belajar masa SMP

Belajar Masa SMP dari Pengalaman yang Sudah Lulus

Belajar Masa SMP dari Pengalaman yang Sudah Lulus

Belajar Masa SMP sangatlah penting.

Masa SMP sering juga disebut dengan masa puber yang mana masa itu, rasa keingintahuannya sangat sangat tinggi. Jadi bagi kalian yang baru mengalami masa ini atau mau mulai mengijak masa ini. Kalian harus selektif memilih pergaulan yang baik, karena ini sangat penting! Kalau tidak kalian nanti pasti akan mengalami penyesalan di akhir nanti!! seperti saya. Saya tidak ingin kalian mengalami hal seperti itu.

belajarlah masa SMP
belajar

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya agar penyesalan tidak terjadi kepada kalian.Untuk kalian belajar masa smp dari kesalahan yang pernah saya buat. Karena mungkin ini sangat bermanfaatat untuk kalian kedepannya. Agar kalian tidak mengalami kesalahan seperti yang saya alami. Saya sarankan kalian harus memiliki seperti yang di bawah ini:

Mempunyai Tujuan

belajarlah masa SMP
goal

Tujuan ? kenapa kalian harus mempunyai tujuan, karena tujuan itu sangat penting. Logikanya kalau kalian berjalan ke  kota malang kalian tidak akan ke papua. Kalau kalian belum mempunyai  tujuan, kalian pasti bingung mau kemana. Jadi kalian pergi terus tidak tahu kemana arahnya? Pasti kalian akan tersesat.

Berbeda jika kalian sudah mempunyai tujuan misalnya kalian ingin menjadi juara kelas. Pasti kalian akan semangat untuk belajar. Saya mengetahui pentingnya tujuan karena saya mengalami bayak penyesalan saat masa itu sudah lewat.

Saya dulu waktu SMP itu belum menemukan tujuan saya akibatnya saya sekolah jadi tidak semangat! Saya sekolah itu paling Cuma ingin menghibur diri saya untuk sekedar bertemu degan teman-teman. Waktu itu saya menganggap belajar itu tidak penting. Saya berfikir nanti saja kalau sudah kelas 9 baru aku mulai belajar dengan giat.

Baca Juga:  Pengalaman Memancing sangat menguji kesabaran

Jangan sekali-kali kalian berfikir seperti itu, karena itu sangatlah salah besar. Karena saya waktu itu menjalani masa SMP selama belum mempunyai tujuan. Saya menjadi tidak bisa berinisiatif untuk melakukan seseatu. Saya menjadi tergantung dengan orang lain.

Maka dari itu saya selalu mengikuti teman dikarena saya belum punya prinsip. Akibatnya saya dulu tidak belajar, lupa ngaji, ngerjakan pr karena terlalu sibuk bermain hingga lupa tugas dan bahkan kebutuhan makan sholat dan lain-lain. saya ingetin lagi Belajarlah Masa SMP kalian harus mempunyai prinsip agar tidak menyesal di kemudian yang pernah saya alami.

Patuh dengan Orangtua

belajarlah masa SMP
patuh kepada orang tua

Mengapa  harus patuh terhadap orangtua? Karena tidak ada orangtua yang tidak sayang kepada anaknya. Semua orangtua pasti menyayangi anaknya. Mungkin ada yang berfikir  “orangtuaku seenaknya sendiri”  kalian harus yakin itu semua yang dilakukan orangtua kalian itu untuk kebaikan kalian.

Mungkin kalian ada yang sama seperti apa yang saya rasakan. Saya ditinggal ibu ke luar negeri  yang sebenarnya saya masih butuh dengan kehadiran sosok ibu. Waktu itu saya tinggal bersama ayah tiri dan adik . Gimana yaa.. saya kayak merasa kurang diperhatikan oelh orang tua saya. Sehingga saya tidak semangat untuk menjalani kehidupan. Untuk menghibur itu aku jarang ada di rumah. Aku menghabiskan waktuku bermain dengan temanku.

Karena saya tidak nyaman tinggal di rumah. Saya setiap hari tidur di rumah kakek yang kebetulan rumahnya sekitar 200 meter dari rumahku. Saya lebih nyaman tinggal bersama kakek. Walaupun sebenarnya saya juga tidak ada masalah sih sama ayah tiri.

Inilah yang harus kalian hindari walaupun ibu saya itu jauh tapi dia masih memikirkan saya. Mulai dari kebutuhan sekolah, kebutuhan pribadi, uang saku, dan semuanyalah pokoknya ibu saya yang mencukupi. Tapi saya egois menyalahkan ibu karena saya lebih butuh dekat dengan ibu. Saya waktu itu tidak peduli dengan alasan.

Baca Juga:  Contoh Pengalaman Pribadi Yang Bagus Dan Mengesankan

Saya baru sadar kalau maksud ibu itu baik setelah aku menignjak di smk. Jadi kesimpulannya apapun dan dimanapun orangtua kalian pasti merencanakan yang terbaik untuk kalian. Saya berpesan jangan sampai kalian mengecewakan orangtua kalian sperti yang sudah saya alami okey.

Tahu Batas Pergaulan

belajarlah Masa SMP
bergaulah dengan orang baik

Pentingnya pergaulan di masa SMP apalagi biasanya saat itu terdapat banyak teman yang bermacam-macam sifatnya. Oleh karena itu kalian harus belajar masa smp dari pengalaman saya dengan memilih teman yang bisa membuat kalian menjadi baik. Tapi kalian juga nggak harus hanya berteman dengan teman itu-itu saja. Nati kalian malah kurang bersosialisasi.

Berdasarkan pengalaman saya waktu SMP. Dulu saya kelas 7 sering berteman dengan teman yang suka bermain play station. Karena saya sering bergaul dengan mereka otomatis saya juga senang bermain play station. Kalau kalian berteman dengan yang hafal Alquran kemungkinan besar kalian akan hafal juga.

Jangan sampai kalian melakukan kesalahan seperti yang saya lakukan, karena disini sudah saya jelaskan. Maka dari itu kalian harus bisa belajar dari kesalahan saya. Jadi kesimpulanya carilah teman yang mengantarkan kalian menuju kebaikan.

Patuh kepada Guru

belajarlah masa SMP
patuh kepada orang tua

Kenapa sih kok harus patuh kepada guru? Karena guru adalah orangtua kita ketika disekolah. Dan saya yakin tidak ada guru yang ingin muridnya itu bodoh. Jadi kalian harus patuh terhadap guru agar ilmu yang diberikan kepada kalian itu mudah untuk dipahami.

Akan saya bagi pengalaman saya. Jadi begini saya merasakan sendiri perbedaan antara guru yang saya sukai dan guru yang tidak saya sukai. Pertama guru yang saya sukai, apabila guru itu menjelaskan materi kepada saya kayaknya ilmu itu sangat mudah sekali masuk walaupun kata teman-teman sulit, dan itu terjadi sebaliknya kepada guru yang tidak saya sukai.

Baca Juga:  Gambar Robot Transformer & Ceritanya Yang Wajib [diketahui]

Maka dari itu Belajar Masa SMP dari pengalaman yang sudah lulus jika kalian ingin ilmu itu mudah kamu terima, kalian harus patuh terhadap kalian dan mencintai guru kalian. Sekali lagi jangan sampai kalian membuat kesalahan seperti yang saya lakukan.

Gunakan Waktu yang Bermanfaat

belajarlah masa SMP
manfaatkan waktu

Dan terakhir jangan sampai kalian menyia-nyiakan waktu, Karena waktu itu begitu cepat dan terus berjalan. Apabila kalian tidak memanfaatkan waktu dengan baik, maka kalian akan bersiap-siap untuk merasakan penyesalan. Saya berharap kalian semua tidak sama seperti saya.

Dulu banyak waktu yang saya sia-siakan dengan bermain play station. Kini saya merasakan dampaknya yaitu kebodohan dan miskin ilmu. Jika kalian melakukan seperti yang saya sarankan insyaallah bisa sedikit lebih baiklah dari saya.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan dan pesan saya terakhir berfikirlah positif terhadap semua orang dan Belajar Masa SMP juga dari mempelajari kesalahan saya ataupun kesalahan orang lain agar kalian tidak terjebak kesalahan yang sama. Apabila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya karena benarnya hanya dari allah swt.

belajar masa smp
semoga sukses

Terimakasih

Leave a Comment