sejarah bunga bangkai

50+ Fakta Unik Tentang Bunga Bangkai Beserta fotonya

Bunga Bangkai? Berikut merupakan fakta unik tentang bunga bangkai dan raflesia beserta manfaat, ciri-ciri, foto dan asal-usul dari bunga bangkai raksasa yang ada di seluruh dunia. Terdapat banyak macam bunga bangkai mulai dari yang hidup secara alami yang tumbuh di berbagai pulau di segala penjuru dunia.

Siapa sih, yang tidak kenal tentang bunga bangkai yang satu ini, tanaman ini dikenal baunya yang sangat busuk. Sebelum membahas lebih lanjut tentang bunga bangkai, tidak lengkap rasanya kalu kita tidak mengetahui tentang sejarahnya tanaman yang satu ini.

bunga bangkai
bunga angkai cibodas

Memang sangat perlu diketahui bila sejarah dan asal usul penemuan bunga bangkai diawali oleh adanya pemindahan tampuk kekuasaan penjajahan atas Indonesia dari Belanda ke Kerajaan inggris pada tahun 1818.

Badai perubahan membawa Gubernur Jendral Sir Stamford Raffles yang kala itu memegang kekuasaan tertinggi atas Indonesia mendalami keanekaragaman  hayati bumi pertiwi dengan mengajak seorang ahli biologi bernama Joseph Arnoldii untuk menjelajahi sebuah daerah di bengkulu.

Ya, langsung mari kita bahas habis tentang tumbuhan yang terkenal mengeluarkan bau busuk ini, dengan dasar dari berbagai sumber yang telah saya rangkum dengan tujuan untuk memudahkan pembaca agar tidak kesuliatan, untuk mencari informasi tentang bunga yang cukup populer ini.

Dengan susunan mulai dari sejarah detemukan, kapan waktu mekar bunga tersebut, manfaat, pengetahuan tentang bunga tersebut.

 

Sejarah Bunga Bangkai ditemukan

sejarah bunga bangkai
sejarah bunga rafflesia

tujuan awal rombongan raffles

Penjelajahan yang mulanya bertujuan untuk menemukan jenis hewan-hewan baru yang belum sempat diklasifikasikan dalam sistem klasifikasi tanaman nyatanya justru menjadi asal mula ditemukannya bunga aneh yang berbeda daripada bunga-bunga pada umumnya.

Bunga itu saat ini kita kenal dengan nama bungai bangkai, karena bunga yang satu ini berbeda dengan bunga pada umumnya yang berbau harum. Bunga satu ini malah mengeluarkan bau busuk.

Pada saat perjalanan penjelajahan ke dalam hutan rombongan arnold kebigungan dengan adanya bau bau busuk yang muncul di sela semak belukar (Hutan tersebut terletak di Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan).

asal mulanya di temukan bunga bangkai

Betapa terkejutnya para anggota rombongan ketika mengetahui bahwa bau busuk bangkai yang mereka cium ternyata berasal dari sebuah bunga besar yang tengah mekar.

Setelah diidentifikasi bunga itupun oleh Arnoldi diberi nama Raflesia Arnoldi Nama tersebut di berikan untuk mengenang jasa gubernur jendral Sir Stamford Raffles yang telah membiayai ekspedisi, sekaligus untuk mengenang namanya sendiri. Namun, orang-orang pribumi yang kala itu ikut dalam rombongan tapa ribet, mereka memberi nama bunga itu bunga bangkai, sesuai dengan ciri khasnya yang memang mengeluarkan bau busuk atau bau bangkai.

Sejak saat itu bunga bangkai mulai dikenal dengan sangat luas di berbagai kalangan di seluruh dunia. Oleh pemerintah inggris dan belanda, bunga ini kemudian digolongkan sebagai fauna yang dilindungi.

Baca Juga:  Cara Menanam dan Merawat Rumput Gajah Mini yang Mudah

Hingga beberapa tahun kemudian (tepatnya tahun 1992), oleh oleh pemerintah indonesia beberapa bungai bangkai dipindah dari hutan primer bengkulu ke Kebun Raya Bogor.

Bunga yang termasuk dalam golongan amorpholus Titanium dan suku talas-talasan ini sekarang sudah resmi menjadi ikon kabupaten kepahi. Nah, itulah sejarah bungai bangkai yang sanagt luar biasa.

Mekarnya Bunga Bangkai Menandakan Datangnya Musim Hujan

bunga bangkai
bunga bangkai akan mekar di awal musim hujan

Bunga Bangkai tumbuh di awal musim hujan

Bunga bangkai (Amorphophallus Paeoniifolius) atau dalam bahasa Makasar Tire Payung  dan dalam bahasa jawa disebut dengan Suweg, untuk kedu kalinya kembali mekar di Area Konservasi Rumah Hijau Denasa (RHD) yang berada di jl. Borongtala, Kelurahan Tamallayang, Kecamatan Bontonompo,Gowa, Sulsel.

Bunga bangkai atau suweg  ini tumbuh ketika awal musim hujan, dan mengapa tumbuhan ini sangat langka karena tidak adanya orang yang membudidaya bunga yang satu ini. Orang orang didaerah juga sering mengambil bunga ini untuk bahan makanan yang terdapat pada umbinya.

Padahal manfaat tumbuhan dari umbinya, sangatlah banyak manfaatnya untuk sebagai bahan makanan, mungkin masih banyak orang yang belum tahu. Mungkin dikarenakan langkanya tumbuhan ini dikarenakan banyaknya masyarakat.

Pendapat RHD

Pendiri RHD, Darmawan Denasa, kepada tribun mengatakan, mekarnya bunga bangkai, bisa diartikansebagai datangnya musim hujan. ”secara kultural mekarnya bunga bangkai menjadi satu penanda datangnya musim hujan,” paparnya, Kamis (27/11).

RHD mengkonversi suweg sejak 2011. Ditahun 2013 salah satu koleksi mekar dengan tinggi mencapai 90 cmdan lebar 120 cm.

“Tahun ini lebih banyak suweg yang ditanam sejak setahun yang lalu hingga sebulan yang lalu, sekitar 20 batang. Tanaman ini akan berganti mekar hingga awal desember nanti,” lanjutnya.

fakta dari tanaman bunga bangkai

Sedikit orang awam yang tahu, dibalik aromanya yang menyengat karena bau busuk, batang suweg bisa dijadikan sebagai bahan pangan sebagai sayur.

Rasanya seperti batang daun talas, umbinya pun sudah diperjualbelikan sejak beberapa tahun terakhir untuk menjadi tepung.

Tepung suweg atau porang dapat digunakan sebagai bahan lem, agar-agar, mie,tahu, kosmetik, dan roti.Tepungnya juga bisa menjadi sumber karbohidrat dan menjadi bahan baku membuat kue tradisional.

Suweg sebagai serat pangan dalam jumlah tinggi akan memberi pertahanan pada manusia terhadap timbulnya berbagai penyakit seperti kanker, usus besar, diverticular, kardiovaskuler, kegemukan, kolesterol tinggi dalam darah dan kencing manis.

Prihatin dengan tanaman suweg yang semakin langka

“Sayangnya  belum ada usaha membudidayakan tanaman yang yang berbunga diawal musim hujan ini. Warga yang mengusahakan sebagai usaha sampingan masih mengambil di alam, sehingga semakin sulit menemukan tanaman ii baik didataran rendah maupun tinggi,”katanya.

Suweg atau Tire Payung semakin jarang ditemukan khususnya di mamminasata, karena alih fungsi lahan dan pertambangan. Tanaman ini umumnya tumbuh diarea yang belum digali.

Manfaat bunga bangkai atau suweg

manfaat tanaman bunga bangkai
manfaat dari tanaman bunga bangkai

Bagian Suweg Yang di manfaatkan

Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari tanaman bunga yang satu ini adalah umbinya yang dapat mencapai 5 kilo gram per umbi. Suweg sering digunakan karena manfaat yang diberikannya dan banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh serta fleksibilitasnya untuk diproses menjadi berbagai makanan.

Umbi suweg sering diproses jadi agar-agar di jepang. Dengan cita rasa yang tawar, umbi bunga bangkai suweg dapat dapat dijadikan berbagai jenis produk dan makanan.

Proses Hidup Suweg

Suweg memiliki proses hidup yang sangat kompleks, dimana ketika suweg mulai bertumbuh dari biji, ia akan menjadi tanaman dengan batang hijau bercorak putih dan berdaun majemuk. Akar tanaman tersebut akan menjadi umbi, kemudian umbi tersebut akan menghadapi 2 kemungkinan apkah umbi tersebut akan menjadi lagi atau bunga bangkai.

Jika ia menjadi bunga bangkai, bunga tersebut akan menghasilkan biji yang kemudian menghasilkan tanaman lagi dan proses tersebut akan terus berulang.

Sayangnya kemungkinan suweg untuk menjadi bunga bangkai sangat kecil dan membutuhkan kondisi lingkungan yang benar-benar sempurna untuk dapat menjadi bunga. Oleh sebab itu mungkin banyak dari anda yang belum pernah melihat bunga bangkai dari tanaman suweg.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Tanah & Panduan Budidaya [Lengkap]

Bahkan mungkin ada diantara anda yang sering melihat tanaman suweg namun tidak tahu bahwa suweg merupakan keluarga bunga bangkai. Fakta yang mengejutkan bukan?

Manfaat umbi bunga bangkai suweg

umbi bunga bangkai
umbi bunga bangkai atau suweg

Sumber Energi

Umbi suweg adalah sebagai sumber karbohidrat karena 100 gram umbi suweg mengandung hingga 16 gram karbohidrat dan 69 kalori yang berguna untuk menjadi sumber energi bagi anda. Selain itu, umbi suweg cukup banyak menagandung banyak mineral lain seperti protein sebanyak 1 gram, lemak sebanyak 0,1 gram dan vitamin b1 sebanyak 0,07 mili gram.

Menjaga Kesehatan Tulang

Suweg ternyata juga berpotensi untuk menjadi sujmber kalsium, fosfor, dan besi yang baik untuk menjaga kesehatan tulang anda karena suweg mengandung kalsium sebanyak 62 mili gram, fosfor sebanyak 41 mili gram, dan besi sebanyak 4,2 mili gram.

Menjauhkan Penyakit

Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa kandungan mineral, serat dan vitamin dalam umbi suweg dapat berperan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit seperti meningkatkan gula darah bagi yang kekurangan, mengurangi kadar kolestrol dalam darah, mencegah penyakit seperti kanker usus, kanker payudara, diverticular, obesitas, kolestrol, kardiovascular, asma, batuk-batuk, hernia, luka bakar, dan kencing manis.

Bahkan di daerah Eropa dan Amerika umbi suweg dijadikan obat kapsul untuk memudahkan proses konsumsinya.

Olahan Bunga Bangkai

Makanan olahan umbi orang jaman dulu

makanan taradisional dari umbi bunga bangkai
makanan tradisional

Biasanya orang desa mengolah umbi bunga bangkai atau suweg dengan cara yang sederhana yaitu hanya dengan direbus dan diberi garam agar rasanya agak asin atau biasanya diberi parutan kelapa. Tetapi itu bagi orang yang tinggal di pelosok negeri atau untuk orang yang belum tahu tentang cara mengolah orang  yang bisa membuat orang tertarik untuk menikmatinya.

namun apbila umbi suweg berada pada oarang yang kreatif, umbi suweg ini akan jadi berbagai macam makanan yang manggugah selera orang pastinya. Ternyata umbi bunga bangkai bisa juga dijadikan kue bolu, brownis, cheese stick, dan onde, yang biasanya terbuat dari tepug terigu.

Makanan olahan umbi suweg masa kini

Namun kali ini semua semua jenis makanan ini dibuat dari umbi bunga bangkai atau disebut juga suweg di daerah jawa. Untuk rasanya? Tidak jauh berbeda dengan kue dari bahan tepung terigu biasa. Hanya, terkesan lebih kenyal dan pekat dengan warna yang cenderung leih kusam.

camilan berbahan umbi bunga bangkai
camilan dari umbi bunga bangkai

Kue-kue berbahan tepung umbi bunga bangkai ini disajikan oleh tim peneliti dan Dharma Wanita Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, dalam ekspos  “Mengenal Lebih Dekat Kerabat Araceae”.

Penelitian Tentang Umbi Suweg

Menemukan Potensi Umbi Suweg Sebagai Bahan Pangan

Seorang peneliti, Yuzammi mengatakan selama ini orang hanya mengetahui suweg adalah bunga bangkai dengan bau yang menyengat saat mekar. Namun, di balik itu sebenarnya umbi suweg atau bunga Bangkai jenis lainnya menyimpan potensi sebagai bahan pangan.

Sampai saat ini, masih belum diketahui aman tidaknya semua umbi bunga bangkai dengan potensinya bahan pangan yang ada. Hanya saja, berdasarkan penelitian bersama tim, umbi suweg berpotensi untuk mencegah penyakait degeneratif sepeti jantung koroner.

Selain itu juga bisa menekan peningkatan gula darah sehigga cocok untuk penderita diabetes melitus. “ Umbi suweg berdasarkan penelitian bisa menurunkan kolestrol dalam darah dan mampu mengikat kelesterol secara dengan oatinstan, “ kata Yuzammi.

Peneliti Membuktikan Kandungan Tepung Umbi Suweg Mampu Bersaing

Penilitian Yuzammi bersama timnya juga membuktikan jika kandungan gizi dan karbohidrat pada suweg  tidak kalah dibandingkan tepung lainnya. Hanya saja, dari segi warna, teoung suweg agak kusam alias tidak putih bersih.

Setelah berhasil membuktikan jika tepung suweg aman dikonsumsi untuk orang dewasa, pihaknya juga sedang mendalami penelitian kemungkinan tepung suweg aman dikonsumsi untuk orang dewasa, pihaknya juga sedang mendalami penelitian kemungkinan tepung umbi suweg untuk makanan bayi.

Baca Juga:  Manfaat dan Khasiat Rumput Teki Untuk Obat

Hal ini dilatarbelakangi karena banyaknya makanan bayi yang terbuat dari tepung gandum yang masih impor. ”Padahal, kita punya potensi bahan pangan uyang baik dan banyak. Kenapa enggak dicoba diteliti dan dikembangkan?” ujar Yuzammi.

PengetahuanTentang bunga bangkai

  • Bau busuk yang di keluarka oleh bunga bangkai, seperti pada raflesia, berfungsi menarik kumbang dan lalat penyerbuk bunganya.
  • Setelah masamekarnya lewat (sekitar 7 hari), bunga akan layu dan kembali mengulangi siklus hidupnya, dengan tumbuhan pohon baru di atas umbi bunga bangkai yang sudah mati.
  • Ketinggian bisa mencapai sekitar 4 m dengan diameter sekitar 1,5 meter.
  • Sebagian besar bunga bangkai adalah spesies ebdemik.
  • Dapat di budidayakan

Upaya Budidaya Bunga Bangkai atau Suweg

budidaya bunga bangkai
upaya budidaya bunga bangkai

Upaya dari Ilmuan

Cara membudidayakan bunga raflesia yang tergolong langka belum ditemukan. Para ilmuan mendorong pemerintah terus mengupayakan keselamatan habitatnya di hutan alam agar bunga yang sudah tinggal sedikit ini tidak engalami kepunahan.

Taman Nasional Kerinci Seblat berada di empat wilayah provinsi, yakni Sumatra Barat, Jambi, Bengulu, dan Sumatera Selatan. Kawasan taman nasional ini berada di Pegunungan Bukit Barisan Selatan bagian tengah Pulau Sumatera seluas 1.368.000 hektar.

Spesies Bunga Rafflesia ditetapkan sebagai puspa langka

Bunga Rafflesia memiliki sedikitnya 37 species. Salahsatunya species rafflesia aenoldii yang diperkirakan tanaman asli wilayah Bengkulu. Melalui Keputusan Presiden nomor 4 Tahun 1993, Rafflesia  aenoldii ditetapkan sebagai puspa langka, diikuti penetapan yang lain, yaitu melati sebagai puspa bangsa dan anggrek bulan sebagai puspa pesona.

Ervizal mengatakan, pelestarian bunga raflesia mempersyaratkan pelestarian hutannya. Pemerintah didesak untuk memprioritaskan penyelamatan hutan sebagai habitat bunga itu.

Teknik Budidaya

Secara terpisah, peneliti bunga raflesia dari pusat konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Sofi Mursidawati mengatakan , upaya mencari teknik budidaya bung raflesia masih terus diupayakan.

“Kami mengembangkan salah satu spesies rafflesia dari Pangandaran , Jawa Barat, tetapi belum sepenuhnya bisa dikatakan berhasil menemukan budidayanya,” kata sofi.

percobaan berbudidaya bunga bangkai
teknik budidaya bunga bangkai

Pernyataan Sofi terhadap Spesies Bunga Rafflesia

Menurut dia, ada karakter biologis yang belum sepenuhnya bisa diungkap dari berbagai spesies bunga raflesia. Begitu pula untuk mengetahui cara perkembang biakannya.

Rafflesia merupakan tumbuhan parasit yang numpang di pohon inang. Menrut Sofi, Rafflesia arnoldi di bengkulu memiliki inang pohon liasa darigenus tetrastigma. Perambahan hutan menyebabkan pohon lianan yang makin langka.

“Liana itu pohon merambat yang sering di tebas batangnya, kemudian diambil airnya untuk diminum ditengah hutan,” kata Sofi.

Upaya konservasi berbagai jenis tumbuhan inang rafflesia

Menurut Sofi, jaminan kelangsungan hidup berbagai pohon genus tetrastigma menjadi prasayarat utama kelangsungan hidup berbagai spesies bunga rafflesia. Saat iniLIPI terus menggalakkan konservasi berbagai jenis tumbuhan inang rafflesia di Kebun Raya Bogor.

Setelah mengetahui banyak tentang bunga bangkai, kita akan lihat macam-macam gambar bunga bangkai yang ada di seluruh dunia. Gambar ini berdasarkan dari berbagai sumber yang terkumpul untuk memudahkan anda melihat bunga bangkai. berikut adalah contoh-contoh Gambar bunga bangkai dari berbagai sumber yang terkumpul.

bunga bangkai berwarna ungu
bunga bangkai dengan mahkota berwarna ungu

 

bunga rafflesia bojokunci
bunga rafflesia yang mekar di bojongkunci

 

bunga bangkai sedang memangsa lalat
bunga bangkai yang mendapat mangsa

 

bunga bangkai indonesia
bunga bangkai di indonesia

 

bunga bangkai cibodas
bunga bangkai cibodas

 

bunga bangkai yang mekar di korea selatan
mekar di korea selatan

 

bunga bangkai bau mayat
berbau mayat

 

ciri khas bau bunga bangkai
ciri khas berbau bangkai

 

bunga yang dilindungi
bunga yang dilindungi

 

bunga langka
bunga yang langka

 

bunga rafflesia yang bermotif
memiliki mahkota yang bermotif batik

 

bungabangkai yang berukuran kecil
berukuran kecil

 

bunga rafflesia sebelum mekar
bunga yang unik ketika belum mekar

 

bunga bangkai dengan mahkota ungu
memiliki mahkota berwarna ungu

 

bunga suweg
bunga suweg di jawa

 

bunga bangkai berwarna hitam
bunga langka werwarna hitam

 

bunga bangkai layu
bunga bangkai akan mengalami layu

 

bunga bagkai kuning
bunga yang indah

 

bunga bangkai malaysia
tumbuh di malysia

 

bunag bangkai
bunga bangkai

 

bunga rafflesia
bunga rafflesia di anambas

 

bunga rafflesia tercantik
bunga rafflesia tercantik

 

bunga rafflesia imut
bunga denga mahkota yang imut

 

bunga rafflesia langka
bunga rafflesia yang sangat langka

 

bunga bangkai
bunga yang menghebohkan masyarakat

 

bunga rafflesia
bunga rafflesia

 

bunga rafflesia
foto bunga rafflesia

 

karya seni bunga rafflesia
karya seni yang mirip asli denga bunga rafflesia

 

bunga rafflesia unik
keunikan bunga rafflesia

 

bunga bangkai
kuncup bunga bangkai

 

bunga bangkai
miniatur bunga bangkai

 

bunga rafflesia
bunga rafflesia yang tumbuh dibawah akar pohon

 

bunga bangkai
penemuan bunga yang langkah

 

bunga rafflesia
proses bunga rafflesia sebelum mekar

 

bunga bangkai
mekar denagn indah

 

bunga bangkai
bunga ini di sebut suweg di jawa

 

bunga rafflesia
bunga rafflesia saat belum mekar

 

bunga bangkai
bunga bangkai yang menghiasi sebuah taman

 

bunga rafflesia
tiga bunga rafflesia yang tumbuh berdekatan

 

bunga rafflesia
bunga rafflesia yang unik

 

bunga rafflesia
bunga rafflesia dengan mahkota berwarna cokelat

itulah artikel tentang bunga rafflesia semoga bermanfaat dan bisa dibagikan sebagai tambahan pengetahuan

 

Leave a Comment