Cara Menjadi Orang Sukses Dunia dan Akhirat Dengan Berusaha dan Berdoa?

Cara menjadi orang sukses – semua orang pasti mendapabakan kesuskesan dalam hidupnya. Namun tidak semua orang tahu cara menjadi sukses. Mereka sudah habiskan lembar demi lembar buku, semua kata motivasi sudah ditelan, namun nyatanya sukses yang diinginkan tak kunjung datang. Adakah yang salah? mungkin kesalahan ada dalam di Anda sendiri. Walaupun sudah banyak buku yang dibaca dan kata-kata motivasi hafal diluar kepala, kalau diri anda tidak mempunyai tekad yang kuat maka jangan harap kesuksesan yang diimpikan datang.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Sukses?

Dalam tulisan sederhana ini, akan dijelaskan 7 cara simple yang bisa membawa anda ke puncak kesuksesan. Masa sih cuma 7…? Percayalah cara berikut tidak mudah untuk Anda taklukan. Suatu upaya dan cara menjadi orang sukses, selebihnya kesuksesan hanyalah milik Allah swt.

Cara Menjadi Orang Sukses

  1. Percaya diri

  2. Memiliki Rencana

  3. Membuat step-step untuk menjalankan rencana

  4. Melakukan tindakan

  5. Evaluasi

  6. Mencari solusi

  7. Nikmati kesuksesan

Catatan: sebenarnya cara menjadi orang sukses tergantung kepada tujuan masing-masing orang, namun menurut saya sukses adalah sukses dunia dan akhirat. Selain 7 cara itu yaitu 4 langkah penting yakni niat yang baik, berdoa, berusaha, dan bertawakal. itulah cara menjadi orang sukses dunia akhirat.

Baca Juga:  Tips Membeli Barang Bekas yang Selektif Tanpa Kecewa

7  Cara Menjadi Orang Sukses Dengan Melalui Proses

Ya, memang 7 cara menjadi orang sukses ini tidak menjamin Anda bisa menjadi orang yang sukses. Namun, hal ini juga bisa membuat Anda sukses? Yang paling penting adalah kesungguhan Anda berusaha dan berdoa kepada Allah swt.

1. Yakinlah pada diri Anda

percaya diri
tumbuhkan percaya diri

Kita mulai dengan keyakinan bahwa diri Anda memang layak menjadi orang sukses. Dengan meyakininya maka Anda sudah setengah jalan menuju kesuksesan. Ya, cara menjadi orang sukses pertama harus yakin kepada diri sendiri.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk meyakinkan diri Anda adalah dengan bercermin dan tatap wajah Anda, lalu bicara pada diri sendiri bahwa Anda bisa sukses. Dan cara menumbuhkan percaya diri yang paling kuat adalah dengan mengandalkan Allah SWT.

Cara lain untuk menjadi orang sukses yaitu dengan memprogram alam bawah sadar Anda bahwa anda bisa sukses seperti atau melebihi orang lain. Ingat jangan mengandalkan diri sendiri, karena allah yang maha segala-galanya. Dan Kita tinggal mkinta kepada Allah SWT.

2. Tetapkan sasaran

kiat menjadi orang sukses
harus memiliki target

Ketika anda benar-benar sudah yakin, langkah selanjutnya yaitu menentukan sasaran atau target. Buatlah target jangka pendek dan jangka panjang. Entah itu target tentang untuk dunia maupun akhirat. Sasaran dari cara menjadi orang sukses yang paling tepat adalah dunia dan akhirat.

Nilai kesuskesan setiap orang tentu berbeda-beda, maka dari itu target Anda hanya diri Anda yang tahu. namun yang pasti, jika ingin target tidak berakhir dengan khayalan semata, Anda harus mengikutiki kriteria SMART yakni spesifik, measurable, achievable, relevant dan time-bound.

Belum paham tentang SMART? berikut saya kasih ilustrasinya.

Misalkan Anda seorang online shoper yang ingin meningkatkan penjualan produk. Maka Anda bisa membuat dua sasaran:

  1. Sasaran 1: Meningkatkan Ibadah kepada Allah swt
  2. Sasaran 2: Meningkatkan penjualan produk
  3. Sasaran 3 : Meningkatkan omzet penjualan menjadi 100 juta per bulan dalam waktu 1 bulan (1 juni-30 juni 2017)
Baca Juga:  Tahukah Anda Nokia P1? Keluaran Terbaru Produk Nokia [Terbaik]

Dari ketiga sasaran tersebut, yang ketiga adalah yang memenuhi kriteria SMART.

-Spesifik: Meningkatkan omzet penjualan
-Measurable: 100 juta
-Achievement: omzet 100 juta
-Relevant: profesi sebagai pemilik toko online
-Time-bound: 1 bulan (1 juni – 30 juni 2017)

3. Buatlah rencana tindakan

kiat sukses
menyusun rencana

Menentukan target dengan kriteria SMART akan memberikan gambaran kepada anda tentang impian apa yang akan diraih. Gambaran tersebut akan semakin jelas jika Anda membuat rencana tindakan guna meraih target tersebut.

Untuk membuat rencana tindakan, Anda hanya perlu melakukan identifikasi dan menulis langah-langkah untuk menuju target tersebut.

Taruh rencana tindakan yang telah dibuat di tempat yang gampang dilihat, misalnya didepan laptop atau meja kerja.

4. Bertindak

cara menjadi orang sukses
melakukan usaha dan doa

Semua rencana terbaik tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak bertindak. Oleh sebab itu, mulailah untuk melakukan semua yang telah dibuat pada rencana tindakan tadi. Cara menjadi orang sukses salah satunya harus ada tindakan. Tanpa adanya tindakan sama dengan bohong.

Buatlah to-do-list harian dan prioritaskan dari tugas-tugas Anda yang lain. Setelah to-do-list selesai deikerjakan baru Anda mengerjakan pekerjaan yang lain. Usahakan setiap target terselesaikan tepat waktu untuk hasilnya serhkan kepada Allah SWT.

Kelihatannya mudah, namun dalam praktiknya sangat susah. Apalagi bagi Anda yang baru memulai. Pasti bingung bagaimana cara menjadi orang sukses. Jika malas melanda, cara paling ampuh adalah dengan memulainya, karena jika mengikuti rasa malas maka dapat dipastikan Anda akan kalah.

5. Lakukan kaji ulang

cara sukses
sering mengevaluasi diri

Langkah selanjutnya adalah mereview semua pekerjaan yang telah Anda lakukan. Dengan mengkaji ulang maka akan diketahui apakah pekerjaan yang dilakukan telah pada jalur yang ebnar atau malah sebaliknya.

Baca Juga:  8 Peluang Usaha Unik dan Kreatif Dengan Mobil Pickup Bisa (Sukses)

Menurut penelitian, salah satu kebiasaan orang sukses adalah melakukan kaji ulang terhadap diri dan pekerjaannya. Kaji uolang bisa anda lakukan setiap seminggu atau sebualan sekali.

Dengan mengkaji ulang, diharapkan Anda bisa menemukan masalah-masalah apa saja yang dihadapi.

6. Tindak lanjuti

tips sukses
jalan menuju sukses

Masalah yang ditemui pada saat proses kaji ulang harus segera ditindak lanjuti. Cari akar masalahnya dan selesaikan dengan bijak. Yang harus di ingat adalah jangan mengandalkan diri sendiri. Mintalah kepada Allah SWT untuk dimudahkan segala urusan Anda.

7. Syukuri dan Nikmati kesusksesan Anda

cara sukses
sukses dunia dan akhirat

Setelah semua kerja keras Anda lakukan, dan kesuskesan telah diraih, maka syukuri kesuksesan tersebut . Bentuk syukur ini bermacam-macam, namun sebagai orang yang beragama islam, syukrilah dengan memanjatkan doa atau dengan memberi sedekah kepada anak yatim agar kesuksesan yang diraih semakin berkah.

Demikian kiat-kiat dan cara menjadi orang sukses yang bisa Anda coba untuk di praktekan. Semoga kita semua bisa sukses baik dunia maupun akhirat. Aamiin…

Leave a Comment