budidaya rumput gajah dan manfaatnya yang sangat banyak

Budidaya Rumput Gajah? Ya, pasti semua sudah tahukan tentang rumput yang satu ini, sering kita menjumpai karena sekarang banyak orang yang membudidayakan rumput ini sebagai pakan hewan ternak, akibat semakin sedikitnya rumput di alam bebas. alasanya memilih rumput gajah adalah mudahnya cara untu membudidayakannya.

Bagaimana Cara Budidaya Rumput Gajah?

budidaya rumput gajah
budidaya rumput gajah

Budidaya rumput gajah akan dibahas mulai dari, pengolahan lahan, bibit rumput gajah, cara tanam rumput gajah, memanen dan manfaat rumput gajah sebagai pakan ternak.

Pengertian Rumput Gajah

Rumput gajah adalah rumput raksasa yang karena rumput yang begitu besar, sehingga disebut rumput gajah. Namun apakah rumput ini hanya untuk gajah? Tentu tidak. Rumput ini  yang biasanya dimanfaatkan untuk pakan hewan ternak seperti sapi, gajah, kambing, domba, kerbau, kuda, dan lain-lain. Rumput gajah juga sering disebut dengan kolonjono, kolomento, atau sulanjana.

Manfaat Budidaya Rumput Gajah

Membahas tentang rumput biasanya rumput di kenal sebagai gulma atau tanaman pengganggu bagi sebagian orang karena sering mengganggu tanaman. Tetapi ada juga rumput yang sengaja untuk dibudidayakan karena manfaatnya dengan teknik tertentu.

Rumput ini tidak tumbuh sembarangan, namun apabila ditanam, rumput gajah akan mudah sekali tumbuh dan cepat panennya. Maka dari itu banyak orang sekarang memanfaatkan rumput gajah untuk bahan makan ternak karena begitu mudahnya cara menamnya.

Baca Juga:  Cara Menanam Kacang Tanah & Panduan Budidaya [Lengkap]
manfaat rumput gajah untuk hewan ternak
pakan hewan ternak

Bahkan sekarang banyak orang yang sengaja membudidayakan rumput gajah untuk dijual, karena kebutuhan hewan ternaka sangat banyak sementara keadaan rumput semakin sedikit. Jadi rumput gajah merupakan peluang usaha  terutama bagi yang mempunyai lahan.

Cara Budidaya Rumput Gajah

Pengolahan Lahan atau Tanah

Sebelum menanam rumput gajah langkah yang harus dilakukan adalah menoglah tanah, sebaiknya waktu terbaik untuk melakukan penanaman rumput adalah  ketika menjelang musim penghujan atau di akhir musim kemarau.

Pada langkah ini, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah membersihkan lahan dari pohon-pohon semak serta rumput belukar, selanjutnya pembajakan untuk membuat tanah menjadi gembur.

Kemudian, pembuatan guludan dapat disesuaikan dengan jenis rumput gajah yang anda budidayakan, tetapi secara garis besar jarak tanam yang ideal adalah 30×30 cm, jadi pembuatan guludan tergantung pada kebutuhan anda.

pengolahan lahan yang baik
pegolahan lahan

Cara Menanam Rumput Gajah

Penanaman dengan Cara Stek

Pertama, lakukan pemilihan stek batang rumput gajah yang tidak terlalu muda, potong-potong sepanjang 20-30 cm, jadi setiap potongan akan memiliki 2 sampai 3 (ruas). Penanaman stek batang ditanam miring dengan dengan posisi  30-40 derajat dengan 1-2 ruas masuk ke dalam tanah dan satu ruas ada di atas permukaan tanah.

bibit rumput gajah pakan ternak
bibit rumput gajah

Untuk satu lubang tanam ditanami dua stek batang. Sebaiknya dilakukan pada saat musim hujan karena setelah penanaman rumput diusahakan untuk memperoleh pengairan, apabila  tidak ada hujan rumput harus di siram agar rumput tidak mati

budidaya rumput gajah
penanaman dengan stek

Penanaman dengan  Anakan Rumput Gajah

Pertama, lakukan pemilihan anakan rumput  yang tidak terlalu mudah dan rumput yang sehat atau pertumbuhannya bagus. Dalam setiap lubang tanam, sebaiknya anakan terdiri dari 2-3 batang, dan usahakan akar anakan masih dalam keadaan baik. Potong bagian atas anakan sampai tersisa sekitar 30 cm.

Baca Juga:  7 Contoh Artikel Ilmiah Populer dan Fenomena [Lengkap]

Penanaman anakan ditanam pada luban yang sudah diberi pupuk kandang, kemudian tanah agak dipadatkan agar tanaman tidak goyah. Dalam proses pengairan usahakan tanaman mendapatkan pengairanyang sama. kalau tidak tanaman harus disulam.

ppenanaman dengan anakan
penanaman dengan anakan

Baca : Fakta unik tentang bunga bangkai

Cara Panen dalam Budidaya Rumput Gajah

Sebenarnya cara untuk memanen rumput gajah tidak memiliki cara khusus, jadi untuk memanen rumput gajah bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, namun secara garis besarnya pada umur 30 hari atau sebelum mengeluarkan berbunga.

Pada waktu rumput berumur 25-30 hari sejak sebelum rumput dipanen rumput gajah memiliki tekstur lembut di usia ini. Jika rumput sudah berusia di atas  40 hari ke atas akan mulai berbunga, maka batangnya kan semakin keras. Dalam kondisi seperti itu sangat mempengaruhi kadar atau nilai gizi pakan, serta kadar kecernaan yang rendah.

Panen rumput gajah dilakukan memotong rumput pada ruas  dengan cara menyisakan 1-2 mata tunas. Kemudian, setelah melakukan pemotongan harus dilakukan pemumukan kembali agar tunas ruput bisa kembali tumbuh dengan baik.

cara panen rumput gajah
kondisi setelah panen

Gimana, apakah anda ingin memanfaatkan budidaya rumput gajah yang begitu mudahnya untuk dilakukan. Semoga bisa bermanfaat jika ada kekurangan atau yang ingin anda sampaikan silahkan tulis di kolom komentar.

berikut adalah video mesin pencacah rumput gajah

Nah, Alhamdulilah itulah pembahasan mengenai rumput gajah semoga bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan di masing-masing rumah Anda. Oh iya tahu nggak Anda tentang rumput teki yang biasa disebut tanaman pengganggu, ternya memiliki banyak manfaat loh. selanjutnya

Terima Kasih

 

Leave a Comment