuk pembuatan surat resign, saya bisa membantu anda karena saya telah mengumpulakan berbagai contoh surat pengunduran yang baik dan benar lengkap dengan bahasa inggris maupun bahasa indonesia. Dan contoh format surat pengunduran diri ini telah saya kumpulan dari berbagai sumber dengan harapan ketika anda ingin resign atau ingin mendapatkan yang lebih baik bisa lebih mudah lagi.

Contoh-contoh Format Surat Pengunduran Diri atau Resign Lengkap Doc

contoh surat pengunduran diri
surat pengunduran diri yang baik dan benar

“Menurut saya belajar apapun atau membuat sesuatu apapun itu akan tampak lebih mudah ketika ada contohnya” maka dari itu saya mengumpulakan contoh-contoh ini senantiasa agar Anda tidak kesulitan ketika mau membuat surat pengunduran diri entah itu dari perusahaan, organisasi atau lembaga-lembaga baik dari pemerintah maupun swasta. Berikut adalah contoh-contoh sutrat pengunduran diri yang bisa Anda jadikan referensi.

Baca Juga:  budidaya rumput gajah dan manfaatnya yang sangat banyak

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Jabatan di Perusahaan 

Contoh Surat Resign Resmi Karyawan Dari Perusahaan Yang Baik Dan Benar Serta Sopan 

contoh surat pengunduran diri resmi yang baik dan benar
contoh pengunduran diri yang sopan

Contoh Surat Resign Kerja Jabatan Dari Perusahaan Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Surat Resign Kerja Dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resign Dalam Bahasa Inggris
contoh surat resign

Contoh Surat Pengunduran Diri Mahasiswa Dari Kampus Untuk Berhenti Kuliah

contoh surat pengunduran diri
pengunduran diri

Surat pengunduran diri atau surat resign mahasiswa dari kampus untuk berhenti kuliah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat pengunduran diri dari sekolah, namun, hanya saja jauh lebih rumit pada formatnya. maka dari itu, Bagi kalian yang ingin menudurkan diri dari kuliah sebaiknya kalian perhatikan baik-baik contoh surat pengunduran diri yang ada di bawah ini sebagai bentuk panduan anda.

Terdapat tiga jenis surat resigan atau surat pengunduran diri dari kuliah mahasiswa diantara lain yaitu:

  1. Surat pengunduran diri pertama yaitu surat resign yang disampaikan kepada pembimbing akademik. Kemudian, surat ini biasanya akan diteruskan ke dekan, dan setelah itu dekan akan memberikan pada rektor.
  2. Surat resign atau pengajuan pengunduran diri  secara langsung yaitu dari mahasiswa ke rektor kampus dengan syarat memperoleh persetujuan dari pihak terkait.
  3. Surat Pengunduran diri mahasiswa secara umum yaitu diajukan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Setelah mengetahui jenis-jenis surat pengunduran kuliah, maka ada bagian-bagian yang harus anda perhatikan ketika mmembuat surat pengunduran diri mahasiswa kuliah.

Bagian-bagian dalam surat pengunduran diri dari kuliah:

  1. Bagian Pembuka
  2. Bagian Pendahuluan
  3. Penutup
  4. Mengetahui

Baik setelah Anda mengetahui secara singkat tentang proses tadi dan bagian-bagian surat pengunduran diri mahasiswa, kemudian Anda tinggal membuat surat pengunduran diri mahasiswa dari kuliah dengan melihat contoh surat resign. Berikut adalah contoh surat pengunduran kuliah yang bisa Anda jadikan referensi:

Baca Juga:  Teknik Dasar Permaian Bola Basket Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Dari Organisasi Pramuka di Sekolah

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi Pramuka
contoh surat resign resmi dari organisasi pramuka di sekolah

Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi Dari Organisasi Siswa Dari Sekolah (OSIS)

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi
pengunduran diri dari organisasi osis

Nah, Alhamdulillah mungkin itu yang bisa saya bagikan tentang contoh-contoh surat resign atau pengunduran diri, semoga dari kumpulan contoh surat resign di atas bisa membantu Anda dalam membuatnya. Kemudia bila ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf karena keterbatasan ilmu saya.

Semoga Anda memperoleh manfaat dari artikel ini dan semoga Anda mendapatkan yang terbaik. Aamiin…. Baca juga artikel saya tentang contoh surat kuasa yang baik dan benar.

1 thought on “7 Contoh Format Surat Pengunduran Diri Resign Yang Baik dan Benar [+Doc]

Leave a Comment