budidaya kacang tanah

Cara Menanam Kacang Tanah & Panduan Budidaya [Lengkap]

Cara menanam kacang tanah-Indonesia merupakan negara yang subur. Cocok sekali dijadikan tempat untuk menanam kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Seperti menanam kacang tanah, kacang tanah adalah tanaman yang banyak ditanam ketika selesai panen padi, kacang kedelai, atau jagung. Kacang tanah atau bahasa latinnya Archis Hypogaea biasa digunakan untuk tanaman tumpang sari atau sela.

Untuk menanam kacang tanah cocok di daerah yang tingkat curah hujannya sedang. Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan bunga dari tanaman kacang tanah sulit diserbuki dan daerah pekarangannya terlalu lembab yang menyebabkan tumbuhnya jamur dan penyakit yang bisa menyerang buah. Sinar matahari yang bagus diperlukan ketika perkembangan daun dan pertumbuhan buahnya. Menanam kacang tanah paling ideal berada di tinggi 50 sampai 500 m dari permukaan laut. Tapi, kacang tanah bisa menyesuaikan sampai ketinggian 1500 m.

Menanam kacang tanah sangat efektif di tanam di tanah yang gembur dimana kandungan tanahnya ada kalsium, pospat, kalium, dan nitrogen yang cukup. Keasaman atau pHnya ideal untuk tumbuhan ini kurang lebih 5 sampai 6,3. Tanah yang kegemburannya bagus bisa menunjang pertumbuhan ginofor dengan efektif, ginofor sendiri adalah bakal buah uang tumbuh ke dalam tanah.

cara menanam kacang tanah
budidaya kacang tanah

Daftar Isi Artikel

Baca Juga:  6 Perbedaan Paling Pokok Antara Menggambar dan MelukisĀ 

Budidaya Cara Menanam Kacang Tanah

Berikut adalah cara menanam kacang tanah dalam berbudidaya kacang tanah untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan sebagai petunjuk bagi pembudidaya kacang tanah pemula. 4 langkah dibawh ini merupakn langkah pokok dalam menanam kacang tanah yang harus dilalui dalam berbudidaya kacang tanah.

1. Pemilihan Benih Kacang Tanah

benih kacang tanah
bibit kacang tanah

Untuk mendapatkan benih kacang tanah bisa diperleh dengan membiarkan kacang sampai tua kurang lebih selama 100 harian. Bauh yang bisa dijadikan benih berwarna kehitaman dan jika dibuka tak mempunyai selaput dibagian dalam cangkangnya. Sesudah benih dipanen, pilih dulu benih yang bagus lalu jemur 4 sampai 5 hari. Agar kualitasnya terjaga, benih bagusnya disimpan selama 3 sampai 6 bulan. Cangkangnya baiknya tidak dikupas selama penyimpanan. Buka cangkak dilakukan jika akan dipakai. Benih yang bagus untuk ditanam ialah benih yang masih baru.

2. Pengolahan Tanah

menanam kacang tanah
cara menanm kacang tanah



Agar memperoleh hasil yang maksimal, tanah untuk menanam kacang perlu untuk digemburkan dulu dengan cara dibajak sampai menjadi halus. Lalu tambahkan kapur 2 ton untuk 1 hektar. Campur dengan tanah yang sudah dibajak dengan rata, bairkan selama dua hari.

Pakai pupuk kandang atau bisa juga memakai pupuk kompos untuk pupuk dasarnya. Jika ada, pakai campuran pupuk kandang kotoran ayam dengan kotoran sapi atau kambing. Campur dengan tanah dengan rata.

Penanaman kacang tanah dikerjakan dengan cara tugal jarak antara tanamannya 25×25 cm. Isi setiap lubangnya dengan 1 butir benih. Perlu sekitar 50 kilogram benih untuk luas satu hektar. Setelah beih ditanam, siram setiap sore dan pagi. Tanaman akan berkecambah kurang lebih 4 sampai 7 hari.

4. Perawatan dan Pemupukan

pupuk organik
budidaya kacang tanah dengan pupuk organik



Kacang tanah akan tumbuh dengan serempak sesudah 1 minggu dan akan berbunga di umur 20 hari dan terus berkembang di 75 hari. Bunga yang keluar di atas 30 hari akan menajdi polong. Sesudah penyerbukan dan pembuahan, ginofor atau bakan buah akan tumbuh di hari 3 sampai 4. Lalu ginofor akan ke tanah untuk menjadi polong.

Perawatan yang dibutuhkan ketika tanaman berbunga adalah pemberian pupuk tambahan. Tambah pupuk yang banyak terkandung pospor, agar buahnya banyak dan bagus. Disamping itu, kerjakan pembubunan dan penyiangan tanah sampai menutupi akar, daun, dan batang. Ini tujuannya agar bijinya banyak.

Ada hama yang menyerang kacang tanah diantaranya ialah ulat penggulung daun, ulat pemakan akar, ulat grayak, dan ulat jengkal. Sedangkan untuk penyakit yang sering menyerang tanaman kacang tanah yaitu sapu setan, penyakit layu, gapong, bercak dauin, penyakit karat, dan sklerotium. Untuk mengendalikan hama dan penyakit itu bisa dengan olah tanah dengan benar, pemakian pupuk kandang yang bagus, menanam secara bersamaan, bersihkan gulma, pergiliran tanaman. Untuk tanaman yang terkena penyakit supaya segera dicabut agar tidak menular ke tanaman yang lainnya. Sanitasi lingkungan tanaman juga perlu diperhatikan dan pilih varietas tanaman yang kebal penyakit.

5. Panen Kacang Tanah

jenis kacang kacang
panen kacang tanah



Kacang tanah bisa dipanen di usia 90 hari sesudah masa tanam. Cirinya dari kacang tanah siap panen ialah batangnya akan mengeras, daunnya akan menguning dan berjatuhan. Selain itu bisa juga mengambil sampel dan periksa apakah bijinya tela terisi dengan penuh atau tidak.

Nah, itulah cara menanam kacang tanah dengan 4 langkah pokok yang bisa Anda coba untuk pemula dalam budiday kacang tanah, semoga bisa bermanfaat dan tentunya sukses dengan kacang tanah.

Baca Juga:  Metode atau Teknik Pengambilan Sampel Penelitian [Tuntas]

Leave a Comment