Apa itu Resensi? Berikut adalah Pengertian, Unsur, Tujuan dan Manfaatnya

Apa itu resensi ? Berikut adalah pembahasan lengkap mulai dari pengertian, unsur-unsur yang terdapat dalam resensi beserta tujuan dan manfaatnya. Oke, intinya kalau kalian mau tahu tentang apa itu resensi? Silahkan jelajahi artikel kali ini, in sha allah kalian akan paham. Oh iya jangan lupa baca doa dulu ya sebelum membaca. hehe

Untuk sebagian orang, dalam mengerti apa saja yang ada dalam bahasa Indonesia, memang akan semakin sulit untuk dipahami. Dimana ada berbagai jenis tata bahasa, yang nantinya harus kamu pahami untuk lebih mengerti, maksud dari suatu tulisan atau pokok pembahasan. Salah satu jenis teks yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari adalah resensi, yang akan menjadi salah satu pokok pembahasan saat ini.

Dibandingkan dengan jenis teks lain dalam bahasa Indonesia, sebenarnya jenis tulisan ini merupakan salah satu yang termudah, dimana kamu hanya perlu menuliskan apa yang sudah ada. Disinilah beberapa orang berpendapat bahwa, dalam mengerti apa yang di maksud dengan teks ini kamu harus mengenal terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan jenis teks ini kemudian unsur didalamnya berikut jenis dari teks ini.

Pengertian Resensi

pengertian resensi
pengertian resensi

Apa itu resensi ?

Sebelumnya mungkin kamu pernah mendengar, bahwa dalam menulis sebuah karangan dalam bahasa Indonesia, terkadang memiliki suatu pengertian tersendiri yang memang tidak mudah untuk dipahami. Seperti yang satu ini, dimana kamu mungkin membutuhkan suatu pengertian khusus yang bisa membantu, dalam memahami apa itu jenis teks ini berikut dengan pengertian mengenai unsur dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk mengerti apa yang dimaksud dengan teks resensi?, pengertian resensi adalah suatu teks yang didalamnya berisikan tentang pendalaman mengenai suatu buku, atau bisa juga dikatakan sebagai pengertian dan review dari sebuah karya tulisan. Dimana kamu akan menjadi salah seorang penilai dari suatu tulisan, dalam hal ini memang kamu akan membutuhkan suatu keahlian khusus yang bisa mengerti dengan jelas.

Titik suatu pembahasan dalam jenis tulisan ini, memang akan berpatokan tentang penjelasan mengenai suatu karangan seseorang, untuk kamu tuliskan kembali atau memberikan suatu penilaian di dalamnya. Dimana jika kamu sudah mengerti dengan jelas, apa yang dimaksud dengan jenis teks ini maka akan menjadi lebih mudah lagi dalam melakukan apapun kedepannya, terutama dalam mereview tulisan.

Teks resensi ini akan mengharuskan kamu, dalam mengenal lebih jauh tentang suatu tulisan hasil karya seseorang, sehingga akan menjadi lebih mudah dalam melakukan pembahasan atau penilaian itu sendiri. Dalam hal ini kamu memang tidak perlu untuk membaca secara mendalam, mengenai isi buku berikut dengan inti sarinya, dimana kamu hanya perlu untuk mengerti secara garis besar tentang apa yang dibicarakan pada buku yang anda baca tersebut.

Unsur-Unsur Resensi

unsur-unsur resensi
unsur-unsur resensi
Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur resensi

1. Judul
Dalam penulisan sebuah teks ini, memang ada beberapa unsur yang bisa membantu dalam membangun tulisan sehingga menjadi mudah untuk di mengerti. Untuk saat ini unsur yang pertama yang harus di perhatikan, adalah dengan menuliskan judul dari apa yang akan kamu tulis nantinya. Akan tetapi, sebuah judul ada baiknya jika ditulis dengan sesuai, seperti dengan apa yang akan kamu bahas pada tulisan nanti.

2. Data buku
Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya, jika kamu akan membahas mengenai apapun yang ditulis pada sebuah karangan tulisan tertentu. Dengan demikian, kamu diharuskan untuk mengenalkan kepada pembaca tentang data dari buku yang kamu review. Disini data buku biasanya, berisikan tentang dimana buku tersebut diterbitkan, pengarang dari buku tersebut, kapan bukunya diterbitkan, dan lain sebagainya.

3. Pembukaan
Jika pada beberapa jenis teks bahasa Indonesia tidak akan mengandung pembukaan, maka berbeda dengan jenis teks yang satu ini, dimana kamu akan membutuhkan kalimat pembuka pada saat penulisan nanti. Dapat dikatakan bahwa semua unsur ini, memang akan membutuhkan banyak hal dalam penulisannya, sehingga bisa seusuai dengan kaidah penulisan teks ini yang baik dan juga benar.

4. Isi
Untuk yang selanjutnya adalah isi, dimana isi ini memiliki peran yang sangat penting untuk kamu perhatikan dengan baik, apalagi jika tulisan yang kamu buat akan semakin mudah untuk dibaca. Sampai saat ini, jenis tulisan seperti yang sedang dibahas, memang akan memiliki kesan monoton jika kamu tidak mampu untuk membuat isi yang baik, disinilah kemampuan kamu untuk melakukan review akan sangat dibutuhkan.

5. Penutup
Jangan lupa ketika kamu sudah menuliskan berbagai hal dalam tulisan kamu, maka langkah untuk mengakhiri tulisan adalah dengan membuat sebuah penutupan. Dimana kalimat penutup yang kamu buat, haruslah berisikan tentang berbagai hal yang dapat membangun untuk akhir pengertian, sehingga kalimat penutup ini haruslah mampu untuk membantu pembaca agar menjadi lebih paham tentang tulisan kamu.
Jenis-Jenis Resensi

6. Resensi informatif
Setelah mengenal lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan jenis teks ini, maka kamu harus juga mengerti bahwa diluar sana ada beberapa jenis teks ini yang harus anda pahami. Dimana salah satunya adalah jenis teks yang informatif, dimana akan membahas beberapa hal mengenai informasi yang ada didalam suatu buku, yang isinya mungkin akan hampir sama saja seperti pada sinopsis buku bacaan.

7. Resensi evaluatif
Untuk yang selanjutnya adalah yang berjenis evaluatif, dimana dapat diartikan bahwa isi dari tulisan yang akan kamu buat nantinya mengenai suatu evaluasi dari buku. Bahkan terkadang nantinya, isi dari suatu buku tidak akan begitu dijelaskan dengan sangat banyak. Dalam hal ini kamu bisa mencoba, untuk melihat beberapa contoh dari penulisan jenis teks yang satu ini dengan gaya penulisan evaluatif yang mudah dicari.

8. Jenis yang mengandung keduanya
Selain dua jenis tadi, beberapa penulis terkadang akan mencoba untuk menggabungkan kedua jenis teks ini, sehingga menjadi salah satu jenis teks bacaan yang akan mengandung keduanya. Disinilah kamu harus menjadi lebih pintar, dalam menjamin jika jenis teks yang kamu buat akan mudah untuk dimengerti orang.

Tujuan Resensi

tujuan resensi
tujuan resensi
Tujuan penulisan resensi

1. Membuat pembaca mendalami isi tulisan
Untuk saat ini tujuan dari dibuatnya jenis teks ini memang sangat beragam, salah satunya adalah untuk membuat pembaca menjadi lebih mengerti tentang apa yang dituliskan dalam suatu tulisan. Dalam hal ini, kamu juga harus lebih paham tentang apa yang kamu tulis, dengan hanya melihat secara garis besar dari isi yang ada pada sebuah buku, sehingga lebih mudah untuk ditulis dengan efektif dan berkualitas.

2. Menyebarkan informasi kepada banyak orang
Perlu untuk kamu ketahui, bahwa tujuan lain dari dibuatnya jenis teks ini memang cukup sederhana, dimana kamu hanya perlu untuk membuat suatu tulisan agar disebarkan kepada orang lain. Dalam hal ini kamu hanya perlu untuk memastikan, jika apa yang kamu tuliskan memang sudah memenuhi kaidah penulisan yang benar, sehingga bisa dengan mudah dimengerti oleh orang lain.

Manfaat Resensi

manfaat resensi
manfaat resensi
Apa manfaat resensi

Ada beberapa manfaat dari jenis teks ini, dimana nantinya beberapa orang yang masih awam untuk mencari informasi, dapat menjadi lebih mudah lagi dalam mengerti tentang suatu hal. Sehingga kamu bisa membandingkan, tulisan atau karya mana yang nantinya lebih cocok untuk kamu baca.

Setelah mengerti apa yang dimaksud dengan resensi, mulai dari pengertian resensi, unsur-unsur resensi, tujuan resensi serta manfaat dari resensi itu sendiri. Maka, untuk saat ini kamu bisa mulai mencoba membuatnya sendiri. Sehingga dengan hanya mengerti secara teori memang mudah, akan tetapi dalam praktiknya kamu perlu untuk lebih teliti lagi.

0 thoughts on “Apa itu Resensi? Berikut adalah Pengertian, Unsur, Tujuan dan Manfaatnya”

Leave a Comment