cara mengatasi masalah ekonomi

Cara Mengatasi Masalah Ekonomi Yang Tepat Dalam Keluarga

Bagaimana Cara Mengatasi masalah ekonomi ???

Cara Mengatasi masalah ekonomi keluarga dengan tepat, meamang masalah ekonomi atau keuagan bukanlah hal baru, tetapi ini hampir semua keluarga pasti pernah mengalaimi masalah ekonomi atau keuangan.bahkan dari sejak jaman dulu pun masalah ini sudah terjadi.

cara mengatasi masalah ekonomi
economy.okezone.com

Sebenarnya persoalan bukan pada jumlah uang, harta, atau investasi yang dimiliki keluarga, namun yang menjadi persoalan sebenarnya adalah bagaimana sikap keluarga tersebut, untuk menghadapi persoalan ekonomi yang sedang dihadapinya.

Bahkan banyak keluarga yang sampai hancur hanya gara-gara masalah ekonomi, karena sikap yang tidak tepat dalam menghadapi persoalan masalah ekonomi tersebut. Untuk menghidari dari hal yang tidak diinginkan, salah satu satu hal yang diperlukan adalah sikap hidup positif dalam segi ekonomi.

Yang terpenting bukan bayak jumlah uang yang dimiliki oleh keluarga, bukan berapa besar gaji suami, bukan berapa banyak investasi ekonomi telah disiapkan untuk masa depan. Namun lebih penting memiliki sikap hidupyang positif dalam menghadapi persoalan ekonomi keluarga.

Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk membuat keluarga menjadi lebih pandai, dalam menyikapi masalah ekonomi yang sering terjadi. Agar tidak sampai terjebak dalam kemelut dan konflik akibat kesulitan ekonomi.

Tips Cara Mengatasi Masalah Ekonomi Keluarga

Bersyukur Kepada Allah swt

Bersyukur adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ekonomi yang ada pada keluarga , karena dengan mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan allah kepada. Kita akan menyadari, bahwa masalah yang sedang kita hadapi itu yang kecil bila dibandingkan dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita .

Syukur bukan ucapan “ Alhamdulillah saja “, tetapi syukur lebih lebih kepada suasana jiwa yang selalu ridha dengan setiap pemberian dan karunia dari Allah swt.

Baca Juga:  usaha berpikir positif dengan cara yang terbaik

Sebagai insan yang beriman, kita semua meyakini bahwa sejeki itu datangnya dari Allah swt, bukan dari manusia. Kewajiban manusia hanyalah berusaha, setelah itu hendaknya selalu bersyukur atas pemberian rejeki yang  Allah berikan.

Syukur bukan soal banyak atau sedikitnya rejeki. Berapapun hasil usaha yang kita dapatkan setiap hari, setiap pekan, atau setiap bulan, kita harus selalu bersyukur kepada Allah swt.

Persoalan merasa cukup atau kurang, bukan ditentukan oleh besarnya uang, tapi lebih banyak banyak ditentukan oleh situasi hati. Apakah hati kita selalu memiliki bersyukur, atau hati yang selalu kurang.

Berpikir  Positif Terhadap Allah swt.

Dengan berpikir positif kepada Allah swt, kita akan lebih bisa mengontrol diri atau menghibur diri untuk dalam mengahapi masalah ekonomi yang sedang terjadi pada keluarga. Kita harus yakin semua yang terjadi atas izin allah, dan kita juga harus yakin dibalik ujian ini pasti allah telah menyiapakan yang terbaik untuk kita.

Agar kita bisa mengatasi masalah ekonomi yang sedang terjadi, kita sebagai insan yang beriman harus mengingat hadist qudsi yang satu ini.

Dari Abu Huraiah radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa salam bersabda, Allah Ta’al berfirman,

Aku (Allah)sesuai dengan prasangka hambak-Ku” (Muttfaqun’alaih). Hadist yang mengajarkan bagaimanaseorang muslim harus huznuzhon pada Allah dan memiliki sikap roja’ (harap) pada-Nya.

cara mengatasi masalah ekonomi
id.pinterest.com

Marilah kita menyikapi masalah  ekonomi dengan berpikir positif kepada allah swt. Karena dalam hadist tersebut menjelaskan kita sebagai seorang hamba harus berprasangka baik agar Allah juga memberikan yang terbaik untuk kita.

Musyawarah Keluarga

Musyawarah yang dimaksud keluarga di sini bukan keluarga besar melainkan hanya keluarga antara orang tua dan anak-anaknya dalam satu rumah tangga. Dan bila tidak memungkinkan mengajak anak, maka sebaiknya antara bapak dan ibu saja yang membahasnya.

cara menagatsi masalah ekonomi dengan musyawarah
supriyadikaranganyar.wordpress.com

Dengan musyawarah ini tugas bapaklah yang harus memberikan pengertian soal masalah ekonomi atau keuangan yang sedang dihadapi. Usahakan berikan alasannya mengapa itu terjadi dan nasehati apa yang harus dilakukan semua anggota kelurga dalam rangka mengatasi masalah keuangan tersebut.

Tetapi jika anak kiranya sudah cukup umur sebaiknya libatkan anak untuk musyawarah, karena sangat penting dalam suatu keluarga untuk meminta pendapat dari sisi anak, sebagai pertimbangan nanti sebelum pengambilan keputusan.

Baca Juga:  Manfaat hujan dan pengertiannya bagi kehidupan

Giat gigih dan selalu berusaha untuk mendapatkan rejeki

Cara mengatasi masalah ekonomi keluarga , kita perlu dengan yang namanya berusaha. Karena tanpa adanya usaha kita tidak akan menyelesaikan masalah.

Allah SWT juga memerintahkan kita untuk membuka pintu rejeki dengan usaha yang sifatnya lahiriyah maupun batiniyah. Usaha lahiriyah berupa bekerja keras mencari nafkah, dengan cara yang halal untuk mendapatkan rejeki yang halal, thayib, banyak dan barakah.

Sedangkan usaha batiniyah adalah dapat kita lakukan dengan berdoa, istigfar, taubat, taqwa kepada Allah, dan tawakal kepada Allah swt setelah kita berusaha semaksimal mungkin. Ada juga pepatah yang mengatakan “ usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah bohong”

cara mengatasi masalah oekonomi dengan usaha dan doa
ep.upy.ac.id

Dalam berusaha, semua keluarga sebaiknya harus ikut andil untuk saling bekerjasama agar hasil yang akan diperoleh lebih maksimal. Dan keluarga akan lebih terasa kedekatannya saat menghapai perjuangan secara bersama-sama.

Cara Mengatasi Masalah Ekonomi dengan SikapTerbuka

Sikap terbuka adalah sikap yang tepat untuk menghindari prasangka-prasangka buruk. Baik semua anggota keluarga mencari uang atau hanya salah satu saj yang menhasilkan uang, seharusnya tak ada yang disembunyikan masalah pengeluaran. Selalu didiskusikan semua keputusan yang menyangkut keuangan, seperti pengeluaran, pemasukan, tabungan, dan lainnya.

cara mengatasi masalah ekonomi dengan mempunyai sikap terbuka
www.slideshare.net

Dengan keterbukaan antar anggota keluarga tentang keuangan, akan menjadikan semua anggota keluarga mengetahui masalah-masalah yang sedang dihadapi. Kalau semua tahu pasti tidak ada pergesekan antara keluarga.

Sehingga keluarga akan bersatu untuk menyelesaikan persoalan bersama-sama. Masalah akan cepat selesai dengan adanya sikap keterbukaan.

Mebuat manajemen keuangan

Membuat manajemen keuangan sering disepelekan oleh banyak keluarga, padahal menajemen keuangan sangatlah penting dalm membangun sebuah rumah tangga. Tanpa adanya sistem keuangan, sebuah keluarga akan mengalami bagaimana rusaknya perekonomiannya, karena tidak terkontrolnya sistem perekonomian yang sebenarnya harus ada pada setiap keluarga.

cara mengatasi masalah ekonomi dengan menerapakan manajemen ekonomi
stimsukmamedan.ac.id

Dalam hal keuangan, anda juga harus cermat dan bijak dalam menggunakan keuangan. Hal pertama yang harus anda ketahui berapa banyak uang yang kamu miliki, pendapatan kamu, danjuga mengetahui semua jumlah tagihan yang harus dibayarkan, seperti tagihan listrik, telepon, belanja bulanan, biaya kesehatan, bahkan sampai biaya servis kendaraan.

Baca Juga:  1000 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Terbukti Berkhasiat

Dengan mengetahui semuai ini anda bisa mengetahui kisaran pengeluaran yang harus dikeluarkan. Sehingga keuangan anda akan menjadi lebih teratur dan lebih jelas. Untuk keuangan yang aman  antara pemasukan dan pengeluaran harus seimbang atau pemasukan harus lebih banyak dibanding dengan pengeluaran.

Buat Kesepakatan

cara menagatasi masalah ekonomi dengan buat kesepakatan
news.okezone.com

Sebelum menggunakan uang anda, ada baiknya untuk membuat aturan untuk mendahulukan tentang kebutuhan pokok yang disepakati bersama. Misalkan berapa persen yang harus ditabung, berapa budget yang digunakan untuk membayar tagihan, dan lainnya.

Dengan adanya kesepakatan dalam keluarga, akan membuat semua anggota keluarga tidak ada yang  merasa dirugikan ataupun merasa tidak dianggap. Kebanyakan sebuah keluarga meremehkan dan jarang mengadakan kesepakatan dalam mengolah keuangan yang akhirnya akan jadi masalah.

Cara Mengatasi Masalah Ekonomi dengan Bergaya Hidup Sederhana

cara mengatasi masalah ekonomi dengan cara hidup sederhana
plus.google.com

Semua anggota hendaknya selalu bersikap hemat dan bergaya hidup sederhana. Jika memang tidak memiliki kemampuan, tidak perlu memaksa untuk bergaya hidup mewah. Karena itu akan membuat anda sendiri yang akan menaggung resikonya, akibatnya anda akan terbengkala oleh utang sana sini.

Ada banyak hal yang bisa dihemat dalam kehidupan sehari-hari. Baik dari segi kuantitas maupun kuantitas. Misalnya pengunaa listrik, menonton tv dibatasi untuk satuhri maksimal 2 jam, menggunakan lampu seperlunya, dan masih bannyak lagi.

Mulai dari hal-hal yang kecil itu anda bisa menghemat beberaa pengeluaran yang terbuang sia-sia. Memang kelihatannya itu cuma sedikit, tapi coba anda hitung pemborosan anda selama satu tahun. Pasti anda kan merasa rugi, Maka dari itu lakukan hal mulai dari yang terkecil.

tips-tips di atas adalah usaha-usaha atau cara mengatsi masalah ekonomi yang sedang menghadapi sebuah keluarga. mudah-maudahan tips diatas bisa bermanfaat bagi pembaca.

 

 

 

Leave a Comment