jajan pasar

Aneka Jajanan Pasar & Macam-macam Kue Khas Indonesia

Aneka jajanan Pasar-Dengan  berbagai macam-macam kue khas Indonesia, hal ini merupakan Negara yang diberkahi dengan berbagai kekayaan kuliner di dalamnya. Baik kekayaan sumber alam, kekayaan budaya, tradisi, serta pada makanan jajan pasar juga bermacam-macam mulai dari kue tradisional hingga kue modern.

Namun, sebelum membicara tentang jajan pasar, apa itu jajan pasar? mungkin banyak orang yang belum tahu tentang jajan pasar ini. Jajan pasar ini biasanya dapat kita jumpai dipasar-pasar, ya iya lah namanya saja jajanan pasar pasti juga ada si pasar. Hehe berikut adalah penjelasan mengenai jajanan pasar.

Pengertian Jajan Pasar

Jajanan pasar adalah jenis makanan camilan atau kue yang di jual di pasar-pasar seperti pasar tradisional. Dan jajanan yang ada di pasar pun ada beraneka ragam jenis dan rasanya yang tentunya memiliki keunikan tersendiri.

Sampai saat ini jenis makanan atau kue untuk camilan yaitu jajanan pasar ini terbilang cukup eksis dan masih populer dikalangan masyarakat. Jajanan pasar juga  merupakan makanan camilan yang masih digemari karena memang rasanya yang enak dan bermacam-macam jenis kuenya, murah, banyak serta mengenyangkan perut.

Baca Juga:  5 Jajanan Unik dan Aneka Camilan Untuk Buka Usaha [Sendiri]

Manfaat Jajan Pasar

Jajanan pasar ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat sekitar, biasanya jajan pasar dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk sarapan pagi sambil menunggu masakan yang belum matang. Dan juga bisa digunakan oleh-oleh untuk anaknya ketika Ibu pulang dari pasar.

Jajanan pasar ini sering dipilih oleh para orang tua, karena biasanya jajan pasar ini adalah jajanan yang sangat aman dan tidak membayakan kesehatan, karena jajan pasar biasanya dibuat tanpa adanya bahan-bahan berbahaya seperti pengawet dan lain-lain. Dan jajan pasar juga memiliki kelebihan di sisi harga atau yang lain yakni murah, sehat, dan mengenyangkan.

Selain itu juga jajanan pasar ini lebih banyak digunakan oleh para masyarakat sebagai jajanan yang disajikan dalam menerima tamu karena terbilang cukup praktis dan simple. Untuk jenis dari jajanan pasar ini memang terbilang sangat banyak sekali. Untuk mengetahui itu mari kita simak macam-macam aneka jajanan pasar beikut ini:

Macam-macam Aneka Jajanan Pasar Yang Ada si Indonesia

1. Jajan Pasar Kue Surabi Oncom Khas Bandung Jawa Barat

jajanan pasar surabi oncom khas bandung
jajanan pasar bandung kue surabi

Kue serabi adalah jenis jajanan pasar yang termasuk dalam jenis kue yang rasanya manis. Pembuatannya sendiri diberi taburan oncom dibagian atasnya. Serabi biasanya dimasak memakai alat tungku yang bisa menghasilkan cita rasa serabi yang unik dan khas. Makanan ini juga tersedia di Indramayu dan makanan inisangat terkenal di sana.

2. Jajan Pasar Serabi Khas Solo Jawa Tengah

jajanan pasar serabi khas solo
jajanan pasar khas solo kue serabi

Serabi solo adalah jenis kue jajanan pasar yang berasal dari daerah Solo Surakarta. Bahan untuk pembuatan Serabi ini pun terbiilang cukup sederhana yaitu dari tepung beras yang kemudian dicampurkan dengan santan. Lalu kemudian dogoreng pada wajan kecil.

Baca Juga:  Makanan Penambah Darah Efektif Untuk Anemia atau Kurang Darah

Rasa dari serabi ini juga manis dan gurih dan memang serabi solo ini berbeda dengan serabi lainnya. Kalau biasanya serabi lainnya diberi taburan oncom namun pada serabi ini biasanya ditaburi dengan daun pandan, nangka dan pisang.

3. Jajan Pasar Kue Lumpur Khas Surabaya Jawa Timur

jajanan pasar kue lumpur khas surabaya
jajanan pasar khas surabaya kue lumpur

Kue lumpur adalah salah satu jenis kue jajanan pasar yang sering kita jumpai dengan rasanya yang manis dan khas. Dalam pembuatannya pun menggunakan kentang, santan, telur dan tepung terigu. Selain itu jug menggunakan vanilla untuk menciptakan aroma dan rasa yang mantab. Kue ini terbilang kue basah.

4. Jajan Pasar Kue Klepon Khas Pasuruan Jawa Timur

jajanan pasar kue klepon khas psuruhan jawa timur
jajan pasar khas pasuruhan kue klepon

Klepon adalah salah satu jenis kue jajanan pasar dengan bentuknya yang bulat dan biasanya berwarna hijau yang ditaburi dengan pasahan kelapa. Rasanya legit dan manis biasanya didalamnya terdapat gula merahnya. Dalam pembuatan klepon ini menggunakan tepung beras, garam, tepung ketan serta air secukupnya serta gula merah sebagai isinya.

5. Jajan Pasar Kue Onde-onde Khas Mojokerto Jawa Timur

jajanan pasar kue onde-onde khas mojokerto
jajan pasar khas mojokerto onde-onde

 

Onde-onde adalah kue jajanan pasar yang bahan pembuatannya terbuat dari tepung ketan yang kemudian permukaannya ditaburi biji wijen lalu diisi oleh kacang hijau. Dalam proses pembuatan onde-onde ini adalah dengan cara digoreng dengan minyak yang penuh.

6. Jajan Pasar Kue Semar Mendem Khas Solo Jawa Tengah

jajan pasar kue semar mendem khas solo jawa tengah
jajan pasar khas solo kue semar mendem

 

Semar Mendem adalah kue jajanan pasar yang sejenis dengan lemper. Hanya saja pada bagian kulitnya menggunakan adonan telur dadar yang dicampur dengan terigu. Isi dari semar mendem ini sendiri biasanya berisikan daging ayam yang telah dicacah halus.

7. Jajan Pasar Kue Mangkok

jajan pasar kue mangkok
jajan pasar kue mangkok

Kue mangkok adalah kue yang pembuatnnya tebuat dari tepung terigu dan tepung beras serta tape singkong. Cara memasaknya adalah dengan cara dikukus Kue ini disebut kue mangkok karena memang bentuknya yang seperti mangkok.

Baca Juga:  4 Tempat Makan Enak di Malang & Rekomendasi Wisata kuliner [Terbaik]

8. Jajan Pasar Kue lapis

jajan pasar kue lapis
jajan pasar kue lapis

Kue lapis adalah kue jajanan pasar yang memiliki bentuk dan tampilannya sangat unik. Kue ini memiliki betuk yang memang berlapis-lapis. Dalam pembuatannya kue lapis ini menggunakan tepung beras, tepung kanji, santan, ghula, garam, pewarna. Pemasakannya sendiri kue ini dibuat dengan cara dikukus.

Nah, mungkin itulah aneka jajanan pasar yang diambil dari beberapa daerah yang ada di Indonesia yang bisa kalian coba dan rasakan kenikmatan dari jajan pasar yang bermacam-macam jenis kuenya dan juga lebih sering disebut dengan kue tradisional.

Leave a Comment