SENAM LANTAI: Pengertian, Tujuan Dan Manfaat Senam Lantai

Senam lantai – tahukah anda apa itu senam lantai? Jika belum, maka tepat sekali anda berada di artikel kali ini. Yang mana akan kami bahas mengenai pengertian senam lantai, beserta tujuan dan manfaat dari senam lantai tersebut.

Senam Lantai

Pengertian Senam Lantai

Secara sederhana senam lantai adalah salah satu jenis senam artistik yang memadukan berbagai bentuk keterampilan tubuh yang menonjolkan keindahan gerak, kerumitan gerak, kekuatan gerak, keluwesan gerak, keseimbangan dan kelenturan gerak untuk dipertunjukkan dalam lapangan senam lantai.

Pertandingan senam lantai ini justru malah mirip seperti pertunjukan dan oleh karenanya senam lantai disebut juga sebagai senam artistik karena keindahan gerak juga diperhitungkan oleh juri.

Seorang atlet senam lantai bebas meramu berbagai macam gerak tubuh seperti meroda, melenting, roll, jatuhan, salto, dan lain sebagainya dengan berbagai gaya dan ekspresi.

Dengan kata lain, gerakan dalam senam lantai bisa dibilang tak terbatas (unlimited exploration) sejauh atlet melakukan performanya tanpa bantuan alat.

Oleh karena itulah atlet senam lantai harus banyak melatih tubuhnya dengan berbagai jenis latihan tubuh dari berbagai disiplin yang bahkan merambah ke wilayah tari balet, tari jalanan (dance street) dan gerakan-gerakan akrobat.

Senam lantai adalah olahraga yang didasarkan pada kesempurnaan. Jika seorang atlet tergelincir, jatuh atau ketinggalan langkah dengan sudut sedikit pun, skor mereka dapat dikurangi secara drastis. Dengan empat peristiwa berbeda dan sistem penilaian berbasis desimal yang rumit, menafsirkan skor senam wanita bisa jadi sulit untuk mata yang tidak terlatih.

Latihan lantai itu unik karena unsur-unsur menari yang digabungkannya. Di lantai, pesenam melakukan gerakan jatuh, berlari membalik dan berbagai gerakan tarian. Epperson mengatakan meski lompatan dan pendaratan itu penting, kinerja juga memainkan peran kunci.

Senam lantai membawa manfaat bagi tubuh dan pikiran Anda dan merupakan cara yang bagus untuk tetap bugar dan bahkan memerangi berbagai macam penyakit.

Setelah Anda dapat mengenali manfaat kesehatan dari senam, Anda dapat membuat rutinitas yang paling masuk akal bagi Anda dan tujuan kesehatan Anda. Berikut ini beberapa keuntungan senam dan bagaimana senam itu dapat mengubah Anda menjadi orang paling sehat yang pernah Anda kunjungi.

Ketika kita menyaksikan para pesenam tampil di level tertinggi, seperti Olimpiade atau kejuaraan nasional, mudah kagum pada betapa kuat dan fleksibelnya mereka. Kekuatan fisik, fleksibilitas, kekuatan, kelincahan, koordinasi, rahmat, keseimbangan, dan kontrol yang diperlukan dalam senam sangat mengesankan, tetapi atlet tingkat elit ini bukan satu-satunya yang dapat mengambil manfaat dari berpartisipasi.

Tujuan dan Manfaat Senam Lantai

Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah faktor utama dalam senam. Meningkatkan fleksibilitas juga bisa menjadi bantuan yang efektif untuk mengurangi cedera, mencegah orang dari memaksakan anggota gerak ke berbagai gerakan yang merugikan.

Dengan mempelajari gerakan dan menggabungkannya dalam rutinitas, pesenam dapat memperoleh fleksibilitas yang lebih besar dan kontrol tubuh yang lebih besar.

Mencegah Penyakit

Melakukan senam lantai dapat membantu menjaga tubuh tetap dalam keadaan sehat, yang merupakan kunci untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan seperti asma, kanker, obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Terlibat dalam senam membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan makan makanan yang seimbang.

Tulang Menjadi Kuat dan Sehat

Senam pada dasarnya merupakan kegiatan yang banyak menahan beban. Hal ini dapat mengembangkan tulang menjadi kuat dan sehat, yang sangat penting dibutuhkan pada usia muda. Seiring bertambahnya usia, kita pasti mengalami penurunan kualitas tulang setiap tahun. Membangun tulang yang kuat dan sehat pada usia muda dapat membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Sekolah Kedokteran Robert Wood Johnson telah menunjukkan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik seperti senam cenderung memiliki kepercayaan diri dan efikasi diri yang lebih baik.

Menunjang latihan harian

The American Heart Association merekomendasikan anak-anak untuk setidaknya melakukan senam selama 60 menit per hari. Orang dewasa yang berusia 18 tahun ke atas harus berolahraga setidaknya 30 per hari. Rutin melakukan aktifitas senam dapat membantu memenuhi rekomendasi latihan yang ditetapkan
oleh American Heart Association.

Peningkatan fungsi kognitif

Manfaat yang diperoleh dari melakukan senam tidak hanya menawarkan keuntungan fisik. Namun juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus mental, yang merupakan aspek penting dari kehidupan siapa pun. Senam memungkinkan anak-anak berkesempatan untuk berpikir untuk diri mereka sendiri, untuk merangsang imajinasi mereka dan untuk menyelesaikan masalah dengan aman.

Peningkatan koordinasi

Pesenam tidak bereaksi dengan “respons mengejutkan” yang sama besarnya dengan ketidakseimbangan mendadak seperti yang bukan pesenam. Dengan menerapkan pengondisian ini di luar olahraga, orang menjadi lebih siap untuk menghindari situasi berbahaya dengan cepat mengidentifikasi mereka dan secara alami memperbaiki penyelarasan tubuh saat berjalan, berdiri atau melompat, dll.

Pengembangan kekuatan

Senam menghasilkan, pon demi pon, atlet terbaik di dunia. Senam menggunakan latihan berat badan yang hampir secara eksklusif untuk membangun tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, dan kekuatan inti.

Melatih Disiplin

Senam menanamkan rasa disiplin. Setiap siswa harus memiliki kontrol diri untuk melakukan koreksi ketika seorang pelatih meminta mereka untuk melakukannya, dan mereka juga harus memiliki disiplin diri untuk tetap pada tugas ketika seorang pelatih bekerja dengan pesenam lainnya.

Melatih Keterampilan sosial

Di semua usia, senam memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial. Anak-anak yang lebih kecil belajar cara berdiri dalam antrean, melihat, mendengarkan, diam ketika orang lain berbicara, bekerja dan berpikir secara mandiri, dan bagaimana cara menghormati orang lain. Anak-anak yang lebih besar belajar bagaimana memberikan contoh yang baik bagi orang-orang yang memandang mereka dan menjadi panutan di usia muda.

Pencegahan Penyakit

Karena senam membantu mempromosikan tubuh yang sehat, menambahkannya ke rutinitas Anda dapat membantu menangkal berbagai penyakit. Para ahli mengatakan bahwa ini termasuk penyakit jantung, kanker, obesitas dan diabetes. Rutin yang teratur dan konsisten adalah cara terbaik untuk meraup imbalan yang ditawarkan senam.

Membangun Disiplin Diri

Secara alami, kegiatan seperti senam membutuhkan banyak disiplin diri karena tidak selalu merupakan upaya yang mudah. Anda harus rajin masuk kelas dan berlatih dan kadang-kadang mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini akan meningkat semakin lama Anda berlatih senam.

Menjadi lebih kuat

Karena Anda harus menggunakan otot Anda sedemikian besar saat melakukan senam, olahraga pasti akan membuat Anda lebih kuat. Anda akan melihat bahwa otot Anda mulai mendapatkan lebih banyak definisi dan nada dan bahwa Anda merasa lebih mudah dan lebih mudah untuk melakukan gerakan yang sulit ketika Anda baru memulai. Kekuatan ini bermanfaat bagi bagian lain kehidupan Anda karena itu membuat Anda cukup kuat untuk membawa tas belanjaan besar, anak-anak Anda, dan barang-barang berat lainnya.

Leave a Comment