10 Contoh Teks Amanat Pembina Upacara yang Menarik [Terbaru 2019]

Amanat pembina upacara – sebelum menyampaikan amanat atau pesan kepada siswa sd/smp/sma/smk, pembina biasanya membutuhkan referensi contoh teks pembina upacara tentang tema menarik yang ingin disampaikan. seperti: kebersihan, motivasi rajin belajar, sopan santun, tanggung jawab, disiplin, pramuka, 17 agustus, hari guru, hari kartini dan lain-lain.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi materi tentang amanat pembina upacara yang akan disampaikan besok, sangat tepat sekali anda berada di website ini. Karena kami telah mengumpulkan berbagai contoh teks amanat pembina upacara yang menarik untuk disampaikan kepada siswa/siswi saat upacara.

Berikut adalah daftar isi amanat pembina upacara dengan berbagai tema menarik, silahkan pilih tema yang sesuai dibawah ini:

Amanat Pembina Upacara Tentang Kebersihan

amanat pembina upacara tentang kebersihan
contoh teks amanat pembina upacara tentang kebersihan

Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang kebersihan, yang mana kebersihan merupakan tema yang selalu menarik untuk di bahas mulai dari pendidikan tk, sd, smp, hingga sma. Kebersihan harus ditanamkan mulai sejak kecil. Dan sebagai seorang muslim kita semua pasti tahu bahwa ” kebersihan sebagian dari iman”. Silahkan baca contoh teks amanat pembina upacara tentang kebersihan di bawah ini.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pertama – tama marilah kita sampaikan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam yang tak henti – hentinya telah memberikan hidayah dan nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam ruangan ini tanpa halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat.

Tak lupa marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang saat ini. Semoga kita diberikan syafaatnya pada yaumil akhir kelak amin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara yang bertema: Kebersihan Sekolah

Sekolah adalah tempat para siswa belajar. Siswa belajar di sekolah dari pagi hingga siang, Siswa belajar di sekolah agar menjadi pintar, Agar dapat meraih cita-cita. Ada yang cita-citanya ingin menjadi polisi, tentara, pengusaha, dan lain-lain.

Kebersihan sekolah harus dijaga. Agar sekolah menjadi tempat yang nyaman untuk belajar sehingga para siswa dan tenaga kependidikan menjadi betah. Kebersihan harus dijaga agar tubuh menjadi sehat. Bila lingkungan kotor maka tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Sekolah yang bersih menjadikan sekolah sebagai tempat yang kondusif untuk belajar. Kondusif maksudnya tidak ada gangguan lalat, bau-bauan, sampah dan lain-lain. Sekolah yang bersih menjadikan siswa fokus untuk belajar, semangat belajar.

Untuk menjaga kebersihan sekolah maka piket kelas harus bekerja dengan benar. Bagi siswa yang tidak piket kelas maka buanglah sampah pada tempatnya. Agar lingkungan sekolah menjadi bersih. Agar meja dan kursi menjadi bersih maka jangan mencoret-coret meja dan kursi jangan mencoret-coret sekolah. Kemudian yang buang air kecil, maupun air besar di toilet maka harus disiram yang bersih, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini
Terimakasih atas perhatiannya
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Amanat Pembina Upacara Tentang Rajin Belajar

amanat pembina upacara tentang rajin belajar
contoh teks amanat pembina upacara tentang rajin belajar

Selanjutnya yakni contoh teks amanat pembina upacara tentang rajin belajar.  Di jaman sekarang banyak anak-anak yang mengesampingkan belajar, hal ini karena mereka lebih suka main game ketimbang belajar. Untuk itu sebagai pembina upacara, tidak cukup kita untuk memerintahkan anak-anak agar rajin belajar.

Namun pembina upacara juga harus menjelaskan pentingnya belajar atau alasan-alasan mengapa harus belajar? Sebagai penyampai amanat pembina upacara, sebaiknya sering-seringlah belajar atau membaca contoh teks amanat pembina upacara tentang rajin belajar seperti di bawah ini.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Rajin Belajar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak/Ibu guru dan staf tata usaha yang saya hormati…
Anak-anakku, siswa dan siswa … yang membanggakan…

Segala Puji Bagi Alloh yang telah memberikan beribu kesemangatan kepada kita sekalian hingga mampu datang memenuhi undangan pada acara ini, sholawat dan salam tak lupa mari kita limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membawa kita dari zaman jahiliyah kezaman terang benderang seperti sekarang ini, tidak lupa kepada keluarganya, sohabatnya dan pengikutnya hingga kepada kita semua di berikan syafa’atnya hingga yaumil akhir.

Belajar adalah proses untuk mengetahui dan memahami…
Dengan belajar, seseorang bisa menjadi tahu dan paham pada apa yang ia pelajari.

Belajar tidak dapat menjadikan seseorang paham apabila dilakukan tanpa kesungguhan. Oleh karena itu seseorang perlu memiliki motivasi agar ia dapat belajar dengan sungguh-sungguh.

Kamu sekalian (selaku siswa) juga perlu memiliki motivasi dalam belajar agar apa yang dipelajari dapat mengubah kamu dari tidak tahu menjadi banyak tahu dan dari tidak mengerti menjadi paham.

Bapak juga merasakan ketika se-usia kamu, dahulu saat masih menjadi siswa, menumbuhkan semangat atau motivasi belajar itu cukup sulit. Akan tetapi, setelah bapak mencintai semua pelajaran di sekolah, bapak mulai menyadari bahwa belajar itu sangat menyenangkan.

Mungkin kamu juga bisa mulai mencintai semua mata pelajaran yang kamu pelajari. Dengan demikian kamu akan memiliki semangat yang lebih, sehingga motivasi belajarmu akan lebih besar.

Kamu perlu ingat bahwa ketika seseorang memiliki motivasi yang besar, maka itu adalah “modal” untuk meraih keberhasilan.

Dalam hal apapun itu, motivasi penting untuk dimiliki sebagai energi tambahan agar seseorang bisa berhasil atau sukses.

Hanya itu amanat yang bisa disampaikan oleh bapak pada upacara bendera hari senin ini.

Semoga amanat ini membuat kamu sadar betapa pentingnya motivasi belajar agar kamu bisa meraih prestasi di dalam maupun di luar sekolah.

Sekian…
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Amanat Pembina Upacara Tentang Sopan Santun

amanat pembina upacara tentang sopan santun
contoh teks amanat pembina upacara tentang sopan santun

Kemudian yakni “Sopan Santun” yang mana, tema ini sangat penting untuk disampaikan sejak kecil. Di jaman sekarang banyak anak-anak yang sudah kehilangan sopan santunnya. Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang sopan santun.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Sopan Santun

Pembukaan:

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh…

Pertama – tama dan yang paling utama serta yang diutamakan dalam setiap kita bertemu adalah memanjatkan puji dan syukur kepada Allah swt karena pada saat ini kita diberikan salah satu nikmatnya yaitu nikmat kesempatan untuk berada di tempat ini. Tak lupa pula kita kirimkan shalawat dan taslim atas jujungan kita, manusia yang kita jadikan contoh yaitu nabi Muhammad saw. Karena beliaulah kita semua berada disini akibat pengaruh beliau di dunia ini.

Isi Amanat:

Anak-anakku sekalian, siswa-siswi SD … yang bapak cintai.
Sopan santun merupakan sikap yang mesti dibiasakan semenjak masih kecil lantaran itu termasuk akhlak terpuji. Sikap tersebut sanggup mengakibatkan seseorang dipandang sebagai insan yang berpendidikan.

Sikap sopan dan santun perlu dimiliki oleh setiap orang lantaran banyak manfaat yang sanggup kita rasakan dengan bersikap demikian. Misalnya: kita akan disenangi orang lain, dihargai, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Siapa orang yang harus kita perlakukan dengan sopan? Kita sanggup bersikap sopan terhadap orang-orang di sekeliling kita, menyerupai orang tua, guru, bahkan teman.

Bagaimana semoga kita sanggup menerapkan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari?
Caranya mudah, anak-anak. Kita sanggup berbicara dengan tutur kata yang lemah-lembut terhadap orang yang lebih tua.

Coba kau praktek-kan sendiri mulai hari ini bicara memakai bahasa yang baik dan halus. Kemudian perhatikanlah orang yang kau ajak bicara. Besar kemungkinan mereka akan membalasnya dengan gaya bicara yang baik juga.

Sopan santun juga sanggup kita praktek-kan dalam hal lain, contohnya dengan berperilaku atau bertindak menyerupai orang yang rendah hati. Misalnya: saat kau berjalan melewati sekumpulan orang, kau sanggup mengucapkan permisi sambil memperlihatkan senyuman.

Hal-hal yang bapak contohkan tadi merupakan sebagian kecil dari sikap sopan santun yang sanggup kita terapkan pada kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Masih banyak sikap sopan-santun lainnya yang belum disebutkan.

Kesimpulan:

Kita sebagai insan niscaya ingin mendapat perlakuan sopan dari orang lain di sekitar kita. Oleh alasannya itu, kalau kita menginginkan itu dari orang lain, maka kita pun mesti memperlakukan orang lain dengan sopan. Sehingga nantinya akan tercipta suatu relasi yang baik atas dasar saling menghargai satu sama lain.

Hanya itu amanat yang sanggup bapak sampaikan pada upacara hari ini. Semoga kau sanggup memaknai apa yang bapak sampaikan, sehingga kau di masa depan menjadi orang-orang yang baik dan menjunjung tinggi nilai kesopanan baik terhadap orangtua maupun terhadap orang lain secara umum.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih..

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh…

Amanat Pembina Upacara Tentang Tanggung Jawab

amanat pembina upacara
contoh teks amanat pembina upacara tentang tanggung jawab

Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang tanggung jawab, yang mana tanggung jawab ini harus di terapkan dan diajarkan kepada murid-murid. Selain kita menyampaikan, penyampai amanat pembina upacara juga harus memberikan contoh tentang tanggung jawab. Agar pendidikan yang diperoleh, bisa membuat anak benar-benar paham.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Tanggung Jawab

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru serta wali murid, juga teman-teman semua yang berbahagia. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam acara………….Pada hari yang berbahagia ini izinkanlah saya selaku……..untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata kepada …………

Tanggungjawab mungkin bisa diartikan sebagai konsekuensi yang harus diterima atau dijalankan terhadap apa yang sudah dilakukan atau dijalani. Kita sering mendengar kata “lepas tanggungjawab” artinya tidak mau mempertanggungjawabkan apa yang sudah dilakukan (lempar batu sembunyi tangan). Ada tihal penting yang harus dipahami dan dijalankan oleh seorang siswa atau pelajar berkenaan dengan tanggungjawab.

1. Tanggung jawab sebagai seorang pelajar/siswa

Setiap siswa harus menanamkan rasa tanggungjawab pada diri masing-masing. tanggungjawab siswa sebagai pelajar adalah belajar dengan baik, mengerjakan tugas sekolah yang sudah diberikan kepadanya, disiplin dalam menjalani tata tertib sekolah. Artinya setiap siswa wajib dan mutlak melaksanakan tanggungjawab tersebut tanpa terkecuali.

Tapi kenyataannya banyak siswa yang merasa terbebani dengan kewajiban mereka sebagai pelajar. siswa berangkat ke sekolah tidak lagi untuk tujuan belajar, akan tetapi dijadikan sebagai ajang untuk ketemu, kumpul dengan teman-teman, ngobrol dan lain sebagainya. sementara tugas sejatinya untuk belajar dan menimba ilmu sudah bukan lagi menjadi pokok. tapi ini realita dan potret siswa masa kini. selalu menginginkan sesuatu tanpa bersusah payah. menyerah sebelum berjuang, kalah sebelum bertanding.

2. Tanggung jawab sebagai seorang anak

Banyak siswa tidak menyadari atau menyadari tapi tidak mau melakukan penyadaran diri, bahwa orangtua tidak menginginkan banyak hal pada dirinya. hanya satu yang diinginkan oleh orangtua yaitu anak saya bisa bersekolah, belajar dengan baik dan kelak lulus mempunyai kehidupan lebih baik dari orangtuanya. sekali lagi, hanya itu wahai para siswa tercinta.

Tidak kah kita pernah membayangkan, bagaimana orangtua membanting tulang mencari biaya untuk kita bersekolah. tidak pernah terbersit sedikit-pun dalam benak mereka agar kalian mengganti apa yang sudah diberikan. Tidak kah pernah kita pikirkan, bagaimana orangtua kita memutar otak untuk kita, tapi apa balasan yang kita berikan. semuanya kita balas dengan kemalasan dan kebohongan. kita malas bersekolah, berbohong ke sekolah tapi tidak sampai. sekali lagi inilah potret siswa masa kini (walaupun tidak semua)

3. Tanggung jawab sebagai seorang hamba

Sudahkah kita menjalankan kewajiban kita sebagai orang yang beragama. Banyak diantara kita yang mampu secara akademis, tercukupi dari segi materi tapi jiwanya kosong karena tidak tersentuh oleh nilai-nilai ibadah. Untukmu para siswa, jalankan kewajiban sebagai umat, jangan banyak meminta tapi mengabaikan tugasmu sebagai seorang hamba.

Kita mendekatkan diri pada-Nya manakala kita berada pada kondisi terjepit dalam kehidupan. Bayangkan betapa indahnya hidup kita seandainya ketiga tanggungjawab ini seiring sejalan atau saling terintegrasi. Insya Allah akan terbentuk siswa-siswa yang cerdas akademik dan pribadi yang sholeh sehingga pada akhirnya akan lahir generasi penerus yang membanggakan.

Demikian yang bisa saya sampaikan Akhiru Kallam Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Amanat Pembina Upacara 17 Agustus

amanat pembina upacara 17 agustus
contoh teks amanat pembina upacara 17 agustus

Selanjutnya yakni amanat pembina upacara 17 agustus, yang kita ketahui 17 agustus adalah hari kemerdekaan indonesia. Untuk menyambut HUT RI ada baiknya kita sebagai pembina upacara menyiapkan tentang apa yang mau kita sampaikan pada HUT RI 17 agustus nanti. Berikut adalah salah satu referensi dari contoh teks amanat pembina upacara 17 agustus untuk Anda.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 17 Agustus

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Patriotisme.

Hadirin yang dimuliakan Allah…

Tanggal 17 Agustus kita merayakan ulang tahun kemerdekaan negara kita. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta.

Peringatan ini sekaligus mengajak dan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan semangat belajar agar lebih rajin lagi. Sebagai generasi muda, kita harus bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tentram.

Betapa hebatnya para pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan negara kita dari tangan penjajah. kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bangsa kita.

Bentuk penghargaan tersebut yaitu dengan meneruskan perjuangan para pahlawan. Meneruskan perjuangan mereka bukan berarti berperang. Tetapi dengan meningkatkan kualitas diri. Maka perjuangan kita adalah memajukan bangsa ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah…

Peranan generasi muda sekarang ini sangatlah penting demi kemajuan dan ketentraman negara kita untuk masa depan. Pada masa sekarang generasi muda lebih bersikap individualisme, bersikap hedonisme (hura-hura), terjadi kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme.

Keyakinan harus senantiasa ditumbuhkan dan harus ada dalam diri kita. Lakukan perubahan agar rakyatnya sejahtera. kita sekarang ini menjadi penopang bangsa Indonesia. Kita memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Marilah kita kaum muda Indonesia bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar dan berprestasi. Harumkan nama bangsa di kancah dunia. Isi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik-baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Yakinlah bahwa kita ini adalah generasi muda penerus bangsa yang mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.
Dirgahayu Indonesiaku.
Merdeka! Merdeka!

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Amanat Pembina Upacara SD Tentang Disiplin

amanat pembina upacara sd
contoh teks amanat pembina upacara sd tentang disiplin

Disiplin adalah contoh teks amanat pembina upacara sd. Disiplin memang cocok untuk di sampaikan sejak usia SD (sekolah dasar). Dengan kita sering menyampaikan amanat pembina upacara tentang disiplin, hal ini akan menumbuhkan sikap disiplin kepada siswa-siswi sejak dini. Berikut contoh teks amanat pembina upacara sd tentang disiplin yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara SD Tentang Disiplin

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat kepala SMA/SMP/SD Motomotif 89, yang terhormat wakil kepala SMA/SMP/SD Motomotif 89, serta anak anakku yang saya sayangi dan saya banggakan.

Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kita ucapkan, karena rahmat dan hidayahnya, kita dapat melakukan upacara bendera pada Senin ini dalam kondisi yang sehat.

Anak anakku sekalian, kedisiplinan, pada pagi ini ada sedikit yang ingin saya sampaikan mengenai kedisiplinan merupakan dasar dari rasa tanggung jawab. Tidak hanya murid melainkan untuk semua yang ada di lapangan ini, banyak yang beranggapan bahwa kedisiplinan ini merupakan sesuatu yang merepotkan dan membuat diri sendiri ribet.

Pakaian diatur rapi, berseragam, datang tepat waktu, pulang tepat waktu semuanya diatur dalam satu aturan. Ribet dan tidak praktis bukan? Tapi bisakah kita melihat dari sisi lain dari keribetan ini? Dari aturan aturan yang sudah ditentukan, memiliki impact atau efek terhadap diri kita, atau manfaat untuk diri kita sendiri yaitu apa? Rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Dalam setiap aturan kedisiplinan pasti ada yang namanya sanksi, nah sanksi inilah yang bisa melatih diri kita untuk lebih disiplin. Bukan memberi rasa takut, tapi kita lihat dari segi lain. Yang mana memiliki efek yang permanen terhadap diri kita sendiri untuk masa depan kita sendiri. Karena kedisiplinan ini akan kita bawa hingga kita tua nanti. Karena kedisiplinan merupakan sebuah kebiasaan. Jadi jika dalam berkehidupan kita tidak biasa berdisiplin, maka hingga masa tua kita tidak akan pernah bisa disiplin. Pasti ada rasa malas yang lebih kuat menutupi rasa disiplin tersebut.

Untuk kebaikan kita sendiri mari mulai sekarang detik ini juga, kita berjanji dengan diri kita sendiri untuk berdisiplin. Jika kalian tidak disiplin kalian kena sanksi, yang rugi juga bukan orang lain, tapi diri kalian sendiri. Itulah bentuk tanggung jawab yang terbangun oleh adanya kebiasaan berdisiplin.

Sebelum saya tutup akhir pidato/sambutan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kalimat dan tutur kata yang kurang berkenan serta kurang layak di dengar, sekian dari saya dan saya haturkan terima kasih.

Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Contoh Amanat Pembina Upacara Tentang Motivasi Belajar

amanat pembina upacara tentang motivasi belajar
contoh teks amanat pembina upacara tentang motivasi belajar

Selanjutnya yaitu contoh teks amanat pembina upacara tentang motivasi belajar yang bertujuan untuk memberi semangat kepada siswa-siswi agar muncul kesadaran bahwa belajar itu sangat penting. Dengan adanya pembina menyampaikan amanat tentang motivasi belajar. Di kala itu, siswa-siswi akan langsung semangat untuk belajar. Namun juga harus ada tindakan selanjutnya agar semangat belajar itu tetap konsisten. Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang motivasi belajar.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Motivasi Belajar

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru serta wali murid, juga teman-teman semua yang berbahagia. Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam acara………….Pada hari yang berbahagia ini izinkanlah saya selaku……..untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata kepada …………

Belajar merupakan proses mencari sesuatu yang belum kita ketahui untuk ditemukan kebenarannya. Belajar akan lebih menyenangkan jika pembelajar (orang yang belajar) menghayati apa yang dipelajarinya.

Contoh kasus:

Ketika seseorang tertarik pada suatu hal, misalnya ingin bisa memainkan gitar. Apa yang akan dia lakukan? Ya, tepat sekali. Dia akan belajar gitar. Sebelumnya, mungkin dia akan menghayati setiap nada yang dihasilkan gitar tersebut, dan memperhatikan orang yang memainkan gitar itu dengan saksama.

Mengapa demikian? Karena dia memiliki motivasi yang kuat ingin bisa bermain gitar. Dan saya yakin, pada akhirnya dia akan mahir bermain gitar.

Contoh kasus tersebut berlaku juga ketika kamu sedang belajar di kelas. Ketika kamu memiliki ketertarikan atau minat untuk mempelajari suatu pelajaran, misalnya matematika, maka dalam diri kamu akan muncul motivasi yang besar, sehingga kamu akan berusaha menghafalkan rumus-rumus matematika dan melatih diri dengan mengerjakan soal-soal perhitungan. Betul, kan?

Jadi, sangat jelas. Motivasi itu memiliki peran dan fungsi yang penting dan baik dalam rangka meningkatkan semangat untuk mencapai keberhasilan (kesuksesan) dalam segala hal, termasuk dalam meraih prestasi, baik di sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah.

Saya yakin kamu adalah anak yang cerdas. Oleh karena itu, temukan apa yang “lebih” dari dirimu, fokus-lah pada hal tersebut, dan jadikan itu sebagai “batu loncatan” untuk meraih prestasi. Jangan ragu dengan apa yang kamu kerjakan selama itu baik dan benar.

Demikian yang bisa saya sampaikan akhiru Kallam WaBillahi Taufik Walhidayah Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Amanat Pembina Upacara Pramuka

amanat pembina upacara pramuka
contoh teks amanat pembina upacara pramuka

Pramuka merupakan suatu kegiatan ekstrakulikuler yang hampir ada di setiap sekolah, bahkan ada sekolah yang mewajibkan untuk ekskul yang satu ini. Bagi petugas pembina upacara, kami telah siapkan contoh teks amanat pembina upacara pramuka yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum menyampaikan amanat di acara pramuka nanti.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Pramuka

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Pramuka

Selamat sore Adik-adik!
Sebelumnya, marilah kita selalu mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Karena rahmat-Nya, sore hari ini kita masih dipertemukan.

Mari kita maknai lebih dalam bahwa pramuka harus berada di depan dalam setiap kehidupan sebagai pelopor dan teladan. Jangan malah melarikan diri dan sembunyi apabila ada masalah datang menghadang.

Kita mengetahui, saat ini generasi muda lebih cenderung lari dari masalah dan hidup menghindari tantangan, akibatnya ketika kehidupan tidak lagi bersahabat dengan mereka, maka para manusia ini akan sangat mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.

Kehidupan bukanlah matematika yang dengan pasti diketahui hasilnya secara nyata, kehidupan memiliki banyak misteri dan pusaran-pusaran masalah yang bisa menenggelamkan diri kita. Oleh sebab itu kita harus berani untuk menjalani hidup dengan penuh tantangan. Salah satu cara adalah melatih diri untuk senantiasa berada di garis depan dan merasakan sendiri bagaimana berkontak dengan masalah.

Menempatkan diri menjadi pandu atau pramuka bagi kehidupan tentu bukan sekedar didepan semata, namun juga musti siap lahir dan batin untuk menerima resiko dan memperjuangkan resiko tersebut. Selain itu, juga harus memberikan teladan yang baik. Sukses atau tidak kita didepan itu tidak penting, yang lebih utama adalah apakah kita telah berjuang dengan penuh daya upaya dan teladan atau belum.

Memang tidak semua bidang bisa dikerjakan pramuka, namun setiap pramuka pasti bisa menjadi terdepan dibidang karyanya. Seorang pramuka pembina pramuka penggalang di SMP pelosok tentu tidak bisa menjadi pilot yang tangguh, namun seorang pramuka yang menjadi pilot pasti bisa berjuang untuk menjadi terdepan di profesinya tersebut. Sebaliknya, seorang pramuka yang jadi pilot tentu tidak bisa selalu ada untuk adik-adik didik dan memberi pembinaan secara penuh, tapi seorang pramuka yang jadi pembina penggalang bisa mengerjakan tugas ini dengan maksimal dan penuh prestasi.

Jadilah pramuka yang berada di depan dalam profesimu, karena dengan itu secara langsung kita telah mengangkat derajat kebanggaan generasi muda untuk menjadi pramuka.

Semoga pidato ini ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

WaBillahi Taufik Walhidayah Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Amanat Pembina Upacara Hari Guru

amanat pembina upacara hari guru
contoh teks amanat pembina upacara hari guru

khusus untuk hari guru kami telah menyediakan contoh teks amanat pembina upacara hari guru. Yang mana guru adalah pahlawan yang mencerdaskan bangsa. Mungkin teks amanat pembina upacara tentang hari guru di bawah ini bisa di sampaikan, untuk menyambut hari guru nanti.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Guru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara tentang Hari Guru.

Guru adalah pendidik yang bertujuan agar peserta didik dapat memiliki ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Guru adalah orang yang berjasa, karena selalu membagikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta didik. Keberhasilan seseorang sangat bergantung kepada ilmu dan pengalamannya masing-masing.

Organisasi guru sudah ada sejak lama. Sejarah mencatat bahwa, Persatuan Guru Hindia Belanda berdiri tahun 1912. Lalu tahun 1932 berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia. Pada saat itu para guru sudah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia secara nasional, benar-benar terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemudian pada tanggal 24-25 November 1945, Persatuan Guru Indonesia berganti nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Maka setiap tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari guru nasional.

Guru adalah pendidik yang mencerdaskan bangsa. Guru adalah benteng idealisme bangsa. Guru adalah sosok yang selalu digugu. Yaitu ucapannya selalu dianggap benar oleh siswa. Guru juga sosok yang ditiru. Yaitu selalu dijadikan teladan oleh siswa. Tapi, tugas guru pada zaman globalisasi ini, semakin berat. Karena pengaruh guru mulai terkikis sedikit demi sedikit oleh media televisi, media sosial dan internet. Oleh karena itu, mari kita dukung tugas guru demi mencerdaskan bangsa dengan menyeleksi tayangan televisi, media sosial dan internet.

Kepada para siswa dan pihak terkait, hendaknya menyeleksi tayangan televisi, media sosial dan internet yang ramah anak. Karena apa yang ditonton dapat dijadikan tuntunan.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Amanat Pembina Upacara Hari Kartini

amanat pembina upacara hari kartini
contoh teks amanat pembina upacara hari kartini

Siapa yang tidak kenal dengan RA Kartini, ya beliau adalah pahlawan emansipasi wanita. Untuk menghormati jasa beliau, biasanya di adakan upacara hari kartini di setiap 21 april. Berikut adalah salah satu contoh teks amanat pembina upacara hari kartini yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Kartini

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Alhamdulillah, segala Pujian hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena pada hari ini kita masih diberi kekuatan dan kesempatan untuk berkumpul dan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati salah satu Pahlawan Bangsa, yaitu Ibu Kartini.

Apa itu Pahlawan?? Pahlawan yang kita kenal adalah seorang yang berjuang untuk merobohkan dinding pengungkung, melubangi tembok kejumudan, menghancurkan sekat tirani serta ketidak-adilan yang menyelimuti masyarakat dan bangsanya, tepat disaat mentari pagi menyinarinya.

Sungguh, sebelum mereka dan bersama mereka, ada banyak orang yang telah berusaha melakukan hal yang sama. Hanya saja mungkin mereka berhasil melobangi tembok penindasan disaat matahari telah tenggelam, atau bahkan mereka berhasil ketika hari telah malam. Sehingga tak banyak orang yang mengetahui perjuangannya. Bahkan orang tak mengenal siapakah dirinya. Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang tak dikenal. Mereka adalah pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa.

Kartini adalah satu diantara banyak orang yang berhasil melubangi dinding penindasan ketika mentari pagi tepat menyinarinya. Kartini berjuang dengan caranya, berjuang dengan keyakinannya, untuk mengentaskan kaumnya –kaum wanita- dari belenggu ketimpangan pandangan dan perlakuan masyarakat pada umumnya di masa itu.

Kartini berusaha agar wanita memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam hal-hal yang memang menjadi haknya. Kartini berjuang supaya kaum wanita mendapatkan tempat yang mulia, terhormat dan dihargai. Sebagaimana dalam agama yang dianutnya, yaitu Islam, bahwa wanita dalam Islam ditempatkan dalam kedudukan yang mulia.

Allah SWT telah menyampaikan dalam Qur’an, bahwa laki-laki dan wanita memiliki posisi yang sama di hadapan-Nya. Laki-laki yang beriman dengan wanita yang beriman, sama kedudukannya. Laki-laki yang puasa dan wanita yang puasa, sama posisinya.

Dan demikian seterusnya. Rasulullah Muhammad Salallahu’alaihi wa salam sudah menyampaikan, orang yang paling berhak untuk dihormati adalah ibu. Kemudian ibu. Kemudian ibu. Baru kemudian bapak. Beliau saw juga telah menyampaikan, bahwa surga di bawah telapak kaki ibu.

Demikianlah semestinya kita menempatkan kaum wanita. Seperti halnya yang diperjuangkan oleh Kartini. Dan semoga kita dapat mengambil pelajaran dari perjuangan Kartini, berjuang sepenuh hati untuk menghancurkan ketimpangan, ketidak-adilan dan penindasan.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu.

Mungkin itulah kumpulan contoh teks amanat pembina upacara dengan berbagai tema yang menarik yang kami kumpulkan dari berbagai sumber pilihan seperti tema tentang kebersihan, motivasi rajin belajar, sopan santun, tanggung jawab, disiplin, pramuka, 17 agustus, hari guru, hari kartini dan lain-lain. Semoga bermanfaat….

Leave a Comment